Ciri-Ciri Jodoh Menurut Kristen [4 Tanda Utama]

Posted on

Jodoh atau pasangan hidup merupakan salah satu hal di dalam hidup manusia yang sangat penting. Terlebih bagi mereka yang telah memasuki usia yang ideal untuk melangsungkan atau melakukan pernikahan, maka masalah tentang jodoh ini begitu pentingnya bagi mereka. Sebab tujuan utama manusia untuk melangsungkan pernikahan yaitu adalah untuk berkembang biak dan juga untuk memenuhi firman Allah supaya manusia memenuhi bumi ini dengan keturunannya.

Oleh sebab itulah maka sebelum menikah maka kalian harus benar-benar memikirkan tentang siapa calon pasangan hidup kalian nantinya, karena pernikahan hanya bisa dilakukan sekali seumur hidup dan hanya maut yang dapat memisahkan. Oleh sebab itu tak heran jika terkadang kita mendapati orang yang enggan untuk terburu-buru menikah karena beralasan belum mendapatkan jodoh yang sesuai.

Sebenarnya masalah jodoh ini sudah diatur oleh Tuhan dan juga telah disiapkan oleh Tuhan bagi kita semua. Namun terkadang kitanya saja yang belum sadar bahwa ternyata jodoh kita mungkin adalah orang terdekat kita atau mungkin kita yang belum mengerti tentang bagaimanakah kriteria jodoh yang sesuai dengan firman Tuhan. Oleh sebab itu kita sebagai orang percaya sebaiknya rajin untuk berdoa dan membaca Alkitab agar Tuhan memberikan kita hikmat tentang memilih pasangan hidup yang pas dan sesuai dengan yang Tuhan kehendaki.

Lalu kira-kira bagaimana kriteria jodoh menurut iman kristen yang baik? Nah berikut ini akan saya berikan beberapa ciri-ciri jodoh menurut iman Kristen yang sesuai dengan firman Tuhan.

Ciri-Ciri Jodoh Yang Sesuai Firman Tuhan

1. Takut Akan Tuhan

@gpibyudea

Ciri pertama dari jodoh atau pasangan hidup yang baik yaitu adalah takut akan Tuhan. Hal ini tentu menjadi salah satu syarat wajib bagi kalian di dalam memilih pasangan hidup. Sebab orang yang memiliki rasa takut akan Tuhan dia akan tunduk dan taat kepada seluruh perintah-perintah Allah serta firman Tuhan.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Membasmi Semut di Rumah Kita

Dengan demikian maka jika ia seorang yang takut akan Tuhan ia akan dapat memiliki rasa cinta dan kasih yang besar kepada Tuhan, begitu juga dengan sesamanya. Terutama bagi seorang laki-laki, sikap takut akan Tuhan ini sangat penting sekali. Sebab nantinya laki-lakilah yang akan menjadi kepala keluarga dan pemimpin keluarga.

Jika seorang laki-laki memiliki sifat yang takut akan Tuhan maka ia akan dapat memimpin keluarganya kelak dan mengatur kehidupan rumah tangganya kelak sesuai dengan yang Tuhan perintahkan dan Tuhan mau. Selain itu rasa takut akan Tuhan ini juga sangat dibutuhkan di dalam hidup rumah tangga karena dasar kasih suami istri, kasih di dalam keluarga, ketaatan, serta kekuatan iman di dalam rumah tangga ini bisa tercipta karena adanya rasa takut akan Tuhan.

2. Seimbang Dan Sepadan

@christianitymalaysia

Seperti yang telah dikatakan Tuhan di dalam Alkitab, bahwa Tuhan akan memberikan kita pendamping atau pasangan yang seimbang dan sepadan. Di dalam hal ini sepadan dan seimbang ini bukan hanya berbicara tentang kesamaan iman atau kepercayaan saja, melainkan lebih dari pada itu.

Sepadan berarti bahwa pasangan hidup kita nantinya ini akan mempunyai pemikiran yang sama dan pola pikir yang seimbang dengan kita sebagai pasangannya. Karena menyatukan dua pemikiran yang berbeda tentu bukanlah hal yang mudah dan tentu akan bisa menimbulkan gesekan yang justru akan membuat perselisihan atau beda paham.

Oleh karena itu Allah tidak akan membiarkan umat Nya untuk mempunyai pendamping hidup yang tidak seimbang dan sepadan, sebab terang tidak akan bersatu dengan gelap. Sehingga kalian harus benar-benar mengandalkan Tuhan dan meminta petunjuk dari Tuhan untuk dapat menemukan pendamping hidup atau jodoh yang seimbang dan sepadan ini.

Baca Juga :  Ide Hadiah Natal Untuk Orang Tua

3. Membawa Lebih Dekat Kepada Tuhan

@medicalnewstoday

Seorang jodoh atau pendamping hidup yang baik tentu ia akan dapat membawa pasangannya untuk lebih dekat lagi kepada Tuhan. Sebab jika calon pendamping hidup kalian merupakan orang yang hidup dengan benar dan takut akan Tuhan pasti ia juga akan membawa pasangannya untuk mengikuti jalan kebenarannya. Ia akan bisa mempengaruhi pasangannya yang mungkin kurang melekat kepada Tuhan untuk lebih mendekat kepada Tuhan dan lebih setia mengikuti Tuhan.

Dengan demikian maka kehidupan kalian yang mungkin sebelumnya jauh dari Tuhan dan terasa hampa kini kalian mulai menemukan sukacita dari Tuhan, karena kalian mulai mendekat kepada Tuhan. Seorang calon pasangan hidup yang baik akan saling mendukung di dalam pelayanan dan juga tumbuh bersama di dalam iman kepada Tuhan.

4. Menjadi Berkat

@indonesiasatu

Seorang jodoh atau pasangan hidup yang tepat dan berasal dari Tuhan adalah seorang yang hidupnya mampu untuk menjadi berkat bagi pasangannya. Tak hanya jadi berkat bagi pasangannya, namun juga bagi keluarga maupun kepada lingkungan yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu kalian harus dapat senantiasa untuk memperhatikan apakah pasangan hidup atau calon pasangan hidup kalian ini merupakan orang yang tepat dengan melihat jalan kehidupannya selama ini.

Menjadi berkat disini dapat diartikan dengan luas, tak hanya melulu menjadi berkat di dalam hal ekonomi atau keuangan. Namun lebih dari pada itu, menjadi berkat disini bisa berarti sebagai seorang penolong yang selalu ada di segala kondisi dan keadaan. Seorang pasangan yang baik juga pasti akan dapat memahami dan mengerti keadaan pasangannya dan keluarganya.

Seorang calon pendamping hidup yang baik ia tidak akan pernah mengeluh dan juga mudah untuk menyerah. Ia akan selalu mendampingi pasangannya di dalam segala kondisi dan akan selalu menjadi tumpuan bagi pasangannya. Hal tersebutlah yang disebut sebagai berkat baik untuk pasangannya maupun untuk orang-orang yang ada disekelilingnya.

Baca Juga :  Contoh Poster Narkoba [Mempunyai Makna Mendalam]

5. Mendapat Restu

@mediaxplore

Seorang calon pendamping hidup atau calon jodoh yang dikehendaki oleh Tuhan tentu harus mendapatkan restu dari orang tua. Sebab Tuhan sendiri telah berfirman bahwa agar kita semua taat dan tunduk serta hormat kepada orang tua. Hal inilah yang dikehendaki Allah di dalam hidup setiap manusia. Dan jika kalian memilih seorang pasangan hidup atau jodoh maka terlebih dahulu kalian harus membawa calon pasangan hidup kalian tersebut kepada orang tua kalian.

Apakah orang tua kalian dapat menerima calon pasangan kalian tersebut. Sebab orang tua adalah wakil Allah di bumi ini, sehingga kita harus menghormati dan juga mentaati setiap perkataan dan juga nasihat orang tua bagi kita semua. Apabila orang tua sebagai wakil Allah di bumi mau menerima calon pasangan kita dan merestui hubungan kita maka Allah pun juga akan memberkati hubungan kalian.

Sebaliknya jika orang tua tidak setuju dengan hubungan kalian namun kalian tetap memaksa dan tidak menghiraukan nasihat orang tua, maka bisa jadi hubungan kalian tersebut tidak akan diberkati oleh Tuhan dan akan membawa kepada akhir yang tidak sesuai dengan yang difirmankan oleh Tuhan.

Related posts: