10 Manfaat Shalat Tahajud | Keajaiban Shalat Tahajud

Posted on

Sebagai seorang Muslim pasti kalian ingin mendapatkan predikat sebagai seorang Muslim sejati di mata Allah bukan? Dan sudah pasti semua orang Muslim ingin terlihat memiliki amal saleh dan bertakwa di hadapan sang pencipta-Nya kelak. Sehingga hal inilahyang selalu di pikirkan oleh seluruh kaum umat Muslim yang ada di seluruh dunia.

Tak jarang juga mereka selalu melakukan kewajiban serta sunnah nya dengan sempurna. Dan terdapat begitu banyak sunnah yang telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad kepada para kaum Muslim di dunia guna menuntun kehidupan para kaum Muslim ini selama di dunia.

Keajaiban Shalat Tahajud

@skifkunram.com

Salah satu sunnah yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad kepada para kaum Muslim adalah shalat tahajud. Banyak para kaum Muslim di seluruh penjuru dunia yang rajin melakukan sunnah shalat tahajud ini. Shalat tahajud sendiri merupakan shalat sunnah yang di kerjakan pada waktu malam hari setelah seseorang bangun dari tidur nya.

Ibadah shalat tahajud ini sendiri merupakan sebuah ibadah sunnah mu’akad yaitu sunnah yang di kuatkan dengan syara’. Tak jarang jika banyak kaum Muslim yang melakukan atau mengerjakan shalat tahajud ini di tengah malam kala mereka terbangun dari tidur nya.

Artikel Terkait : Sejarah Lahir dan Berdirinya Pramuka Dunia Di Indonesia

Shalat tahajud sendiri bisa kalian kerjakan dengan paling sedikit 2 rakaat dan sebanyak-banyak nya, karena tidak ada batasan nya. Sementara waktu yang paling mustajab dan paling tepat untuk melakukan dan mengerjakan shalat tahajud itu sendiri yaitu adalah 1/3 malam. Dimana pada waktu itu para malaikat akan turun ke bumi dan Allah akan mengabulkan setiap doa dari para hamba-Nya.

Bukan hanya imbalan berupa pahala dari Allah saja yang kita terima bila kita melakukan dan mengerjakan shalat tahajud ini. Namun ternyata shalat tahajud juga memberikan beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh dan jiwa bagi orang yang menjalankan dan melakukan shalat tahajud tersebut.

Banyak orang yang berpendapat bahwa dengan mengerjakan shalat tahajud mereka percaya bisa memberikan efek berupa rasa tenang dan rasa damai di dalam jiwa mereka. Selain itu juga bahwa orang yang terbiasa bangun untuk melakukan shalat di waktu tengah malam pastilah orang tersebut mempunyai pengontrolan emosi yang lebih baik bila di bandingkan dengan orang yang tidak mengerjakan shalat di tengah malam.

Lalu tahukah kalian semua apa saja manfaat shalat tahajud itu sendiri bagi tubuh kita? Berikut akan saya berikan 10 manfaat shalat tahajud bagi kalian semua. Silahkan di simak dengan baik ya.

 

Baca Juga :  Contoh Doa Kristen Agar Cepat Dapat Pekerjaan

10 Manfaat Shalat Tahajud

Seperti yang sudah saya sampaiakan sebelum nya tadi, bahwa shalat tahajud selain sebagai salah satu bentuk ibadah kita kepada sang pencipta ternyata shalat tahajud ini juga memiliki dampak yang baik dan positif bagi kita yang melakukan nya. Lalu apa sajakah manfaat dari shalat tahajud ini? Berikut ulasan nya untuk kalian semua.

1. Penghapus Dosa dan Mencegah Berbuat Dosa

@pinterest.com

Shalat tahajud merupakan ibadah yang selalu di lakukan dan di kerjakan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini bertujuan untuk semakin mendekatkan diri seorang manusia kepada sang pencipta-Nya.

Bisa di katakana bahwa shalat tahajud bisa menjadi media penghapus dosa seseorang. Dan mereka yang melakukan shalat tahajud ini pasti nya akan semakin memperkuat iman mereka dan menjauhkan diri dari perbuatan yang bisa menimbulakn dosa.

 

2. Tanda Takwanya Terlihat Di Muka

@dream.co.id

Seseorang yang selalu rajin untuk mengerjakan shalat tahajud wajah nya akn terlihat bersinar. Hal inilah yang emnjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada Allah SWT. Tanda ketakwaan ini akan selalu terlihat oleh orang-orang ayang ada di sekitar mereka.

Hal ini tentu nya akan dapat menjadi pemacu semangat bagi para kaum Muslim lain nay untuk selalu mengerjakan shalat tahajud. Karena shalat tahajud bisa tetap menjaga keimanan seseorang dengan teguh kepada sang Maha Agung.

 

3. Melancarkan Aliran Darah Di Dalam Tubuh

@arbamedia.com

Shalat tahajud ini biasa nya dilakukan pada tengah malam atau malam sebelum waktu subuh datang. Ibadah shalat tahajud ini tak hanya sekadar berbagi keluh kesah kita kepada Allah, tapi juga dapat memberikan udara yang segar bagi seluruh organ yang ada di dalam tubuh kita.

Pada waktu itu udara yang kita hirup masih sangat segar dan belum banyak tercemar apa pun. Sehingga akan emmberikan udara yang segar bagi paru-paru kita dan dapat menyehatkan paru-paru dalam tubuh kita.

Selain itu tubuh kita yang menggerak-gerakkan seluruh bagian otot pada saat kita melakukan shalat tahajud bisa membuat aliran darah yang ada di dalam tubuh kita menjadi lancar kembali.

 

Baca Juga :  Contoh Resensi Buku Non Fiksi [Lengkap]

4. Membesarkan Rongga Paru-Paru

@zikalau.blogspot

Gerakan ketika kita melakukan shalat tahajud ternyata mampu memberikan efek yang positif bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu nya yaitu adalah gerakan takbiratul ilham yang kemudian di ikuti dengan bersedekap bisa membuka rongga paru-paru menjadi lebih lebar.

Hal ini mampu untuk memperlancar aliran udara menuju paru-paru dalam tubuh kita. Sehingga pada saat melakukan shalat tahajud kita akan merasakan paru-paru kita lebih lapang dari biasa nya.

 

5. Jaminan Masuk Surga

Jika kita melakukan shalat tahajud kita pasti akan mendapat jaminan untuk masuk surge nanti nya. Hal ini sama seperti apa yg telah di katakana Rasullullah yang berkata bahwa siapa pun yang mengerjakan shalat tahajud, maka jaminan surge bagi nya.

 

6. Pikiran Menjadi Lebih Segar

@journal.sociolla.com

Saat bangun tidur maka pikiran kita akan menjadi lebih segar dan lebih fresh. Karena setiap organ yang ada di dalam tubuh kita memerlukan waktu istirahat yang cukup dan tidur merupakan satu-satunya cara untuk mengistirahatkan organ dalam tubuh kita ini.

Artikel Terkait : Contoh, Jenis dan Pengertian Bioteknologi

Hal inilah yang membuat mengapa shalat tahajud di lakuakn setelah bangun tidur. Yaitu agar pikiran kita yang fresh dan segar dapat membuat gerakan shalat yang khusyu dalam memaknai ayat-ayat yang ada dalam Al-Qur’an.

 

7. Mendapat Keringanan Ketika Dinasab Di Akhirat

@iscenter.blogspot

Setiap manusia pasti memiliki catatan dosa dan pahala nya masing-masing yang akan di terima di akhirat nanti. Untuk para kaum Muslim yang taat, shalat tahajud ini dapat menjadi media untuk mendapatkan keringanan ketika dinasab di akhirat nanti.

Hal ini karena Allah SWT akan memberikan keutamaan ini bagi mereka yang memohon ampun dan berdoa di waktu sepertiga malam tersebut.

 

Baca Juga :  Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang

8. Memperoleh Cinta Allah

Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa barang siapa yang selalu melakukan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT. Apabila kaum Muslim memutuskan untuk meninggalkan syahwat mereka dan bersujud di hadapan sajadah mereka pada tengah malam maka segala pengampunan dosa akan diberikan oleh Allah.

Tentu saja bahwa cinta Allah SWT pada orang-orang shaleh tidak akan terputus hingga hari akhir dan perhitungan nanti.

 

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penemuan baru mengatakan bahwa shalat tahajud mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Selain itu juga shalat tahajud bisa meredakan rasa nyeri bagi para penderita kanker.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa shalat tahajud ini baik sangat baik untu di kerjakan oleh penderita penyakit berat sekalipun. Karena kalian akan merasakan begitu banyak manfaat yang ada dalam tiap gerakan dari shalat malam ini.

 

10. Shalat Yang Paling Afdol Setelah 5 Waktu

@muslimakhlak.blogspot

Kewajiban seluruh umat Muslim adalah melaksanakan shalat 5 waktu. Dan shalat tahajud menjadi salah satu ibadah yang paling afdol setelah shalat 5 waktu tersebut. Karena shalat mala mini memberikan kesempatan bagi kita untuk beribadah dengan lebih khusyu’ dan juga menyampaikan setiap keluh kesah kita dan memohon ampun kepada Allah.

Ternyata shalat tahajud mempunyai banyak manfaat kan. Jadi jangan malas lagi ya untuk melakukan ibadah shalat tahajud ini.

keutamaan shalat tahajud
Related posts: