Contoh Struktur Organisasi Kelas di Sekolah

Posted on

Kelas merupakan sebuah unit atau organisasi terkecil yang ada di lingkungan sekolah. Yang nama nya organisasi kelas tentu saja harus mempunyai struktur yang jelas di dalam nya supaya seluruh tugas – tugas yang ada di dalam ruang lingkup kelas tersebut bisa dengan jelas di bagi dan di jalankan dengan seharus nya.

Untuk itulah maka di dalam kelas biasa nya akan di bentuk pengurus – pengurus kelas yang bertugas untuk menjalankan kewajiban yang sesuai dengan tugas nya masing – masing di dalam kelas. Para pengurus kelas ini juga harus bertanggung jawab kepada kelas nya sendiri untuk selalu menjaga ketertibaban, kerapian, kebersihan, dan kedisiplinan dari warga kelas.

Selain itu para pengurus kelas ini juga bertugas untuk membantu bapak / ibu guru dalam proses belajar mengajar di sebuah kelas. Lalu seperti apakah susunan struktur organisasi di dalam kelas yang ada? Berikut akan saya berikan penjelasan mengenai struktur organisasi di dalam kelas yang ada.

Struktur Organisasi Kelas

1. Ketua Kelas

@blogspot

Ketua kelas merupakan pemimpin di dalam sebuah kelas, yang mana ketua kelas ini memiliki kedudukan paling atas atau paling tinggi di dalam sebuah kelas. Ketua kelas ini menjadi pemimpin bagi seluruh teman – teman nya di dalam kelas.

Seorang ketua kelas harus memiliki sifat yang tegas, mampu berkomunikais dengan baik, mudah membaur dengan teman – teman nya se kelas, mudah berkomunikasi, cekatan, tanggap, serta harus adil. Sebab menjadi seorang ketua kelas tidaklah mudah untuk memimpin teman – teman satu kelas yang terkadang pasti ada beberapa anak yang susah untuk di atur.

Untuk itulah seorang ketua kelas harus mampu untuk memberikan teladan serta contoh bagi seluruh teman – teman nya satu kelas. Adapun tugas pokok dari seorang ketua kelas yaitu adalah sebagai berikut ini :

Baca Juga :  Cara Membaca Tanda Tangan

♠ Menjadi pemimpin yang membawahi pengurus kelas lain nya yang juga memiliki tanggung jawab terhadap kelas nya sendiri

♠ Memberikan perintah atau arahan kepada para anggota kelas atau teman – teman satu kelas

♠ Memimpin musyawarah serta menetapkan hasil musyawarah jika terjadi sesuatu hal yang perlu untuk di selesaikan secara musyawarah

♠ Mengevaluasi kinerja para pengurus kelas lain nya

♠ Ketua kelas juga menjadi penghubung antara para murid di dalam suatu kelas dengan sang wali kelas maupun dengan bapak / ibu guru yang lain nya

2. Wakil Ketua Kelas

Jabatan selanjut nya yang ada di bawah ketua kelas yaitu adalah wakil ketua kelas. Secara umum wakil ketua kelas memang bertugas untuk membantu sang ketua kelas untuk melakukan tugas nya.

Selain itu wakil ketua kelas juga menjadi teman pertama yang bertindak sebagai teman diskusi sebelum ada suatu tugas atau permaslahan untuk kemudian di bicarakan atau di selesaikan dengan secara musyawarah dengan anggota kelas yang lain nya.

Seorang wakil ketua kelas juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tegas, memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, mampu berbaur dengan teman – teman satu kelas lain nya, memiliki hubungan yang baik dengan warga kelas lain nya, mempunyai pandangan yang luas, dan harus selalu siap kapan pun untuk bekerja sama dengan ketua kelas maupun dengan pengurus kelas lain nya dalam mendapatkan sebuah tugas.

