10 Contoh Slogan Anti Narkoba [+Gambar]

Posted on

Slogan tentu sudah tak asing lagi bagi kalian semua disini bukan. Yang mana biasanya kalian akan bisa menemukan slogan ini di berbagai macam tempat, misalnya yaitu di dalam iklan-iklan yang banyak tayang di internet maupun di media elektronik.

Lalu sebenar nya apa sih slogan itu? Slogan merupakan suatu motto atau sebuah semboyan yang dibuat di dalam beberapa rangkaian kata. Yang mana kata-kata yang ada di dalam sebuah slogan ini dibuat dengan relatif singkat serta menarik. Yang mana hal ini bertujuan supaya informasi yang ada di dalam slogan tersebut bisa tersampaikan dan diterima dengan mudah oleh khalayak ramai.

Ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa slogan ini merupakan sebuah rangkaian kata atau kalimat yang relatif pendek, yang dibuat dengan semenarik mungkin, mencolok, serta mudah untuk diingat oleh orang-orang yang membaca atau mendengarkannya. Yang mana memang tujuan utama dari dibuatnya slogan ini yaitu adalah untuk menyampaikan sebuah informasi kepada masyarakat luas.

Walaupun slogan ini dibuat dengan kalimat yang sangat singkat, tetapi pada umumnya sebuah slogan ini memiliki kandungan makna yang sangat luas. Sebab tujuan utama dari dibuatnya sebuah slogan ini yaitu adalah untuk mengajak orang lain supaya mau melakukan suatu tindakan atau kegiatan sesuai dengan isi yang ada pada slogan tersebut.

Ciri – Ciri Slogan

@downloadaplikasi

Sebuah slogan mempunyai beberapa karakteristik atau ciri-ciri tertentu sehingga dengan demikian maka bisa dibedakan dengan jenis informasi lainnya. Yang mana ciri-ciri dari slogan yaitu adalah seperti berikut ini :

Baca Juga :  Mengenal Jenis dan Fungsi Teks Prosedur [+Contoh]

1. Slogan bisa berupa kalimat, klausa, maupun motto

2. Pada umumnya slogan ini dibuat dengan kata-kata yang semenarik mungkin dan juga kata-kata yang mudah diingat oleh banyak orang

3. Slogan ini bentuknya bisa berupa sebuah semboyan sebuah organisasi maupun sebuah kelompok masyarakat

Tujuan Slogan

@romadecade

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa salah satu tujuan utama dari pembuatan slogan ini yaitu adalah untuk mengajak atau membujuk masyarakat agar melakukan sebuah aksi atau kegiatan sesuai dengan yang tertulis pada slogan tersebut. Selain itu tentunya masih ada beberapa tujuan slogan yang lainnya, yaitu seperti berikut ini :

  1. Untuk menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak ramai.
  2. Untuk memberikan pengertian atau penyadaran kepada masyarakat supaya masyarakat dapat menjadi sadar dengan suatu hal.
  3. Untuk menyampaikan sebuah himbauan kepada khalayak ramai.
  4. Untuk mempengaruhi atau membujuk masyarakat supaya mau mengikuti hal yang tertulis di dalam slogan tersebut.
  5. Untuk memberikan motivasi ataupun dorongan kepada masyarakat.

Jenis – Jenis Slogan

@pahlevi

Ada beberapa jenis slogan yang harus kalian ketahui, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Slogan Pendidikan

Slogan pendidikan merupakan sebuah jenis slogan yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, ajakan, serta motivasi di dalam dunia pendidikan khususnya bagi para pelajar.
Contoh :

  • Tut Wuri Handayani
  • Pendidikan Maju, Generasi Maju, Bangsa Maju
  • Mari Budayakan Membaca Buku

2. Slogan Kesehatan

Baca Juga :  Cara Mudah Hilangkan Minyak Pada Kompor dan Dinding Dapur

Slogan kesehatan merupakan jenis sebuah slogan yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi, ajakan, serta motivasi kepada khalayak ramai di dalam bidang kesehatan.
Contoh :

  • Mencegah lebih baik dari pada mengobati
  • Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat
  • Katakan tidak pada narkoba

3. Slogan Peduli Lingkungan

Slogan tentang peduli lingkungan ini merupakan sebuah jenis slogan yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan edukasi, informasi, ajakan, maupun aksi kepedulian para masyarakat terhadap lingkungan.
Contoh :

  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Kebersihan merupakan sebagian dari iman
  • Bersih itu baik, bersih itu indah, bersih itu sehat

4. Slogan Pemasaran

Slogan pemasaran atau bisa juga disebut dengan slogan bisnis ini merupakan sebuah jenis slogan yang memang secara khusus dibuat untuk memberikan informasi, ajakan, serta memberikan pengaruh kepada masyarakat tentang sebuah produk agar banyak masyarakat yang mencoba dan memakai suatu produk tersebut
Contoh :

  • KitKat, ada break ada KitKat
  • Kopiko, gantinya ngopi
  • Energen, minum makanan bergizi

Contoh Slogan Anti Narkoba

@susuatuyangindah

Narkoba memang menjadi topik yang sangat viral untuk dibicarakan akhir-akhir ini. Yang mana dengan tertangkapnya para gembong-gembong atau pengedar narkoba satu persatu tampaknya menjadi sebuah pintu untuk bisa mengungkap tentang kasus penyalahgunaan narkoba di negeri ini.

Oleh sebab itulah banyak berbagai macam pihak, baik itu dari pihak pemerintahan maupun pihak non pemerintahan yang mulai menggalakkkan tentang kesadaran masyarakat akan bahaya dari penggunaan narkoba ini. Maka tak heran jika mulai banyak poster-poster atau iklan-iklan yang di dalamnya memuat tentang slogan-slogan tentang anti narkoba ini.

Baca Juga :  3 Jenis Doa Buka Puasa [Lengkap]

Yang mana tentu saja tujuan dari pembuatan slogan-slogan anti narkoba ini supaya bisa memberikan edukasi dan ajakan kepada masyarakat supaya menghindari narkoba. Berikut akan saya berikan beberapa contoh slogan anti narkoba.

1. Memakai narkoba, menghilangkan harapan

2. Katakan tidak pada narkoba dan kawan-kawannya

3. Narkoba menuntun anda menuju ke neraka

4. Hidup menjadi lebih indah tanpa narkoba

5. Berteman dengan narkoba, berteman dengan setan

6. Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhimu

7. Serahkan masalahmu kepada doa, bukan kepada narkoba

8. Jangan biarkan narkoba mengontrol dirimu

9. Nikmati masa mudamu tanpa narkoba

10. Hari gini berteman dengan narkoba, apa kata dunia ?

11. Lebih baik mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa bukan pada narkoba

12. Gunakan akal sehat, jangan gunakan narkoba

13. Prestasi YES, Narkoba NO

14. Tiada hari tanpa belajar, tiada bahagia dengan narkoba

15. Sayangi diri sendiri, orang tua, dan keluarga dengan menjauhi narkoba

Gambar slogan, slogan anti narkoba
Related posts: