Jenis dan Tingkat Bahasa Pemrograman Lengkap

Posted on

Bahasa pemrograman merupakan rangkaian kata-kata berupa sebuah instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang dapat dibaca atau dimengerti oleh komputer. Bisa dikatakan juga bahwa bahasa pemrograman merupakan instruksi standar yang merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk memerintahkan komputer.

Belajar Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman ini menjadi suatu hal wajib yang harus dikuasai oleh seorang programmer supaya dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Karena salah satu syarat agar bisa membuat sebuah software atau aplikasi adalah penguasaan bahasa pemograman sehingga kita sebagai programmer bisa menentukan bahasa pemrograman mana yang pas dan cocok untuk aplikasi yang ingin dibuat.

Jumlah bahasa pemrograman yang ada saat ini sangat banyak sekali. Tapi dari banyaknya bahasa pemrograman, tentu saja sang programmer tidak harus menguasai semuanya itu. Biasanya para programmer hanya menggunakan sekitar satu atau dua bahasa pemrograman saja dalam melakukan developing software atau untuk membuat sebuah aplikasi.

Tingkat Bahasa Pemrograman

Di dalam bahasa pemrograman juga dikenal dengan berbagai macam tingkatan-tingkatan yang ada. Tingkatan-tingkatan itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tingkatan Tinggi

Bahasa pemrograman yang masuk ke dalam tingkat tinggi ini merupakan bahasa pemrograman yang hampir mendekati dengan bahasa manusia. Contoh bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam tingkat tinggi ini adalah Java, Pascal, Visual Basic, Bahasa Basic, dan lain-lain.

2. Tingkatan Menengah

Jenis bahasa pemrograman tingkat menengah bisa dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang bisa termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi dan tingkat rendah. Contoh bahasa pemrograman yang termasuk dalam kategori tingkatan menengah yaitu Bahasa C.

3. Tingkatan Rendah

Dikatakan tingkat rendah karena bahasa pemrograman ini bahasanya masih sangat jauhh sekali dari bahasa manusia. Contoh bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa Assembly.

Artikel Terkait : Latar Belakang, Isi, dan Dampak Perjanjian Bongaya

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Setelah mengenal tingkatan-tingkatan pada bahasa pemrograman, mari kita bahas macam-macam bahasa pemrograman. Sebenarnya terdapat banyak sekali macam bahasa pemrograman yang ada. Tapi disini saya hanya akan mengulas beberapa bahasa pemrograman saja yang sering digunakan oleh para programmer.

Macam Bahasa Pemrograman

  • Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan tahun 1991 pada The Green Project oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Asal usul pemberian nama Java pada bahasa pemrograman ini yaitu karena salah satu pendirinya, James Gosling sangat menyukai kopi murni yang berasal dari pulau Jawa di Indonesia. Java menjadi sangat populer karena bahasa pemrograman ini dapat di jalankan di sistem operasi yang berbeda-beda seperti pada PC maupun mobile phone.

Selain itu juga bahasa pemrograman ini termasuk ke dalam pemrograman orientasi objek sehingga para programmer dapat lebih mudah menyusun program dengan memakai bahasa pemrograman ini, dan bahasa pemrograman ini memiliki library yang lengkap yang dapat mempermudah para programmer.

Di era smartphone seperti sekarang ini bahasa pemrograman Java menjadi bahasa pemrograman yang sangat dicari-cari oleh para programmer. Hal ini karena aplikasi-aplikasi dalam Android banyak yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman jenis ini.

  • Bahasa Pemrograman C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang paling tua saat ini. Bahasa pemrograman jenis ini dikembangkan pada sekitar tahun 1970an. Bahasa pemrograman C dibuat oleh Dennis Ritchie. Bahasa pemrograman ini dibuat untuk memprogram sistem dan juga jaringan pada komputer, tapi tak jarang juga bahasa pemrograman C ini dipakai untuk mengembangkan software aplikasi.

Bahasa pemrograman C banyak digunakan oleh berbagai jenis platform sistem operasi. Bahasa pemrograman jenis C ini menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di Indonesia, karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT maupun lembaga-lembaga kursus pemrogramam memakai bahasa pemrograman jenis ini untuk dipelajari pertama kali atau dijadikan basic sebelum akan mempelajari jenis bahasa pemrograman yang lain.

  • Python
@teknojurnal

Di dalam tingkatan bahasa pemrograman, Phyton merupakan bahasa pemrograman yang termasuk dalam tingkat yang tinggi. Bahasa pemrograman ini jadi salah satu bahasa pemrograman yang bisa membangun aplikasi baik yang berbasis web maupun yang berbasis mobile.

Bahasa pemrograman Phyton tergolong bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk para pemula. Hal ini dikarenakan bahasa pemrograman ini mudah di baca melalui syntax sehingga mudah dipahami juga.

Beberapa perusaahaan besar di dunia yang menerapkan bahasa pemrograman Phyton ini diantaranya adalah Instagram dan Pinterest. Para pengembang Google, Yahoo! hingga NASA juga tak mau ketinggalan menggunakan bahasa pemograman jenis Phyton ini.

  • PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) juga menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan pada saat ini. Bahasa pemrograman PHP pertama kali dibuat pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. Pada waktu itu bahasa pemrograman ini masih bernama FI (Form Interpreted), yang berwujud berupa sekelompok script yang dipakai untuk mengolah data form dari web.

Artikel Terkait : Jenis, Struktur, dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Baca Juga :  Contoh Laporan Prakerin PKL Magang

Yang membuat bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan yaitu karena bahasa pemrograman ini tersedia secara gratis. Selain itu juga karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Beberapa website ternama yang menggunakan bahasa pemrograman jenis PHP ini diantaranya adalah Facebook dan WordPress.

  • C++

Bahasa pemrograman C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Bahasa pemrograman C++ merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C. Sintaks penulisan pada bahasa pemrograman C dan C++ pun hampir sama. Perbedaan kedua nya terletak dalam penyelesaian masalahnya.

Jika pada bahasa pemrograman C penyelesaian masalah dilakukan dengan cara membagikannya ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecl lagi (biasa disebut bahasa pemrograman prosedural). Sedangkan pada bahasa pemrograman C++ ini orientasinya pada objek yang dimana penyelesaian masalahnya dibagi ke dalam class-class. Bahasa pemrograman C++ ini jadi populer juga karena banyak perusahaan-perusahaan software besar seperti Firefox, Winamp, dan Adobe yang memakai bahasa pemrograman ini untuk membangun softwarenya.

  • Bahasa Pemrograman HTML
@blog.estuwebdesign

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dipakai untuk membuat sebuah halaman web yang ditulis dalam berkas format ASCII agar bisa menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML ini diciptakan oleh Caillau TIM dan Berners-lee Robert pada tahun 1989. HTML menjadi standar internet saat ini yang didefinisikan dan dikendalikan pemakaiannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

  • Bahasa Pemrograman XML

Extensible Markup Language atau biasa disingkat dengan XML merupakan bahasa pemrograman markup serbaguna yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan berbagai macam data. Bahasa pemrograman XML memakai markup tags seperti pada HTML, namun penggunaanya tidak terbatas pada tampilan halaman web nya saja.

  • Bahasa Pemrograman WML

WML merupakan singkatan dari Wireless Markup Language. Merupakan bahasa pemograman yang dipakai di dalam aplikasi berbasis XML. WML merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML adalah analogi dari bahasa pemrograman HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang ada. Masih banyak sekali bahasa-bahasa pemrograman yang ada selain yang sudah saya sebutkan di atas.

Related posts: