Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi/Hipertensi

Posted on

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan atau penyakit yang akhir-akhir ini banyak di derita oleh orang Indonesia. Sesuai dengan namanya, hipertensi atau tekanan darah tinggi ini merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah yang ada di dalam tubuh ini berada di angka yang lebih tinggi dari 140/90 milimeter raksa (mmHG).

Apa sih maksudnya angka 140/90 milimeter raksa (mmHG) ini? Angka 140 mmHG ini sendiri merujuk pada bacaan sistolik, yaitu pada saat jantung kita dalam keadaan memompa darah untuk menuju ke seluruh tubuh pada saat sedang berkontraksi. Sedangkan angka 90 mmHG ini merujuk pada bacaan diastolik, yaitu pada saat jantung kita berada dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-bilik yang ada dengan darah.

Penyakit seperti hipertensi atau darah tinggi ini sendiri apabila dibiarkan dan tidak segera ditangani atau diobati maka akan dapat mengakibatkan resiko yang sangat fatal. Yaitu diantaranya dapat menyebabkan serangan pada jantung secara tiba-tiba yang mana hal ini dapat berakibat fatal seperti hingga menyebabkan kematian. Untuk itulah seorang penderita darah tinggi ini harus rutin untuk mengkonsumsi obat untuk mengontrol kadar tekanan darahnya.

Namun minum obat saja ternyata tidak cukup bagi penderita hipertensi atau darah tinggi ini. Melainkan selain rutin mengkonsumsi obat-obatan, penderita hipertensi ini juga harus dapat mengontrol pola makanannya. Sebab para penderita darah tinggi ini tak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan dan harus selektif untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Hal ini karena ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar tekanan darah di dalam tubuh, sehingga harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Sebaliknya penderita hipertensi ini disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Karena makanan-makanan tersebut sangat baik sekali untuk menurunkan tekanan darah dan juga mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Buah Untuk Bayi 9 Bulan

Lalu kira-kira makanan apa saja yang dapat menurunkan kadar tekanan darah bagi penderita hipertensi dengan baik? Nah buat kalian yang belum tahu makanan apa saja yang kira-kira dapat menurunkan kadar tekanan darah di dalam tubuh, berikut ini akan saya berikan beberapa rekomendasi makanan yang dapat menurunkan kadar tekanan darah sehingga sangat cocok dan sangat baik sekali untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

5 Makanan Sehat Bagi Penderita Hipertensi

1. Kentang

@manado.tribunnews

Kentang adalah salah satu makanan yang direkomendasikan bagi para penderita hipertensi. Hal ini karena di dalam kentang ini terdapat kandungan mineral berupa kalium dan magnesium yang cukup tinggi kadarnya. Kalium dan magnesium inilah yang dapat berguna sangat baik untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Namun masih banyak orang yang mengolah kentang ini dengan garam, yang mana seperti yang kita ketahui garam ini dapat meningkatkan kadar tekanan darah dengan sangat cepat. Sehingga jika kalian mengkonsumsi kentang dengan garam maka kalian tidak akan mendapatkan manfaat yang efektif untuk menurunkan kadar tekanan darah.

Sebaiknya konsumsilah kentang ini dengan cara direbus atau dipanggang tanpa ditambah dengan garam, agar kandungan mineral yang ada di dalam kentang ini dapat bekerja dengan efektif untuk menurunkan kadar tekanan darah di dalam tubuh.

2. Pisang

@liputan6

Buah pisang adalah salah satu buah yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Selain memiliki banyak kandungan vitamin dan serat di dalamnya, buah pisang ini juga sangat baik sekali dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal ini karena buah pisang ini dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat Yang Bagus

Di dalam buah pisang ini terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi sekali yang mana kandungan kalium inilah yang dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi di dalam tubuh para penderita hipertensi. Sehingga dengan demikian maka hal ini akan dapat membantu untuk menurunkan kadar tekanan darah. Kalian yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi ini pun dapat mengkonsumi buah pisang ini dengan teratur setiap harinya agar kadar tekanan darah di dalam tubuh dapat tetap terkontrol.

3. Sayuran

@aceh.tribunnews

Seperti yang kita semua ketahui bahwa sayur-sayuran hijau merupakan makanan yang mengandung berjuta manfaat bagi tubuh kita semua. Beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan lobak hijau ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sekali. Yang mana kandungan kalium dan juga kandungan kalsium yang tinggi ini sangat baik sekali untuk dapat menurunkan kadar tekanan darah bagi penderita hipertensi atau darah tinggi ini.

Selain mampu menurunkan tekanan darah tinggi, sayur-sayuran hijau juga bermanfaat untuk menjaga kadar tekanan darah agar tetap normal dan tetap stabil. Sehingga hal ini dapat menghindarkan tekanan darah tinggi secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti jantung. Oleh sebab itulah konsumsi sayur-sayuran hijau setiap harinya ini juga sangat penting sekali agar tekanan darah di dalam tubuh dapat tetap terkontrol dengan baik.

4. Ikan

@cnnindonesia

Beberapa jenis ikan, seperti ikan trout ini memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi di dalamnya. Yang mana vitamin D inilah yang dapat berperan sangat baik untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah di dalam tubuh. Selain ikan trout, ikan salmon juga sangat baik sekali dikonsumsi oleh para penderita hipertensi atau darah tinggi.

Hal ini berdasarkan dengan penelitian yang dilakukan oleh Nutrition Journal, yang mana di dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 3 (tiga) kali dalam satu minggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik selama lebih dari 8 (delapan) minggu. Hal ini karena di dalam ikan tersebut terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang memiliki efek dapat menurunkan tekanan darah.

Baca Juga :  Perbedaan DNA Prokariotik dan Eukariotik [Penjelasan Lengkap]

Namun jika ingin mengkonsumsi ikan tersebut sebaiknya tidak ditambahkan garam, karena justru garam akan dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dengan cepat. Kalian pun dapat mengolah ikan tersebut dengan diolesi minyak zaitun maupun dengan lada hitam dan kemudian dipanggang hingga matang.

5. Cokelat

@caraghchocolates

Siapa sangka jika cokelat ternyata dapat membantu untuk menurunkan kadar tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian dalam BMC Medicine pada tahun 2010, yang mengatakan bahwa mengkonsumsi cokelat (khususnya cokelat yang kaya akan flavonoid seperti dark chocolate) ini dapat menurunkan kadar tekanan darah tinggi dengan signifikan.

Hal ini karena kandungan flavonoid di dalam cokelat ini berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga akan dapat melancarkan aliran darah yang mana nantinya akan dapat menurunkan tekanan darah.

Nah itulah tadi ke 5 makanan yang ternyata dapat membantu untuk menjaga atau mengkontrol tekanan darah di dalam tubuh bahkan menurunkan tekanan darah, sehingga sangat aman dan boleh dikonsumsi oleh para penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Related posts: