Contoh Proposal Usaha Warung Makan

Posted on

Belakangan ini mulai banyak jenis usaha yang bermunculan di berbagai macam bidang. Hal ini tentu saja di dorong dengan semakin berkembangnya bidang teknologi dan ilmu pengetahuan di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tak terkecuali juga dengan bisnis atau usaha di bidang kuliner ini.

Yang mana kini mulai banyak orang atau para pebisnis serta pengusaha yang tertarik untuk membuka bisnisnya di dalam bidang kuliner ini. Baik itu yang bersifat musiman saja namun ada juga yang bersifat dalam jangka waktu yang panjang.

Bisnis usaha dalam bidang kuliner ini memang bisa menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan jika digeluti dengan tekun dan dijalankan dengan konsisten. Sebab usaha di bidang makanan dan minuman ini tak pernah ada matinya, meskipun di dalam keadaan krisis sekalipun.

Dan selama manusia masih memerlukan makanan maka bisnis di bidang kuliner ini masih akan tetap hidup sampai kapanpun. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat banyak orang yang tertarik untuk mulai menjalankan bisnis kuliner.

Jika diantara kalian disini yang mungkin tertarik untuk membuka usaha di bidang kuliner dan mungkin hanya memiliki modal yang pas-pasan kalian pun tetap bisa menjalankan usaha di bidang kuliner ini salah satunya dengan cara membuka warung makan. Tapi sebelum mulai untuk menjalankan bisnis warung makan ini lebih baik terlebih dahulu kalian merencanakannya dengan matang dan juga dengan sedetail mungkin.

Kalian bisa membuat sebuah proposal untuk bisnis usaha warung makan kecil-kecilan milik kalian ini. Dengan melalui proposal tersebutlah maka kalian dapat merencanakan segala hal yang kalian butuhkan dan perlukan untuk membuka usaha warung makan ini.

Sehingga kalian juga bisa merencanakan berapa modal yang kalian butuhkan dan akan seperti apa konsep usaha warung makan milik kalian nantinya. Buat kalian yang bingung dalam membuat proposal tentang warung makan, maka disini akan saya berikan contoh dari proposal warung makan yang baik dan benar.

Baca Juga :  Arti Ekspektasi

Contoh Proposal Usaha Warung Makan

@inspirasibaking

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Bisnis usaha warung makan atau rumah makan merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak di dalam bidang kuliner. Dimana perang rumah makan atau warung makan di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari ini sangat vital dan sangat penting sekali.

Meskipun pada umumnya warung makan ini menyediakan tempat untuk menyajikan makanan di tempat, namun kini tak sedikit juga warung makan yang mulai memberikan inovasi baru di dalam pelayanannya yaitu dengan menyediakan jasa delivery service atau layanan pesan antar kepada para pelanggannya.

Usaha warung makan sendiri dinilai sebagai salah satu jenis usaha yang mempunyai prospek yang cukup baik dan cukup bagus ke depannya. Namun faktanya tak sedikit juga usaha rumah makan yang harus gulung tikar karena berbagai macam persoalan di dalamnya karena tidak mampu mempertahankan pengunjungnya.

Tapi jumlah pengunjung dalam sebuah rumah makan juga tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan terhadap keberhasilan sebuah rumah makan. Namun yang paling terpenting yaitu adalah kemampuan warung makan tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan pelanggannya.

B. Visi Misi

Warung Makan “Zion” ini nantinya akan menjadi sebuah warung makan yang menyajikan berbagai macam masakan khas nusantara, khususnya masakan khas Jawa. Konsep warung makan ini sendiri di dapat dari semakin tingginya mobilitas masyarakat yang semakin hari semakin meningkat dan juga dari besarnya pangsa pasar yang sudah terbentuk namun belum banyak pelaku di industri kuliner yang menyajikan atau membuat konsep seperti ini.

Warung Makan “Zion” akan hadir dengan nuansa khas Jawa namun tetap tidak ketinggalan jaman yang menjawab permintaan pasar akan adanya sebuah tempat makan yang tetap kekinian namun juga tidak meninggalkan nuansa tradisionalnya. Oleh sebab itulah maka di warung makan “Zion” ini nanti akan diberikan sedikit arsitektur-arsitektur khas Jawa namun tetap terkesan modern, sehingga pengunjung yang datang pun tak hanya bisa menikmati makanan yang dihidangkan saja, namun mereka juga bisa menikmati keindahan serta kenyamanan interior yang ada.

Baca Juga :  Pengertian, Sifat, dan Contoh Unsur, Senyawa, Campuran Kimia

BAB II
PEMBAHASAN

A. Target Pemasaran

Berdasarkan dengan segmentasi pemasaran, maka konsumen yang dituju yaitu terdiri dari :

  • Kalangan ekonomi bawah
  • Kalangan ekonomi menengah ke bawah
  • Kalangan ekonomi menengah
  • Kalangan ekonomi menengah ke atas
  • Kalangan ekonomi atas

B. Produk Yang Dijual

Produk-produk berupa makanan dan minuman yang akan dijual di warung Zion ini yaitu adalah sebagai berikut :

  • Makanan
Nasi putih Rp. 3000
Nasi pecel Rp. 6000
Nasi Ayam Goreng Rp. 10.000
Nasi Bakar Rp. 12.000
Aneka Macam Sayuran Rp. 5.000 – Rp. 10.000
Ikan Goreng Rp. 10.000
Rujak Petis Rp. 12.000
Nasi Goreng Rp. 12.000
Mie Goreng Rp. 7000
Aneka Gorengan Rp. 2000
  • Minuman
Es Teh Rp. 2500
Es Jeruk Rp. 3500
Es Buah Rp. 6000
Es Susu Rp. 4000
Kopi Rp. 3000
Jus Jambu Rp. 5000
Jus Apel Rp. 5000
Jus Alpukat Rp. 5000
Wedang Jahe Rp. 4000
Air Mineral Rp. 3000

C. Aspek Pemasaran

Kegiatan pemasaran atau promosi dari warung makan Zion ini nantinya akan dilakukan melalui berbagai macam cara. Beberapa cara yang akan kita lakukan untuk menarik para pengunjung yaitu adalah sebagai berikut :

1. Membuat iklan melalui brosur maupun pamflet

2. Membuat iklan di spanduk atau baliho

3. Memasang iklan melalui media sosial

D. Ketenagakerjaan

Saat ini warung makan Zion ini baru membutuhkan beberapa orang tenaga ahli di bidangnya yang kompeten dan siap untuk bekerja di bawah tekanan sekalipun. Adapun posisi yang akan dibutuhkan di warung makan Zion ini yaitu adalah :

Baca Juga :  7 Hacker Indonesia yang Mendunia

1. Koki
Untuk posisi koki diutamakan minimal pendidikan SMK jurusan tata boga, dan akan di training terlebih dahulu selama 2 bulan.

2. Waiters
Untuk posisi waiters diutamakan minimal pendidikan minimal SMA/sederajat dan akan di training terlebih dahulu selama 2 bulan

3. Kasir
Untuk posisis kasir diutamakan perempuan dengan pendidikan minimal SMA/sederajat dan akan di training terlebih dahulu selama 2 bulan

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Usaha warung makan “Zion” ini akan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Karena warung makan yang hadir dengan konsep berbeda ini diharapkan mampu menarik banyak pengunjung untuk datang ke warung makan ini.

Terlebih juga dengan letaknya yang strategis dekat dengan pusat perkantoran dan pertokoan. Dan dengan sebisa mungkin kami akan memberikan pelayanan yang memuaskan dengan menghidangkan masakan-masakan khas Indonesia tanpa menghilangkan cita rasa khasnya.

B. Saran

Usaha rumah makan merupakan jenis usaha yang fleksibel. Dimana kalian bisa berfokus pada pengunjung untuk makan pagi, siang, atau malam saja. Namun jika kalian ingin mendapat penghasilan yang lebih maka kalian bisa membuka usaha warung makan ini dari pagi sampai malam.

Kesuksesan pada warung makan ini tergantung kepada diri kalian sendiri. Dengan pengelolaan dan juga penataan konsep serta pelayanan yang baik dan memiliki ciri khas tersendiri maka kalian akan bisa meraih kesuksesan pada warung makan yang kalian kelola.

contoh proposal WARUNG MAKAN, proposal usaha warung makan
Related posts: