Contoh Polimer [Kegunaan, Jenis dan Pengertiannya]

Posted on

Pernahkah kalian mendengar kata polimer? Atau mungkin kata polimer ini masih sangat asing dan belum familiar bagi kalian semua. Namun bagi kalian yang sedang belajar ilmu kimia ataupun seorang yang paham tentang apa yang dimaksud dengan kata polimer ini tentu sudah tak asing lagi dengan apa yang dinamakan polimer.

Lalu sebenarnya apa sih yang di maksud dengan kata polimer? Dan apakah ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari manusia? Dan apa saja kegunaan polimer ini bagi kehidupan kita semua?

Eits tenang dulu jangan bingung dahulu, sebab disini akan saya berikan sedikit informasi atau materi penjelasan singkat mengenai apa itu yang dimaksud dengan polimer. Bagi kalian semua yang sedang mencari informasi tentang polimer ini silahkan baca dan simak penjelasan saya berikut ini dengan cermat dan teliti supaya kalian bisa mengerti dengan apa yang dimaksud polimer itu. Berikut penjelasan mengenai polimer secara jelas, padat, dan ringkas.

Apa Itu Polimer

@romansakimia

Kata polimer berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2(dua) kata, yaitu Poly yang berarti banyak dan Meros yang berarti unit atau bagian. Polimer adalah suatu senyawa yang besar yang terbentuk dari hasil penggabungan sejumlah banyak unit-unit molekul yang kecil.

Unit molekul yang kecil yang menjadi pembentuk polimer ini disebut dengan nama monomer. Yang mana hal ini berarti bahwa polimer ini terbentuk dari banyak monomer di dalamnya.

Polimer ini dapat tersusun dari beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta monomer, sehingga bisa disebut dengan senyawa makromolekul. Monomer yang menjadi penyusun polimer ini bisa berupa senyawa berikatan rangkap maupun senyawa yang mempunyai gugus fungsional.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Anime Ecchi Terbaik dan Menginspirasi

Sifat Polimer

1. Sifat Termal
Sifat termal pada polimer ini berarti bahwa polimer ini jika dipanaskan akan menjadi lunak namun ada juga yang menjadi keras. Hal ini merupakan sifat termal yang cukup baik pada polimer meskipun polimer bukanlah sebuah konduktor.

2. Sifat Kelunturan
Karena memiliki sifat yang lentur maka polimer ini sangat mudah sekali untuk diolah menjadi banyak produk yang diinginkan. Namun polimer yang berasal dari alam lebih mudah mudah untuk diolah dibandingkan dengan polimer sintetis.

3. Sifat Tahan Terhadap Mikroorganisme
Sifat tahan terhadap mikroorganisme ini biasanya terdapat pada polimer sintetis, sedangkan sebagian besar polimer alam seperti sutra maupun wol tidak tahan terhadap mikroorganisme.

Jenis dan Kegunaan Polimer

1. Polietilena

@id.wikipedia

Polietilena (PE) merupakan sebuah termo plastik yang memiliki sifat ulet (liat), memiliki massa jenis yang rendah, lentur, bisa bertahan lama jika di dalam keadaan terbuka di udara ataupun jika terkena tanah lumpur, namun tidak tahan dengan panas.

Penggunaan polietena ini yaitu misalnya seperti untuk memproduksi lembaran kantong plastik, pembungkus halaman, ember, dan lain sebagainya.

2. Polipropilena

@id.wikipedia

Polipropilena (PP) merupakan sebuah polimer termo plastik yang dipakai dalam industri kimia serta dipakai dalam berbagai macam aplikasi. Misalnya yaitu seperti pada untuk pengemasan bahan-bahan tekstil seperti tali, pakaian dalam termal, dan karpet.

Lalu dipakai juga untuk alat tulis, perlengkapan laboratorium, pengeras suara, komponen otomotif, serta uang kertas polimer. Polipropilena ini juga dipakai untuk bahan pembuat botol plastik, karung, bak air, serta kanel listrik.

Baca Juga :  Manfaat Puasa Senin Kamis

3. PVC

@indiamart

Polikloroetanadiol (PVC) ini adalah sebuah jenis polimer yang bersifat termo plastik dengan daya tahan yang sangat kuat. Polimer jenis ini juga memiliki sifat yang tahan dan kedap dengan minyak dan bahan organik. Terdapat dua jenis polimer PVC, yaitu PVC yang berbentuk kaku dan PVC yang berbentuk fleksibel.

PVC yang bentuknya kaku biasa nya dipakai untuk bahan konstruksi bangunan, mainan anak-anak, pipa paralon, meja, lemari, piringan hitam, serta beberapa komponen mobil. Sedangkan PVC yang berbentuk fleksibel ini biasanya digunakan untuk membuat selang plastik dan isolasi listrik.

4. Teflon

@pbplastics

Politetrafluoroetilena (PTFE) atau yang memiliki nama lain teflon adalah sebuah polimer dengan lapisna tipis yang sangat tahan panas serta tahan terhadap bahan kimia.

Polimer Politetrafluoroetilena ini biasanya dipakai sebagai pelapis wajan, pelapis untuk tangki yang ada di industri kimia, pipa anti patah, serta kabel listrik.

5. Polibutadiena

@en.wikipedia

Polibutadiena merupakan sebuah polimer berupa karet sintetis yang terbentuk dari proses polimerisasi dari monomer 1,3-butadeina. Polibutadeina ini mempunyai resistensi yang sangat tinggi terhadap aus sehingga banyak dipakai sebagai bahan pembuat ban.

Selain itu karet jenis Polibutadeina ini juga sering dimanfaatkan untuk bantalan kereta api, blok jembatan, bola self, selang air, dan lain sebagainya.

6. Poliester

@playerasmark

Poliester merupakan sebuah polimer yang memiliki kandungan gugus fungsional ester di dalam rantai utamanya. Poliester ini memiliki sifat yang mudah untuk terbakar di suhu yang tinggi dan cenderung untuk berkerut menjauhi api serta bisa memadamkan dirinya sendiri saat terjadi proses pembakaran.

Baca Juga :  Suami Yang Baik Menurut Alkitab [5 Tips Suami Menurut Iman Kristen]

Selain itu serat poliester juga memiliki kekutaan yang cukup tinggi yang bisa melakukan penyerapan air yang rendah. Poliester ini biasanya digunakan untuk membuat botol, kano, hologram, pita penyekat, serta saput dielektrik untuk kondensator. Sementara dalam dunia industri, poliester ini biasa dimanfaatkan untuk menjadi penguat ban, tali, kain untuk sabuk konveyor, sabuk pengaman.

7. Nilon 6,6

@id.ppsewingthread

Nylon 6-6 atau nilon 6,6 merupakan jenis polimer yang memiliki banyak jenis. Beberapa diantaranya dipakai di dalam industri-industri tekstil dan plastik. Selain itu polimer jenis ini juga dimanfaatkan menjadi bahan serat karpet, pakaian, ban, tali, selang, parasut, serta masih banyak lagi.

8. Polistirena

@id.wikipedia

Polistirena merupakan suatu polimer dengan monomer stirena, yaitu suatu hidrokarbon cair yang dibuat dari minyak bumi. Polistirena yang murni bisa dibuat atau diolah menjadi beraneka warna dengan melalui proses compounding yang biasanya banyak dipakai dalam produk elektronik sebagai kabin, casing, maupun komponen lainnya. Selain itu polistrena ini juga dipakai untuk membuat sapu, sisir, ember, gantungan baju, dan masih banyak lagi.

9. Polimetil Metakrilat

@alasains

Polimetal Metakrilat (PMMA) adalah sebuah polimer yang sangat kuat dan transparan. Yang mana polimetil metakrilat ini biasanya dipakai untuk jendela pesawat terbang dan juga lambu belakang mobil.