Contoh Proposal Kegiatan Hari Raya Idul Adha 2019 [Siap Edit]

Posted on

Idul Adha atau hari raya Kurban merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada peringatan hari raya Idul Adha ini banyak para Muslim yang mampu yang diwajibkan untuk berkorban dengan kambing maupun sapi. Tak hanya secara pribadi atau perorangan saja, melainkan biasanya banyak juga instansi-instansi ataupun yayasan, dan juga beberapa komunitas serta organisasi yang ikut berkorban dengan menyembelih sapi maupun kambing, yang mana daging kurban ini nanti yang akan dibagikan serta diberikan kepada fakir miskin.

Nah biasanya untuk bisa membeli hewan kurban ini banyak instansi maupun organisasi yang memerlukan bantuan dana dari para donatur. Yang mana tentu saja untuk mencari serta mendapatkan donatur, kalian harus membuat sebuah proposal terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan supaya calon donatur tersebut dapat mengetahui untuk apa dana tersebut digunakan dan mengerti dengan jelas rincian dana-dana yang dibutuhkan. Untuk itulah disini akan saya berikan sebuah contoh makalah tentang Idul Adha bagi kalian semua.

Contoh Proposal Idul Adha

@sswm

PROPOSAL KEGIATAN
IDUL ADHA
SMP Negeri 6 Madiun

TAHUN 2019 M – 1440 H

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP Negeri 6 Madiun
Kota Madiun
Alamat : Jl. Cokroaminoto No. 60 Kota Madiun Kode Pos 63132

Madiun, 9 Juni 2018

Nomor : 001/OSIS/S.4/VI/2018
Lampiran : –
Hal : Permohonan

Yth. Kepala SMP Negeri 6 Madiun
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha, kami selaku panitia kegiatan Idul Adha dari OSIS SMPN 6 Madiun ingin menggelar acara potong hewan kurban dan pembagian hewan kurban kepada siswa – siswi SMPN 6 Madiun serta masyarakat sekitar yang berhak mendapatkannya.

Untuk mewujudkan kegiatan tersebut, panitia membutuhkan biaya operasional dengan rincian terlampir.
Demikian permohonan ini kami buat, atas terkabulnya permohonan ini kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Madiun, 19 Juni 2019

Mengetahui,

Ketua Pelaksana                                                                            Sekretaris
(Satria Bagus)                                                                           (Frida Setiyani)

Baca Juga :  Ucapan Ulang Tahun Katolik Untuk Ibu [Contoh Ungkapan]

Kepala Sekolah,

(Endang Sumarsih, S.Pd.)

Pembina OSIS

(Esti Cahya Ningrum)

A. PENDAHULUAN

Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Kurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan Kurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34)

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Kurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rizeki dan membagi rizeki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa).

Ibadah Kurban yang diperintahkan kepada umat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah Kurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah Kurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.

Ibadah Kurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Idul Adha adalah hewan Kurban. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik dan Terpopuler

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

B. TUJUAN KEGIATAN

1. Meneladani Nabi Ibrahim As

2. Menumbuhkan kesadaran dan peran serta umat Islam khususnya siswa–siswi SMP Negeri 6 Madiun dalam upaya mengembangkan kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan takwa kepada Allah

3. Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara keluarga besar SMP Negeri 6 Madiun dengan masyarakat muslim di sekitar SMP Negeri 6 Madiun.

C. BENTUK KEGIATAN

1. Mengumpulkan dana hewan kurban

2. Mengidentifikasi keluarga siswa–siswi SMP Negeri 6 Madiun dan masyarakat di sekitar sekolah yang layak untuk menerima hewan kurban.

3. Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

4. Mendistribusikan hewan dan/atau daging kurban ke siswa–siswi SMP Negeri 6 Madiun yang membutuhkan dan masyarakat miskin di daerah sekitar SMP Negeri 6 Madiun.

5. Pendokumentasian per hewan kurban sesuai nama pengurban dan pelaporan.

D. JENIS & HARGA HEWAN KURBAN

Jenis/Tipe Hewan Berat Hidup Harga
Kambing tipe A 25 kg Rp 1.500.000
Kambing tipe B 30 kg Rp. 1.700.000
Sapi tipe A 150 kg Rp 10.500.000
Sapi tipe B 200 kg Rp. 15.000.000

Harga sudah termasuk infak pemotongan dan pendistribusian.

E. METODE PEMBAYARAN & KONFIRMASI

1. Sumbangan dalam bentuk hewan kurban (sapi atau kambing) yang dapat diberikan langsung ke pihak panitia

2. Sumbangan dalam bentuk uang (infak) dapat diberikan langsung ke pihak panitia

F. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Insya Allah Pelaksanaan kegiatan ini akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Agustus 2019 di SMP Negeri 6 Madiun.

G. SUSUNAN PANITIA

Penanggung Jawab Endang Sumarsih, S.Pd.
Ketua Panitia Esti Cahya Ningrum
Pengarah Jamaludin Ahmad
Ketua Pelaksana Satria Bagus
Sekretaris Frida Setiyani
Bendahara Putri Rohmadona
Seksi Kegiatan Prayoga Setiawan
Seksi Perlengkapan Muhammad Malik
Anggota Seluruh Anggota OSIS/MPK SMP Negeri 6 Madiun
Baca Juga :  Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Menurut Alkitab

H. PENUTUP
Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengajak Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Kurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rezeki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkannya.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Qs. Ibrahim : 7)

“Sungguh, tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman : 60-61)

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat menggugah hati para donatur untuk menyisihkan sebagian infaknya demi suksesnya kegiatan ini.
Billaahittaufiq wal Hidaayah. Jazakumullaahu khairan katsiira.Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Madiun, 19 Juni 2019

Mengetahui:

Ketua OSIS                                                                                        Sekretaris

(Satria Bagus)                                                                                   (Frida Setiyani)

Kepala SMP Negeri 6 Madiun

(Endang Sumarsih, S.Pd.)

contoh proposal kegiatan menyembelih hewan urbn, contoh lampiran sk idul adha di sekolah