Written by 9:46 am Pengembangan Diri

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa pada Bulan Ramadhan

Berpuasa merupakan salah satu dari 5 rukun Islam yang ada di dalam ajaran agama Islam. Yang mana puasa di dalam Islam ini ada 2 (dua) jenis, yaitu puasa wajib dan puasa sunah. Puasa wajib ini puasa yang wajib hukumnya untuk dikerjakan oleh seluruh umat Muslim yang telah dewasa dan yang tidak sedang memiliki halangan untuk melakukan ibadah puasa ini.

Puasa yang termasuk dalam puasa wajib ini yaitu adalah puasa Ramadhan, yang dikerjakan oleh seluruh umat Islam di bulan Ramadhan setiap tahunnya di bulan Ramadhan selama 30 hari lamanya. Yang mana puasa wajib ini hukumnya wajib untuk dikerjakan dan dilakukan, dan apabila tidak dikerjakan atau dilakukan maka akan bisa mendatangkan dosa.

Sedangkan puasa sunah merupakan jenis puasa yang dianjurkan untuk dilakukan dan tidak diwajibkan untuk dilakukan. Yang mana apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala namun apabila tidak dikerjakan juga tidak akan mendatangkan dosa. Puasa yang termasuk ke dalam jenis puasa sunah di dalam ajaran agama Islam ini banyak sekali jenisnya atau macamnya, misalnya yaitu adalah seperti puasa Senin Kamis, puasa Daud, puasa Asyura, dan masih banyak lagi puasa-puasa sunah yang disarankan oleh para Nabi untuk dikerjakan oleh umat Muslim.

Namun terkadang pada saat sedang berpuasa pasti ada saja hal-hal yang bisa menyebabkan puasa kita menjadi batal. Dan jika sudah demikian maka puasa yang dilakukan pun akan menjadi tidak sempurna dan tidak mendapatkan pahala, sehingga puasa yang kita lakukan akan menjadi sia-sia. Lalu hal-hal apa sajakah yang dapat membatalkan puasa seseorang? Nah berikut ini akan saya berikan beberapa contoh hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Hal – Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa

1. Makan Dan Minum Disengaja

@boombastis

Seperti yang kita ketahui bahwa puasa merupakan salah satu ibadah yang mengharuskan kita untuk bisa menahan rasa lapar dan haus mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam selama seharian. Tentu saja pada saat berpuasa kita dilarang untuk makan dan minum sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Yang mana apabila kalian memasukkan benda baik itu berupa makanan maupun minuman ke dalam mulut atau ke dalam anggota tubuh yang lainnya dengan disengaja maka hal ini dapat membatalkan puasa kalian. Akan tetapi apabila kalian benar-benar lupa dan tidak sengaja dengan tiba-tiba makan atau minum dan baru setelah makanan dan minuman tersebut masuk ke dalam mulut kalian langsung ingat bahwa kalian sedang berpuasa maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa kalian dan kalian dapat melanjutkan puasa kalian.

2. Jima

@cahayaislam

Jima atau melakukan hubungan seksual dengan sengaja pada saat berpuasa juga bisa menjadikan puasa kalian menjadi batal. Baik itu merupakan hubungan seksual yang dilakukan oleh pasangan suami istri yang sah maupun yang bukan pasangan suami istri maka hal tersebut tetap akan membatalkan puasa kalian.

Dengan catatan bahwa kalian melakukan hubungan seksual ini dengan sengaja dan dalam keadaan sadar. Yang mana sebuah perbuatan bisa dikatakan sebagai hubungan seksual dengan batas minimal masuknya khasafah ke dalam farji (vagina), dan jika kurang dari itu maka hal tersebut tidak dikategorikan sebagai hubungan seksual dan juga tidak akan membatalkan puasa.

Sebab barang siapa yang melakukan hubungan seksual dengan secara sengaja dan secara sadar pada saat sedang menjalankan ibadah puasa, sedangkan pada malam harinya ia berniat untuk menjalankan puasa, maka orang tersebut telah berdosa dengan alasan telah merusak ibadah puasanya. Oleh sebab itulah ia diwajibkan untuk mengqadha dan membayar kifarat (memerdekakan budak perempuan mu’min) sebagai hukumnya.

Atau jika orang tersebut tidak mampu ia bisa mengganti puasa di luar bulan Ramdhan selama 2 bulan berturut-turut, atau bisa juga membayar fidyah untuk 60 fakir miskin. Apabila orang tersebut merasa tidak mampu lagi maka akan tetap menjadi tanggungan dan wajib untuk membayarnya setelah ia mampu.

3. Muntah Disengaja

@fimela

Muntah juga bisa membatalkan puasa seseorang, jika muntah tersebut dilakukan dengan secara sengaja. Yang mana apabila kalian yang sedang berpuasa secara sengaja memasukkan jari ke dalam kerongkongan kalian sehingga akan menyebabkan muntah maka hal tersebut telah membatalkan puasa kalian.

Akan tetapi apabila kalian sedang dalam keadaan sakit atau mengalami mabuk di perjalanan dan tiba-tiba muntah tanpa disengaja maka hal ini tidak membatalkan puasa kalian. Sebab seorang Muslim yang berada dalam keadaan sakit atau sedang berada dalam perjalanan dan ia tidak yakin dapat melakukan puasa dengan maksimal, maka ia akan diberikan keringanan untuk tidak berpuasa namun tetap wajib untuk mengganti puasa tersebut di bulan lainnya.

4. Haid

@popmama

Mengenai hal yang satu ini pasti kalian semua juga sudah tahu bahwa seorang perempuan yang sedang haid atau menstruasi maka tidak diperkenankan untuk berpuasa. Sebab apabila seorang wanita yang sedang berpuasa dan tiba-tiba keluar darah dari kemaluannya maka puasanya akan menjadi batal.

Dan ia tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa hingga proses haidnya selesai dan hingga dirinya bersih dari darah kotor yang keluar melalui alat kelaminnya tersebut. Yang mana biasanya pada umumnya siklus haid ini berlangsung selama kurang lebih satu minggu, namun ada juga paling lama hingga bisa mencapai 15 hari. Dan selama seorang wanita dalam masa menstruasi ia diperbolehkan untuk tidak berpuasa, namun ia tetap harus menggantinya di bulan lainnya.

5. Gila (Kehilangan Akal)

@malangtoday

Seseorang yang mempunyai masalah gangguan kejiwaan memang tidak diwajibkan untuk melakukan puasa. Dan apabila saat sedang berpuasa seseorang tiba-tiba kehilangan akal sehatnya atau menjadi gila maka puasa orang tersebut akan menjadi batal dan tidak sah.

Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa

@republika

Selain harus menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, kalian juga sebaiknya harus menghindari hal-hal berikut yang bisa membatalkan pahala puasa yang kalian lakukan. Meskipun hal berikut ini tidak membuat puasa batal, namun hal berikut akan bisa mengurangi pahala yang kalian dapatkan di bulan puasa.

1. Berbohong

2. Menggunujing

3. Berkata-kata kotor

4. Melihat perempuan/laki-laki kemudian timbullah nafsu di dalam diri

5. Mencuri

6. Mencium orang lain yang bukan muhrimnya

7. Marah

Last modified: September 21, 2020

Title : Hal Hal Yang Membatalkan Puasa pada Bulan Ramadhan
Deskripsi :