Adapun tugas dari seorang wakil ketua kelas yaitu adalah seperti berikut ini :

♣ Mendampingi ketua kelas dan membantu ketua kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas

♣ Menggantikan tugas ketua kelas jika sang ketua kelas tidak hadir atau tidak masuk

Baca Juga :  Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Dan Penjelasannya

♣ Memberikan saran dan pendapat pada ketua kelas untuk menambah sudut pandang sebelum mengambil suatu keputusan

3. Sekretaris

Kemudian jabatan selanjut nya yang ada di dalam struktur organisasi kelas yaitu adalah sekretaris. Seorang sekretaris memang memiliki tugas yang banyak berhubungan dengan tulis menulis di dalam sebuah kelas.

Misal nya yaitu tugas seorang sekretaris di dalam sebuah kelas biasa nya yaitu seperti membantu guru untuk menulis materi di papan tulis. Karena memang tugas pokok nya yaitu adalah berhubungan dengan hal tulis menulis maka seorang sekretaris di tuntut untuk bisa menulis dengan baik dna benar serta jelas dan mudah untuk di pahami orang lain.

Yang mana seorang sekretaris harus mampu menulis dengan tekun dan rapi, selain itu seorang sekretaris di dalam suatu kelas tentu saja juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar. Adapun tugas pokok dari seorang sekretaris yanga da di dalam sebuah kelas yaitu adalah sebagai berikut ini :

♥ Mencatat hasil diskusi kelas sebagai dokumen kelas

♥ Mencatat seluruh instruksi yang di berikan oleh wali kelas, bapak / ibu guru lain nya maupun dari sang ketua kelas

♥ Bertanggung jawab untuk absensi para warga kelas atau teman – teman nya di dalam satu kelas

♥ Membantu bapak / ibu guru untuk menuliskan materi pelajaran maupun informasi – informasi penting lain nya di papan tulis

♥ Seorang sekretaris juga memiliki tugas untuk membantu ketua kelas dan wakil ketua kelas dalam mengkoordinir teman – teman nya satu kelas

4. Bendahara

Posisi jabatan selanjut nya di dalam sebuah organisasi kelas yaitu adalah bendahara. Bendahara kelas memiliki tugas utama untuk mengatur uang kas kelas. Yang mana uang kas kelas ini nantinya yang akan berguna jika ada hal – hal seperti fotocopy materi, acara ulang tahun sekolah, maupun untuk memberi dana sosial jika ada temna yang sakit atau mengalami musibah.

Baca Juga :  Contoh Dialog Interaktif Singkat dan Panjang Serta Kesimpulannya

Seorang bendahara harus jujur dan amanah dlaam menjaga uang aks kelas, serta harus bertanggung jawab penuh pada uang kas yang di pegang nya, harus bisa teliti dan cermat, serta harus berani dan tegas untuk menagih uang kas kepada teman – teman nya yang biasa nya susah untuk membayar uang kas.

Bendahara kelas juga harus memberikan laporan mengenai uang kas setiap minggu atau setiap bulan nya kepada ketua kelas. Adapun tugas dari seorang bendahara kelas yaitu adalah sebagai berikut ini :

♦ Bertanggung jawab terhadap seluruh keuangan kelas

♦ Mencatat seluruh pemasukan maupun pengeluaran uang kelas sercara rinci dan dengan jujur

♦ Memberikan laporan kepada ketua kelas maupun kepada wali kelas tentang keuangan kelas dengan benar

5. Seksi-seksi Lainnya

Selain itu ada juga beberapa seksi-seksi lainnya di dalam sebuah kelas yang biasa nya di bentuk untuk membantu kinerja dari ketua kelas serta pengurus kelas lainnya. Seksi – seksi tersebut dianatara nya yaitu adalah seperti seksi kebersihan, seksi perlengkapan, seksi keagamaan, dan beberapa jenis seksi – seksi lain nya. Yang maan seluruh seksi – seksi tersebut bertanggung jawab penuh kepada sang ketua kelas.

Related posts: