Contoh Biosfer [Pengertian, Ciri, dan Penyebab]

Posted on

Tahukah kalian semua dengan apa yang dimaksud biosfer itu? Atau mungkin kalian semua disini belum pernah mendengar atau bahkan mengerti dengan apa yang disebut dengan biosfer?

Nah bagi kalian semua yang disini masih belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan biosfer dan ingin tahu apa itu yang dinamakan biosfer, maka disinilah tempat yang tepat bagi kalian semua untuk belajar mengenai biosfer. Disini akan saya berikan sedikit penjelasan atau materi mengenai biosfer.

Pengertian Biosfer

@gskbb

Kata biosfer berasal dari 2 kata, yaitu Bios yang berarti Hidup dan Sphaira yang berarti Lapisan. Sehingga apabila diartikan secara etimologis, kata biosfer bisa berarti sebagai lapisan bumi yang dapat dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup.

Karena untuk keberlangsungan hidupnya, setiap makhluk hidup yang ada di bumi ini membutuhkan sebuah tempat untuk bisa ditinggali, nah hal inilah yang dimaksud dengan biosfer. Atau dengan kata lain bisa dikatakan bahwa biosfer ini adalah bagian luar bumi yang mencakup daratan, air, dan udara yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup dan menjadi tempat berlangsungnya proses biotik.

Hingga saat ini bumi merupakan satu-satunya tempat yang bisa mendukung unsur kehidupan atau bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Yang mana tiap makhluk hidup ini memiliki tempat masing-masing pada biosfer untuk keberlangsungan hidupnya.

Ciri – Ciri Biosfer

Di dalam lapisan biosfer ini berfokus pada kehidupan flora dan fauna yang dilindungi. Berikut merupakan ciri atau karakteristik dari persebaran flora dan fauna yang ada di bumi ini.

1. Fauna Di Padang Rumput

@pixabay

Daerah padang rumput memiliki jumlah ketersediaan air yang banyak sehingga menjadi habitat bagi binatang herbivora seperti kuda, sapi, maupun gajah. Padang rumput ini biasanya ada di daerah yang sebenarnya cukup kering dengan curah hujan yang jarang terjadi.

Baca Juga :  Sejarah Perang Dingin (faktor, dampak dan penyebab)

2. Fauna Di Daerah Gurun

@blogging

Gurun merupakan daerah yang sangat kering dan panas dengan memiliki kandungan air yang sangat sedikit serta memiliki perbedaan suhu yang sangat mencolok sekali antara siang dan malam.

Hal ini yang menyebabkan hanya ada beberapa jenis hewan saja yang bisa hidup di daerah gurun seperti ular, semut, unta, maupun kalajengking.

3. Fauna Di Daerah Tundra

@es.fehrplay

Daerah tundra adalah daerah yang terdiri dari es dan salju yang sangat dingin. Beberapa jenis fauna yang bisa bertahan hidup di daerah tundra ini biasanya memiliki bulu yang tebal dan memiliki darah yang hangat seperti Beruang Kutub, Serigala Kutub, dan Pinguin.

Jenis fauna yang bisa bertahan di daerah tundra lebih sedikit bila di banding dengan jenis fauna yang bisa bertahan hidup di daerah gurun.

4. Fauna Di Daerah Hutan Tropis

@villabalisale

Daerah tropis memiliki curah hujan yang tinggi dan mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Sehingga banyak jenis fauna yang hidup di daerah tropis, diantaranya yaitu adalah seperti Burung, Serangga, Kera, dan masih banyak lagi.

5. Fauna Di Daerah Taiga

@id.wikipedia

Fauna yang ditemukan di daerah taiga ini yaitu seperti serigala, beruang hitam, maupun burung yang sedang bermigrasi di musim gugur.

6. Fauna Di Daerah Kutub

@jadiberita

Daerah kutub merupakan daerah yang sangat ekstrim untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Sehingga hanya ada beberapa jenis fauna saja yang bisa bertahan hidup di daerah kutub yaitu seperti beruang kutub dan pinguin.

7. Fauna Di Daerah Perairan

@faunadanflora

Fauna yang hidup di derah perairan ini dibedakan berdasarkan dengan modelnya, yaitu seperti bentos, plankton, nekton, dan neustin.

Baca Juga :  Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Cucak Ijo Banyuwangi

Tipe – Tipe Bioma

Lapisan biosfer ini juga dihuni oleh flora yang mana di daratan bernama bioma. Bioma adalah sekumpulan ekosistem yang mempunyai vegetasi yang hampir sama dan memiliki ciri khas tiap masing-masing bioma. Berikut adalah tipe-tipe bioma yang ada.

1. Hutan Hujan Tropika

@liputan6

Hutan hujan tropika merupakan sebuah bioma yang terdapat di daerah tropis yang dilewati garis khatulistiwa. Dimana di daerah hutan hujan tropik aini memiliki curah hujan yang tinggi dan mendapatkan pancaran sinar matahari sepanjang tahun.

Jenis flora yang hidup di daerah hutan hujan tropika ini sangat beragam sekali. Yaitu biasanya jenis tumbuhan yang hidup di daerah hutan hujan tropika ini memiliki daun yang lebat dan pohon yang menjulang tinggi hingga mencapai 60 meter.

2. Hutan Musim Tropika

@ringkasanbukugeografi

Jenis flora yang hidup di daerah hutan musim tropika ini biasanya ditandai dengan pohon yang menggugurkan daunnya saat musim kemarau. Hal ini karena musim kemarau di tempat ini lebih panjang di banding dengan musim dinginnya.

3. Hutan Hujan Iklim Sedang

@konsepgeografi

Jenis flora yang hidup di hutan hujan iklim sedang ini di dominasi oleh pohon yang mempunyai ukuran yang tinggi dan besar seperti pinus. Dimana jumlah flora yang hidup di daerah hutan hujan iklim sedang ini jumlahnya lebih sedikit di banding dengan jenis flora yang hidup di hutan hujan tropis.

4. Hutan Gugur

@ilmugeografi

Hutan ini berada di daerah yang agak kering namun tetap mempunyai kandungan air yang cukup. Jenis flora yang hidup di daerah ini yaitu seperti jenis pohon yang tinggi dan memiliki daun yang lebar.

Baca Juga :  Struktur Sistem Limfatik dan Fungsi Limfatik Pada Manusia

5. Hutan Taiga

@geographyeducation

Hutan taiga ini berada di wilayah yang dekat dengan daerah kutub seperti Kanada, Rusia, dan Finlandia. Jenis flora yang hidup di wilayah ini yaitu seperti pohon pinus, Alder, dan Birch.

6. Stepa

@andimanwno

Stepa adalah sebutan dari padang rumput, dimana di dalam stepa ini hanya ada padang rumput saja dan tidak ada pohon. Hal ini karena daerah stepa memiliki udara yang kering dan memiliki sedikit cadangan air.

7. Sabana

@geographyeducation

Sabana adalah area padang rumput yang memiliki pohon kerdil yang biasanya terletak bergerombol.

8. Tundra

@worldatlas

Daerah tundra adalah daerah kutub yang dingin, sehingga jenis flora yang bisa hidup disini yaitu adalah lumut.

9. Gurun

@pixabay

Daerah gurun menjadi salah satu daerah yang sangat sulit untuk ditumbuhi oleh flora. Hanya beberapa jenis flora saja yang bisa hidup di daerah ini yaitu seperti kaktus dan flora lainnya yang tidak memerlukan banyak air.

10. Terumbu Karang

@greeners

Terumbu karang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berada di dalam lautan dalam.

11. Padang Lamun

@gurugeografi

Pohon lamun adalah sebuah tumbuhan yang sudah berbunga dan menjadi pohon yang tumbuh di dalam air.

Penyebab Persebaran Biosfer

Persebaran biosfer tiap flora dan fauna ini dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu seperti :

1. Iklim

2. Tanah

3. Air

4. Topografi

5. Makhluk Hidup

Related posts: