Contoh Kop Surat Surat Resmi, Surat Instansi Pemerintahan, Surat Perusahaan dll

Posted on

Surat merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi di jaman dahulu sebelum adanya teknologi telefon dan smartphone maupun internet seperti sekarang ini. Yang mana orang pada jaman dahulu menggunakan surat ini untuk bisa berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain yang tinggal jauh darinya.

Di jaman dahulu surat ini memang menjadi satu-satunya alat komunikasi sebelum ditemukannya telefon. Yang mana surat ini pernah mengalami puncak kejayaannya di masa era kemerdekaan Indonesia hingga sampai kepada masa mulai masuknya teknologi telefon ini ke Indonesia. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan juga kemajuan jaman yang semakin memudahkan manusia untuk berkomunikasi, keberadaan surat pun mulai tergeser secara perlahan-lahan.

Yang mana semenjak adanya telefon dan juga munculnya internet banyak orang yang mulai meninggalkan surat sebagai sarana berkomunikasi. Banyak orang yang kemudian beralih ke telefon ataupun memakai surat elektronik (email) untuk berkomunikasi jarak jauh. Yang mana tentu saja dengan menggunakan telefon maupun teknologi internet hal tersebut dirasa lebih praktis dan lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan surat.

Namun masih ada juga beberapa orang atau instansi perusahaan maupun pemerintahan yang juga masih mempertahankan penggunaan surat ini. Hal ini biasanya bisa kita jumpai pada sebuah instansi perusahaan maupun pemerintahan yang masih mempertahankan penggunaan surat ini. Yang mana biasanya surat ini bersifat resmi yang ditulis dan dibuat dengan baku dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pada surat resmi ini terdapat beberapa kaidah dan juga format yang harus dipenuhi. Yaitu termasuk di dalamnya adalah bagian-bagian dari surat resmi yang harus ada. Salah satu bagian dari surat yang tak boleh ketinggalan dan harus selalu ada yaitu adalah kop surat.

Baca Juga :  Pengertian, Contoh dan Jenis-jenis Majas Lengkap

Kop surat ini bisa dibuat bermacam-macam sesuai dengan pengirim surat. Sebelum saya memberikan contoh kop surat, terlebih dahulu disini akan kita bahas mengenai bagian-bagian surat resmi. Tahukah kalian apa saja bagian-bagian dari surat resmi yang harus ada? Berikut akan saya berikan sedikit penjelasan tentang bagian surat resmi yang harus ada.

Bagian-Bagian Surat Resmi

@maxmanroe

1. Kop Surat

Merupakan bagian paling atas surat atau biasa juga disebut dengan kepala surat. Bagian kop surat ini berisi informasi tentang nama, identitas, logo, maupun alamat dari lembaga atau instansi pengirim surat tersebut.

2. Tempat Dan Tanggal

Bagian tempat dan tanggal penulisan surat ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang kapan dan dari mana surat tersebut berasal atau dikirim. Cara penulisan tempat dan tanggal surat yang ada di Indonesia biasanya dimulai dari nama kota/kabupaten kemudian diikuti oleh tanggal, bulan, dan tahun penulisan surat.

3. Nomor Surat

Merupakan bagian dari surat resmi yang biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan, serta tahun penulisan surat. Fungsi dari pencantuman nomor surat ini yaitu adalah untuk mempermudah pengaturan serta penyimpanan surat. Dan selain itu juga untuk mengetahui jumlah surat yang telah dikeluarkan oleh sebuah instansi atau lembaga.

4. Lampiran

Bagian lampiran ini merupakan bagian penjelas yang memberikan informasi bahwa di dalam surat tersebut terdapat berkas atau dokumen lain yang terlampir. Apabila pada surat tidak memiliki dokumen atau berkas lain maka pada bagian lampiran ini ditiadakan.

Baca Juga :  Proses Terjadinya Tsunami

5. Hal/Perihal

Fungsi bagian ini yaitu adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca surat tentang kepentingan serta maksud dari di kirimnya surat tersebut.

6. Alamat Tujuan

Pada bagian alamat tujuan ini merupakan bagian yang menjelaskan tentang alamat yang dituju di dalam surat tersebut. Atau dengan kata lain bisa dikatakan untuk siapa surat tersebut dibuat. Biasanya bagian alamat tujuan di dalam surat resmi ini ditujukan untuk orang atau instansi yang dituju dengan memakai kata-kata seperti “Bapak/Ibu” atau “Yth”

7. Salam Pembuka

Pada bagian ini berfungsi untuk membuka pembicaraan di dalam surat yang pada umumnya berisi sapaan.

8. Isi Surat

Bagian isi surat merupakan bagian inti di dalam sebuah surat resmi. Pada bagian isi surat ini memuat tentang apa saja yang ingin disampaikan oleh sang pengirim kepada penerima surat tersebut. Pada bagian isi surat ini juga terdapat 3 bagian yaitu bagian pembuka, inti, dan penutup.

Di bagian pembuka biasanya berisi pengantar untuk mengetahui apa isi yang ingin disampaikan oleh pengirim surat. Lalu pada bagian inti berisi maksud serta tujuan utama yang disampaikan oleh pengirim surat. Kemudian di bagian penutup isi surat ini berisi tentang penegasan kembali dan juga kesimpulan. Atau bisa juga berupa ucapan terima kasih serta harapan-harapan atau permohonan.

9. Salam Penutup

Pada bagian salam penutup ini berisikan ucapan salam akhir dari pengirim surat.

Baca Juga :  Daftar Nama Nama 99 Asmaul Husna & Artinya [Lengkap]

10. Nama Terang Dan Tanda Tangan

Di bagian terakhir yaitu biasanya pengirim surat menuliskan nama terang serta tanda tangannya.

Contoh Kop Surat

Nah setelah tadi kita membahas tentang bagian-bagian surat, kini akan saya akan membahas mengenai bagian yang paling terpenting yang harus ada di dalam sebuah surat resmi, yaitu adalah kop surat. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa bagian kop surat atau kepala surat ini merupakan bagian paling atas atau paling awal dari sebuah surat yang di dalamnya berisikan informasi mengenai nama atau identitas dari sang pengirim surat.

Keberadaan kop surat di dalam sebuah surat resmi ini pun sangat penting sekali, sebab melalui bagian kop surat inilah sang pembaca atau penerima surat bisa mengerti dan mengetahui dari mana surat tersebut berasal. Kop surat pun ada berbagai macam bentuknya tergantung dengan sang pembuat suratnya. Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh kop surat.

1. Contoh Kop Surat Instansi Pemerintahan

@suratresmi

 

2. Contoh Kop Surat Perusahaan

@suratresmi

 

3. Contoh Kop Surat Sekolah

@suratresmi

 

4. Contoh Kop Surat Perusahaan Perseroan

@suratresmi

 

5. Contoh Kop Surat Organisasi Sekolah

@suratresmi

 

6. Contoh Kop Surat Koperasi

@suratresmi

 

7. Contoh Kop Surat Yayasan

@suratresmi
contoh kop surat kab bangli, contoh gambar kop surat, kop surat
Related posts: