Contoh Logo Stop Narkoba [Pengertian dan Jenis]

Posted on

Logo merupakan sebuah hal yang sudah pasti banyak kalian temukan di berbagai macam tempat. Logo ini sering kali memang ditujukan kepada suatu ciri khas atau sebuah tanda yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau sebuah komunitas atau tentang instasi maupun produk lainnya.

Yang mana dengan adanya logo ini maka akan menjadi suatu ciri khas atau identitas dari sebuah perusahaan atau komunitas tersebut. Sehingga juga akan banyak orang yang lebih mudah untuk mengingat nama atau identitas suatu perusahaan atau organisasi hanya dari logonya saja.

Oleh sebab itulah maka biasanya logo ini dibuat dengan bentuk ataupun pola yang dapat menunjukkan identitas maupun filosofi yang ada di dalam suatu perusahaan atau komunitas tersebut. Misalnya yaitu adalah seperti logo Apple, salah satu perusahaan raksasa teknologi dunia yang ada di Amerika Serikat yang terkenal akan produk-produk elektroniknya.

Yang mana logo perusahaan Apple ini dibuat dengan logo berupa buah Apel yang telah dimakan sebagian. Sehingga melalui logo tersebut maka banyak orang akan dapat dengan mudah untuk mengenali perusahaan Apple ini. Namun ada juga beberapa logo yang tidak memiliki keterkaitan dengan perusahaannya, akan tetapi tetap logo tersebut akan memiliki sebuah filosofi yang sangat kuat di dalamnya yang berhubungan dengan perusahaan atau komunitas yang mempunyai logo tersebut.

Berbicara mengenai logo, apakah kalian tahu apa itu yang dimaksud dengan logo dan apa saja jenis-jenis logo? Nah bagi kalian semua yang belum tahu tentang apa itu logo maka disini akan saya berikan sedikit informasi dan penjelasan mengenai logo.

Pengertian Logo

@hellomotion

Logo adalah sebuah tanda, lambang atau simbol yang di dalamnya mengandung sebuah makna tersendiri. Yang mana logo ini dipakai dan digunakan sebagai sebuah identitas untuk suatu organisasi, perusahaan, maupun individu supaya lebih mudah untuk diingat oleh orang lain.

Baca Juga :  Desain Kamar Untuk Anak Pengidap Autis [Gambar Ruangan]

Di samping itu, logo ini juga bisa memberikan sebuah gambaran berupa ciri ataupun identitas sebuah perusahaan atau organisasi. Sehingga dengan demikian maka logo dapat dikatakan juga sebagai suatu lambang ataupun sebuah ciri khas yang dipakai untuk mempermudah pengenalan suatu perusahaan dan juga identitas perusahaan yang mewakili citra perusahaan tersebut.

Logo juga menjadi sebuah penyederhanaan dari sebuah realitas yang sangat kompleks sehingga dengan demikian logo bisa dikontrol, dimodifikasi, diubah, dan dibangun sesuai dengan perkembangan jaman yang ada. Suatu logo juga harus memiliki filosofi dan juga kerangka dasar yang berupa konsep dengan tujuan untuk menciptakan suatu sifat yang dapat berdiri sendiri atau mandiri. Oleh sebab itulah logo ini pada umumnya dikenali dengan penglihatan visualnya yang berupa warna serta bentuk dari logo tersebut.

Jenis – Jenis Logo

1. Lettermark

@99designs

Logo jenis lettermark ini merupakan sebuah logo yang dibuat dengan mempresentasikan kepanjangan dari nama sebuah organisasi atau perusahaan terkait. Atau dengan kata lainnya logo lettermark ini merupakan logo yang berupa singkatan dari nama suatu organisasi atau perusahaan atau komunitas.

Yang nama logo jenis lettermark ini bisa juga dianggap sebagai logo dengan inisial nama merknya. Yang mana biasanya pada logo jenis lettermark ini hanya akan memakai dua hingga empat lettermark atau huruf saja maka masyarakat sudah bisa mengenali atau mengingat logo dan merk tersebut. Yang mana logo jenis lettermark ini intinya yaitu adalah sebuah kesederhanaan.

2. Word Mark

@subtraction

Hampir sama dengan logo jenis lettermark, logo word mark ini juga menggunakan tulisan dan font yang berfokus pada nama sebuah organisasi atau perusahaan. Namun bedanya yaitu logo jenis word mark ini akan menuliskan nama dari sebuah organisasi atau perusahaan secara lengkap.

Baca Juga :  Inspirasi Souvenir Pernikahan Murah dan Bagus

Yang mana tentu saja logo jenis word mark ini akan efektif digunakan bagi perusahaan atau organisasi yang memiliki nama yang singkat, sederhana, dan unik.

3. Pictorial Mark (Simbol)

@99designs

Jenis pictorial mark (sering disebut simbol), adalah ikon atau sebuah desain yang berbasis grafis. Contohnya adalah logo Apple, Twitter dan Nike. Masing-masing logo perusahaan tersebut mewakili identitasnya masing-masing yang dapat langsung dikenali.

Hal terpenting ketika membuat logo jenis ini adalah gambar atau bentuk apa yang akan atau ingin dibuat. Keputusan ini akan terus melekat pada merk dan bisnis. Pasalnya, tidak mudah untuk membuat, apalagi merubah suatu logo karena akan membingungkan.

4. Logo Abstrak

@designyourway

Logo abstrak adalah jenis tertentu dari pictorial mark/logo simbol (berbasis gambar). Tidak seperti jenis sebelumnya yang mudah dikenali, jenis logo ini memiliki bentuk geometris abstrak yang merepresentasikan suatu merk. Contoh merk atau bisnis dan perusahaan yang menggunakan jenis logo ini adalah Pepsi, Adidas dan BP yang memiliki logo abstraknya masing-masing.

Jenis logo ini sangat efektif karena mewakili keseluruhan bisnis hanya dalam satu gambar saja. Logo abstrak memungkinkan kita untuk berpikir kreatif dalam menciptakan sesuatu untuk mewakili merek atau bisnis.

5. Logo Maskot

@logok

Umumnya jenis logo maskot mengandung unsur warna-warni yang menceriakan. Logo jenis ini adalah cara yang baik untuk membuat “juru bicara” atau karakter merk/bisnis pada sebuah perusahaan. Sebuah karakter menggambarkan merk atau bisnis dan perusahaan yang dijalankan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam [Kuasa Tuhan]

Maskot akan dianggap sebagai duta bagi bisnis. Beberapa contoh maskot yang terkenal adalah Kool-Aid Man, Kolonel KFC dan Mr. Peanut Planter. Logo maskot cocok untuk perusahaan yang ingin menciptakan sebuah atmosfer tersendiri yang bisa menjadi daya tarik bagi keluarga dan anak-anak.

6. Logo Kombinasi

@keirasaw

Sama seperti namanya, logo kombinasi terdiri dari gabungan wordmark atau lettermark dengan logo simbol, abstrak atau maskot. Gambar dan teks bisa disatukan, ditumpuk, atau terintegrasi satu sama lain untuk menciptakan sebuah logo.

Beberapa logo kombinasi yang terkenal adalah Doritos, Burger King dan Lacoste. Dengan menggunakan jenis logo ini, maka pelanggan akan mulai mengenal nama merek perusahaan karena perpaduan menarik yang ada.

7. Logo Lambang

@kioslambang

Sebuah logo lambang terdiri dari huruf yang berada di dalam simbol atau ikon, lencana, segel dan “puncak” atau inti dari lambang tersebut. Logo ini cenderung memiliki tampilan tradisional yang dapat membuat dampak mencolok. Sehingga lambang sering digunakan untuk sekolah, organisasi atau lembaga pemerintah serta industri otomotif.

Penggunaan lambang yang rumit kurang cocok jika ditempatkan pada kartu nama karena tidak akan terlihat jelas. Jika misalnya mau menjahit atau menempelkan lambang pada barang tertentu seperti topi atau baju, pastikan lambang tersebut didesain secara sederhana.

Contoh Logo Stop Narkoba

@logoapaaja
@pixabay
@merahputih
@avroansons
@globrol
@malangtimes
@twitter
@himaba-ri
@antinarkoba88
@satgasgans