Kehidupan Setelah Kematian Menurut Katolik

Posted on

Setiap manusia yang hidup di muka bumi ini pasti akan mati. Kita tentu sudah tahu tentang hal tersebut. Kita memulai hidup kita ke dunia dengan lahir ke dunia ini dan kita akan mengakhirinya dengan mati. Namun apakah kita tahu apa yang akan terjadi setelah kita mati? Kemana kita akan pergi setelah kita mati dan meninggalkan dunia ini.

Tak ada seorang pun di dunia ini yang tahu kemana dirinya akan pergi setelah mati. Namun di dalam Alkitab telah dituliskan bahwa pilihan untuk orang yang telah mati yaitu hanya ada 2, antara surga atau neraka. Hal ini merupakan ajaran yang ada di dalam Alkitab. Pun begitu dengan agama-agama lain yang ada di dunia ini yang juga mengajarkan tentang kehidupan setelah mati berdasarkan dengan versinya masing-masing.

Namun pada intinya yaitu adalah setelah mati manusia akan menuju ke salah satu tempat yaitu surga atau neraka. Jika orang tersebut memiliki hidup yang benar dan selalu taat pada perintah agama maka akan bisa masuk ke dalam surga, namun jika orang tersebut semasa hidupnya jahat dan tidak pernah beribadah maka akan pergi ke neraka. Kira-kira seperti itulah gambaran umumnya mengenai surga dan neraka.

Namun disini saya akan membahas tentang kehidupan setelah kematin berdasarkan dengan iman Katolik atau berdasarkan dengan ajaran Katolik. Sebab di dalam ajaran Katolik ini juga dijelaskan bahwa setelah manusia meninggal maka akan ada sebuah kehidupan baru, yang mana kehidupan inilah adalah kehidupan yang sesungguhnya dan kehidupan yang kekal bagi manusia setelah mati.

Berbeda dengan kehidupan kita di dunia yang terbatas, maka kehidupan setelah kematian ini merupakan sebuah kehidupan yang kekal tanpa adanya batasan ruang maupun waktu. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ajaran Katolik tentang kehidupan yang kekal setelah kematian.

Baca Juga :  Kumpulan Ucapan Selamat Idul Adha 2019 Bahasa Inggris Untuk Kirim Ke Teman WA, FB atau IG

Kehidupan Setelah Kematian Menurut Katolik

1. Hari Penghakiman

@foodforthespiritualsoul

Menurut ajaran Katolik seseorang yang telah mati maka ia akan dihakimi sebelum ia memasuki kehidupan yang kekal setelah kematian. Berdasarkan iman Katolik ada 2 macam penghakiman, yaitu :

  • Penghakiman Khusus

Penghakiman ini harus dijalani oleh setiap orang yang telah mengalami kematian. Tujuannya yaitu adalah untuk membagi orang menuju ke surga, neraka, atau api penyucuian. Orang yang benar-benar kudus akan dibawa ke surga, sementara orang yang harus menerima upah dosa akan dibawa ke neraka. Sedangkan orang percaya namun belum kudus sepenuhnya akan dibawa ke api penyucian.

  • Penghakiman Umum

Berbeda dengan penghakiman khusus, penghakiman umum atau pengadilan umum ini akan dilaksanakan sesuai dengan yang tertulis di dalam Alkitab, yaitu pada saat Tuhan Yesus datang ke dunia untuk yang kedua kalinya. Yang mana kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya ini akan membawa penghakiman bagi setiap makhluk hidup yang ada di dunia.

Yang mana di dalam penghakiman umum ini maka Allah tidak akan lagi menyelamatkan dan mencari orang yang berdosa, melainkan Ia akan menghakimi seluruh makhluk di dunia ini dengan adil dan kudus sesuai dengan perbuatan yang telah dilakukannya selama ia hidup di dunia. Hal ini berarti hanya akan ada dua tempat setelah kematian dan setelah melalui penghakiman umum ini, yaitu antara surga dan neraka.

Baca Juga :  Belalang Sombong Dan Semut – Dongeng Nusantara

2. Surga

@stmarysbattle

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya yaitu bahwa surga merupakan tempat bagi orang kudus yang beriman kepada Tuhan. Kerajaan Sorga sendiri disamakan dengan Kerajaan Allah dimana di dalamnya Allah yang berkuasa dan bertahta. Tapi tidak semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus bisa masuk ke dalam surga. Sebab nyatanya banyak orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus namun hidupnya tidak mencerminkan pribadi Tuhan di dalamnya.

Yang mana kita harus benar-benar kudus agar bisa menjadi bagian dari kerajaan surga. Sebab di dalam kerajaan surga tidak ada satu pun dosa yang menetap disana dan kehidupan di dalam surga merupakan kehidupan yang kudus. Oleh sebab itu selagi masih diberi kesempatan untuk hidup oleh Tuhan, maka gunakanlah waktumu yang tersisa di dunia ini dengan baik dan dengan bijak.

Kuduskanlah hidupmu dan berikanlah hidupmu kepada Tuhan sepenuhnya. Janganlah engkau menjauhkan dirimu dari Tuhan, namun sebaliknya semakin lekatkanlah dirimu kepada Tuhan semakin lekat setiap harinya. Milikilah kasih sama seperti yang Tuhan miliki, dan kasihilah semua orang yang ada di dunia ini tanpa terkecuali.

Sehingga supaya waktunya tiba nanti engkau akan terangkat bersama dengan orang-orang kudus lainnya menuju ke kerajaan surga.

3. Neraka

@phobia.wikia.

Pilihan kehidupan setelah kematian selain surga yaitu adalah neraka. Seperti yang kita ketahui bahwa neraka adalah tempat bagi para orang-orang yang hidupnya jauh dari kekudusan, yang hidupnya tercela, yang hidupnya jahat, yang hidupnya jauh dari kasih Tuhan. Di dalam neraka terdapat api kekal bagi orang-orang yang tidak mempunyai kasih bagi sesamanya semasa hidupnya.

Baca Juga :  Kumpulan Cerita Lucu Ala Manado

Di neraka juga orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus akan disiksa yang tiada hentinya. Dan di Alkitab juga telah dijelaskan tentang neraka ini, yang mana di dalam kitab Yesaya dikatakan bahwa di dalam neraka ulat-ulat tidak akan mati serta apinya tidak akan pernah padam untuk menyiksa orang-orang yang ada di dalamnya.

Dan neraka akan menjadi tempat bagi orang-orang yang menerima maut sebagai upah dari dosa-dosanya.

4. Api Penyucian

@terang-sabda

Kehidupan setelah kematian selanjutnya berdasarkan dengan ajaran Katolik yaitu adalah Api Penyucian. Yang mana hal mengenai api penyucian ini dijelaskan di dalam Katekismus Gereja Katolik 1030-1032. Yang mana isi di dalam Katekismus tentang Api Penyucian tersebut apabila diringkas maka akan diperoleh poin-poin penting seperti berikut ini :

  • Api penyucian adalah tempat bagi sahabat Tuhan yang sudah meninggal namun ia belum suci sepenuhnya sehingga masih perlu untuk disucikan. Sebab surga merupakan tempat bagi orang yang telah sepenuhnya kudus dan suci
  • Penyucian yang dilakukan di dalam api penyucian ini berbeda jauh dengan penyiksaan yang ada di dalam neraka
  • Para umat Katolik bisa membantu arwah atau jiwa-jiwa orang yang ada di dalam api penyucian dengan melalui doa, termasuk juga dengan memberikan persembahan berwujud Misa Kudus
hari penghakiman katolik, kematian menurut agama katolik
Related posts: