3 Jenis Doa Buka Puasa [Lengkap]

Posted on

Puasa atau berpuasa merupakan salah satu rukun iman yang ada di dalam ajaran agama Muslim. Yang mana puasa ini sifatnya ada yang bersifat puasa wajib, yang mana puasa wajib ini harus dikerjakan oleh seluruh umat Muslim sebab apabila tidak dikerjakan atau dilakukan maka akan bisa mendatangkan hukuman dosa.

Sedangkan jenis puasa yang kedua yaitu adalah puasa sunnah atau puasa yang dianjurkan. Yang mana puasa sunnah ini boleh dikerjakan dan boleh juga untuk tidak dilaksanakan. Apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala, tapi apabila tidak dilaksanakan atau dijalankan tidak akan menimbulkan dosa.

Yang mana puasa di dalam ajaran Islam ini wajib hukumnya untuk dikerjakan oleh seorang Muslim yang telah dewasa. Di dalam berpuasa ini salah satu sunnah yang dianjurkan oleh para nabi yaitu adalah untuk menyegerakan berbuka puasa dan membaca doa buka puasa. Namun perlu diketahui bahwa doa buka puasa ini di dalam hadits tidak hanya ada satu saja. Melainkan ada beberapa doa buka puasa yang dapat diamalkan atau diucapkan pada saat waktu berbuka puasa.

Hal ini karena derajat haditsnya shahih atau setidaknya hasan. Yang mana hal ini tentu saja akan mempermudahkan umat Muslim untuk memilih doa yang mana diantara doa yang di ajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Jenis – Jenis Doa Buka Puasa

@almunawwar

Doa buka puasa tentu sudah sangat masyhur atau terkenal di telinga umat Muslim. Namun doa yang selama ini terkenal dan sering kali diucapkan oleh umat Muslim yang sedang berpuasa ternyata belum tentu shahih derajatnya. Yang mana setiap bulan Ramadhan atau bulan puasa tiba, doa-doa berbuka puasa ini pasti selalu ditayangkan di televisi.

Baca Juga :  Ucapan Hari Lahir Pancasila dan Sejarahnya [+10Gambar]

Sehingga dengan demikian supaya umat Muslim lebih mudah dan lebih gampang untuk bisa menghafalkan doa berbuka puasa. Yang mana sebenarnya di dalam sekolah pun di dalam pelajaran Agama doa buka puasa ini telah diajarkan kepada ana-anak sejak dini, yaitu sejak mereka mulai belajar untuk berpuasa. Berikut ini akan saya berikan beberapa doa puasa.

1. Doa Buka Puasa Dzahaba Dzoma’u

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
(Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlah)
Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah”

Banyak para ulama yang menilai bahwa doa buka puasa Dzahaba Dzoma’u ini merupakan doa buka puasa yang paling baik derajat haditsnya. Sehingga dengan demikian maka banyak para ulama yang memberikan kesimpulan bahwa doa inilah merupakan doa buka puasa yang paling utama yang harus dibaca atau diucapkan sebagai doa pada saat berbuka puasa.

Doa buka puasa Dzahaba Dzoma’u ini sendiri diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Daruquthni, dihasankan Syaikh Nasirudin Al-Albani dalam Irwaul Ghalil, Misykatul Mashabih dan Shahih Abi Dawud. Di dalam Fiqih Sunnah, Syaikh Sayyid Sabiq menegaskan atau mengatakan tentang keshahihan doa buka puasa yang satu ini.

Begitu juga halnya dengan Syaikh Yusuf Qardhawi, yang mana beliau mencantumkan doa ini sebagai doa buka puasa yang shahih yang berasal dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam Fiqhush Shiyam.

2. Doa Buka Puasa Allahumma Laka Shumtu

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ
(Allohumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu)
Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka”

Baca Juga :  Contoh Makalah Tentang Narkoba

Doa buka puasa yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi kalian semua bukan. Yang mana doa buka puasa yang satu ini merupakan salah satu doa berbuka puasa yang paling umum diucapkan oleh para umat Muslim yang ada di Indonesia khususnya.

Doa berbuka puasa ini sendiri di riwayatkan oleh Abu Dawud, kemudian dinilai hasan oleh Syaikh Nasiruddin Al-Albani dalam Misykatul Mashabih. Akan tetapi didhaifkannya di dalam Shahih wa Dhaif Al Jami’u Ash Shagir dan kitab-kitab lainnya.

Doa buka puasa yang cukup populer ini juga dicantumkan Sayyid Sabiq di dalam Fiqih Sunnah sebagai doa buka puasa setelah ia mencantumkan doa buka puasa Dzahaba Dzoma’u. Yang mana hal ini berarti bahwa kedua doa buka puasa tersebut dapat dipilih.

3. Doa Buka Puasa Gabungan

للَّهُمَّ إِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَ بِكَ آمَنْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اغْفِرْلِىيْ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَعَانَنِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ
(Allohumma innii laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamantu, dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlahu ta’ala. Yaa waa si-al fadhli ighfirlii, alhamdulillaahil ladzii a’aananii fashumtu wa rozaqonii fa-afthortu)
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku beriman. Dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah dan pahala telah pasti didapatkan, insya Allah. Wahai Tuhan yang luas karunia-Nya, ampunilah dosaku. Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga ku dapat berpuasa dan memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka.”

Selain kedua doa buka puasa diatas, ada juga doa gabungan yang berasal dari kedua doa buka buka diatas. Yang mana doa buka puasa gabungan ini sangat populer sekali di Indonesia, karena sering kali ditampilkan di Televisi pada saat waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan atau bulan puasa.

Baca Juga :  Kerajaan-Kerajaan Islam Di Riau

Yang mana doa buka gabungan ini terdapat di dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu yang disusun oleh Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili, yang mana ia menyebutkan bahwa doa buka puasa gabungan ini adalah doa buka puasa yang ma’tsur.

Waktu Untuk Membaca Doa Buka Puasa

@panduanshalat

Apabila doa-doa lainnya biasanya dibaca sebelum akan melakukan sesuatu atau mengerjakan sesuatu, seperti doa makan, doa naik kendaraan, doa berpakaian, dan doa-doa lainnya, namun beda halnya dengan doa buka puasa. Yang mana doa buka puasa ini dibaca atau diucapkan setelah berbuka puasa.

Yang mana sebelum berbuka puasa maka dianjurkan untuk membaca basmalah. Jadi sebelum berbuka puasa maka sebaiknya perbanyaklah doa. Sebab doa apa pun itu sangat baik untuk kebaikan dunia maupun untuk kebaikan akhirat. Yang mana kita bisa mencontoh kaum Muslim yang ada di Makkah dan Madinah.

Mereka memahami betul tentang keutamaan doa menjelang buka puasa ini. Oleh sebab itu para kaum muslimin yang menengadahkan tangan untuk berdoa sejak satu jam sebelum adzan Maghrib, sebab saat-saat waktu itu merupakan saat mustajab untuk berdoa.

contoh doa buka puasa
Related posts: