Fungsi Tari Tradisional Indonesia

Posted on

Seni tari merupakan suatu keindahan dari ekspresi jiwa manusia yang di ungkapkan melalui gerak tubuh manusia yang di perhalus melalui dengan gerakan estetika. Tari ialah sebuah unsur dasar gerak yang di ungkapkan atau ekspresi dalam suatu bentuk perasaan yang sesuai dengan keselarasan atau kesesuaian irama.

Tari Tradisional dan Fungsinya

@krjogja

Tari dapat berupa gerak-gerak seluruh tubuh yang di sesuaikan dan seirama dengan musik yang sesuai dengan maksud dan tujuan tertentu. Dengan kata lain tari juga bisa di bilang sebagai sebuah ungkapan atau ekspresi manusia yang di ubah oleh imajinasi ke dalam media gerak sehingga akan menjadi wujud suatu gerak simbolis sebagai ungkapan koreografis.

Tari sendiri secara umum di bagi menjadi 2 (dua), yaitu tari tradisional dan tari modern. Tari tradisional sendiri merupakan sebuah tarian yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat wilayah suatu daerah yang ada di Indonesia. Sementara tari modern merupakan tari yang sebagian besar unsur nya mendapatkan pengaruh dari unsur-unsur tari yang berasal dari budaya luar negeri.

Namun disini saya akan membahas mengenai tari tradisional yang ada di Indonesia beserta dengan fungsi nya masing-masing. Silahkan disimak baik-baik.

Fungsi Tari

@senitari

Sebelum kita akan membahas mengenai tari-tari tradisional yang ada di Indonesia, maka terlebih dahulu disini saya akan membahas sedikit mengenai fungsi dari tari itu sendiri. Berikut beberapa fungsi tari secara garis besar:

1. Tari Sebagai Sarana Upacara

Fungsi tari sebagai sarana upacara ini merupakan sebagian dari tradisi yang hidup di masyarakat secara turun temurun. Tarian yang berfungsi sebagai sarana upacara ini harus ditampilkan pada saat tertentu dan biasanya disertai dengan sesajen dan di iringi dengan bunyi-bunyian sebagai pertanda dari sebuah ritual upacara.

Artikel Terkait : Tujuan dan Manfaat Perdagangan Internasional

Contoh dari upacara ritual ini diantaranya yaitu seperti pada masa panen, peristiwa kelahiran, perkawinan, dan lain-lain. Adapun ciri dari tari yang di gunakan sebagai sarana upacara ini diantaranya sebagai berikut:

  • Tumbuh dan berkembang dalam tradisi yang sangat kuat
  • Sebagai sarana persembahan yang bersifat sacral
  • Bersifat keagamaan dan di ulang-ulang

2. Tari Sebagai Sarana Hiburan

Fungsi dari tarian yang kedua yaitu adalah sebagai sarana hiburan. Maksud dari tari sebagai sarana hiburan yaitu penciptaan tari ini di tujukan dan di maksudkan hanya untuk di tonton atau di nikmati sebagai sebuah sarana konsumsi masyarakat dan sebagai sebuah sarana hiburan untuk masyarakat saja tanpa ada maksud dan tujuan lain di dalam tarian yang berfungsi sebagai sarana hiburan ini.

3. Tari Sebagai Pertunjukan

Fungsi tari sebagai pertunjukan yaitu di sini tarian ini mementingkan bagian keindahannya dan bukan pada segi hiburannya. Tari jenis ini biasanya di pertunjukkan dan di pertontonkan kepada masyarakat pada saat ada acara-acara besar yang sedang di gelar. Salah satu contoh dari tari yang di pergunakan sebagai pertunjukan yaitu adalah tari pendet, tari gambyong, dan lain-lain.

Tari Tradisional Beserta Fungsinya

  • Tari Piring

Tari piring merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari wilayah Sumatera Barat. Pada mulanya tarian piring ini di gunakan oleh masyarakat Minangkabau pada saat musim panen tiba.

Dimana tari piring ini di gunakan sebagai sebuah bentuk ucapan rasa syukur kepada dewi padi yang telah memberikan hasil panen yang sangat melimpah kepada masyarakat Minangkabau. Yang menjadikan tari piring ini unik yaitu adalah tari piring ini memakai properti berupa sebuah piring kecil yang di gunakan oleh masing-masing penarinya.

  • Tari Saman
@pandaibesi

Tari saman adalah salah satu tari tradisional yang berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam. Tari saman ini memiliki fungsi yaitu sebagai salah satu media dalam kegiatan dakwah. Dengan kata lain tari Saman ini di gunakan sebagai salah satu media untuk menyebarkan agama Islam di masa lalu.

Artikel Terkait : Harga dan Manfaat Kayu Cendana

Baca Juga :  Fungsi Utama Management POAC [Pengertian dan Contohnya]

Tari Saman ini biasanya di tampilkan pada saat upacara hari-hari besar keagamaan Islam seperti pada peringatan maulid nabi Muhammad. Tari Saman ini biasanya di lakukan atau di tarikan oleh banyak orang secara berkelompok dengan iringan musik yang dinamis.

  • Tari Pendet
@wikipedia

Tari pendet merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang berasal dari Bali. Tari pendet menurut kepercayaan masyarakat Bali merupakan sebuah jenis tarian yang di persembahkan dalam proses pemujaan yang di lakukan di lingkungan pura.

Dapat di katakan bahwa fungsi dari tarian Pendet ini yaitu sebagai sebuah penyambutan untuk kedatangan sang Dewa ke bumi. Oleh sebab itu tarian pendet ini mempunyai prosesi yang sangat sakral dan penuh dengan filosofi.

Dan tarian ini biasanya digelar pada saat upacara keagamaan agama Hindu berlangsung. Namun kini seiring perkembangan jaman, tarian pendet ini juga difungsikan dan digunakan sebagai tari yang di pentaskan atau di pertunjukkan untuk menyambut tamu kehormatan dan sebagai sarana hiburan juga.

  • Tari Jaipong
@karawangtoday

Tarian tradisional yang bernama Jaipong ini berasal dari tanah Sunda atau Jawa Barat. Fungsi dari tari Jaipong ini yaitu sebagai sarana hiburan karena tarian ini seringkali digelar untuk menghibur masyarakat di daerah Jawa Barat.

Selain itu tari Jaipong ini juga memiliki fungsi sebagai tarian penyambutan yang biasanya di gunakan dalam prosesi penyambutan para tamu besar baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri yang sedang berkunjung ke daerah Jawa Barat.

  • Tari Gambyong
@kamerabudaya

Tari Gambyong adalah salah satu jenis tari tradisional yang berasal dari wilayah Surakarta di Jawa Tengah. Tarian ini dalam gerakannya hampir menggerakkan seluruh anggota badan yaitu seperti pada bagian tangan, kaki, dan kepala.

Pada awalnya tari gambyong ini di fungsikan hanya untuk sebagai sebuah hiburan dan tontonan untuk para masyarakat. Namun kemudian seiring berjalannya waktu tari gambyong ini berubah fungsi menjadi sebuah tari yang di gunakan atau yang di pakai dalam penyambutan tamu-tamu besar.

  • Tari Serimpi

Tari serimpi berasal dari wilayah Yogyakarta. Tari serimpi merupakan sebuah tarian yang di tujukan sebagai sarana hiburan para raja yang ada di kesultanan kraton Yogyakarta. Tapi sekarang tarian ini juga dapat di nikmati oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke wilayah keraton. Selain itu tari serimpi ini juga di fungsikan sebagai suatu tari yang di pentaskan pada saat ada upacara adat di keraton Yogyakarta.

  • Tari Sekapur Sirih
@youtube

Tari sekapur sirih ini berasal dari wilayah Jambi. Asal usul dan sejarah dari tari Sekapur Sirih ini berawal pada tahun 1962 dan berkembang hingga saat ini. Yang menciptakan gerakan dalam tari Sekapur Sirih ini yaitu adalah seorang Jambi yang bernama Firdaus Chatab.

Tarian Sekapur Sirih ini di gunakan sebagai tarian sambutan selamat datang kepada para tamu terhormat yang datang ke wilayah Jambi. Tari Sekapur Sirih ini memakai properti yang adalah pakaian adat Jambi itu sendiri.

Nah itulah tadi beberapa tari tradisional yang ada di Indonesia beserta dengan fungsinya. Mari kita sebagai generasi muda ikut melestarikan tarian tradisioanal yang ada di daerah kita agar tarian tradisional tersebut tidak hilang dan punah ditelan waktu.

fungsi tari tradisional, fungsi tari tradisi, fungsi tari tarian di indonesia, fungsi tari tradisonal, kegunaan tari tradisional, dumgsi tari tradisipnal, fungsi tari tradisi daerah, tujuan tari tradisional
Related posts: