8+ Kerajinan Dari Koran Bekas dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari koran bekas – habis baca koran jangan langsung di buang, apalagi di bikin bungkus gorengan. Di jual mentah sama abang tukang rongsok juga gak akan membuatmu kaya raya. Tapi kalau kamu bisa memanfaatkannya secara benar, pundi rupiah bisa kamu dapatkan, lho. So, pack koran bekasmu, buat prakarya yang menarik dan unik.

Kerajinan dari koran bekas dan cara membuatnya bisa kamu simak, ikuti dan praktekkan di rumah. Tak perlu bingung mikirin bagaimana caranya, cukup gunakan sedikit kreativitas, kamu bisa menciptakan sesuatu prakarya yang cantik, dan unik. Berbekal ide cemerlang, di tambah sedikit kreativitas tangan kamu, kamu nyaris bisa membuat apapun dari barang bekas yang bisa di daur ulang ini.

Tapi kamu tak perlu mendaur ulang, namun menciptakan ulang bisa menghasilkan prakarya yang bisa jadi mahakarya kamu yang bisa di jual. Ada banyak cara memanfaatkan koran bekas yang tak terpakai ini, salah satunya kamu bisa membuatnya dengan teknik menggulung.

Teknik menggulung merupakan teknik dasar untuk memanfaatkan koran bekas supaya mudah di bentuk dan di jadikan sebuah karya seni atau prakarya. Berikut ini adalah contoh kerajinan dari koran bekas dan cara membuatnya yang bisa kamu praktekan.

Pada dasarnya, koran berbahan kertas ini bahan yang mudah rapuh dan rusak. Tapi siapa bilang kertas koran ini tak bisa di buat menjadi benda prakarya yang kokoh dan tidak rapuh? Tentu bisa! Tentu kamu pernah mendengar teknik dasar membuat kerajinan koran bekas dengan cara menggulung ya, kan.

Kamu bisa mempelajari dan menerapkannya dengan mudah. Pertama – tama siapkan lembaran koran bekas yang hendak di pakai untuk membuat prakarya. Potong atau gunting sesuai ukuran yang akan kamu gunakan untuk membuat prakarya tersebut.

Gulung lembaran tersebut dengan rapi dengan cara menggulungnya kecil -kecil. Kemudian rekatkan gulungan – gulungan kertas yang telah selesai di gulung menggunakan lem kertas. Merekatkan gulungan kertas ini harus sesuai dengan pola atau desain prakarya yang akan kamu buat ya, sob.

Teknik menggulung koran ini adalah teknik dasar yang harus kamu kuasai dengan benar. Pada awalnya, memang terlihat gampang – gampang susah tapi setelah kamu mahir, kamu bisa membuat berbagai macam rupa prakarya dengan berbagai bentuk yang cantik. Ada banyak sekali kerajinan koran bekas yang bisa kamu buat, seperti tas, tempat pensil, tempat tisu, jam dinding ataupun furniture lainnya. Tentunya, jika hasil kerajinanmu rapi dan cantik, kamu bisa menjualnya. Kenapa tidak!

Zaman sekarang, apapun bisa di jual. Berkat pesatnya ecommerce atau online shop yang marak, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi ladang mencari uang tambahan kamu. Menggelutinya secara serius sebagai bisnis utama kamu juga tentu apa salahnya. Eits, tapi sebelum kamu memamerkan hasil karyamu yang akan dijual dan di pajang di etalase dagangan nantinya, kamu perlu memikirkan ide prakarya apa yang akan kamu jual.

Daftar Kerajinan Dari Koran Bekas

Jika kamu berniat membuat kerajinan tas, atau sebuah vas bunga dari koran bekas. Maka referensi – referensi di bawah ini bisa kamu andalkan untuk dijadikan contoh.

  1. Kerajinan Tas Dari Koran Bekas

Tas merupakan aksesoris dan bagian dari fashion wanita maupun pria yang di gandrungi dan merupakan salah satu barang yang sangat laku di pasaran selain baju. Banyak macam dan jenis tas yang di senangi baik pria dan wanita, baik dari yang bergaya feminim, unik dan nyentrik sekalipun. Untuk itu tak ada salahnya kamu memanfaatkan bahan koran bekas ini untuk di jadikan kerajinan tas.

Kerajinan Tas dari Koran Bekas
@sorozatmania

Tips dan trik untuk membuat kerajinan tas dari koran bekas ini adalah, kamu harus menentukan desain terlebih dahulu. Kamu bisa mencari referensi desain tas yang unik dari google atau referensi lainnya lalu mulailah membuat pola. Ukur sesuai bentuk dan ukuran yang di inginkan, lalu gunting. Selanjutnya mulailah menggulung dan rekatkan sesuai dengan polanya.

Baca juga Pengertian Pointilis, Teknik, dan Contoh Gambar Lengkap

Aksesoris tambahan juga sangat disarankan untuk menambah nilai cantik pada kerajinan tas dari koran bekas yang kamu buat. Kamu bisa menambahkan kancing dari batok kelapa, pita, atau akesoris unik dan cantik lainnya.

  1. Kerajinan Tempat Pensil Dari Koran Bekas

Kreasikan ide di kepala kamu sebaik – baiknya. Barang yang paling mudah yang bisa kamu buat sebagai pengrajin pemula sebaiknya adalah tempat pensil. Apalagi jika kamu adalah seorang pelajar. Tentu tempat pensil adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk menaruh dan meletakkan alat tulis di atas meja belajar. Apalagi jika kamu bisa bikin sendiri, tak perlu beli toh!

Kerajinan Tempat Pensil Dari Koran Bekas
@discovered

Pada dasarnya, membuat kerajinan tempat pensil dari koran bekas ini cukup mudah. Kamu cukup membuat pola tabung atau kotak, sesuai selera saja.

Kamu juga bisa menggunakan gelas plastik atau mug plastik ukuran medium sebagai wadahnya. Hal ini akan memudahkan kamu untuk membuatnya. Caranya cukup selimuti wadah tersebut dengan gulungan kertas koran yang telah kamu siapkan. Rekatkan dan rapikan.

Jika kamu ingin memberikan warna, kamu bisa memakai cat air. Atau cat pernis. Gunakan atau aplikasikan dengan lembut supaya kertas koran yang sudah di gulung dan berbentuk tidak rusak.

  1. Kerajinan Tempat Tisu Dari Koran Bekas

Tempat tisu adalah benda yang cukup esensial yang selalu nampak di ruangan rumah kamu. Kenapa penting, karena hampir semua orang membutuhkan tisu sebagai kebutuhan. Jadi jangan malas untuk membuatkannya wadah yang cantik. Wadah tisu bisa dijadikan ide selanjutnya untuk bahan praktek percobaan kamu di rumah memakai koran bekas.

Kerajinan Tempat Tisu Dari Koran Bekas
@thriftyfun

Cukup membuat pola persegi, teknik menerapkan pola gulungan kertas koran bekasnya sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan dus sepatu, atau kotak persegi lainnya sebagai alas dasarnya. Kemudian kerjakan polanya.

  1. Kerajinan Jam Dinding Dari Koran Bekas

Jam dinding bisa di jadikan ide alternatif berikutnya dalam membuat prakarya koran bekas. Bukan sembarang prakarya, kamu butuh kreativitas yang lumayan untuk membuat karya yang satu ini. Pasalnya, jika kamu berhasil membuat kerajinan jam dinding ini dengan hasil yang menarik, kamu bisa sangat mungkin untuk menjualnya ke pasaran.

Kerajinan Jam Dinding Dari Koran Bekas
@society6

Tapi perlu di ingat, kamu harus menyiapkan bahannya sebaik mungkin. Jangan lupa juga mempelajari cara memmbuat atau menerapkan jarum jam dengan benar pada kreasi kamu. Harus tepat dan benar. Tentunya, kerajinan jam dinding ini bukan sekedar pajangan kan, tapi merupakan benda penunjuk waktu yang akan dilihat orang setiap saat, so, keakuratan menerapkan jarum jam pada karya senimu sangatlah penting.

  1. Kerajinan Pot Bunga Dari Koran Bekas

Membuat pot bunga dari koran bekas tentu bukan sembarang pot bunga yang bisa di siram dengan air. Melainkan pot bunga cantik untuk bunga kertas hiasan sebagai salah satu hiasan di dalam rumah. Sama halnya dengan membuat tempat tisu, kamu bisa membuatnya dengan pola persegi.

Kerajinan Pot Bunga Dari Koran Bekas
@pinterest

Atau jika kamu menginginkan yang unik, kamu bisa membuatnya menyerupai vas bunga seperti guci.

  1. Kerajinan Miniatur Motor Unik Dari Koran Bekas

Jika kamu menyukai otomotif, kamu bisa membuat kerajinan otomotif dari koran bekas yang menarik. Salah satunya motor mini dari koran bekas. Membuat miniatur motor dari koran bekas bisa menjadi tantangan bagi ide dan kreativitas tanganmu selanjutnya.

Kerajinan Miniatur Motor Unik Dari Koran Bekas
@youtube

Siapa bilang membuat kerajinan yang satu ini membutuhkan kreativitas tinggi? Jangan khawatir, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah. Caranya adalah kamu bisa membuat desain atau rancangan polanya dengan mencetak desain dari contoh yang kamu lihat, misalnya dari google. Lalu gunting pola dari desain motor tersebut secara terpisah misalnya, bagian roda, stang, dan knalpotnya. Buatlah pola terpisah. Kemudian, buat gulungan koran bekas sesuai pola yang sudah digunting tadi persis menyerupai model yang akan di buat. Butuh kejelian dan ketelitian yang lumayan tinggi untuk membuat pola menyerupai bagian model motor mini yang akan kamu buat.

Kamu bisa mengecat kerajinan miniatur motor kamu dengan cat pernis supaya terlihat lebih elegan atau klasik.

Jika hasilnya rapi, kamu akan berani memasarkannya. Banyak lho, pecinta barang unik dan antik yang memburu kerajinan seperti contoh di atas. So, kerajinan yang satu ini, pantas di coba kan!

  1. Kerajinan Bunga Kertas Dari Koran Bekas

Kerajinan Bunga Kertas Dari Koran Bekas
@idodiys

Kerajinan dari koran bekas selanjutnya cocok di kerjakan ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga tentunya akan sangat senang menghias rumahnya dengan barang – barang yang cantik dan indah. Lalu kenapa tidak membuat bunga kertas dari koran bekas? Jangan heran jika kamu nanti lihat hasilnya juga sebagus dengan bunga hiasan lainnya yang bisa di beli di toko.

Lihat juga 5+ Contoh Undangan Natal Kreatif Lengkap Dengan Cara Membuatnya

Tak perlu membeli di toko, kamu cukup membuatnya di rumah. Praktis dan mudah serta memuaskan pastinya.

Bunga kertas dari koran bekas cukup di buat dengan sederhana. Buatlah pola daun – daun pada kertas koran lalu gunting satu – persatu. Rangkai dengan lem menyerupai bentuk bunga mawar pada tangkai yang di buat dari lidi atau bambu. Kreasi ini bisa kamu taruh sebagai pajangan yang cantik di lihat.

  1. Kerajinan Lukisan Wajah Dari Koran Bekas

Salah satu yang paling unik dan bisa menjadi hobi kamu berikutnya adalah membuat lukisan wajah dari koran bekas. Butuh kreativitas tingkat tinggi memang, namun sekaligus menjadi tantangan buat kamu yang mungkin berjiwa seni untuk membuat kerajinan yang satu ini.

Kerajinan Lukisan Wajah Dari Koran Bekas
@pinterest es

Tak hanya butuh waktu, karena membutuhkan kejelian dan seni yang tinggi, kamu juga harus mengumpulkan potongan – potongan pola yang sesuai untuk bisa membuat sketsa wajah yang di inginkan. Hasil yang di dapat tentu sangat memuaskan. Kerajinan dari koran bekas ini tentunya juga menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Kamu siap mencobanya?

Kerajinan dari koran bekas dan cara membuatnya di atas mudah bukan? Selain mudah, kamu tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat karya seni atau prakarya dari koran bekas ini. Murah dan berseni. Apalagi jika hasil yang kamu buat adalah karya seni yang bisa ‘menjual’ di pasaran. Bukan sekedar hobi, tentunya hal ini bisa di jadikan usaha sampingan kamu.

Kamu bisa memasarkan hasil kerajinan dari koran bekas yang kamu buatdengan berbagai cara, contohnya melalui online atau di jual dari tangan ke tangan. Pikirkan teknik pemasaran yang baik dan terus berkarya menciptakan kerajinan yang lebih menarik lagi.