Cara Mudah Menemukan Nomor IMEI Di Android Dan iPhone

Posted on

Di era digital seperti sekarang ini siapa sih yang ngga punya smartphone. Pasti sebagian besar orang di dunia ini memiliki satu buah smartphone. Yang mana di era digital dan teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini rasanya smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok di dalam kehidupan manusia dan juga dalam aktivitas manusia sehari-hari. Yang mana kehadiran smartphone di dalam kehidupan manusia ini juga akan bisa merubah sedikit banyak aspek kehidupan manusia.

Kini dengan semakin canggihnya smartphone kita bisa melakukan apa saja yang kita ingini dan kita bisa mencari hal apa saja yang ingin kita ketahui melalui sebuah smartphone. Kita bisa memesan makanan, ojek, dan taksi dengan menggunakan sebuah smartphone. Kita juga bisa melakukan berbagai macam pekerjaan kita hanya dengan menggunakan sebuah smartphone.

Kita juga dapat mendapatkan hiburan dengan sebuah smartphone. Dan masih banyak lagi kegunaan dan juga peran smartphone di dalam kehidupan manusia modern seperti sekarang ini. Lalu bagaimana jika seandainya smartphone milik kita ini hilang?

Jangan khawatir, karena semakin canggihnya teknologi smartphone kini kita bisa dengan mudah untuk melacak dimana keberadaan smartphone hanya dengan menggunakan sebuah IMEI. Apa itu IMEI? Bagi kalian yang belum mengerti tentang apa itu IMEI berikut akan saya berikan sedikit penjelasan singkatnya mengenai IMEI.

Apa Itu IMEI ?

@unilab

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau ibaratnya yaitu seperti sebuah nomor identitas yang ada di setiap smartphone yang ada di seluruh dunia. Yang mana tentu saja IMEI yang ada pada smartphone yang satu dengan yang lainnya tidak akan sama.

Meskipun dua buah smartphone berasal dari merk yang sama dan memiliki tipe serta bentuk yang sama, tapi pasti nomor IMEI nya akan berbeda dan tidak sama. Dan apabila nomor IMEI tersebut sama bisa dipastikan bahwa salah satu smartphone tersebut merupakan smartphone tiruan dan bukan smartphone original buatan dari pabrik.

Baca Juga :  30 Wallpaper iPhone Terkeren

Kode IMEI ini biasanya akan berbentuk berupa deretan angka unik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itulah bisa dikatakan bahwa nomor IMEI ini memiliki fungsi yang unik yang tidak akan mungkin dimiliki oleh dua perangkat smartphone sekaligus.

Fungsi IMEI disini yaitu adalah salah satunya untuk mengecek apakah sebuah smartphone tersebut asli atau palsu. Smartphone yang asli pasti akan mempunyai nomor IMEI yang sudah terverifikasi oleh vendor atau pabrikan smartphone yang kalian pakai. Beberapa perusahaan atau vendor smartphone pun kini juga sudah meyediakan fasilitas untuk cek IMEI secara online sehingga kita dapat mengetahui apakah smartphone milik kita ini asli atau palsu.

Selain itu nomor IMEI ini juga berguna untuk melacak sebuah smartphone yang hilang. Pada saat kalian kehilangan sebuah smartphone milik kalian, kalian dapat langsung untuk melaporkannya kepada pihak berwajib dengan menyertakan nomor IMEI smartphone yang hilang tersebut. Dan nantinya pihak berwajib tersebut yang akan melacak keberadaan smartphone kalian ini dengan mudah dengan berbekal nomor IMEI tersebut.

Cara Mengetahui Nomor IMEI

Lalu bagaimanakah caranya untuk bisa mengetahui nomor IMEI pada sebuah smartphone? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui nomor IMEI yang ada pada sebuah smartphone, diantaranya yaitu adalah seperti berikut ini.

