Contoh, Jenis dan Pengertian Bioteknologi

Posted on

Apakah kalian semua di sini pernah mendengar yang nama nya bioteknologi? Atau mungkin masih ada di antara kalian semua yang masih merasa asing mendengar kata bioteknologi ini? Bioteknologi merupakan suatu cara dan metode yang ada di dalam ilmu pengetahuan yang bisa menghasilkan sesuatu barang maupun jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia yang berasal dari mikroorganisme makhluk hidup.

Mengenal Bioteknologi

@yuniswahyu.blogspot.com

Buat kalian semua yang masih belum mengerti tentang apa itu bioteknologi jangan khawatir. Karena di sini akan saya jelaskan sedikit mengenai apa itu yang di namakan dengan bioteknologi itu. Jadi tolong di simak dan di perhatikan baik-baik ya.

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi merupakan suatu metode yang melibatkan peran makhluk hidup atau suatu organisme hidup untuk menghasilkan sebuah produk baru yang mana produk baru tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi kehidupan manusia. Dengan kata lain bisa kita katakan juga bahwa bioteknologi adalah suatu cabang dari ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara memanfaatkan suatu organisme hidup di dalam melakukan sebuah proses produksi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu barang ataupun jasa yang memiliki manfaat untuk kehidupan manusia.

Kata bioteknologi sendiri berasal dari 2 (dua) kata, yaitu dari kata Bio dan kata Teknologi. Kata Bio sendiri bisa kita artikan sebagai suatu kehidupan atau makhluk hidup, sedangkan kata Teknologi sendiri bisa kita artikan sebagai sebuah metode ilmiah yang biasa di gunakan dan di pakai di dalam mencapai suatu tujuan dengan cara yang praktis dan lebih cepat.

Artikel Terkait : Gambar, Struktur dan Fungsi Organel Sel

Di masa sekarang, bioteknologi ternyata tidak hanya berdasarkan atau berpatok pada biologi saja, melainkan sudah terdapat berbagi macam cabnag ilmu terapan yaitu di antara nya seperti biokimia, mikrobiologi, biologi mokuler, genetika, komputer, dan lain-lain.

Bioteknologi ini juga bisa di definisikan atau di artikan sebagai suatu ilmu terapan yang menggabungkan dan menyatukan berbagai macam cabang yang ada dari ilmu pengetahuan di dalam memproses atau membuat dan menciptakan suatu barang maupun jasa yang bisa memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

 

Baca Juga :  Mengenal Remunerasi dan Tujuannya

Jenis Bioteknologi

Secara umum, bioteknologi ini di bagi dan di kelompokkan ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu bioteknologi konvensional atau tradisional dan bioteknologi modern. Berikut penjelasan nya mengenai bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern ini.

1. Bioteknologi Tradisional (Konvensional)

Bioteknologi konvensional atau yang biasa di sebut juga dengan bioteknologi tradisional merupakan sebuah cara yang dapat di lakukan di dalam penerapan dari ilmu bioteknologi dengan cara memanfaatkan organisme hidup secara langsung yang berfungsi untuk mengubah kandungan zat gizi yang ada di dalam suatu produk.

Bioteknologi jenis konvensional ini biasa nya sering di buat dan di praktekkan di dalam rumah tangga karena proses maupun cara nya yang cukup mudah untuk di lakukan dan juga bahan yang di butuhkan dan di perlukan juga sangat mudah untuk di jumpai dan di dapatkan di sekitar rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh dari penerapan bioteknologi tradisional ini.

  • Pengolahan Produk Makanan

Mikroorganisme yang ada bisa mengubah bahan pangan atau yang lain nya menjadi sebuah bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik dan juga lebih bermanfaat untuk manusia. Sebab salah satu ciri utama dari bioteknologi konvensional ini adalah ada nya pemakaian mikroorganisme secara langsung dan belum mengetahui ada nya pemakaian enzim. Beberapa contoh dari produk makanan yang bisa di olah dengan memakai cara bioteknologi konvensional ini di antara nya yaitu seperti tempe, kecap, tape, dan lain-lain.

  • Penananam Tanaman Hidroponik

Pada umum nya manusia menanam tanaman dengan media tanah namun di dalam metode penanaman hidroponik ini tidak memerlukan tanah sebagai medianya tapi diperlukan air yang sudah ditambah dengan nutrisi sebagai sebuah sumber makanan bagi tanaman yang ditanam tersebut.

Cara penanaman hidroponik bisa dilakukan dalam berbagai macam metode atau cara. Beberapa jenis metode yang sering dipakai dalam penanaman hidroponik diantaranya yaitu seperti metode kultur air, metode kultur pasir, metode porus, dan lain-lain.

Sedangkan beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik ini di antaranya adalah seperti tanaman tomat, sawi, kangkung, jambua air, melon, dan lain sebagai nya.

 

Baca Juga :  Daftar Pencak Silat di 5 Wilayah Indonesia

2. Bioteknologi Modern

Bioteknologi modern merupakan sebuah bioteknologi yang sudah di kembangkan oleh para ahli dan ilmuwan dengan memanfaatkan prinsip ilmiah lewat berbagai penelitian serta upaya guna menghasilkan suatu produk yang lebih efisien dan efektif yang mana tentu saja bisa membawa manfaat bagi kehidupan manusia.

Karena semakin berkembang nya teknologi dan juga ada nya penelitian maka bioteknologi ini semakin di gali dan di kembangkan lagi mengenai manfaat nya agar dapat di pakai oleh manusia dan juga dengan keperluan yang lain nya.

Artikel Terkait : Gambar Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Bioteknologi modern ini merupakan suatu bioteknologi yang memakai peralatan modern yang canggih dan juga cukup sulit apabila untuk di terapkan di dalam rumah tangga. Adapun beberapa contoh dari bioteknologi modern ini adalah sebagai berikut ini.

  • Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika merupakan sebuah cara yang di lakukan untuk memanipulasi gen guna menghasilkan suatu jenis makhluk hidup yang baru dengan sifat yang di inginkan. Pada proses rekayasa genetika dipakai DNA yang berfungsi untuk menggabungkan sifat yang di miliki oleh makhluk hidup.

Karena DNA dari setiap makhluk hidup mempunyai struktur yang sama, maka hal ini yang membuat DNA di rekomendasikan dalam proses rekayasa genetika. Sehingga DNA tersebut akan mengatur dan mengubah sifat makhluk hidup tersebut secara turun temurun.

  • Pembuatan Antibiotik

Antibiotik adalah suatu jenis zat yang di dapat dan di peroleh dari organisme tertentu yang mempunyai fungsi yaitu untuk menghambat pertumbuhan dari organisme lain yang ada di sekitarnya. Antibiotik ini bisa di dapat dari mikroorganisme yang sudah di proses dengan memakai cara dan metode tertentu dengan menggunakan cara bioteknologi modern.

  • Pembuatan Hormon

Dengan cara memakai rekayasa DNA dalam bioteknologi modern ini, maka mikroorganisme akan dapat untuk memproduksi dan menghasilkan hormon. Beberapa jenis hormon yang saat ini bisa di produksi dan di hasilkan dari cara bioteknologi modern ini di antaranya yaitu seperti hormon pertumbuhan, kortison, insulin, dan lain sebagainya.

  • Pembuatan Bahan Bakar

Bioteknologi modern juga mampu untuk membuat jenis bahan bakar baru yang bisa di gunakan untuk menggantikan bahan bakar minyak saat ini. Bahan bakar tersebut diantaranya yaitu seperti biogas.

Biogas ini dibuat dengan cara fermentasi kotoran ternak dan bahan organik lainnya. Dalam proses fermentasi inilah bahan tersebut akan berubah menjadi gas metana yang berfungsi untuk menghasilkan energi seperti pada gas LPG, namun lebih aman dan ramah lingkungan tentunya.

Itulah tadi sedikit penjelasan menganai apa itu yang di makseud dengan bioteknologi. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua.

Related posts: