Cara Merawat Ikan Cupang Hias Aduan Termahal Koi, Giant, Plakat dan Halfmoon

Cara Merawat Ikan Cupang – Berbicara mengenai ikan cupang hias, ada banyak sekali variasi yang bisa kamu pilih. Salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah ikan cupang koi. Jenis ikan berukuran kecil ini memang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga mampu menyihir siapapun yang melihatnya. Salah satu daya tarik ikan cupang adalah warna tubuh serta bentuk ekor yang sangat indah dan beragam.

Ikan cupang merupakan ikan hias yang hidup di air tawar dan banyak dipilih sebagai ikan peliharaan. Ikan ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailang. Karena ukurannya yang cenderung kecil, ikan cupang tidak membutuhkan banyak tempat. Jika tidak mempunyai akuarium, botol kaca bisa menjadi alternatif yang memadai sebagai tempat tinggal ikan cupang.

Di Indonesia, ikan cupang masih bisa ditemukan di aliran sungai Pulau Sumatera dan Kalimantan. Meskipun demikian, jumlahnya semakin sedikit karena banyak dicari oleh warga dan dijual sebagai ikan hias. Tahukah kamu? Ternyata ada ikan cupang hias dengan harga yang sangat mahal, bahkan mencapai puluhan juta rupiah!

Ini bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Ada beberapa jenis ikan cupang yang diketahui dibanderol dengan harga selangit, baik dari jenis ikan hias maupun ikan aduan. Karena keindahannya, tidak sedikit yang rela menggelontorkan banyak uang demi mendapatkan koleksi ikan cupang mahal tersebut. Apa saja jenis-jenis ikan cupang termahal di dunia?

Macam Jenis Ikan Cupang

4-macam-jenis-ikan-cupang-hias-termahal-dan-cara-merawat

 

Sebelum membahas ikan cupang termahal, ada baiknya kamu mengetahui beberapa jenis ikan cupang yang cukup terkenal di pasaran. Pada dasarnya, ada begitu banyak ragam variasi ikan cupang dengan berbagai keunikan mulai dari corak sisik hingga bentuk ekor. Dilihat dari segi harga, cupang di bawah ini juga mempunyai harga yang bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah.

  1. Ikan cupang koi

ikan cupang koi

Ikan cupang koi merupakan salah satu jenis yang paling sering ditemui di pasaran. Perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membudidayakannya. Ikan ini memiliki corak sisik yang cukup cantik, namun harganya sangat terjangkau. Tidak heran jika ikan cupang koi menjadi favorit anak-anak dan banyak dijajakan di depan sekolah.

Ikan cupang koi juga banyak dipilih sebagai jenis ikan penghias rumah. Hanya dengan mempersiapkan akuarium atau botol khusus, rumah kamu jadi terasa lebih hidup dengan ikan cupang yang berenang kesana kemari. Yang perlu diperhatikan, kamu tidak boleh mencampur ikan cupang dalam satu wadah karena mereka akan beradu hingga salah satunya mati.

Pada dasarnya ikan cupang memang sangat agresif, apalagi jika musim kawin telah tiba. Ikan cupang merupakan salah satu jenis hewan teritorial yang sangat memperhatikan daerah kekuasaan. Jadi, apabila ada ikan lain yang datang, maka dia akan mempertahankan daerahnya sekuat tenaga. Jangan heran jika kamu akan melihat ikan cupang beradu apabila ditempatkan dalam satu wadah.

Untuk kamu yang tertarik memelihara ikan cupang koi, perlu diketahui bahwa pembudidayaannya sangat mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bibit berkualitas yang bisa kamu dapatkan di berbagai toko ikan hias. Perhatikan kesempurnaan tubuh serta warna ikan. Kamu juga perlu memperhatikan keaktifan gerak serta sikap agresif yang dimiliki.

Setelah memilih bibit berkualitas, langkah selanjutnya adalah memasang peralatan seperti terbal dan aerator agar ikan mendapat suplai oksigen yang mencukupi. Namun jika tidak memiliki aerator, ikan cupang tetap mampu bertahan hidup. Mengenai pakan, ikan cupang koi memakan cacing kering yang bisa kamu dapatkan dalam bentuk dadu. Berikan secukupnya agar air tidak cepat keruh.

Ketika membudidayakan atau memelihara ikan cupang koi, pemberian obat adalah hal wajib yang harus dilakukan agar ikan tetap sehat dan lincah. Obat berupa methylene blue dapat digunakan untuk menghindari bakteri, jamur, dan parasite pada sisik ikan. Jika tidak diberi obat, kemungkinan ikan akan mengalami masalah pada sisik sehingga mempengaruhi kecantikannya.

  1. Ikan cupang halfmoon

ikan cupang halfmoon

Ikan cupang halfmoon tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta ikan hias. Jenis ikan cupang ini memiliki sirip yang sangat indah ketika mengembang sehingga mampu memikat siapapun yang melihatnya. Mungkin inilah yang menyebabkan ikan ini dinamai sebagai halfmoon, yaitu karena ketika siripnya mengembang sempurna, bentuknya menyerupai setengah bulan.

Karena keindahannya pula, berbagai kontes diselenggarakan khusus untuk ikan cupang halfmoon. Tidak heran jika jenis ikan cupang yang satu ini menjadi salah satu dari deretan ikan cupang termahal yang ada di pasarann. Bahkan, bibit ukuran kecil bisa mencapai puluhan ribu rupiah.

Sebagaimana jenis ikan cupang lainnya, pemeliharaan dan pembudidayaan cupang halfmoon relatif mudah. Ikan ini tidak terlalu membutuhkan perhatian khusus serta perawatan operasional yang besar. Bahkan, membudidayakan ikan cupang halfmoon mampu membawa berbagai keuntungan seperti biaya operasional yang sedikit, perawatan mudah, hemat pakan, namun harga jualnya relatif tinggi.

Yang perlu diperhatikan ketika memelihara ikan cupang jenis halfmoon adalah mengenai lokasi serta pemilihan bibit yang bagus. Meskipun kamu bisa membuat kolam outdoor untuk ikan cupang, namun kolam indoor lebih disarankan karena alasan praktis serta kebersihan. Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan naungan atau atap agar ikan cupang tetap terlindungi.

Artikel Menarik Lainya Cara Nembak Pacar, Cowok, Cewek Atau Gebetan Agar Diterima

Terkait pemilihan bibit ikan cupang halfmoon, diperlukan trik dan keahlian khusus untuk mendapatkan jenis ikan berkualitas. Kriteria yang harus dipenuhi ketika kamu memilih halfmoon adalah corak tubuh yang cerah dan seimbang, tidak memiliki cacat tubuh, pergerakan aktif dan agresif, serta sehat.

Kamu mungkin penasaran dengan pakan yang sesuai untuk ikan cupang halfmoon. Sebagaimana cupang pada umumnya, cacing merupakan makanan favorit bagi halfmoon. Cacing sutra hidup bisa kamu pilih sebagai pakan yang bergizi untuk ikan cupang, di samping sifatnya yang tidak menimbulkan residu karena cacing masih dalam keadaan hidup.

Beberapa penyakit yang sering muncul pada ikan cupang halmfoon antara lain jamur, protozoa bintik putih, pop eye, inflamed gills, infeksi sirip, dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi berbagai gangguan tersebut, kamu bisa membersihkan akuarium dan mengganti air dengan frekuensi 3 hingga 4 hari sekali. Dengan demikian, laju pertumbuhan bakteri patogen akan berkurang.

Namun jika ikan cupang telah terkena penyakit, kamu bisa mengobatinya menggunakan larutan air dan garam 15%. Tempatkan ikan pada larutan tersebut selama 1 jam kemudian kembalikan pada wadah yang telah dibersihkan. Setelah itu, jangan lupa untuk memberikan methylene blue agar infeksi jamur pada tubuh ikan bisa terobati dengan baik.

  1. Ikan cupang giant

ikan cupang giant

Sesuai dengan namanya, ikan cupang giant memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan cupang jenis lainnya. Bahkan, panjang ikan ini bisa mencapai 11 cm atau lebih. Ikan yang sering disebut sebagai giant betta ini memang tidak seaktif dan seagresif jenis lainnya, mungkin disebabkan oleh ukuran tubuh yang besar.

Yang menjadi daya tarik ikan cupang giant adalah keindahan corak serta sirip yang berkibar ketika berenang di air. Menurut sejarah, giant betta pertama kali dibiakkan oleh MR. Athapon dari Thailand pada tahun 1999. Ikan giant ini diperoleh dari hasil persilangan antara ikan cupang plakat berukuran 10 cm dengan induk betina yang memiliki ukuran sama. Alhasil, muncullah giant betta dengan ukuran besar.

Pada awalnya, dibutuhkan waktu sekitar 8 hingga 9 bulan untuk mencapai panjang 7,5 cm. Namun seiring berkembangnya inovasi di kalangan pecinta ikan hias, kini hanya dibutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk mendapatkan ukuran yang sama. Yang menarik adalah jenis ikan cupang giant juga semakin bervariasi, antara lain ikan cupang giant crowntail, halfmoon, hingga double tail.

Kamu yang tertarik untuk memelihara ikan cupang giant wajib mengetahui tips pemeliharan. Secara umum, jenis ikan ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Cara pemeliharaannya relatif sama dengan ikan cupang jenis lainnya. Hanya saja, ukurannya yang lebih besar membutuhkan sedikit perhatian ekstra.

Pertama, perhatikan ukuran wadah ikan cupang. Tidak seperti ikan cupang lainnya, cupang giant membutuhkan akuarium berukuran lebih besar dengan ukuran minimal 15 x 15 cm untuk ikan berukur 2.5 bulan. Ketika usia ikan semakin dewasa dan ukuran tubuhnya semakin bertambah, pastikan untuk memindahkan ke wadah yang lebih besar agar ikan dapat bergerak dengan lebih leluasa.

Selain itu, penggunaan aerator juga sangat disarankan terutama untuk anakan ikan berusia di bawah 3.5 bulan. Dengan aerator, ikan menjadi semakin agresif dan aktif bergerak. Terkait pemberian pakan, hal yang satu ini juga perlu kamu perhatikan. Karena memiliki ukuran tubuh yang besar, ikan ini membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak pula.

Ikan cupang giant berumur 2 hingga 4,5 bulan biasanya membutuhkan pemberian makanan 3 hingga 4 kali sehari. Ketika usia ikan telah mencapai lebih dari 4,5 bulan, kurangi frekuensi menjadi 2 hingga 3 kali sehari saja. Giant tidak membutuhkan makanan khusus, jadi kamu bisa memberikan cacing kering atau cacing sutra hidup sebagai pakan bernutrisi.

  1. Ikan cupang plakat

ikan cupang plakat

Hobiis ikan cupang aduan pasti tidak asing lagi dengan jenis yang satu ini. Ikan cupang plakat memang terkenal sebagai ikan aduan yang tangguh dan agresif. Meskipun demikian, ikan cupang plakat juga bisa dijadikan sebagai ikan hias karena corak serta siripnya yang menawan. Sebenarnya, ikan cupang jenis ini bukanlah jenis asli karena merupakan hasil persilangan beberapa jenis ikan cupang aduan dan hias.

Ikan cupang plakat memiliki bentuk yang khas dengan ekor pendek. Karena bentuknya yang cukup unik, tidak heran jika ikan cupang plakat juga banyak dijumpai sebagai ikan hias yang menambah keindahan dalam ruangan.

Ikan cupang plakat memiliki banyak sekali variasi, mulai dari plakat fancy, plakat koi, plakat giant, hingga plakat halfmoon. Berbagai variasi tersebut dihasilkan dari perkawinan silang antara ikan cupang plakat dengan ikan cupang jenis lainnnya seperti ikan cupang koi, halfmoon, hingga giant. Dengan demikian, anakan yang dihasilkan memiliki bentuk serta motif yang mengagumkan.

Dikenal sebagai hasil persilangan berbagai jenis ikan cupang, tidak heran jika ikan cupang plakat termasuk ke dalam daftar ikan cupang termahal. Bahkan tercatat ikan cupang plakat giant pernah dijual dengan harga yang cukup fantastis, yaitu 10 juta rupiah pada tahun 2007.

Ikan Cupang Termahal

Setelah mengenal beberapa jenis ikan cupang, kini saatnya untuk mengetahui jenis ikan cupang dengan harga termahal. Untuk menentukannya, ikan cupang dibagi menjadi dua jenis yaitu ikan cupang jenis hias dan ikan cupang jenis aduan. Apa saja ikan cupang dengan harga termahal di dunia?

  1. Jenis hias

Keindahan ikan cupang sudah tidak diragukan lagi. Coraknya yang berwarna-warni serta sirip yang melambai ketika berenang membuat ikan cupang jenis ini membuat siapapun kagum melihatnya. Untuk menentukan ikan cupang hias termahal, tentunya dilakukan penilaian khusus pada beberapa kriteria seperti keindahan sirip ekor, corak tubuh, pergerakan, serta keagresifan.

Berdasarkan harga pasaran, deretan jenis ikan cupang hias termahal diduduki oleh ikan cupang halfmoon, serit, slayer, giant, dan double tail. Beberapa ikan cupang tersebut memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Ikan cupang halfmoon, misalnya, memiliki sirip ekor yang menyerupai bulan setengah yang sangat cantik.

  1. Jenis aduan

Pada dasarnya ikan cupang memang dikenal sebagai ikan yang sangat aktif dan agresif. Tidak salah jika ikan ini dijadikan sebagai ikan aduan. Ikan jenis ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan ikan hias, diantaranya memiliki sirip yang tidak terlalu panjang serta sifat yang agresif. Beberapa kompetisi ikan cupang aduan bahkan diselenggarakan untuk memilih ikan aduan terbaik.

Dari jenis aduan, yang termasuk dalam jajaran ikan cupang aduan termahal adalah ikan cupang giant betta. Ikan ini memiliki tubuh dengan ciri yang khas yaitu sirip kecil, ukuran tubuh besar, serta warna terbalik dari ikan cupang hias.

Cara Merawat Ikan Hias Cupang

cara merawat ikan cupang

Ketika memutuskan untuk memelihara ikan hias cupang, tentu kamu harus siap dengan konsekuensi untuk merawatnya. Ikan jenis ini sebenarnya membutuhkan perawatan yang cukup mudah. Hanya saja dibutuhkan ketelitian dan konsistensi agar ikan tetap sehat dan terlihat cantik untuk memperindah ruangan di rumah kamu.

Bagaimana cara merawat ikan hias cupang? Ketika memelihara ikan cupang, ada beberapa masalah yang mungkin muncul seperti ekor atau sirip sobek dan sisik berjamur. Perhatikan cara-cara berikut ini agar ikan cupang kamu selalu terlihat indah.

  1. Kualitas air

Kualitas air merupakan aspek yang sangat penting ketika memelihara ikan hias cupang. Kuncinya, pastikan air selalu dalam keadaan bersih agar sisik ikan tetap bersih dan tidak terinfeksi oleh jamur maupun bakteri patogen. Selain itu, air yang bersih juga mampu memancing pertumbuhan ekor ikan.Agar air selalu bersih, lakukan penggantian setiap hari atau maksimal 3 hari sekali.

  1. Gunakan daun ketapang

Daun ketapang berfungsi sebagai antibiotik alami untuk menyembuhkan luka pada ekor ikan cupang. Apabila ikan cupang peliharaan kamu mengalami robek ekor atau sirip, taburkan daun ketapang kering ke dalam akuarium. Ketika diberi daun ketapang, air akan berubah menjadi kekuningan. Pastikan untuk tetap mengganti air secara rutin agar ikan tidak terkena masalah lainnya.

  1. Berikan garam

Garam merupakan zat yang mampu menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam juga mampu membantu penyembuhan ikan yang terkena penyakit. Larutkan garam dalam air dan masukkan ikan cupang selama 1 jam. Perhatikan untuk tidak menggunakan garam terlalu banyak karena justru berbahaya bagi ikan cupang hias.

Apakah kamu terinspirasi dan ingin segera memiliki ikan cupang hias? Tidak perlu ragu untuk memelihara jenis ikan yang satu ini karena perawatannya yang cukup mudah. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis karena nilai jual ikan cupang hias yang relatif tinggi. Semoga bisa menambah wawasan ya selamat hunting ikan fenomena ini.