Kumpulan Doa Pagi Katolik [Contoh Lengkap]

Posted on

Berdoa atau doa merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi umat Katolik. Sebab di dalam Alkitab juga telah diajarkan oleh Tuhan Yesus serta para nabi-nabi dan murid-murid Tuhan Yesus agar kita semua para pengikut Kristus selalu mengawali sesuatu hal dengan berdoa terlebih dahulu.

Sebab dengan berdoa ini kita dapat mengucapkan rasa syukur kita kepada Tuhan atas hari yang baru yang telah kita terima, kita bisa mengucapkan syukur kita kepada Tuhan atas anugerah kesehatan yang diberikan kepada kita setiap harinya oleh Tuhan. Dan juga dengan doa kita dapat menyampaikan seluruh harapan dan juga permohonan kita agar Allah senantiasa menyertai kita kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada.

Untuk itulah mengapa berdoa ini sangat penting sekali bagi umat Katolik. Kebiasaan berdoa ini juga harus dibangun dan ditanamkan di dalam diri sejak dini, agar dapat menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Salah satu kebiasaan berdoa yang baik yaitu adalah berdoa di pagi hari. Dan waktu di pagi hari ini merupakan salah satu waktu yang tepat bagi kita untuk berdoa kepada Tuhan.

Mengapa demikian? Hal ini karena di pagi hari tentu suasananya akan terasa masih hening, sehingga dengan demikian kita akan lebih fokus untuk berdoa kepada Tuhan dan dengan suasana yang masih sunyi tersebut kita bisa merenungkan kebaikan-kebaikan Tuhan serta karya Tuhan yang telah dilakukan Tuhan di sepanjang hidup kita. Waktu pagi hari juga merupakan awal bagi kita untuk memulai aktivitas kita di setiap hari. Untuk itulah sebelum kita beraktivitas dan mengerjakan segala sesuatu maka lebih baik bagi kita untuk meluangkan waktu sejenak untuk berdoa dan mengucap syukur kepada Tuhan.

Supaya kita bisa menjadi lebih tenang dan menjadi lebih siap untuk menghadapi berbagai macam kejadian atau pun masalah yang mungkin akan terjadi di sepanjang hari. Sebab kita tahu bahwa Tuhan telah mendengar seruan permohonan doa kita dan Ia akan memberikan pertolongan serta perlindungan kepada kita semua.

Baca Juga :  Kumpulan Lagu - Lagu Rohani Kristen [8 Lagu Favorite]

Jadi jangan ragu lagi untuk mengambil waktu beberapa saat di pagi hari setelah bangun tidur untuk berdoa kepada Tuhan. Berikut akan saya berikan beberapa contoh doa pagi Katolik, yang mungkin bisa menjadi referensi atau contoh bagi kalian semua yang ingin mengambil komitmen belajar untuk rutin melakukan doa pagi.

Contoh Doa Pagi Katolik

@picswe

1. Ya Allah sumber kerahiman.
Pada awal hari baru, di pagi ini aku menghaturkan Puji dan Syukur kepada Mu atas perlindungan Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur atas hari baru yang memberikan kesegaran dan membangkitkan semangat baru bagi hidupku. Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan mengamalkan kasih sepanjang hari ini.

Bimbinglah aku sepanjang hari ini, arahkanlah pikiran dan juga budiku. Jangan sampai ada padaku rancangan pikiran benci dan dendam, tindakan marah serta cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri sendiri. Jagalah lidah dan bibirku ya Tuhan, jangan sampai terulang kata-kata yang menyakitkan hati, kata yang kejam dan menusuk rasa, kata yang tidak benar serta kata yang menghina.

Tuntunlah setiap langkahku dan perbuatanku, supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik-baiknya, tidak pernah jemu menolong sesama, selalu ramah dan tahu terimakasih, menghayati iman dan mengamalkannya dengan sekuat tenagaku. Doa ini kami sampaikan kepada Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amien.

2. Allah yang Maha Penguasa.
Tuhan yang kami sembah di dalam nama Yesus Kristus. Tuhan di pagi hari ini aku bersyukur kepada Mu atas segala limpahan berkat dan rahmat Mu di dalam hidupku. Terima kasih untuk hari yang baru ini ya Tuhan yang telah Engkau berikan kepadaku.

Baca Juga :  Contoh Meme Buka Puasa [Gambar]

Terima kasih karena Engkau masih memberikanku kesempatan untuk membuka mata dan nafas kehidupan yang baru di hari yang baru ini. Ku bersyukur kepada Mu atas segala penyertaan Mu di sepanjang malam, sehingga aku bisa beroleh waktu yang cukup untuk beristirahat. Di pagi hari ini aku hendak memohon dan menyampaikan harapanku kepada Mu ya Tuhan.

Dengan segala kerendahan hati ini aku mohon kepada Mu untuk perlindungan serta penyertaan Mu kepadaku. Supaya aku bisa menjalani hari ini dengan lancar dan dengan penuh sukacita. Bimbing aku selalu untuk mengerti setiap rencana Mu di dalam hidupku ya Tuhan. Berikanlah aku Roh yang dari pada Mu agar aku bisa melakukan segala sesuatu yang sesuai dan berkenan dengan kehendak Mu yang Agung dan Mulia. Ampunilah segala kesalahan dan dosa-dosa yang telah ku lakukan, ya Tuhan.

@crosswalk

Jika selama ini hidupku tidak berkenan di hadapan Mu mohon ampuni aku. Tuntunlah setiap langkah kehidupanku ini agar di setiap hari aku dapat melakukan kehendak Mu di dalam hidup ku. Di dalam nama Tuhan kami Yesus Kristus, saya sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

3. Allah yang Maha Kasih
Tuhan kami Yesus Kristus. Kami bersyukur kepada Mu atas hari baru dan nafas kehidupan baru yang masih bisa kami nikmati sampai dengan pagi ini. Kami bersyukur kepada Mu atas penyertaan Mu sepanjang malam, hingga kami beroleh waktu yang cukup untuk beristirahat. Di pagi ini Tuhan, kami putra-putri Mu menghadap Mu, selain hendak bersyukur.

Dengan kerendahan hati kami memohon perlindungan Mu dan penyertaan Mu. Agar dalam kami menjalani hari dapat menjalaninya dengan lancar. Bimbinglah kami agar kami dapat menjalani hari ini dengan penuh sukacita dan penuh dengan tanggung jawab. Curahkanlah roh kudus Mu dalam diri kami, agar dalam melakukan segala sesuatu, kami melakukannya sesuai dengan kehendak Mu.

Baca Juga :  Menu Buka Puasa Sederhana Dan Praktis

Jagalah hati, pikiran dan lisan kami ya Tuhan, supaya agar apa yang keluar dari dalam diri kami, adalah hal-hal yang baik dan bukan hal buruk yang justru akan mencelakakan hidup kami. Jauhkanlah kami dari sikap dengki, cemburu, dan iri hati. Dan Tuhan pakailah hidupku ini sebagai alat untuk kemuliaan nama Mu di dunia ini. Jadikanlah kami ini hamba Mu yang taat dan patuh akan segala perintah dan kehendak Mu ya Tuhan.

Bentuklah kami sesuai dengan rencana Mu di dalam setiap hidup kami masing-masing. Dan jadikan kami sama seperti yang Engkau ingini. Ajar kami untuk tetap setia di dalam mengiring Mu di dunia ini. Ajarlah kami kasih dan juga berikan kami hikmat yang Engkau kehendaki. Jangan biarkan kami untuk terlepas dari kasih setia Mu dan jangan biarkan kami terhilang dari anugerah Mu ya Tuhan.

Jadikan kami terang diantara segala bangsa-bangsa yang ada di dunia ini. Sehingga dengan melalui kehidupan kami mereka dapat melihat tentang kasih setia Tuhan Yesus di dalam hidup manusia. Sehingga dengan demikian maka akan banyak pertobatan yang terjadi di dunia ini dan nama Mu akan selalu ditinggikan dan diagungkan sampai selama-lamanya. Seluruh doa dan permohonan kami ini persembahkan hanya di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

cara doa sembah khatolik, doa doa khatolik, Doa pagi katolik
Related posts: