Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Posted on

Bagi kalian semua disini tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya pidato bukan. Pasti kalian sering kali mendengar pidato ini di berbagai acara, misalnya seperti pada acara perayaan tujuh belas agustus, acara peresmian sebuah gedung atau kantor baru, maupun pada acara ulang tahun.

Yang mana pidato ini sendiri merupakan suatu bentuk aktivitas atau kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan atau mengungkapkan sesuatu kepada siapapun yang sedang menghadiri atau menyaksikan acara tersebut. Pidato ini sendiri memiliki tujuan untuk membangun sebuah hal yang bersifat positif dan membangun bagi orang yang mendengarkannya.

Selain itu pidato ini juga berfungsi sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan ide dan gagasan baru kepada para audience atau penonton untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi. Meskipun pidato disampaikan dengan melalui kalimat-kalimat yang formal namun tetap pidato yang disampaikan juga harus memperhatikan ekspresi wajah atau mimik wajah, bahasa tubuh, serta penggunaan tinggi rendahnya suara atau intonasi suara.

Sebab para audience atau penonton pastinya juga tak hanya memperhatikan tentang isi pidato tersebut saja, melainkan mereka juga akan memperhatikan tentang gerak-gerik atau bahasa tubuh orang yang sedang membacakan pidato tersebut dan juga dengan intonasi orang yang sedang membaca pidato tersebut.

Pidato sendiri bisa ditulis atau dibuat dari berbagai macam tema. Misalnya mulai dari tema pendidikan, kesehatan, keadilan, hukum, serta masih banyak lagi tema-tema lain yang dapat diangkat ke dalam pidato. Nah salah satu tema yang akan saya bahas disini yaitu adalah mengenai narkoba. Yang mana tema tentang narkoba atau penyalahgunaan narkoba ini tentu sudah tak asing lagi di telinga kalian bukan.

Terutama yaitu di kalangan para pelajar dan remaja saat ini, tentu tema tentang narkoba ini sudah tak asing lagi. Yang mana upaya tentang pencegahan penyalah gunaan narkoba ini terus dilakukan dan disosialisasikan di kalangan pelajar dan anak-anak muda. Oleh sebab itu tak heran jika di dalam beberapa kesempatan acara, seperti pada acara yang diselenggarakan di sekolah maupun acara-acara yang diselenggarakan di tempat umum yang kebanyakan audiencenya adalah para remaja maka pidato dengan tema narkoba ini menjadi salah satu hal yang pas untuk disampaikan di dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Tokoh Tokoh Alkitab

Lalu bagaimana caranya untuk membuat pidato tentang narkoba yang baik dan benar? Berikut akan saya berikan contoh mengenai pidato tentang narkoba yang baik dan benar. Namun sebelum itu akan saya berikan beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa membawakan pidato dengan baik dan benar.

Cara Menyampaikan Pidato Yang Baik

@illumine

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, di dalam membaca atau menyampaikan pidato di hadapan banyak orang maka kalian harus dapat menguasai beberapa hal seperti teknik dan cara-caranya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian pelajari dalam menyampaikan pidato yang baik dan benar

1. Harus menguasai topik yang akan disampaikan di dalam pidato tersebut

2. Harus berlatih untuk terbiasa tampil di depan umum atau di depan orang banyak agar pada saat sedang membacakan pidato di hadapan orang banyak sudah terbiasa

3. Harus bisa mengetahui ruang lingkup audience atau penonton, misalnya mulai dari rentang usai para penonton, status sosial para penonton, dan juga sedikit latar belakang mengenai para penonton

4. Harus memiliki keterampilan dan kekreatifan di dalam merangkai atau menyusun kata-kata menjadi bahasa yang dapat dengan mudah dimengerti dan dicerna oleh para audience atau penonton

5. Harus dapat menempatkan diri dengan baik dan benar di hadapan para audience atau penonton

Contoh Pidato Tentang Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam sejahtera bagi kita semua

Baca Juga :  Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya Serta Contohnya

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMPN 6 Madiun
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru serta staf pengajar SMPN 6 Madiun
Serta teman-teman kelas 7,8, dan 9 SMPN 6 Madiun yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita semua panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan berkat dan rahmat karunia-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul di aula SMPN 6 Madiun pagi hari ini dengan keadaan sehat wal afiat. Tak lupa juga untuk mengucapkan shalawat serta salam yang sennatiasa tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW dan semoga kita smeua dapat meneladaninya.

Sebagai pembuka dari pidato saya pagi hari ini, maka perkenankanlah saya pada kesempatan yang berbahagia ini untuk mengucapkan terima kasih atas waktu dan juga kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan narkoba yang merupakan tema yang di angkat dalam pidato dalam hari anti narkoba kali ini.

Narkoba merupakan segala jenis zat yang berbahaya yang bisa merusak kondisi kesehatan dan juga bisa mengakibatkan efek kecanduan bagi para pengguna atau pemakai nya. Narkoba ini juga akan bisa terus berkembang melalui suatu proses hingga akan memunculkan narkoba-narkoba dengan jenis baru yang akan memiliki efek yang lebih berbahaya dari narkoba jenis sebelumnya.

Melalui berbagai macam media kita dapat menyaksikan bagaimana keadaan di negara kita sekarang yang saat ini sudah darurat narkoba. Dimana banyak sekali para pengedar narkoba dan pengguna narkoba yang berhasil untuk menyelundupkan narkoba bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok di seluruh Indonesia. Dan yang lebih mengerikan lagi yaitu adalah sebagian besar para pelaku kejahatan narkoba ini sebagian besar merupakan anak-anak remaja, generasi penerus bangsa kita.

Baca Juga :  Mengenal Remunerasi dan Tujuannya

Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman sekalian, untuk itulah maka disini saya ingin menyampaikan tentang pentingnya untuk menghindarkan anak-anak remaja kita semua dari yang namanya narkoba ini. Sebab seperti yang kita ketahui semua disini bahwa usia pelajar dan usia remaja merupakan usia yang kondisi psikologisnya pada umumnya masih memiliki tingkat emosional yang masih labil dan pola pikirnya masih belum matang.

Sehingga sangat rentan untuk terkena pengaruh dan tertarik dengan hal-hal yang menurut mereka baru dan menyenangkan. Hal inilah yang kemudian menjadi ruang baru bagi para pengedar narkoba untuk bisa mempengaruhi dan menghasut para pelajar ini agar mau menggunakan narkoba sebagai dalih gaya hidup dan trend anak muda jaman sekarang.

Oleh sebab itulah disini diperlukan pengawasan yang ketat dari para orang tua di rumah, maupun bapak ibu guru di sekolah untuk anak-anaknya yang sudah menginjak usia remaja. Para pelajar harus bisa memiliki kesadaran serta pengetahuan tentang bahaya narkoba sehingga mereka semua bisa terhindar dari penyalah gunaan narkoba.

Sebelum saya akhiri pidato saya pada pagi hari ini, maka perkenankanlah saya untuk mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Mohon maaf apabila terdapat ucapan maupun tingkah laku yang kurang berkenan selama saya menyampaikan pidato ini. Akhir kata Wassalamualaikum Wr. Wb