Cara Mudah Membuat Rumah Sehat untuk Keluarga Kita

Posted on

Rumah adalah tempat untuk setiap orang berlindung dari panasnya terik matahari dan dinginnya hujan. Rumah menjadi tempat berkembang seorang individu mulai dari bayi hingga dewasa. Rumah juga menjadi tempat untuk berkumpul bersama dengan keluarga dan juga menjadi tempat untuk melepas penat dan serta beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas di luar rumah.

Untuk itulah rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Dan selain rumah yang bagus ataupun rumah yang mewah, tentu salah satu hal yang paling utama di dalam rumah yaitu adalah kebersihan dan kesehatan. Rumah sehat adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Sebab dengan rumah yang sehat ini maka setiap individu dapat menjaga kesehatannya dan juga dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Tempat Bersih atau Kotor Akan Mempengaruhi Kesehatan Kita

Bayangkan saja jika rumah yang kalian tempati ini kotor, kumuh, dan tidak sehat. Maka kuman dan penyakit pun akan sangat dengan mudah menyerang kalian, dan akibatnya kesehatan kalian akan terganggu dan kalian jatuh sakit sehingga aktivitas kalian pun menjadi terganggu. Oleh sebab itu selain kemewahan dan juga kenyamanan, kesehatan di dalam rumah menjadi salah satu hal mendasar yang harus dipenuhi oleh setiap rumah.

Rumah sehat tentu akan dapat membuat siapa saja yang berada di dalamnya menjadi merasa aman dan nyaman untuk tinggal. Untuk itulah mulai dari sekarang kalian harus dapat menjadikan rumah atau tempat tinggal kalian ini menjadi rumah yang sehat dan layak untuk ditinggali. Sebab rumah yang sehat juga akan berpengaruh kepada kesejahteraan serta kebahagiaan orang yang tinggal di dalamnya.

Lalu bagaimana caranya agar dapat membuat rumah yang kita tinggali ini menjadi rumah yang sehat? Nah disini akan saya berikan beberapa cara mudah yang dapat kalian lakukan untuk membuat rumah yang kalian tinggali menjadi rumah yang sehat.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Film Holywood Terbaik Box Office Sepanjang Masa

Cara Mudah Membuat Rumah Sehat

1. Selalu Jaga Kebersihan

@nova.grid

Untuk membuat rumah yang kalian tempati menjadi rumah yang sehat, maka kalian harus dapat senantiasa menjaga kebersihan di setiap sudut ruangan yang ada pada rumah kalian ini. Kalian harus rajin dalam membersihkan setiap sudut ruangan beserta dengan perabot-perabot yang ada di dalamnya.

Sebab dengan menjaga kebersihan di dalam rumah ini akan dapat menghindarkan kuman-kuman dan juga hama masuk ke dalam rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa kuman dan virus akan dapat tumbuh dengan cepat pada tempat yang kotor.

@blibli

Oleh sebab itulah maka kalian harus selalu rajin dalam membersihkan rumah. Paling tidak kalian harus rajin untuk menyapu setiap sudut ruangan, kemudian mengepelnya. Dan jangan lupa untuk membersihkan perabot di dalam rumah seperti meja, kursi, lemari, dan juga peralatan dapur, dan peralatan lainnya.

2. Ventilasi

@dekoruma

Ventilasi merupakan salah satu bagian di dalam rumah yang sangat penting dan harus ada. Rumah yang sehat tentu harus memiliki ventilasi di seluruh ruangan yang ada. Sebab hal ini akan dapat membuat sirkulasi udara yang ada di dalam rumah akan dapat bergerak dengan lancar yang akan membuat ruangan akan tetap terjaga kesegaran udaranya dan juga sangat penting bagi kesehatan seluruh penghuni rumah.

Apabila rumah tidak memiliki sistem ventilasi yang baik, maka akan dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kadar O2 dan CO2 yang ada di dalam rumah. Dan jika kadar CO2 ini yang bersifat racun yang berasal dari hasil pembuangan ini meningkat maka juga akan menimbulkan masalah yang bisa mempengaruhi kesehatan sang penghuni rumah tersebut.

Baca Juga :  7 Tips Menghilangkan Bau Toilet yang Tak Sedap
@dekoruma

Kurangnya ventilasi di dalam sebuah rumah juga akan bisa meningkatkan kelembaban yang ada di dalam rumah karena terjadi proses penguapan cairan dari kulit dan penyerapan.

Apabila rumah menjadi lembab maka akan semakin banyak bakteri patogen atau bakteri penyebab penyakit ini untuk tumbuh dan berkembang di dalam rumah yang lembab ini. Yang mana hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan orang yang tinggal di dalamnya.

3. Pencahayaan

@rumahhokie

Rumah yang sehat tentu saja harus memiliki pencahayaan yang cukup dan baik. Sebab kekurangan cahaya pada rumah akan bisa membuat rumah menjadi lembab dan menyebabkan bakteri dan jamur dapat berkembang dengan cepat di dalam rumah.

Sumber cahaya yang ada di dalam rumah di bagi menajdi 2 (dua) jenis, yaitu cahaya alami yang berasal dari sinar matahari di luar yang dapat masuk melalui jendela, pintu, ventilasi, lubang udara, dan celah lainnya di dalam rumah. Dan cahaya buatan yang berasal dari lampu yang ada di dalam rumah yang bisa dinyalakan dengan menggunakan energi listrik.

4. Jauhi Penggunaan Material Berbahan Kimia Berbahaya

@dekoruma

Penggunaan bahan material maupun furniture-furniture di dalam rumah juga harus diperhatikan dengan benar. Sebab tak jarang kini ada beberapa macam bahan material dan furniture yang mengandung bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Misalnya yaitu seperti asbes yang biasa digunakan sebagai atap atau plafon, yang mana asbes maupun semua material PVC ini ternyata dapat menghasilkan gas yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk juga kanker di dalamnya.

Selain itu juga tanpa kalian sadari penggunaan cat sintetik dan thinner juga memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi sebelum kalian akan menggunakan material atau memilih furniture untuk rumah maka sebaiknya perhatikan dahulu keamanan dari material tersebut agar tidak berbahaya dan menyebabkan masalah pada diri kalian nantinya.

Baca Juga :  Tren Dekorasi Rumah dari Berbagai Negara [+Gambar]

5. Tambahkan Taman

@liputan6

Selain memperhatikan beberapa hal diatas untuk membuat rumah menjadi sehat, kalian juga dapat membuat sebuah taman atau ruang terbuka hijau pada rumah kalian. Jika kalian masih memiliki ruang kosong atau lahan yang kosong maka manfaatkan dan maksimalkan penggunaan lahan kosong tersebut sebagai lahan hijau di rumah.

Kehadiran lahan hijau atau taman tersebut akan dapat membantu untuk mengontrol sirkulasi udara yang ada disekitar rumah, mengatur kelembaban udara dan juga menjaga temperatur udara agar terasa lebih sejuk dan lebih adem.

Selain itu tumbuh-tumbuhan hijau yang ada pada taman tersebut juga akan dapat memberikan efek relaksasi dan juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk meredakan stress dan menghilangkan penat setelah seharian beraktivitas, sehingga sangat baik untuk kesehatan mental maupun psikologis.

@indogriya

Kalian pun bisa menanam beberapa jenis pohon atau beberapa jenis tumbuhan pada taman tersebut. Tapi apabila lahan yang kalian miliki tak terlalu luas, kalian bisa menghadirkan tanaman gantung atau taman vertikal sebagai salah satu pilihan alternatif pada rumah kalian.

Dengan demikian selain membuat rumah menjadi sehat, kita juga telah berkontribusi untuk mencegah pemanasan global dan melestarikan tanaman.

Related posts: