Hukum Hamil Di Luar Nikah Menurut Kristen

Posted on

Salah satu perbuatan dosa di dalam Alkitab maupun di dalam kehidupan orang Kristen yang dianggap tabu untuk dibicarakan hingga saat ini yaitu adalah tentang hamil di luar nikah. Yang mana tentu saja hamil di luar nikah ini merupakan perbuatan dosa. Sebab melakukan seks di luar pernikahan saja sudah merupakan perbuatan dosa, apalagi sampai hamil di luar nikah.

Baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan, hubungan seks di luar nikah ini merupakan salah satu dosa di hadapan Tuhan. Namun bagi sebagian besar orang dosa dalam melakukan hubungan seks di luar nikah ini lebih mudah untuk disembunyikan dari pada hamil di luar nikah.

Yang mana akibat dari hubungan seks di luar nikah ini yaitu adalah salah satunya hamil di luar nikah. Hal ini tentu saja akan melukai citra keluarga Kristen. Yang mana tentu akan melukai hati orang tua sang anak yang telah hamil di luar nikah tersebut. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa anak merupakan anugerah dari Tuhan Allah. Yang mana Tuhan telah memiliki rencana bagi setiap anak yang ada di dunia ini.

Bahkan meskipun sang anak tersebut memiliki ketidaksempurnaan, Allah tetap menganggapnya berharga sama seperti anak lainnya. Hal ini pun juga berlaku bagi seorang anak yang mungkin terlanjur hamil di luar nikah, dimana Allah juga tetap menganggap anak tersebut berharga di mata-Nya. Namun hal ini semua juga tak sepenuhnya kesalahan sang anak, tapi kita juga harus melihat dari latar belakang sang anak, tentang bagaimana kehidupannya, bagaimana kehidupan keluarganya, bagaimana cara orang tuanya mengajar dan mendidiknya.

Sebab bagaimanapun juga peran orang tua juga sangat penting di dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Lalu sebenarnya bagaimanakah pandangan iman Kristen mengenai hamil di luar nikah ini? Berikut merupakan beberapa fakta tentang hamil di luar nikah berdasarkan dengan iman Kristen.

Baca Juga :  Nama Bayi Katolik Perempuan Dan Artinya

Hukum Hamil Diluar Nikah Menurut Kristen

1. Kekudusan

@surattuhan

Di dalam Alkitab Allah telah berulang kali menjelaskan tentang makna dari kekudusan ini. Dan Tuhan ingin agar anak-anak-Nya dapat hidup dengan kudus dan menjaga kekudusan diri mereka masing-masing. Hal ini seperti yang tertulis di dalam kitab 1 Tesalonika 4:3 yang berbunyi : “Karena inilah kehendak Allah : pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan”.

Yang mana melalui ayat tersebut dengan jelas Tuhan memerintahkan kepada kita semua untuk menjauhi yang namanya percabulan, sebab hal tersebut akan mengakibatkan manusia jatuh ke dalam dosa dan menerima akibatnya. Dan salah satu akibat dari percabulan ini yaitu adalah hamil di luar nikah ini. Yang mana tentu saja hal ini termasuk tindakan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan Yesus. Oleh sebab itulah mengapa Allah menekankan tentang pentingnya untuk menjaga kekudusan bagi setiap murid-Nya.

2. Pernikahan

@cal-catholic

Tuhan Allah juga menekankan kepada kita semua tentang pentingnya pernikahan di dalam Kristen yang baik dan benar. Sebab semenjak semula Tuhan menciptakan dunia ini, Allah menciptakan sepasang manusia yaitu Adam dan Hawa. Lalu setelah itu Tuhan memberkati Adam dan Hawa ini, kemudian barulah Allah memerintahkan mereka untuk beranak cucu dan menghasilkan banyak keturunan untuk memenuhi bumi ini.

Yang mana lewat hal ini seolah-olah Allah telah memerintahkan kepada para umat-Nya untuk bisa menjauhi kemungkinan terjadinya hamil di luar pernikahan ini. Dimana Tuhan telah memberikan contoh yaitu supaya sepasang manusia untuk terikat di dalam sebuah pernikahan terlebih dahulu sebelum akhirnya mereka dapat menjadi satu tubuh dan melahirkan keturunan di dalam pernikahan yang kudus dan suci tersebut.

Baca Juga :  Contoh Polimer [Kegunaan, Jenis dan Pengertiannya]

Sebab hal ini merupakan hal terbaik yang dikehendaki dan diperintahkan oleh Tuhan kepada para murid-Nya. Karena ikatan pernikahan ini juga menjadi sebuah lambang bagi kekudusan serta melambangkan tentang hubungan antara jemaat dan Kristus sendiri.

3. Pertobatan

@amorpost

Yang namanya manusia tidak ada yang sempurna dan tidak ada yang suci dan bebas dari dosa, yang mana setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Namun jika kesalahan atau perbuatan dosa kita ini telah menghasilkan sebuah hal yang tak dapat diubah lagi maka kita sebagai manusia pun harus bisa menerimanya dengan ikhlas dan menyerahkannya kepada Tuhan.

Sebab hal ini merupakan perbuatan kita sendiri. Dan salah satunya yang termasuk dalam hal ini yaitu adalah tentang hamil di luar nikah ini. Yang mana jika seseorang telah hamil di luar nikah maka ia hanya bisa menerima anak yang ada di dalam kandungannya tersebut dan sekali-kalipun tidak boleh berpikir untuk membunuh janin yang ada di dalam kandungannya, sebab hal tersebut tidak berkenan di hadapan Tuhan.

Yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan yang terlanjur hamil di luar nikah yaitu adalah bertobat dan mohon ampun kepada Tuhan. Kalian harus mau mengakui kesalahan kalian dan dosa kalian kepada Tuhan serta memohon ampun kepada-Nya dan berusaha untuk hidup taat setelahnya.

4. Lahir Baru

@rhondajansen

Setelah seseorang mengakui dosanya dan melakukan pertobatan, maka orang tersebut sudah hidup baru di dalam Tuhan Yesus. Yang mana jika ada seorang wanita yang telah hamil di luar nikah dan kemudian ia mengakui kesalahannya kepada Tuhan dan bertobat maka setelah itu ia harus bisa untuk hidup baru sebagai pribadi yang baru di hadapan Tuhan.

Baca Juga :  Kumpulan Doa-Doa Iman Katolik Yang Mudah Dihafal

Sehingga dengan demikian maka wanita yang telah hamil di luar nikah tersebut tidak akan mengulangi perbuatannya dan ia akan dapat membesarkan bayi yang ada di kandungannya yang telah dilahirkannya dengan sepenuh hatinya. Dengan demikian maka Allah akan kembali untuk berkenan pada kehidupan wanita tersebut dan anaknya.

Dan Allah pun akan mengasihinya dan memberkatinya sama seperti yang telah dilakukan oleh Allah sebelumnya. Jika kalian sudah bertobat maka berusahalah untuk dapat hidup baru dengan memulai lembaran baru bersama dengan Tuhan Yesus.

Minta petunjuk kepada Tuhan agar kalian yang telah jatuh ke dalam dosa ini agar dapat terlepas dari ikatan belenggu dosa tersebut dan bisa terbebas di dalam Tuhan Yesus sehingga kalian akan bisa menjalani kehidupan sebagai manusia yang baru yang telah ditebus dan disucikan oleh darah Tuhan Yesus. Jangan takut untuk mengaku dosa kepada Tuhan, sebab Tuhan akan mengampuni anak-Nya yang memohon pengampunan dan berseru kepada-Nya kapanpun. Karena Ia adalah Bapa Yang Penuh Kasih.

Related posts: