Penjelasan Lengkap Jenis Bahan Bakar Pesawat Terbang

Posted on

Setiap kendaraan atau alat transportasi yang ada pasti membutuhkan bahan bakar sebagai tenaga pengisinya untuk menggerakkan mesin-mesin yang ada di dalamnya agar kendaraan atau alat transportasi tersebut dapat berjalan dan bergerak. Bahan bakar ini menjadi sangat penting bagi setiap kendaraan yang ada mulai dari kendaraan beroda 2 seperti sepeda motor, kendaraan roda 3 seperti becak motor, kendaraan roda 4 seperti mobil, truk, minibus hingga kendaraan atau alat transportasi publik yang lainnya yang sering kalian gunakan seperti bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat terbang.

Karena begitu pentingnya bahan bakar ini untuk kendaraan maka diibaratkan seperti makanan pokok yang merupakan sebuah sumber energi bagi manusia, dan bahan bakar itu merupakan sebuah makanan juga bagi setiap kendaraan. Bahan bakar untuk kendaraan banyak sekali jenisnya. Hal ini disesuaikan dengan jenis dan tipe kendaraan dengan bahan bakar yang cocok untuk kendaraan tersebut.

Jenis bahan bakar yang dipakai oleh kendaraan pada saat ini yaitu adalah bahan bakar minyak atau yang biasa disebut dengan BBM. Bahan bakar minyak (BBM) ini berasal dari sisa-sisa fosil hewan dan tumbuhan purba yang telah mati puluhan hingga milyaran tahun yang lalu. Bahan bakar minyak (BBM) ini nantinya akan dibagi atau dikelompokkan dan diolah lagi menjadi berbagai macam bahan bakar untuk kendaraan.

Macam-Macam Bahan Bakar Pesawat

@kabarpenumpang.com

Beberapa jenis olahan dari bahan bakar minyak (BBM) ini diantaranya adalah seperti premium, pertalite, pertamax, solar, avtur dan msih banyak lagi jenisnya. Namun disini saya tidak akan membahas semua bahan bakar kendaraan tersebut yang ada. Disini saya akan membahas mengenai bahan bakar yang digunakan untuk pesawat terbang. Pasti disini kalian masih belum terlalu familiar dan belum terlalu mengerti kan mengenai bahan bakar pesawat terbang itu sendiri? Apalagi bagi masyarakat umum yang masih awam mengenai pesawat terbang pasti akan sangat kebingungan apabila ditanya mengenai apa itu bahan bakar yang dipakai dan digunakan oleh alat transportasi seperit pesawat terbang.

Artikel Terkait : Ciri-Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

Baca Juga :  Fungsi Kambium [Penjelasan, Jenis dan Klasifikasi]

Alat transportasi yang satu ini memang agak sedikit berbeda bila dibandingkn dengan alat transportasi darat lainnya yang ada. Bahan bakar juga menjadi salah satu komponen terpenting bagi alat transportasi ini. Karena tanpa adanya bahan bakar maka pesawat terbang ini tidak akan bisa digerakkan dan dijalankan.

Tidak sedikit pula kasus kecelakaan pesawat terbang yang terjadi karena pesawat terbang mengalami kekurangan bahan bakar pada saat sedang melakukan penerbangan. Tentunya hal ini sangat berbahaya sekali bagi keselamatan para penumpang dan awak pesawat terbang yang ada di dalamnya bukan. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa bahan bakar memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah penerbangan pesawat terbang.

Lalu sebenarnya apa sih bahan bakar pesawat terbang itu dan berapa harganya ya kira-kira per liternya? Bagi kalian yang bertanya-tanya dan ingin tahu mengenai apa itu bahan bakar dari pesawat terbang, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bahan bakar pesawat terbang ini. Silahkan disimak dengan baik.

Jenis Bahan Bakar Pesawat

Pada umumnya bahan bakar diibaratkan sebuah makanan bagi manusia. Begitu pula bagi kendaraan dan alat transportasi tak terkecuali pesawat terbang, juga membutuhkan bahan bakar sebagai makanan pokoknya. Bahan bakar yang digunakan untuk alat transportasi seperti pesawat terbang tersedia dalam 2 jenis, yaitu Avtur dan Avgas. Lalu apa saja perbedaan dari kedua jenis bahan bakar Avtur dan Avgas ini? Berikut saya berikan sedikit penjelasannya.

  • Avtur

Aviation Turbine Fuel atau yang biasa disebut dan kita kenal dengan nama AVTUR dan secara internasional lebih dikenal dengan nama Jet A-1 merupakan salah satu jenis bahan bakar pesawat terbang yang kita ketahui dan kita kenal selama ini. Avtur ini merupakan bahan bakar yang digunakan untuk pesawat terbang dengan jenis jet/turbo jet (baik yang tipe jet propulsion/propeller).

Di Indonesia bahan bakar Avtur diproduksi sendiri oleh Perrtamina di kilang-kilang minyaknya. Selain sebagai bahan bakar, avtur ini juga dapat berfungsi dan berguna sebagai cairan hidrolik di dalam sebuah sistem kontrol mesin dan juga berguna sebagai pendingin untuk beberapa komponen dalam sistem pembakaran.

Saat ini hanya terdapat satu jenis bahan bakar jet saja yaitu yang tipe kerosene (minyak tanah) yang dipakai untuk keperluan penerbangan sipil yang ada diseluruh dunia. Oleh sebab itu maka persusahaan penyedia bahan bakar penerbangan harus memastikan bahan bakar yang mereka sediakan memiliki mutu yang sangat tinggi dan sesuai dengan standar internasional yang ada.

Avtur merupakan bahan bakar yang berasal dari fraksi minyak tanah yang digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin atua mesin yang mempunyai ruang pembakaran eksternal. Kinerja dari Avtur ini ditentukan oleh karakteristik kebersihannya, pembakaran, dan performa pada temperatur yang rendah.

Beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh Avtur yaitu adalah titik bekunya yaitu maksimal -47°C dan titik nyalanya yaitu minimal 38°C. Harga Avtur pada Januari 2018 per galonnya yaitu sekitar 1,95 US$ per galon. Sementara itu pada situs Pertamina Aviation avtur di bandara Soekarno Hatta memiliki harga Rp.7580 per liternya.

  • Avgas

Aviation Gasoline atau yang biasa disebut dengan AVGAS juga merupakan bahan bakar pesawat terbang selain Avtur. Avgas merupakan jenis bahan bakar yang berasal dari fraksi minyak tanah yang digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang yang memakai mesin yang mempunyai ruang pembakaran internal, mesin piston atau mesin yang bekerja dengan berdasarkan prinsip resiprokal dengan pembakaran.

Artikel Terkait : Fakta, Proses, Sejarah dan Teori Terbentuknya Bumi

Baca Juga :  Harga dan Manfaat Kayu Cendana

Avgas adalah sebuah campuran dari komponen yang berasal dari minyak mentah dengan hidrokarbon sintetik yang dicampur dengan additive tertentu yaitu bahan atua unsur kimia seperti tetraethyl lead, inhibitors, dan dyes dengan jumlah yang kecil. Bahan bakar jenis Avgas ini memiliki nilai oktan yang sangat tinggi dibanding dengan jenis bahan bakar lainnya sehingga sangat cocok dipakai untuk mesin pesawat terbang yang mempunyai tingkat kompresi yang tinggi.

Avgas memiliki sifat yaitu sangat mudah menguap dan sangat mudah terbakar pada temperatur yang normal. Avgas harus memiliki titik beku maksimal -58°C dan kandungan sulfur maksimal 0,05%m/m. Kinerja dan performa dari Avgas ditentukan oleh karakteristik anti-knock yang ditunjukkan oleh bilangan oktan untuk nilai dibawah 100 dan capaian performa diatas 100.

Tingkat Avgas pada prinsipnya ditentukan oleh nilai oktan yang mengindikasi tingkat kinerja atau performa dari bahan bakar tersebut. Tingkat/grade Avgas yang disediakan oleh Pertamina Aviation di Indonesia yaitu adalah Avgas 100/130. Sama dengan bensin yang merupakan bahan bakar yang dipakai untuk mesin piston, Avgas ini juga sangat mudah untuk terbakar bahkan di dalam kondisi suhu dan temperatur yang normal.

Oleh karena itu prosedur dan peralatan yang dipakai untuk menangani bahan bakar jenis ini harus dipastikan benar-benar aman dan harus mendapat perhatian yang sangat serius tidak boleh diabaikan begitu saja. Adapun untuk harga dari bahan bakar Avgas ini yaitu pada saat ini sekitar Rp.7000/liternya.

Nah itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai bahan bakar pesawat terbang. Semoga dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan kalian semua.

Related posts: