Contoh Aneka Tanaman Rambat Untuk Dekorasi Eksterior [Gambar]

Posted on

Tumbuhan merambat atau biasa disebut juga dengan sebutan tanaman rambat adalah salah satu tindakan biologi atau perilaku naluri yang terdapat pada salah satu jenis tumbuhan. Sesuai dengan namanya, maka tanaman rambat ini membutuhkan tumbuhan lain yang bisa dirambatinya atau ditempelinya. Biasanya tumbuhan rambat ini merambat pada sebuah pohon dan beberapa jenis tanaman lain.

Jika tumbuhan rambat ini tidak mendapatkan media untuk dirinya merambat atau sebagai penopangnya maka ia akan menjadi tumbuhan yang menjalar. Tumbuhan rambat ini pun juga banyak dijadikan sebagai tanaman atau tumbuhan hias yang ada di rumah oleh banyak orang.

Yang mana biasanya tanaman rambat ini ditanam untuk menghias bagian dinding maupun pada bagian kanopi atau pagar rumah. Tumbuhan rambat sendiri terdiri atas jenis tanaman yang berkayu dan tanaman yang memiliki batang yang lunak. Jenis tanaman yang berkayu ini biasanya akan lebih susah untuk diatur karena memang mempunyai bagian batang kayu yang cukup keras, sehingga membuatnya menjadi lebih sulit untuk diarahkan mengikuti alur dari sulurnya ini.

Tumbuhan merambat ini kini juga dimanfaatkan sebagai penghias dekorasi eksterior rumah. Kira-kira tanaman rambat apa saja ya yang dapat dipakai dan digunakan sebagai penghias dekorasi eksterior rumah? Berikut akan saya berikan beberapa jenis tumbuhan rambat yang cocok digunakan sebagai penghias eksterior rumah.

Contoh Tanaman Rambat Untuk Dekorasi Eksterior

1. Alamanda

@bukalapak

Tumbuhan Alamanda ini mempunyai warna kuning atau merah muda dan dapat tumbuh dengan cukup lebat. Tanaman Alamanda ini memang sekilas bentuknya hampir mirip dengan tumbuhan Mandevilla, akan tetapi yang menjadikannya berbeda dengan tumbuhan Mandevilla yaitu adalah bagian kelopak nya yang sangat berbeda.

Baca Juga :  Daftar Lagu Rohani Katolik dan Liriknya [10+ Lirik Lagu]

Tanaman Alamanda ini biasanya dipakai sebagai pagar hijau atau pagar alami di sebuah rumah. Yang mana tumbuhan Alamanda ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai pagar karena memang dapat tumbuh dengan sangat lebat dengan bunganya yang cantik.

2. Mandevilla

@plantingtree

Jenis tumbuhan rambat lainnya yang juga sangat cocok dijadikan sebagai penghias eksterior yaitu adalah tanaman Mandevilla. Bagian batang pada tanaman Mandevilla ini memang tumbuhnya tidak selalu mengikuti sulurnya, sehingga jika ingin dijadikan sebagai penghias eksterior agar kelihatan rapi maka sesekali bagian batangnya ini perlu ditali dengan rafia supaya pertumbuhannya mengikuti alur dari pergola.

Tanaman Mandevilla ini memiliki bunga yang berwarna-warni, mulai dari warna putih, merah, merah muda, dan kuning. Tanaman Mandevilla ini sangat mudah sekali untuk hidup di iklim tropis serta tanaman ini juga terkenal cukup kuat dalam menghadapi serangan hama serangga.

3. Ficus Pumila

@videoblocks

Tanaman Ficus Pumila ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak memiliki bunga dan hijau sepanjang tahun. Yang mana tanaman ini mempunyai daun yang lebar hingga bagian daun yang kecil.

Tanaman Ficus Pumila ini dapat tumbuh dengan sangat lebat sekali, sehingga tak heran jika biasa nya di ijadikan sebagai pelapis untuk bagian dinding luar rumah. Akan tetapi bagian akar tanaman ini bisa tumbuh hingga sampai menembus dinding serta dapat merusak bagian dinding, sehingga kalian jika menanam tanaman ini harus selalu mengawasi pertumbuhannya.

4. Petrea

@bibitbunga

Tanaman Petera ini berasal dari wilayah Amerika Latin, namun tanaman ini juga dapat tumbuh dengan subur di seluruh wilayah yang memiliki iklim tropis atau bersuhu hangat. Tanaman Peterea ini merupakan sebuah tanaman hias berbunga dengan bunganya yang berwarna dominan ungu kebiruan yang biasa disebut dengan Petrea Volubilis.

Sedangkan untuk jenis tanaman Petrea yang memiliki bunga berwarna putih disebut dengan nama Petrea Arbiflora. Bunganya ini biasanya tumbuh dengan sangat lebat di bagian seluruh batangnya. Tanaman Petrea ini dapat tumbuh dengan sangat lebat sekali dan memenuhi seluruh media tanamnya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Susu Yang Bagus Untuk Kucing

5. Wisteria

@fast-growing-trees

Wisteria merupakan salah satu jenis tanaman rambat berkayu yang dapat tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 20 meter. Tanaman Wisteria ini juga dapat hidup dalam jangka waktu yang cukup lama sekali, bahkan hingga mencapai usia ratusan tahun. Tanaman Wisteria ini merupakan tanaman yang hidup di daerah dengan iklim sub tropis, jadi akan cukup sulit sekali untuk ditanam dan dikembangbiakkan di daerah dengan wilayah iklim tropis.

Tanaman Wisteria ini juga terbilang salah satu tanaman yang cukup susah dalam perawatannya. Oleh sebab itu jika menanam tanaman Wisteria ini maka harus dirawat dengan benar terutama pada saat proses pembibitan dan juga pemindahan ke tanah. Tanaman Wisteria ini biasanya dijadikan sebagai penghias dinding rumah.

6. Sirih

@nasionalisme

Tanaman sirih selain berguna untuk kesehatan organ intim wanita, ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu tanaman rambat untuk eksterior rumah. Tanaman sirih ini mempunyai bagian akar yang dapat menempel dengan sangat kuat sekali di bagian dinding rumah, oleh karena itulah mengapa banyak orang yang memilih tanaman sirih ini sebagai salah satu penghias eksterior dinding luar rumah mereka.

Selain dapat menempel dengan sangat kuat di dinding, tanaman sirih ini juga dapat tumbuh menjalar dengan tinggi di pergola. Tanaman sirih sendiri ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna merah. Kalian pun dapat memilih tanaman sirih warna apa yang ingin kalian jadikan sebagai tanaman penghias eksterior rumah kalian.

Baca Juga :  Ucapan Ulang Tahun Katolik Untuk Ibu [Contoh Ungkapan]

Di tambah lagi juga dengan tanaman sirih ini tidak memerlukan perawatan yang sangat susah, dan bisa dibilang cukup mudah dan cukup gampang untuk merawat tanaman sirih ini. Oleh sebab itulah mengapa banyak orang yang menanam tanaman sirih di rumah, sebab selain bermanfaat sebagai obat-obatan tanaman sirih ini juga dapat mempercantik serta memperindah dekorasi rumah.

7. Kadaka

@kawansetia

Tanaman rambat selanjutnya yang cocok digunakan sebagai penghias dekorasi eksterior rumah yaitu adalah tanaman kadaka. Tanaman kadaka atau yang biasa disebut juga dengan asplenium ini adalah sebuah jenis tanaman rambat yang mempunyai bentuk daun yang tidak menentu.

Justru karena bentuk daunnya yang unik inilah maka banyak orang yang menjadikannya sebagai hiasan dekorasi eksterior di bagian dinding rumah. Sekilas memang bagian daun dari tanaman Kadaka ini bentuknya hampir mirip dengan tumbuhan paku ataupun dengan tumbuhan gelombang cinta.

Related posts: