Desain Kamar Untuk Anak Pengidap Autis [Gambar Ruangan]

Posted on

Autisme atau autis merupakan sebuah gangguan atau kelainan yang ada di dalam diri seorang manusia. Autis ini biasanya memang bawaan sejak lahir atau sejak kecil. Adapun autis ini bisa diketahui dari kondisi yang ditandai dengan adanya gangguan dalam berkomunikasi, interaksi sosial, ataupun perilaku stereotip yang berulang pada usia anak-anak.

Seorang anak pengidap autis mendapatkan karunia istimewa yang hanya dititipkan pada orang-orang terpilih. Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang menyebabkan seorang anak mengidap autisme. Namun, jumlah anak pengidap autisme telah meningkat kira-kira sepuluh kali lipat dalam empat puluh tahun terakhir. Ini adalah suatu peningkatkan yang begitu drastis.

Karena gangguan-gangguan tersebutlah maka anak penderita autis ini membutuhkan sebuah terapi dan juga stimulasi khusus yang dapat merangsang perkembangan serta pertumbuhannya. Jika sudah berbicara mengenai terapi atau stimulasi atau pengobatan dan semacamnya, tentu pertama kali yang terlintas di benak para orang tua yaitu adalah tentang biaya.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa biaya pengobatan di Indonesia memang tidak murah dan terbilang cukup mahal. Namun jangan khawatir dahulu, sebab selain diikutkan terapi khusus, anak autis ini juga bisa ditangani atau diobati sendiri di rumah. Salah satu caranya yaitu adalah dengan merancang desain kamar yang pas dan sesuai dengan anak pengidap autis.

Karena anak pengidap autis ini memiliki kondisi yang sedikit berbeda dengan anak normal pada umumnya, maka orang tua pun harus memberikan perhatian yang lebih ekstra kepada anak pengidap autis ini. Salah satunya yaitu adalah memberikan desain yang cocok bagi kamar anak pengidap autis.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Psikopat Tersadis dan Brutal [2019]

Desain kamar anak autis pun bisa sedikit berbeda dan sedikit lebih rumit jika dibanding dengan desain untuk kamar anak normal pada umumnya. Lalu bagaimana caranya untuk membuat desain kamar untuk anak pengidap autis yang baik? Berikut ini akan saya berikan beberapa tips dalam menata dekorasi kamar bagi anak pengidap autis.

Tips Desain Kamar Anak Pengidap Autis

1. Pemilihan Furniture

@idea.grid

Dalam memilih furniture atau perabot bagi kamar anak pengidap autis ini kalian tidak boleh sembarangan, mengingat anak autis ini memiliki kondisi emosional serta perilaku yang sedikit berbeda dengan anak lain pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan atau perhatikan di dalam pemilihan furniture untuk kamar anak autis.

  • Seluruh furniture yang ada harus furniture yang besar dan berat, hal ini untuk mengurangi keaktifan dari anak autis
  • Furniture seperti rak, meja, maupun almari harus diletakakn di lantai atau menempel dengan erat pada dinding
  • Selalu gunakan kait pengaman atau kunci pada laci, pintu, dan juga lemari
  • Perhatikan juga keamanan dari alat-alat listrik seperti colokan listrik, lampu, maupun charger
  • Letakkan mainan di tempat atau wadah yang cukup rendah supaya anak dapat mengambilnya dengan mudah
  • Hindari furniture yang memiliki bagian ujung yang runcing atau tajam

2. Konsep Desain Kamar

@ypedulikasihabk

Guna mempercepat perkembangan seorang anak autis, maka harus dilakukan latihan-latihan secara teratur yang dapat merangsang stimulasi syarat motoriknya. Oleh sebab itulah konsep desain kamar bagi anak autis ini juga bisa digunakan sebagai ruang atau sarana latihan bagi mereka.

Baca Juga :  Tanda Pria Menyukai Wanita Diam - Diam

Untuk membuat konsep desain kamar yang juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk latihan mereka, sebaiknya kalian perhatikan hal-hal seperti berikut ini.

  • Buat sudut-sudut yang nyaman yang menjadi favorit untuk anak. Misalnya yaitu dengan menaruh beberapa kursi bean bag kesukaan anak, bantal, selimut, ataupun boneka serta mainan kesukaannya
  • Berikan beberapa alat untuk terapi sensorik, yaitu seperti bola, mini trampolin, dan beberapa peralatan lain yang dapat menunjang perkembangan saraf motorik anak autis. Akan tetapi jangan memberikannya terlalu banyak.
  • Berikan batasan-batasan kepada anak autis untuk tidak memegang beberapa barang dengan menggunakan isyarat visual. Misalnya yaitu dengan menggunakan pita berwarna merah
  • Jangan lupa untuk memberikan warna cat yang lembut pada bagian dinding kamar anak autis. Sebab terkadang para orang tua merasa kesulitan untuk menenangkan anak autis. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal seperti ini maka kalian dapat memberikan warna dinding dengan warna-warna yang lembut, netral, dan menenangkan. Namun jika anak autis ingin memilih warna favoritnya sendiri maka biarkan mereka memilih warna cat kamarnya sendiri dengan warna kesukaan mereka.

3. Selalu Perhatikan Hal-Hal Kecil

@interdesain

Dalam membuat desain untuk kamar anak pengidap autis, maka kalian sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan setiap detail yang ada. Kalian harus benar-benar memperhatikan setiap hal kecil dan mungkin hal yang mungkin dianggap sepele. Sebab anak autis ini berbeda dengan anak normal lain pada umumnya.

Dimana biasanya anak pengidap autis ini mempunyai masalah atau gangguan susah tidur. Anak pengidap autis ini memang sangat peka sekali dengan rangsangan yang berasal dari luar. Misalnya yaitu seperti rangsangan dari luar yang berupa suara, bunyi-bunyian, maupun cahaya yang terlalu terang. Sehingga hal-hal tersebutlah yang membuat mereka menjadi kesulitan untuk tidur dan beristirahat.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jodoh Menurut Kristen [4 Tanda Utama]

Untuk itu para orang tua harus memperhatikan betul tentang kenyamanan kamar anak autis ini. Berikut ini akan saya berikan beberapa hal kecil yang harus kalian perhatikan untuk menjamin dan memberikan kenyamanan pada anak autis.

  • Pakai karpet di lantai untuk meminimalisir suara langkah kaki di lantai
  • Selalu pastikan pintu tidak menimbulkan suara pada saat dibuka atau ditutup
  • Pasang tirai atau korden untuk mengurangi cahaya yang berasal dari luar yang masuk ke dalam ruangan kamar. Sebaiknya gunakan tirai yang sederhana dan tirai yang tidak menggunakan tali
  • Sebaiknya jangan meletakkan meja atau kursi di dekat jendela dan pintu
  • Bila perlu pasang atau berikan lata peredam suara pada kamar anak autis atau mungkin memasang alat pemutar musik dengan volume yang sangat rendah untuk meredam suara yang dapat mengganggu anak autis
  • Jangan lupa untuk memberikan atau memasang jam tidur beralarm untuk mengatasi serta mengontrol jam tidur anak autis
Related posts: