Cara Pembaptisan Kristen [Lengkap]

Posted on

Baptis atau Baptisan merupakan salah satu sakramen suci yang ada di dalam ajaran Kristen maupun Katolik. Yang mana secara umum baik di dalam ajaran Kristen maupun ajaran Katolik, baptisan ini menjadi lambang atau simbol sebagai pembersihan atau pengampunan dosa manusia dan juga sebagai tanda bahwa seseorang telah mengakui imannya kepada Tuhan Yesus dan lahir baru menjadi orang dengan pribadi rohani yang baru di dalam Roh Kudus.

Selain itu baptisan ini juga dilambangkan sebagai kematian bersama dengan Tuhan Yesus. Sebab dengan masuknya tubuh ke dalam air, maka orang yang telah dibaptis tersebut dilambangkan telah mati kehidupannya yang lama dan meninggalkan seluruh perbuatan dosa-dosanya.

Dan ketika ia keluar dari air hal tersebut menggambarkan bahwa orang tersebut telah bangkit kembali menjadi pribadi yang baru, yang kudus, dan suci di hadapan Tuhan. Yang mana baptisan ini telah dilakukan oleh Tuhan Yesus sendiri yang pada waktu itu dibaptis oleh Yohanes Pembaptis.

Yang mana perintah Yohanes Pembaptis untuk seluruh orang percaya agar mengetahui tentang betapa pentingnya melakukan baptisan ini seperti yang tertulis di dalam kitab Markus 1:4, yang berbunyi :
“demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.”

Di sini saya akan membahas mengenai cara pembaptisan menurut iman Kristen. Berikut penjelasannya mengenai cara-cara pembaptisan di dalam ajaran Kristen.

Cara Pembaptisan Kristen

@blessed-sacrament

Baptis ini merupakan sebuah sakramen yang suci yang tidak boleh dilakukan oleh semua orang. Sebab baptis sendiri menjadi sebuah simbol dari awal orang percaya untuk menerima keselamatan dan Roh Kudus yang berasal dari Allah. Karena itulah orang yang akan dibaptis sebelumnya harus benar -benar meyakinkan dan meneguhkan imannya untuk siap menerima keselamatan dari Tuhan Yesus.

Baca Juga :  Ayat Alkitab Tentang Kesetiaan Pasangan

Seorang percaya yang akan dibaptis harus terlebih dahulu mengenal pribadi Tuhan Yesus dan juga anugerah keselamatan serta Roh Kudus yang akan diterimanya. Oleh sebab itu beberapa gereja Kristen biasanya akan mewajibkan jemaatnya yang akan dibaptis untuk menerima kelas mengenai pengenalan tentang Tuhan Yesus dan tentang keselamatan yang akan diterimanya.

Beberapa gereja Kristen juga akan melakukan semacam wawancara untuk memastikan bahwa orang yang akan mengikuti baptisan ini tidak main-main di dalam menerima baptisan ini dan sudah benar-benar siap untuk menerima baptisan ini. Biasanya pembaptisan ini dilakukan pada waktu-waktu tertentu, yang sebagian besar dilakukan di Hari Jumat Agung, yaitu hari peringatan saat Tuhan Yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia.

Dan tiap gereja Kristen pun memiliki cara pembaptisan yang berbeda-beda, namun tentu memiliki makna yang sama dalam pembaptisan ini. Berikut ini adalah beberapa cara pembaptisan yang terdapat di dalam gereja Kristen.

1. Baptis Selam

@lds

Cara pembaptisan yang pertama yaitu adalah baptisan selam. Yang mana cara ini merupakan cara pembaptisan yang paling banyak digunakan dan dipakai di seluruh gereja Kristen yang ada di dunia. Tuhan Yesus pun juga dibaptis dengan menggunakan cara baptis selam ini oleh Yohanes Pembaptis.

Cara dalam baptisan selam ini yaitu adalah orang yang akan dibaptis masuk ke dalam air beserta dengan orang yang akan membaptisnya. Kemudian sang pembaptis akan berdoa dan mengucapkan berkat dengan menumpangkan tangannya kepada orang yang dibaptis.

Baca Juga :  Ucapan Selamat Ulang Tahun Kristen Yang Bagus

Lalu kemudian sang pembaptis akan menyelamkan atau membawa orang yang dibaptisnya tersebut untuk masuk ke dalam air selama beberapa saat lalu kemudian akan muncul kembali atau ditarik kembali keluar dari air. Ada beberapa gereja yang melakukan baptisan selam ini dengan cara orang yang dibaptis berada di dalam posisi tidur, namun ada juga beberapa gereja yang melakukannya dengan cara orang yang dibaptis berada dalam posisi duduk.

Biasanya baptisan selam ini dilakukan di dalam sebuah kolam ataupun sebuah danau yang memiliki jumlah air yang banyak. Yang mana tentang baptisan selam ini disebutkan di dalam Alkitab yaitu di dalam Matius 3:16 yang berbunyi :
“Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,”

Namun sebenarnya di dalam Alkitab memang tidak dituliskan secara jelas tentang cara pembaptisan Kristen ini harus berupa baptisan selam. Namun kata “Yesus segera keluar dari air” yang tertulis pada ayat diatas tersebut memang diartikan sebagai cara baptis selam. Dan hal inilah yang melatarbelakangi beberapa gereja Kristen untuk melakukan baptisan selam ini sebagai cara pembaptisan yang paling tepat dan sah sebab sesuai dengan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus.

2. Baptis Percik

@missionparishes

Cara baptisan lainnya selain baptis selam yaitu adalah baptis percik. Yang mana biasanya baptisan percik ini dibuat atau dilaksanakan karena ada beberapa halangan-halangan tertentu. Misalnya yaitu adalah gereja yang tidak memiliki kolam atau tempat untuk pembaptisan maupun akses untuk ke danau atau wilayah perairan lainnya.

Baca Juga :  Jadwal Puasa 2019

Selain itu juga karena ada beberapa orang yang akan dibaptis yang tidak dapat dipaksakan untuk melakukan penyelaman karena kondisi tertentu seperti penyakit misalnya. Oleh sebab itulah maka ada beberapa gereja yang juga menerapkan cara baptisan percik ini karena beberapa faktor tersebut.

Baptisan percik ini tetap dilakukan dengan menggunakan air. Akan tetapi sang pembaptis hanya akan memercikkan air atau menumpahkan air keatas kepala orang yang akan dibaptis tersebut sambil berdoa dan mengucapkan berkat Tuhan supaya turun atas orang yang dibaptis tersebut. Yang mana cara pembaptisan percik ini juga dirasa sudah cukup untuk melambangkan makna dari baptis yang sebenarnya.

Sebab bagaimanapun juga Allah tidak pernah memaksakan salah satu metode atau cara di dalam melakukan pembaptisan ini. Sebab hal yang paling di dalam suatu pembaptisan yaitu adalah bukan caranya namun yaitu adalah baptisan yang berasal dari Roh Kudus yang disimbolkan dengan adanya pengucapan doa serta berkat oleh pendeta atau sang pembaptis tersebut.

Dan juga termasuk bagaimana orang yang dibaptis tersebut telah meninggalkan kehidupannya yang lama yang penuh dengan dosa-dosa dan kini setelah dibaptis siap untuk menerima Roh Kudus di dalam hidupnya dan lahir baru menjadi pribadi yang baru yang berjalan sesuai dengan kehendak Allah.

Related posts: