Contoh Doa Makan dalam Iman Kristen [Mudah di Contoh]

Posted on

Doa merupakan nafas kehidupan bagi anak-anak Tuhan. Oleh sebab itulah keberadaan doa dengan kehidupan orang Kristen tidak dapat dipisahkan. Sebab hanya dengan melalui doa tersebutlah kita sebgaai manusia dapat berkomunikasi dengan Tuhan. Lewat doalah kita dapat menyampaikan semua beban serta keluh kesah yang ada di hidup kita, yang mungkin tak pernah kita ceritakan kepada orang lain dan hanya ingin kita ceritakan hanya kepada Tuhan saja.

Oleh sebab itulah Tuhan sangat menekankan kepada seluruh umat Kristen tentang betapa pentingnya doa bagi orang percaya. Tuhan juga mengajarkan kita semua untuk selalu berdoa di dalam segala keadaan dan dalam setiap waktu.

Salah satunya yaitu adalah pada saat kita akan makan. Ya, pada saat akan makan pun Tuhan juga memerintahkan kita semua untuk berdoa sebelum akan makan atau menyantap sesuatu. Hal inilah yang terkadang justru sering kali dilupakan oleh banyak anak Tuhan. Mereka terkadang lupa untuk berdoa sebelum makan. Karena mungkin saking laparnya atau sudah sangat terlalu nafsu melihat makanan yang ada di atas meja maka membuat banyak orang yang lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum makan dan langsung menyantap makanan tersebut.

Hal ini tentu kurang baik di mata Tuhan. Sebab berdoa juga menjadi salah satu ucapan syukur kita kepada Tuhan atas segala berkat dan rahmat yang telah diberikan Nya kepada kita semua. Untuk itulah ada baiknya untuk berdoa serta mengucapkan syukur kepada Tuhan sebelum akan menyantap makanan, agar makanan yang kita makan dapat menjadi kekuatan bagi tubuh dan juga dapat menjadi sumber kesehatan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam [Kuasa Tuhan]

Untuk itulah mengapa sejak kecil dan sejak dini kita telah diajarkan untuk berdoa, terutama berdoa sebelum makan. Berdoa sebelum makan pun juga tak perlu terlalu panjang atau terlalu bertele-tele. Yang penting adalah pesan dari doa tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan dapat memberkati diri sendiri maupun orang lain.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa berdoa yang baik sebelum makan? Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh doa sebelum makan bagi kalian semua. Semoga beberapa contoh doa berikut ini dapat menjadi referensi atau contoh bagi kalian yang mungkin selama ini jarang sekali atau mungkin tidak pernah berdoa sebelum makan.

Contoh Doa Makan Untuk Keluarga dalam Iman Kristen

@shutterstock

1. Tuhan Yesus hari ini kami datang kepada Mu untuk mengucapkan segala ucapan syukur atas seluruh berkat yang telah Engkau berikan kepada kami. Kami mengucapkan segala pujian serta rasa syukur kami di dalam permohonan dan doa kami ini. Terima kasih atas makanan yang telah Engkau sediakan dan juga minuman yang telah Engkau berikan.

Biarkan kiranya makanan serta minuman yang ada di hadapan kami saat ini dapat menjadi kekuatan bagi tubuh kami dan juga bisa menjadi berkat bagi kami semua disini. Dan Tuhan kami mohon supaya Engkau juga menguduskan seluruh makanan dan minuman yang ada di hadapan kami saat ini. Jauhkan dari segala kuman-kuman maupun bakteri yang bisa berpengaruh kepada kesehatan kami semua yang memakannya.

Bersihkan dan kuduskanlah seluruh makanan dan minuman ini dari segala macam penyakit dan juga dari segala macam kuasa kegelapan yang bukan berasal dari Engkau, ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami serahkan seluruh makanan dan minuman ini semua di dalam tangan Mu. Haleluya. Amin.

Baca Juga :  5 Contoh Kebutuhan Sekunder Dalam Kehidupan Kita

2. Terima kasih Tuhan atas berkat Mu yang sangat melimpah untuk kami semua. Terima kasih Engkau masih memberikan kami semua makanan dan juga minuman yang cukup untuk kami makan. Engkau masih mencurahkan berkat dan cinta Mu untuk kami semua hingga hari ini dan Engkau masih memelihara kehidupan kami.

Tuhan kami juga saat ini berdoa untuk saudara-saudara kami di luar sana yang mungkin saat ini mereka sedang merasakan kelaparan dan mungkin mereka yang tidak seberuntung kami semua disini yang masih dapat menikmati berkat yang cukup berlimpah dari Engkau. Kami percaya Tuhan Engkau yang akan memelihara setiap anak-anak Mu dimanapun mereka berada dan dalam kondisi apa pun.

@shutterstock

Kami percaya Engkau adalah Tuhan yang penuh dengan kasih yang tidak akan membiarkan ciptaan Nya kelaparan dan menderita. Kami percaya Engkau Tuhan yang sanggup untuk memelihara seluruh kehidupan kami semua. Dan sebentar kalau kami akan menikmati makanan serta hidangan yang ada di hadapan kami saat ini, tolong sucikan serta kuduskan seluruh makanan dan hidangan yang ada di hadapan kami semua saat ini, agar makanan yang kami makan ini dapat menjadi sumber kekuatan bagi tubuh kami. Hanya di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

3. Bapa kami yang ada di surga, terima kasih atas segala limpahan berkat dan karunia Mu atas kami pada pagi hari ini. Kami bersyukur kepada Mu di pagi hari yang indah ini. Terima kasih Engkau telah menyediakan makanan untuk kami sekeluarga di pagi hari ini. Terima kasih Engkau telah menjagai kami semua selama kami tidur dan beristirahat semalam.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Inspiratif Yang Penuh Motivasi [Menjadi Sukses]

Dan di pagi hari yang indah ini kami bersyukur sebab Engkau masih memberikan kami anugerah dan berkat yang melimpah untuk kami sekeluarga. Kami bersyukur kami masih bisa menikmati sejuknya dan segarnya udara di pagi hari ini. Kami juga bersyukur kalau Engkau masih memberikan kami semua kesempatan untuk bisa berkumpul duduk bersama-sama di satu meja untuk menikmati dan menyantap sarapan kami pagi ini.

Tuhan sebelum kami akan mulai menikmati sarapan kami di pagi hari ini, kiranya Engkau bersedia untuk memberkati makanan ini dan juga menyucikan serta menguduskan makanan ini untuk kami semua. Supaya makanan yang kami makan ini dapat menjadi kekuatan bagi kami semua, dan dapat menjadi penambah stamina bagi kami semua untuk mulai menjalani dan melakukan aktivitas kami masing-masing setelah ini.

Kami percaya hanya Engkau yang akan memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kami dimanapun kami berada dan kapan pun kami butuhkan. Kami serahkan seluruh doa dan ucapan syukur kami di pagi hari ini hanya di dalam satu nama yang Agung, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Related posts: