Kumpulan Doa-Doa Iman Katolik Yang Mudah Dihafal

Posted on

Doa merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap manusia yang percaya. Sebab melalui doa inilah kita bisa menyampaikan segala macam apa yang ada di dalam pikiran kita kepada Tuhan. Doa ini merupakan salah satu cara agar kita bisa berkomunikasi dan bertemu dengan Tuhan di dalam hadirat-Nya.

Oleh sebab itulah tak heran jika doa ini dikatakan sebagai nafas hidup dan sebagai makanan pokok bagi orang percaya. Melalui doa kita akan menjadi satu dengan Kristus. Berdoa tidak hanya melatih kita untuk bisa berbicara saja kepada Tuhan, namun melalui doa kita juga telah melatih diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih mengenal Tuhan dan semakin intim dengan Tuhan.

Melalui doa ini pula Tuhan ingin supaya kita semua senantiasa mengingat Tuhan di setiap hari yang telah Tuhan berikan kepada kita. Jangan sampai karena kesibukan setiap hari maka kalian lupa untuk berdoa. Nah di dalam ajaran iman Katolik ini juga ada beberapa kumpulan doa-doa iman yang bisa menjadi penghantar doa antara kita dengan Tuhan. Berikut adalah beberapa contoh kumpulan iman Katolik yang mudah dihafal.

Doa Iman Katolik Yang Mudah Dihafal

@cbn

1. Tanda Salib

Atas nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin

2. Bapa Kami

Bapa kami yang di surga di kuduskanlah nama Mu
Datanglah kerajaan Mu, jadilah kehendak Mu di bumi seperti di surga
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukup nya
Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat
Karena Eengkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama – lama nya. Amin

3. Salam Maria

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu, terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu Yesus. Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati. Amin

Baca Juga :  Persyaratan Masuk Akademi Kepolisian-AKPOL [Lengkap]

4. Memorare

Ingatlah, Ya Maria, perawan yang amat baik bahwa belum pernah terdengar seorang yang berlindung kepadamu, memohon pertolonganmu dan meminta perantaraanmu pernah ditinggalkan olehmu. Hai kusuma segala perawan, Hai Bunda, kepadamu aku berlari, digerakkan hati oleh harapan yang demikian itu, kepadamu aku datang, dihadapanmu aku seorang berdosa, berdiri seraya mengadu. Hai Bunda sabda Allah, jangan mengabaikan perkataanku, melainkan dengarkan dengan belaskasihan dan luluskanlah.Amin.

5. Doa Iman

Allah, Tuhanku, aku percaya bahwa Engkau satu Allah tiga diri: Bapa, Putera, dan Roh Kudus; bahwa Allah Putera menjadi manusia untuk kami dan wafat di salib; bahwa Engkau membalas yang baik dan menghukum yang jahat. Aku percaya akan semuanya yang telah Kau wahyukan dan Kau ajarkan dengan perantaraan gereja kudus. Aku percaya dengan teguh akan semuanya itu. Sebab yang mengatakannya Engkaulah, yang Mahatahu dan Mahabenar. Tuhan tambahkanlah imanku.

6. Doa Pengharapan

Tuhan yang mahamurah, karena jasa Yesus Kristus, aku mengharap menerima dari padaMu: kebahagiaan kekal, serta semua rahmat yang perlu untuk menerimanya. Aku mengharapkan semuanya itu dengan pengharapan yang kokoh, sebab yang berjanji adalah Engkau, Tuhan yang mahakuasa, mahamurah untukku, dan setia pada janjiMu. Tuhan, kuatkanlah pengharapanku.

7. Doa Cinta

Tuhan adalah segala cinta, aku mencintai Engkau lebih dari segala sesuatu dan dengan segenap hati, sebab Engkau maha baik dan pantas dicintai. Karena cinta akan dikau maka aku pun cinta akan semua orang, sebagaimana aku cinta akan diriku sendiri. Tuhan, tambahkanlah selalu cintaku.

8. Doa Penyerahan

Bapa, kuserahkan diri kepadaMu, berbuatlah sekehendakmu atas diriku. Apapun yang kauperbuat atas diriku akan kuterima dengan senang hati. Aku bersedia menanggung segala-galanya, asal kehendakMu terlaksana di dalam diriku dan di dalam segala makhluk. Itulah Tuhan, yang kuharapkan; tiada yang lain.

Baca Juga :  Apa Saja Larangan Saat Haid Menurut Kristen

Kupertaruhkan jiwaku demi namaMu, kuserahkan hidupku kepadaMu dengan segenap hati dan penuh cinta, sebab aku mencintaiMu. Sebagai tanda bukti cintaku kuserahkan diriku dan kupersembahkan hidupku tanpa syarat ke dalam tanganMu. Aku percaya kepadaMu dengan kepercayaan yang tiada batasnya, sebab Engkau adalah Bapaku. Amin

9. Doa Tobat

Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku, sebab patut aku Engkau hukum, terutama sebab aku telah menghina Engkau yang maha murah dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku, dan berjanji dengan pertolongan rahmatMu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah, ampunilah aku, orang berdosa.

10. Doa Dalam Derita

Bapa yang maha penyayang dan mahatahu, aku percaya bahwa Bapa mengetahui apa yang sedang kuderita, dan apa yang aku rasakan. Aku percaya pula bahwa Bapa mempunyai rencana dengan segala derita dan kegelapan kami di dalam tanganMu.

Tabahkanlah hatiku untuk menghadapi segala kesusahan kami, dan berilah kami terangMu, sehingga kami dapat mengerti dan menerima kesusahan kami seperti yang Bapa kehendaki. Demi Yesus Kristus Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin

11. Doa Pada waktu Sakit

Tuhan Yesus, Engkau memahami segala penderitaan sebab Engkau telah mengalami penderitaan yang paling berat. Dan tatkala di taman Zaitun Engkau sungguh orang yang paling kesepian dari semua orang yang kesepian. Pada saat ini aku pun menjadi orang yang tidak berdaya. Badanku lemah, tak dapat tidur.

Hari-hariku terasa panjang dan membosankan. Aku terkurung saja di ruangan ini, tubuhku tak dapat kugerakkan, aku terpaku pada ranjang derita ini. Sementara sesamaku yang sehat dengan lincah mengayunkan langkahnya, dan senyum gembira menghias wajahnya. Di dalam benakku bermunculan pengalaman-pengalaman yang telah lewat, yang ku undang dengan sengaja: kegembiraan, hiburan, kesenangan, dan macam-macam peristiwa yang membuat aku bahagia.

Baca Juga :  Contoh Spanduk Buka Puasa Bersama [GAMBAR]

Alangkah bahagianya menikmati keadaan yang segar bugar. Di pagi hari aku dapat memuji keagunganMu, lalu menyiapkan diri untuk tugas rutinku. Tetapi sakitku ini membuatku memahami bahwa kesehatan adalah anugerahMu melulu. Ampunilah aku, karena kurang tahu terima kasih atas segala anugerahMu. Kupersembahkan tubuhku yang lemah ini; sakitku kupersatukan dengan deritaMu di Getsemani.

Tuhan, berilah aku kegembiraan, ketabahan, dan kekuatan untuk menerima keadaan ini. Jadikanlah aku rela pasrah dalam menerima penderitaan ini. Berkatilah semua orang yang dengan cara apa saja membantu dan melayani aku. Sudilah Engkau mengganjar mereka. Semua ini aku mohon demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

12. Doa Masa Advent

O Yesus, Dikau yang hidup dalam diri Maria, datang dan tinggallah didalam diri hamba-hambaMu, dalam semangat kekudusanMu, dalam kepenuhan kuasaMu, dalam kebajikan-kebajikanMu yang sejati, dalam kesempurnaan jalan-jalanMu, dan didalam misteriMu yang menyatukan. Taklukkanlah setiap kuasa musuh dalam RohMu, demi kemuliaan Allah Bapa. Amin

13. Novena Roh Kudus

Datanglah ya Roh Kudus, penuhilah hati umatMu, dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu. Utuslah RohMu maka segala sesuatu akan diciptakan lagi. Dan Engkau akan membaharui muka bumi.

Marilah berdoa:
Ya, Allah, Engkau telah mengajar hati umatMu dengan terang Roh Kudus; berilah supaya dalam Roh yang sama ini kami senantiasa berpikir benar dan bijaksana, serta selalu gembira karena lipuranNya. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

doa katholik orang yang bersalah
Related posts: