Daftar Tempat Kuliner Khas Solo yang Sedang Hits

Posted on

Bila berwisata ke Solo, jangan hanya berpuas hati dengan berwisata budaya dan sejarah saja, tetapi harus mencoba kulinernya. Banyak tempat kuliner khas solo yang sedang hits saat ini. Tapi dari beberapa tempat yang berkesan, tempat-tempat kuliner berikut ini adalah yang paling recomended untuk kamu kunjungi.

Tempat Kuliner Khas Solo yang Enak

Ragam makanan yang khas dari Kota Surakarta ini, mulai dari makanan berkuah dan tidak berkuah. Tapi kebanyakannya, akan ditemui jenis makanan yang dikombinasikan dengan kuah yang segar dan gurih.

1. Timlo Sastro (Sup Berkuah) Harga Rp 20 ribu-an

sumber gambar : phinemo.com

Makanan dengan sajian berkuah kaldu bening cocok di santap dengan nasi, sambal dan sedikit perasan jeruk nipis. dalam kuahnya terdapat daging ayam yang disuwir, hati ampela, juga sosis solo serta potongan telur pindang.

Penjual Timlo akan sering dijumpai kamu di berbagai sudut Kota Solo. Namun yang banyak dikunjungi dan memberikan rasa khas tersendiri yaitu Timlo Sastro milik Hj. Bejo. Lokasinya berada di Jl. Kapt. Mulyadi No. 8 belakang Pasar Gede.

Tempat kuliner pasar gede solo yang sedang ngehits ini terkenal dengan sebutan Timlo Balong karena berada di Kp. Balong. Jangan heran bila kamu datang ke sana menjumpai antrian panjang. Wajar saja karena seporsi Timlo komplit bisa didapatkan dengan harga Rp 20 ribu saja dan rasanya enak. Kamu bisa mengunjungi tempat kuliner ini mulai dari pukul 06.00 sampai 15.30 sore.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Pengharum Lemari Pakaian Wangi Tahan Lama

2. Nasi Liwet khas Solo

sumber gambar : okezone.com

Nasi liwet solo merupakan salah satu makanan khas kota Solo yang sering dijadikan sebagai catering di solo murah menghadirkan rasa nikmat di lidah dengan kombinasi nasi dan ayam serta lauk yang lainnya. Lebih nikmat lagi ketika ditemani dengan sayur labu siam juga ayam suwir serta telur rebus ditambah dengan santan kental gurih. Maka saat dimakan memberikan rasa berbeda dengan makanan di tempat lain.

Untuk menikmatinya kamu bisa mengunjunginya di Jl. Teuku Umar-Keprabon Kec. Banjarsari – Surakarta. Dengan harga di bandrol mulai dari Rp 19 ribu untuk satu porsi. Adapun waktu bukanya cukup panjang, malam hari buka dari jam 18.00 – jam 00.00, siang hari dari jam 12 malam sampai 12 siang.

Jadi bila kamu suka kuliner malam kota Surakarta, Jawa Tengah bisa coba mengunjungi tempat ini.

3. Soto Gading (lokasi Alun – Alun Selatan Keraton Solo) Harga Murah

sumber gambar : youtube.com

Nah, kamu yang suka makan soto ayam, ada baiknya mencicipi soto gading di alun alun keraton. Tepatnya Jl. Brigadir Jend Sudiarto Nomor 75 Pasar Kliwon atau di area alun-alun selatan Keraton Solo. Biasanya makanan ini cocok di santap di pagi hari dikombinasikan dengan nasi, mie soun serta suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Drama Korea Fantasi Romantis [Alur Cerita Unik & Menarik]

Adapun teman makan lainnya yang bisa kamu nikmati antara lain telur puyuh, sosis dan berbagai lauk pauk yang lainnya. Mulai buka dari jam 6 pagi sudah ramai pengunjung, dan sering para pejabat mampir ke Warung Soto Gading ini. Bahkan jadi kuliner solo langganan jokowi. Selain itu, Ibu Mega dan Pak Agum Gumelar juga langganan ke tempat ini.

4. Tengkleng, Kuliner Pasar Klewer yang Lezat

sumbe rgambar : pegipegi.com

Kuliner pasar klewer yang satu ini menyajikan jenis makanan yang khas, karena rasanya yang gurih. Terdiri dari bahan tulang belulang serta jeroan kambing memberikan sensasi segar.  Bila kamu suka makanan pedas, sangat cocok untuk makan siang disini.

Mengunjungi tempatnya tidak akan susah karena berada di Pasar Klewer, tepatnya di bagian utara gapura. Pemilik tempat kuliner ini yaitu Bu Edi, sehingga bila mencarinya tinggal tanyakan ke penduduk sekitar pasar, Tengkleng Bu Edi, pasti mereka mengenalnya.

Saking larisnya, sejak jam 2 siang pembeli padat mengantri sehingga bila telat datang akan kehabisan. Jadi bila kamu tidak ingin kehabisan harus sudah di warung ini dari sebelum jam 2 siang ya!

Itulah 4 tempat kuliner khas Solo yang sedang hits. Jika kamu sedang liburan di Solo, jangan lupa mampir ke tempat kuliner di atas ya.

jenis lovebird berdasar warna
Related posts: