Written by 1:00 am Gaya Hidup

Kebudayaan Suku Sunda [Ciri, Rumah Adat dan Pakaian]

Suku Sunda adalah salah satu kelompok etnis masyarakat atau suku yang berada di Indonesia. Suku Sunda mendiami wilayah pulau Jawa bagian barat. Suku Sunda merupakan etnis terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah suku Jawa.

Suku Sunda ini memiliki sejarah yang sangat panjang sekali. Sunda awalnya merupakan nama dari sebuah kerajaan yang kira-kira muncul di abad ke 8 sebagai kelanjutan dari kerajaan Tarumanegara.

Sedangkan nama Sunda juga digunakan sebagai sebuah istilah untuk menamai atau menyebut dataran bagian barat laut wilayah Hindia Timur, sedangkan dataran di bagian tenggara dinamai dengan Sahul.

Kata Sunda sendiri memiliki arti seperti bagus, baik, putih, bersih, serta cemerlang. Atau intinya berarti tentang segala sesuatu yang mempunyai unsur kebaikan di dalamnya. Hal ini yang kemudian menyebabkan orang Sunda diyakini memiliki watak atau karakter Kasundaan sebagai jalan menuju keutamaan hidup.

Karakter Sunda tersebut yaitu adalah Cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (terampil), dan pinter (cerdas) yang telah dimiliki oleh masyarakat suku Sunda sejak lama. Suku Sunda pun juga memiliki keanekaragaman budaya yang sangat banyak. Berikut ini akan saya berikan beberapa penjelasan mengenai kebudayaan suku Sunda.

Kebudayaan Suku Sunda

1. Pakaian Adat

Di dalam cara berpakaian, masyarakat suku Sunda mengenakan sebuah pakaian adat yang disesuaikan dengan fungsi, usia, maupun tingkatan sosial atau strata sosial pemakianya. Berikut penjelasannya.

» Pakaian Adat Untuk Rakyat Biasa

@twitter

Untuk rakyat biasa atau rakyat jelata di Sunda hanya menggunakan pakaian yang sederhana. Dimana untuk laki-laki hanya menggunakan celana komprang atau pangsi dengan sabuk dari kulit maupun dari kain. Atasannya menggunakan baju kampret atau baju salontren dilengkapi dengan sarung poleng yang diselempangkan di bahu.

Biasanya juga dilengkapi dengan ikat logen model hanjuang nangtung atau barangbang semplak untuk penutup kepala. Sedangkan untuk wanita mengenakan sinjang kebat (kain batik yang panjang), beubeur (ikat pinggang), kamisol (bra), baju kebaya serta selendang batik. Sedangkan bagian rambut akan di gelung jucung (di sanggul kecil ke atas).

» Pakaian Adat Untuk Rakyat Kaum Menengah

@budayajawa

Untuk rakyat Sunda yang termasuk dalam golongan kelas menengah akan menggunakan pakaian adat yang sedikit berbeda dengan yang dipakai oleh rakyat biasa.

Untuk pria biasanya akan menggunakan baju bedahan putih, kain kebat batik, alas kaki berupa sandal tarumpah, sabuk, ikat kepala, dan arloji rantai emas yang digantungkan di bagian saku baju sebagai kelengkapan atau aksesorisnya.

Sedangkan untuk wanita akan menggunakan kebaya sebagai atasannya, kain kebat batik sebagai bawahannya, ikat pinggang, selendang berwarna, alas kaki nya berupa selop, serta perhiasan seperti kalung, gelang, cincin yang terbuat dari emas maupun perak.

» Pakaian Adat Untuk Rakyat Kaum Bangsawan

@borneochannel

Bagi para kaum bangsawan pakaian yang digunakannya juga akan berbeda. Untuk pria akan menggunakan jas tutup berbahan beludru hitam yang di sulam dengan benang emas menyusuri tepi dan ujung lengan, celana panjang dengan motif yang sama, kain dodot bermotif rengreng parang, sabuk emas atau benten, bendo untuk penutup kepala, serta selop hitam sebagai alas kakinya.

Sedangkan untuk wanita akan menggunakan kain kebaya beludru hitam yang bersulam benang emas, kain kebat bermotif rereng, serta alas kakinya yaitu sepatu atau selop yang terbuat dari beludru hitam bersulam manik-manik.

Selain itu ditambah juga dengan beberapa pernik perhiasan seperti tusuk konde dari emas yang dipakai pada rambut yang bersanggul, cincin, kalung, gelang, peniti rantai, serta beberapa jenis perhiasaan lain yang terbuat dari emas maupun berlian.

2. Rumah Adat Suku Sunda

@romadecade

Pada umumnya rumah adat suku sunda ini adalah sebuah rumah berjenis rumah panggung yang hampir sama dengan rumah-rumah tradisional lain yang ada di Indonesia. Adapun jika dilihat dari bentuk atapnya, maka rumah tradisional suku Sunda ini terbagi atas beberapa ciri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut penjelasannya.

  • Jolopong, merupakan sebutan untuk rumah dengan bagian atap pelana yang bentuknya memanjang
  • Perahu Kumureb, merupakan sebutan untuk rumah atap yang berbentuk seperti perisai atau yang disebut sebagai perahu kumureb atau perahu terbalik karena bentuknya menyerupai perahu yang terbalik
  • Julang Ngapak, merupakan rumah yang memiliki atap yang berbentuk seperti sayap seekor burung yang sedang terbang
  • Badak Hauay, merupakan atap yang bentuknya seperti seekor badak yang sedang membuka mulutnya
  • Tagog Anjing, merupakan sebutan untuk rumah yang bentuk atapnya seperti seekor anjing yang sedang duduk
  • Capit Gunting, merupakan sebutan untuk rumah yang bagian atas atapnya saling menyilang berbentuk gunting.

3. Kesenian Suku Sunda

@en.wikipedia

Suku Sunda memiliki banyak sekali kesenian yang sangat terkenal. Salah satu diantaranya yaitu adalah tari Jaipong. Tari Jaipong ini sebenarnya merupakan sebuah kesenian pengembangan dari tarian tradisional khas Sunda yang bernama Ketuk Tilu.

Dimana biasanya tari Jaipong ini dibawakan atau dimainkan dengan iringan dari musik khas tradisional Sunda, yaitu Degung. Musik degung ini merupakan kumpulan dari berbagai macam alat musik tradisional seperti gong, kendang, saron, kecapi, dan lain sebagainya.

Tarian Jaipong ini biasanya dibawakan secara tunggal, berpasangan, maupun berkelompok. Salah satu ciri pada tari Jaipong ini yaitu adalah musiknya yang menghentak dan dinamis.

Selain itu ada juga sebuah alat musik tradisional khas suku Sunda yang juga sangat populer, yaitu angklung. Angklung merupakan sebuah alat musik atau alat kesenian khas suku Sunda yang terbuat dari bambu. Yang mana cara penggunaan angklung ini dengan cara di getarkan atau di goyangkan untuk bisa menghasilkan nada yang merdu.

Selain angklung, ada juga calung yang juga merupakan salah satu alat musik khas Sunda. Cara untuk memainkan calung ini berbeda dengan angklung yang di goyangkan agar bisa berbunyi. Yang mana cara memainkan calung ini yaitu adalah dengan di pukul batang dari ruas yang tersusun.

suku sunda
Last modified: August 17, 2020

Title : Kebudayaan Suku Sunda [Ciri, Rumah Adat dan Pakaian]
Deskripsi :