1. Kotak Penjualan

@inet.detik

Cara untuk melihat nomor IMEI sebuah smartphone yang paling mudah yaitu adalah di kotak penjualan. Yang mana smartphone merk apapun yang di jual secara resmi pasti memiliki nomor IMEI yang tertulis di kotak penjualannya atau kotak kemasan smartphone nya.

Baca Juga :  10 Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat Di Dunia

Yang mana peletakan nomor IMEI yang ada di box atau kotak smartphone ini tentu letaknya berbeda-beda di setiap jenis atau merk smartphone yang ada. Tapi tentu nomor IMEI sudah sangat tertulis dan terpampang jelas dan nyata di setiap kotak atau box smartphone ini.

Yang mana nomor IMEI yang terdapat di kotak smartphone ini bisa juga dipakai dan digunakan untuk mempermudah proses penyortiran dalam penjualan smartphone maupun juga bisa dipakai saat smartphone tersebut hilang.

2. Body Belakang Smartphone

@futureloka

Cara lain yang sangat mudah untuk melihat atau menemukan nomor IMEI pada sebuah smartphone yaitu adalah dengan melihat body bagian belakang smartphone. Biasanya banyak jenis atau merk smartphone yang kini juga telah menuliskan tentang keterangan nomor IMEI nya di body bagian belakang smartphone.

Biasanya keterangan tentang nomor IMEI ini berada di bagian bawah body belakang smartphone. Yang mana tentu saja hal ini akan sangat mempermudah orang untuk mengetahui nomor IMEI yang ada pada smartphone nya hanya dengan melihat body bagian belakangnya.

Beberapa jenis smartphone yang menerapkan hal ini diantaranya yaitu adalah seperti iPhone 6 dan Samsung Galaxy S7. Akan tetapi ada juga beberapa jenis atau tipe smartphone yang tak menuliskan nomor IMEI ini di body bagian belakang smartphone nya dan ingin membuatnya terlihat sebersih mungkin.

3. Slot SIM

@sipitek

Cara lain yang juga bisa kalian lakukan untuk menemukan nomor IMEI pada sebuah smartphone yaitu adalah dengan melihatnya di bagian slot kartu SIM. Sebab kini banyak juga vendor smartphone yang meletakkan atau menuliskan nomor IMEI smartphone nya ini di slot kartu SIM.

Namun tentu saja tidak semua smartphone memiliki nomor IMEI yang tertulis di slot kartu SIM nya ini. Dan hanya ada beberapa jenis smartphone saja yang menuliskan nomor IMEI di bagian slot kartu SIM nya ini.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Juicer Yang Bagus

4. Setting

@droidlime

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui nomor IMEI pada smartphone yaitu adalah dengan melalui menu setting. Baik smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS pasti memiliki informasi tentang nomor IMEI ini di dalam menu setting atau pengaturan. Caranya untuk melihat nomor IMEI melalui menu setting pun sangat mudah yaitu seperti berikut :

  • Android

Untuk smartphone dengan sistem operasi Android bisa membuka menu Setting, lalu About Phone, dan pilih Status (akan tetapi hal ini letaknya berbeda tergantung dengan jenis smartphone maupun merk smartphone nya)

  • iOS

Untuk smartphone dengan sistem operasi iOS yaitu iPhone bisa membuka menu Setting, kemudian pilih General, dan pilih About

5. Tekan *#06#

@today.line.me

Cara universal yang bisa kalian lakukan untuk melihat nomor IMEI di smartphone bisa kalian lakukan dengan menekan *#06#. Cara ini bisa dipakai pada smartphone jenis apa saja, baik Android amupun iOS dan bahkan handphone model lama yang belum smartphone pun juga bisa melakukan cara ini untuk mengecek nomor IMEI nya. Setelah kalian menekan *#06# maka secara otomatis nomor IMEI pada handphone kalian akan langsung muncul.

ini nimor apa *5005*7672*00# di iphone
Related posts: