Contoh Proposal Halal Bihalal Di Sekolah

Posted on

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Dan setelah 30 hari lamanya berpuasa di bulan Ramadhan maka kita akan tiba di hari kemenangan yaitu hari Raya Idul Fitri. Pada saat hari Raya Idul Fitri ini tiba ada salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan dan tak pernah terlewatkan.

Tradisi tersebut yaitu adalah halal bihalal. Yang mana tradisi halal bihalal ini merupakan sebuah ajang untuk saling bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan serta berbagi cerita kepada sanak saudara, teman-teman maupun tetangga dan orang-orang di sekitar setelah lama tak berjumpa.

Yang mana biasanya acara halal bihalal ini diselenggarakan mulai dari lingkungan antar RT, lingkungan sekolah, lingkungan tempat kerja, bahkan hingga di lingkup pemerintahan juga pasti akan menggelar acara halal bihalal ini selepas perayaan hari Raya Idul Fitri. Yang mana memang acara halal bihalal yang dilaksanakan setelah perayaan hari Raya Idul Fitri ini memang bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi dan juga menjaga tali persaudaraan serta kerukunan sesama umat agar tidak terpecah belah.

Untuk itulah acara halal bihalal ini selalu rutin digelar setiap tahunnya. Begitu pun juga halnya dengan di dalam lingkungan sekolah, yang sudah pasti setiap sekolah terutama sekolah negeri pasti akan melaksanakan atau menggelar acara halal bihalal selepas libur Hari Raya Idul Fitri. Yang mana tujuan diadakannya acara halal bihalal di sekolah ini yaitu adalah untuk saling mempererat tali silaturahmi antara guru dan murid serta dengan warga sekolah lainnya.

Melalui acara halal bihalal yang ada di sekolah inilah para murid dan para guru saling bermaaf-maafan dan saling memaafkan. Untuk membuat sebuah acara halal bihalal di sekolah maka biasanya pihak OSIS sebagai perwakilan siswa akan membuat sebuah proposal pengajuan acara ini kepada pihak Kepala Sekolah.

Baca Juga :  Grafik Fungsi Trigonometri y=sin 2x & y=tan 2x

Nah berikut ini akan saya berikan contoh dari pembuatan proposal tentang acara halal bihalal di sekolah. Semoga tulisan berikut bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya, terutama yang sedang mencari referensi atau contoh proposal untuk kegiatan halal bihalal di sekolah.

Contoh Proposal Halal Bihalal Di Sekolah

@sekolahal-falaah

PROPOSAL KEGIATAN
HALAL BIHALAL
SMP Negeri 6 Madiun

TAHUN 2018 M – 1439 H

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP Negeri 6 Madiun
Kota Madiun
Alamat : Jl. Cokroaminoto No. 60 Kota Madiun Kode Pos 63132

Madiun, 9 Juni 2018

Nomor : 001/OSIS/S.4/VI/2018
Lampiran : –
Hal : Permohonan

Yth. Kepala SMP Negeri 6 Madiun
Di tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dalam usaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik SMP Negeri 6 Madiun, kami selaku panitia kegiatan Ramadhan berencana melaksanakan kegiatan yaitu HALAL BIHALAL. Untuk mewujudkan kegiatan tersebut, panitia membutuhkan biaya operasional dengan rincian terlampir.

Demikian permohonan ini kami buat, atas terkabulnya permohonan ini kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Madiun, 9 Juni 2018

Mengetahui.

Ketua Pelaksana                                                                 Sekretaris
(Dion Andrian)                                                                  (Bella Ayu)

Baca Juga :  Cara Menghitung Persen dan Presentase Bunga

Kepala Sekolah,

Endang Sumarsih, S.Pd.
NBM.1127262

Pembina OSIS

Esti Cahya Ningrum
NBM.1127257

A. LATAR BELAKANG

Manusia sebagai makhluk sosial pastinya selalu saling menjaga silaturahmi dengan sesamanya. Untuk menjaga silaturahmi dengan sesamanya, maka tak ada salahnya bila kita mengadakan acara Halal Bihalal untuk mencapai sebuah fitrah juga selalu berbuat baik pada sesama. Agama Islam selalu mengajarkan silaturahmi selalu tetap terjaga, karena silaturahmi sebagai amal shaleh yang penuh dengan berkah serta memberikan kebaikan dunia juga akhirat kepada siapapun yang menjaga tali silaturahmi.

Sama halnya dengan keluarga besar SMP Negeri 6 Madiun, di bulan suci dan penuh ampunan ini akan diadakannya sebuah acara Halal Bihalal untuk menjaga terus tali silaturahmi yang kuat dan kekeluargaan dengan sesamanya. Selain diadakannya kegiatan tersebut akan juga diadakan acara pengajian untuk memperkuat iman dan taqwa kita kepada Alloh SWT.

B. TUJUAN

Tujuan dilaksanakannya acara Halal Bihalal keluarga besar SMP Negeri 6 Madiun adalah dalam rangka memanfaatkan momen Hari Raya Idhul Fitri 1439 H, untuk menegaskan sekaligus merekatkan hubungan silaturahmi di dalam keluarga besar SMP Negeri 6 Madiun. Guna menumbuhkan kecintaan dan solidaritas terhadap lingkungan sekolah khususnya.

C. PELAKSANAAN

Hari, Tanggal Sabtu, 14 Juli 2018
Tempat Gedung Aula SMP Negeri 6 Madiun
Waktu Pukul 08.00 WIB – selesai
Acara Tausyiah dan Mushofahah

D. PESERTA

Peserta acara Halal Bihalal adalah Guru dan Karywan serta seluruh Siswa/Siswi kelas 7, 8 , dan 9 SMP Negeri 6 Madiun

E. SUSUNAN PANITIA

PENANGGUNG JAWAB Endang Sumarsih, S.Pd.
KETUA PANITIA Esti Cahya Ningrum
PENGARAH Syaifulah Yusuf
KETUA PELAKSANA Dion Andrian
SEKRETARIS Bella Ayu
BENDAHARA Salsabila Cahya Ningrum
SEKSI KEGIATAN Muhammad Ayub Abdullah
SEKSI PERLENGKAPAN Fito Putra Setiawan
ANGGOTA SEMUA ANGGOTA OSIS/MPK SMP Negeri 6 Madiun
Baca Juga :  Alasan Mengapa Pesawat Bisa Terbang

F. RENCANA ANGGARAN BIAYA

1. Rencana Pemasukan

  1. Dari Sekolah (BOS) : Rp. 700.000
  2. Dari Siswa –
    B. Rencana Pengeluaran
  3. LPJ : Rp. 50.000
  4. Transport Ustadz : Rp. 200.000
  5. Makan Guru Dan Karyawan : Rp. 450.000 +
    JUMLAH : Rp. 700.000

G. PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun. Semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan kami semua. Kami mengharapkan segala bentuk dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan halal bihalal ini.

Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT memberikan pertolongan dan kemudahan dalam merealisasikan kegiatan ini. Aamin.
Wasalamualaikum Wr. Wb.

Madiun, 9 Juni 2018

Mengetahui,
Ketua Pelaksana                                                                     Sekretaris

(Dion Andrian)                                                                      (Bella Ayu)

Kepala Sekolah,

Endang Sumarsih, S.Pd.
NBM.1127262

Pembina OSIS

Esti Cahya Ningrum
NBM.1127257

Related posts: