Contoh Proposal Usaha, Proyek, Penelitian dan Kegiatan (Lengkap & Update)

Membuat suatu proposal sangat diperlukan untuk membuat rancangan kerja, sekaligus perencanaan modal jika itu adalah sebuah proposal usaha. Rangkaian kegiatan ditulis ke dalam sebuah program yang disusun beserta detail perencanaan modal yang akan dikeluarkan. Tujuan dari pembuatan proposal adalah supaya pihak yang berkepentingan memahami isi program atau perencanaan kegiatan yang disusun pada proposal tersebut.

Pihak berkepentingan yang melihat proposal tersebut akan memberikan izin ataupun dana yang dibutuhkan untuk kegiatan atau usaha dalam proposal tersebut. Untuk itu, membuat suatu proposal haruslah menarik dan mempunyai nilai jual yang dapat menarik perhatian para target pemberi izin ataupun pemberi dana. Untuk lebih jelasnya, sebelum membuat sebuah proposal usaha ada baiknya kamu mengetahui penjelasan pengertian, isi dan sistematikan penulisan proposal yang terangkum di bawah ini.

Pengertian Proposal

Secara umum proposal dapat diartikan sebagai sebuah rencana kegiatan yang ditulis untuk menjelaskan rancangan kegiatan secara sistematis dan terperinci. Proposal tersebut menjadi acuan pedoman kerja dan acuan pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan.

Jika dilihat pengertiannya secara etimologis, proposal berasal dari kata propose yang artinya ‘mengajukan’. Pembuat proposal menawarkan ide, gagasan atau sebuah rencana kegiatan supaya mendapatkan dukungan dari pihak lain yang ditargetkan. Dukungan yang diharapkan dtersebut berupa izin, dana, dan persetujuan.

Jenis-Jenis Proposal

Dalam tujuan dan pembuatannya, proposal dapat dibedakan ke dalam empat jenis, yaitu antara lain :

Proposal Kegiatan

Aneka contoh proposal kegiatan

Proposal jenis ini isinya mencakup rencana kegiatan untuk mendapatkan izin, persetujuan ataupun dana untuk melaksanakan kegiatan pada prosposal tersebut. Contoh proposal kegiatan adalah pentas seni dan budaya, lomba 17 Agustusan, kegiatan amal dana dan masih banyak lagi.

Seringkali proposal kegiatan ini dijadikan pengajuan permohonan dana atau mencari sponsor untuk mendukung kegiatan yang akan diselenggarakan. Sebagai gantinya, penyelenggara akan menawarkan space iklan ataupun mempromosikan produk sponsor pada kegiatannya.

Proposal Usaha

contoh proposal usaha

Proposal usaha dibuat baik secara perorangan maupun kelompok. Tujuan membuat proposal usaha yaitu untuk mengajukan kerjasama, permohonan pinjaman dana dan lain – lain kepada sebuah perusahaan ataupun pihak yang berkepentingan. Isi dari proposal usaha meliputi perencanaan modal, pendirian usaha dan bentuk kerjasama yang ditawarkan oleh si pembuat proposal.

Proposal Penelitian

proposal penelitian

Proposal penelitian dibuat oleh akademisi atau praktisi pendidikan biasanya dalam rangka tugas membuat skripsi, disertasi, tesis dan karya ilmiah lainnya. Propoal ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk mengajukan penelitian disertai maksud dan tujuan dari penelitian tersebut.

Proposal Proyek

proposal proyek

Jenis proposal ini umumnya sama seperti sebuah proposal usaha. Namun pengajuan yang dibuat adalah untuk mendeskripsikan isi rangkaian sebuah rencana proyek pembangunan yang diajukan pada pihak perusahaan.

Bentuk-Bentuk Proposal

Berdasarkan bentuk pengajuannya, proposal juga dibedakan menjadi 3 macam yaitu :

1. Proposal Formal

Proposal bentuk formal biasanya dilengkapi dengan tiga poin pokok yaitu ;

  • Pendahuluan  yang berisi kata pengantar, ikhtisar, daftar isi dan lembar pengesahan.
  • Isi proposal yang berisi latar belakang masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu dan biaya.
  • Di sertai lampiran, tabel, daftar pusaka, dan lain-lain,

2. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal umumnya dipakai dalam proposal kegiatan yang bersifat semi formal. Tidak berisi lengkap namun penggunaan bahasa dan strukturnya masih baku. Hanya saja proposal ini umumnya bersifat simpel seperti latar belakang masalah, perencanaan biaya, dan permohonan saja.

3. Proposal Non Formal

Proposal non formal berbentuk surat atau memorandum. Isinya masih berupa pengajuan atau proposal sederhana namun tidak menggunakan struktur baku karena hanya ditulis dalam secarik kertas dan penyampaiannya bersifat singkat, padat dan langsung pada tujuan.

Struktur Proposal

struktur proposal

Sebelum membuat proposal, seorang yang akan mengajukan proposal wajib mengetahui struktur dan rangkaian sistematika penulisan proposal seperti di bawah ini:

  1. Latar belakang masalah
  1. Rumusan masalah
  2. Tujuan penelitian
  3. Hipotesis
  4. Asumsi penelitian
  5. Manfaat penelitian
  6. Ruang lingkup penelitian
  7. Kajian pustaka
  8. Definisi operasional
Contoh Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan dapat berupa kegiatan di sekolah, kampus ataupun kegiatan lainnya. Proposal ini dibua oleh kepanitiaan sebuah kelompok untuk mengajukan izin, permohonan bantuan dana kepada sekolah maupun pihak sponsor lainnya. Contoh proposal kegiata seperti di baah ini adalah proposal pentas seni di sekolah.

Contoh proposal kegiatan 1

Judul Proposal

“Proposal Kegiatan Pentas Seni SMA Negeri 3 Kota Bandung”

  1. PENDAHULUAN
  2. Latar Belakang

Generasi muda saat ini dituntut mempunyai kreatifitas sebagai salah satu kriteria anak bangsa yang berjiwa seni dan mampu bersaing secara positif. Seni juga merupakan kekayaan bangsa. Pelestarian dan pengembangannya merupakan tugas anak muda supaya mereka mempunyai semangat positif untuk berkarya. Salah satu upaya untuk membangun kreatifitas anak muda melalui seni adalah mengagendakan pentas seni di sekolah. Oleh karena itu, pengurus OSIS SMA N 3 Bandung bermaksud mengadakan acara pentas seni di sekolah ini.

Tujuan dari diselenggarakannya pentas seni ini adalah untuk membangun semangat kreatifitas anak muda dalam berkarya. Juga untuk menumbuhkan apresiasi seni di antara sesama anak muda dengan menginspirasi satu sama lain melalui karya seni yang mereka buat. Maka dengan ini kami bermaksud mengangkat tema pentas seni berjudul “Pentas Seni Buat Kaum Muda Milenial.”

  1. Tujuan Kegiatan

Diselenggarakannya pentas ini semata – mata untuk :

  1. Membangun semangat dan kreatifitas anak muda khususnya siswa sekolah SMAN 3 Bandung.
  2. Membuat karya seni yang dapat dipamerkan di pentas seni
  3. Mengadakan lomba seni antar siswa
  1. ISI PROPOSAL
  2. Tema

Adapun tema yang diambil adalah “Pentas Seni Buat Kaum Muda Milenial.”

  1. Macam macam Kegiatan

Adapun isi kegiatan ini adalah:

  • Lomba puisi
  • Lomba dance
  • Pentas seni musik
  • Drama
  • Festival band
  1. Peserta

Peserta dari pentas seni ini adalah semua siswa SMA Negeri 3 Bandung.

  1. Alat yang Diperlukan

Beberapa alat yang dibutuhkan unuk pentas seni:

  • Kostum
  • Panggung
  • Spanduk
  • Atribut
  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu dan Tempat :

III. Susunan Acara

  1. Susunan Acara
  2. Anggaran Dana
  3. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat sebagai rancangan kegiatan yang akan diselenggarakan pada pentas seni nanti. Semoga pihak yang berkepentingan dapat memberikan dukungan persetujuan, izin maupun dana sokongan untuk terlaksananya acara ini.

Contoh Proposal Kegiatan 2

Judul: Proposal Pentas Seni SMA 1 Bandung

  1. Latar Belakang

Seni pertunjukan adalah suatu bentuk seni di mana seniman menggunakan suara mereka, tubuh atau benda mati untuk menyampaikan ekspresi artistik. Berbeda dengan seni visual, yaitu ketika seniman menggunakan cat, kanvas, atau berbagai bahan untuk membuat benda seni fisik atau statis. Seni pertunjukan meliputi serangkaian disiplin ilmu yang dipertunjukkan di depan penonton langsung. Teater, musik, tarian dan manipulasi objek, dan jenis pertunjukan lainnya hadir di semua budaya manusia. Sejarah musik dan tarian berasal dari zaman pra-sejarah sedangkan keterampilan sirkus berasal dari setidaknya Mesir Kuno. Banyak seni pertunjukan dilakukan secara profesional. Pertunjukan dapat berupa bangunan yang dibangun khusus, seperti teater dan gedung opera, di panggung terbuka di festival, di panggung di tenda-tenda seperti sirkus dan di jalan. Pertunjukan langsung di depan penonton adalah bentuk hiburan. Perkembangan rekaman audio dan video memungkinkan konsumsi seni pertunjukan secara pribadi. Melalui pentas seni, siswa sebagai generasi muda dapat membangun semangat dan kreativitasnya untuk menjadi generasi muda yang kreatif dan positif.

  1. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan pentas seni ini adalah :

  • Meningkatkan kreatifitas generasi muda di kalangan siswa SMA 1
  • Menciptakan generasi muda yang positif dan mandiri
  1. Bentuk dan Jenis Kegiatan

Bentuk kegiatan lomba yang akan diselenggarakan meliputi :

  • Lomba menulis essay
  • Lomba Debat Bahasa Inggris dan Arab
  • Lomba Catur
  • Lomba Bernyayi Solo
  • Lomba Menari
  • Lomba Story Telling
  • Lomba baca puisi
  1. Kepanitiaan

Adapun peserta dalam acara ini adalah seluruh siswa SMA 1 Bandung dari tingkat 1 sampai tingkat akhir. Kurang lebih setiap kelas dapat mewakilkan 5 sampai 10 orang siswanya. E.

  1. Media untuk Publikasi

Media yang digunakan untuk promosi adalah mlalui publikasi pamflet, baliho, media online, undangan dan pemberitahuan tertulis lainnya.

  1. Susunan Panitia

Kepanitiaan acara ini disusun sebagai berikut:

  • Penanggung jawab: Kepala Sekolah
  • Ketua Panitia: M. Saleh Irawan
  • Sekretasis: Nadia Awalia
  • Bendahara: Siti Aisyah
  • Sie Acara: Bella
  • Sie Perlengkapan: Ahmad
  • Sie Dokumentasi : Wandi
  1. Rancangan Anggaran

Adapun rencana anggaran untuk pelaksanaan kegiatan ini adalah sekitar 5,000,000 rupiah. Rincian dana terlampir.

Baca : 15 Mobil Sport Terbaik Terbaru Dari Yang Termurah Sampai Termahal

  1. Penutup

Demikian proposal ini kami buat untuk mengajukan dukungan berupa izin dan dana sokongan yang sangat kami harapkan untuk mendukung terlaksananya acara ini. Besar harapan kami Bapak/Ibu sponsor dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang akan kami selenggarakan ini. Atas bantuan dan dukungan dari pihak sekolah dan sponsor kami ucapkan terima kasih.

Contoh proposal kegiatan 3

  1. Judul Proposal

Proposal Kegiatan “Halal Bi Halal dan silaturrahim Akbar SMK Prakarya Pembangunan 1432 H.”

  1. Latar Belakang

Silaturahmi adalah salah satu contoh ajaran Rasulullah SAW mengenai menjaga hubungan baik dengan sesama (habluminannas) yang harus dijaga dengan baik. Silaturahmi dapat memperbanyak teman, mengeratkan tali persaudaraan dan kekeluargaan. Dalam rangka silaturahmi, maka SMK Prakarya Pembangunan mengundang Bapak/Ibu serta alumni untuk berpartisipasi dalam acara halal bihalal yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2018 seusai lebaran. Tujuan diadakannya halal bihalal ini yaitu untuk bertemu kembali dengan teman – teman, menjalin persaudaraan dengan teman lama serta silaturahmi dengan para guru seusai satu bulan lamanya libur ibadah puasa dan lebaran Idul Fitri.

Islam mengajarkan kita harus senantiasa berbuat baik kepada sesamanya. Islam pun memerintahkan menjaga silaturahmi terhadap sesama dalam kehidupan sehari – hari.  Melalui silaturahmi acara halal bihalal ini diharapkan kita memperoleh kebaikan dan karunia darinya. Karena latar belakang itulah, SMK Prakarya Pembangunan mengagendakan acara Halal Bi Halal dalam rangka silaturahmi.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah ;

  1. Untuk menjalin silaturahmi antara guru dan warga SMK Prakarya Pembangunan beserta alumni
  1. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Acara  silaturahmi dan Halal Bi Halal akbar ini akan dilaksanakan pada hari senin  17 Juli 2018 pukul 08.00 sampai pukul 11.00 WIB di Gedung Suryalaya Jl. Soekarno Hatta Bandung.

  1. Susunan  Acara Kegiatan

Rangkaian kegiatan yang telah disusun sebagai berikut :

  1. 08.00-08.20 :Sambutan
  2. 08.20-09.00: Haul massal
  3. 09.00-10.00: Acara Inti
  4. 10.00-10.30: Jamuan makan
  5. 10.30-10.40: Do’a
  6. 10.40-11.00: Penutup
  1. Susunan Panitia

Susunan kepanitiaan pada acara ini adalah sebagai berikut :

  1. Penanggung jawab: Denny Ahmad
  2. Ketua pelaksana : Mahmud Zainudin
  3. Sekretaris: Nuri Maulida
  4. Bendahara: Siti Shafiya
  5. Seksi Acara:  Kinanti Rahmah
  6. Sek. Perlengkapan: Amid Zamzam
  7. Sek. Konsumsi: Laila
  8. Sek. Dokumentasi : Wahyudin
  1. Anggaran Dana

Adapun dana yang telah didapat dari sponsor dan sekolah sebagai anggaran acara ini adalah :

  1. Kas sekolah 5.000.000
  2. Iuran siswa: 5.000.000
  3. Iuran alumni : 5.000.000

Biaya keseluruhan yang telah didapat: 15.000.000

Biaya anggaran acara :

  1. Penceramah: 500.000
  2. Penyewaan tempat: 5.000.000
  3. Sewa panggung: 2.000.000
  4. Sewa peralatan music: 1.000.000
  5. Dana penataan panggung: 1.000.000
  6. Biaya konsumsi: 5.000.000
  7. Spanduk: 300.000
  8. Lain-lain: 200.000

Total keseluruhan: 15.000.000

  1. Penutup

Demikian proposal kegiatan acara silaturahmi dan halal bi halal yang kami buat. Besar harapan kami supaya Bapak dan Ibu bersedia memberikan dukungan demi suksesnya acara yang akan diselenggarkan nanti. Atas perhatian dan kerjasama dari Bapak Ibu yang sudah memberikan dukungan dan sokongan dana, kami sampaikan terima kasih.

Contoh Proposal Usaha

Judul : “Proposal Usaha Budidaya Lele PT Berkah Rezeki”

  1. Latar Belakang

Lele adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sehari – hari. Setiap harinya konsumsi ikan lele bisa mencapai ribuan ton banyaknya. Kebutuhan akan ikan lele sebagai konsumsi sehari – hari maupun olahan makanan meningkat setiap harinya. Seiring dengan kenyataan tersebut, maka budidaya lele pun banyak dikembangkan di berbagai daerah.

Setelah diobservasi, khususnya di daerah Lumajang ini, ditemukan masih sedikit peternak ikan lele. Oleh karena itu kami berniat untuk membuka usaha budidaya lele di daerah kami. Usaha budidaya ini sangat prospektif dengan hasil keuntungan yang cukup menggiurkan. Hal ini berdasarkan fakta bahwa permintaan ikan lele cukup tinggi di daerah kami tersebut.

Maka dari itu dibutuhkan keahlian dan pengalaman khusus untuk mengmbangkan budidaya ikan lele untuk bisa menghasilkan budidaya lele yang terbaik. Dengan menggunakan sumber daya alam dan tenaga ahli serta bekal pengalaman yang kami miliki, kami siap membuka usaha budidaya lele ini. Selain itu, dengan adanya usaha budidaya lele ini juga memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan membantu taraf perekonomian mereka menjadi lebih baik.

  1. Profil dari Perusahaan

Perusahaan yang baru kami dirikan ini bernama PT Berkah Rezeki, didirikan sejak tahun 2014 dan bergerak di bidang perikanan. Kami telah membuka usaha budidaya ikan mas, gurame dan ikan lele di berbagai daerah khususnya di Jawa Timur, dan sekarang berencana  membuka budidaya yang baru di daerah Lumajang.

  1. Jenis Usaha

Jenis usaha yang kami dirikaan adalah perikanan dengan sektor budidaya lele sebagai sektor utama usaha kami.

  1. Struktur Usaha

Struktur keorganisasian pada perusahaan kami meliputi

  • Direktur Utama           : Wicaksono
  • Bagian Keuangan        : Mardi Putro
  • Personalia                   : Melda Sani
  • Tenaga Ahli                 : Sutopo & Wirya
  • Karyawan                    : Sugeng, Mamat, Murdi, Beni
  1. Modal Usaha

Modal investasi awal yang kami butuhkan adalah Rp. 8.000.000 rupiah sebagai penyokong usaha budidaya lele kami. Kedepannya usaha budidaya lele ini membutuhkan biaya operasional sebesar Rp. 50.000.000, rupiah.

  1. Penutup

Demikian proposal usaha ini kami buat sebenar – benarnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu untuk kiranya dapat memberikan bantuan investasi yang kami harapkan. Dengan kerjasama investasi dan bagi hasil, mudah – mudahan usaha budidaya lele ini dapat berkembang dengan baik dan sukses.

Contoh Proposal Penelitian
  1. Judul proyek penelitian yang kamu usulkan

Judul harus pendek dan deskriptif, dan jelas menggambarkan tujuan utama dari karya yang diusulkan. Hindari menggunakan akronim atau singkatan.

  1. Bidang penelitian

Pilih satu atau lebih Area Penelitian yang paling menggambarkan proyek kamu. Proposal penelitian ini adalah contoh proposal untuk penelitian ilmiah.

  • Peningkatan kontrol penyakit ternak
  • Memanfaatkan keanekaragaman genetik untuk konservasi, ketahanan terhadap penyakit dan meningkatkan produktivitas tanaman dan ternak dan ikan
  • Penelitian tanaman pangan penting dan suplainya di Indonesia
  • Transformasi tanaman untuk mengatasi kerawanan pangan di Indonesia
  • Interaksi tanaman-mikroba;
  • Kultur jaringan dan pengindeksan virus untuk produksi bahan tanam bebas virus di Indonsia
  • Jenis tanaman dan ternak yang kurang dimanfaatkan
  • Hama tanaman, patogen, dan penelitian manajemen gulma, termasuk pengendalian biologis;
  • Keamanan pangan, termasuk mengatasi Aflatoxin dan kontaminasi mikotoksin lainnya dalam makanan dan pakan;
  • Analisis nutrisi makanan dan pakan;
  • Diagnosis cepat untuk penyakit tanaman, ternak dan ikan;
  • Genomik dan metagenomik, termasuk untuk penemuan mikroba;
  • Studi tentang rumput hijauan yang cerdas-iklim dan sistem tanaman-ternak campuran;
  • Teknologi mikroba untuk meningkatkan adaptasi tanaman pangan pokok dan rumput terhadap tekanan biotik dan abiotik;
  • Kesehatan tanah dalam sistem pertanian;
  1. 3. Ringkasan singkat (abstrak) dari proyek penelitian

Berikan informasi latar belakang yang relevan, nyatakan masalahnya, identifikasi solusinya dan mengapa itu menjadi penelitian kamu, tentukan tujuan dan output yang diharapkan. Juga gambarkan dampak langsung dan jangka panjang dari riset kamu.

  1. Pernyataan rumusan masalah, latar belakang & justifikasi
  • Jelaskan keamanan pangan dan gizi atau masalah keamanan pangan yang akan ditangani oleh penelitian Anda.
  • Apa pentingnya hal tersebut di Indonesia?
  • Berikan pengetahuan terkini, dan jelaskan bagaimana penelitian kamu akan dibangun berdasarkan apa yang telah dilakukan dan kemukakan alasannya.
  • Membenarkan mengapa penelitian yang diusulkan harus dilakukan, dan pentingnya ilmu pengetahuan.
  1. Pertanyaan penelitian dan hipotesis
  • Nyatakan pertanyaan penelitian, dan berikan hipotesis yang kamu uji dengan penelitian.
  • Hipotesis penelitian adalah pernyataan harapan atau prediksi yang akan diuji oleh penelitian.
  • Hipotesis ini harus menentukan dan mendorong pengumpulan data untuk studi kamu.
  1. Tujuan penelitian
  • Sasaran adalah apa yang ingin Anda capai dengan kegiatan riset Anda.
  • Berikan tidak lebih dari tiga tujuan.
  • Setiap tujuan harus mengalir secara logis ke yang berikutnya.
  1. Rencana penelitian
  • Jelaskan bagaimana kamu akan mencapai setiap tujuan.
  • Membenarkan metode penelitian dan menjelaskan mengapa setiap langkah penting.
  • Berikan detail organisme yang akan dipelajari.
  • Sangat penting bagi kamu untuk mendeskripsikan desain pengambilan sampel dan analisis data.
Contoh Proposal Sponsorship

Judul: Proposal Sponshorship untuk Lomba Drum Band Tingkat SMA Sejawa Barat

BAB I Pendahuluan

  1. Latar Belakang

menumbuhkan semangat nasionalisme khususnya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 72 tahun ini, maka kami akan mengadakan kegiatan lomba PBB yang bertemakan kebangsaan sebagai wujud cinta tanah air. Terobosan gagasan kegiatan ini, semata – mata untuk menumbuhkan rasa cinta tanah di kalangan anak muda khususnya. Dengan diselenggarakannya lomba kegiatan drum band ini diharapkan dapat memotivasi anak muda khususnya tingkat SMA untuk bisa berpartisipasi dalam lomba ini, bersaing secara sehat. Selain itu juga dengan motivasi yang baik bisa menumbuhkan semangat yang positif dalam rangka kegiatan lomba ini.

Kaum milenial atau generasi muda saat ini perlu digalakan semangatnya supaya cinta dan kebangsaannya tidak menurun. Bahkan harusnya cinta pada tanah air ini harus dipupuk sedari dini supaya dapat membela negara dan mempertahankan negara suatu saat. Tentunya pemuda yang kritis, mempunyai semangat yang positif disertai peduli akan tanah air merupakan generasi muda yang diharapkan suatu bangsa.

Karena latar belakang itulah kami menganggas agenda Lomba drum band Tingkat SMA sederajat se Jawa Barat. Semoga agenda kegiatan ini bisa menjadi gagasan dan trobosan baru dalam membina peserta didik menjadi warna negara yang cinta tanah air.

  1. Tema Kegiatan

Adapun tema dari kegiatan ini adalah Menumbuhkan Semangat Positif dan Cinta Tanah Air Sejak Dini.

  1. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  • Untuk menumbuhkan semangat positif di kalangan generasi muda
  • Menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.
  • Memupuk kebersamaan dan kekompakan di kalangan peserta lomba
  • Menumbuhkan semangat kebangsaan melalui lomba yang diadakan
  1. Ruang Lingkup
  2. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan yang diselenggarakan adalah lomba Drum Band tingkat SMA Sejawa Barat.

BAB II Pelaksanaan

  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan lomba PBB ini akan dilaksanakan pada hari Senin  tanggal 11Juni 2018

Waktu yang dialokasikan adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00.

Tempat Jl. Asia Afrika Bandung

  1. Syarat dan Ketentuan Perlombaan

Syarat dan ketentuan dari perlombaan yang harus di ikuti peserta adalah :

  • Peserta adalah siswa pelajar SMA sederajat dari berbagai SMA di Jawa Barat
  • Melakukan pendaftaran melalui perwakilan sekolah dan melakukan pengisian formulir
  • Membuat surat rekomendasi untuk menyeretakan peserta dari sekolahnya
  • Setiap tim memiliki anggota minimal berjumlah 10 orang atau lebih
  • Masing-masing sekolah bisa mengirimkan lebih dari satu perwakilan
  • Pendaftaran dilakukan oleh perwakilan grup dengan mendaftar pada email atau website.
  1. Waktu Pendaftaran

Batas pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal 1-20 Mei 2018

  • Rincian Dana

Anggaran dana untuk kegiatan lomba ini beserta rinciannya telah dilampirkan.

  • Juri

Penilaian lomba akan dinilai oleh  walikota dan wakil walikota Bandung,

BAB III Penutup

Untuk mendukung acara lomba tersebut, maka kami sangat mengharapkan dukungan dari Bapak/Ibu maupun pihak sponsor untuk membantu kami mewujudkan kegiatan lomba ini dengan lancar dan sukses. Bantuan dana maupun dukungan moril sangat kami harapkan dari pihak yang bersedia membantu. Demikian proposal kegiatan ini kami buat dengan sebenar – benarnya, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Contoh – contoh proposal di atas bisa kamu ambil dan terapkan sebagai referensi dan inspirasi kamu dalam membuat proposal. Masih banyak jenis proposal dan surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan rujukan, contoh proposal di atas hanya gambaran dan ringkasan dari sebuah proposal. Maka dari itu kamu perlu menambahkan banyak informasi lagi ke dalamnya, baik itu rincian dana maupun deskripsi proposal kamu.