Cara Mudah Membuat Password Pada USB Drive

Posted on

Di era digital dan teknologi seperti sekarang ini banyak pekerjaan manusia yang dilakukan dengan menggunakan perangkat-perangkat elektronik yang canggih seperti komputer atau PC misalnya. Yang mana dengan menggunakan sebuah PC maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan lebih gampang untuk di kerjakan.

Berbicara mengenai PC atau komputer pasti juga tak bisa terlepas dari yang namanya Storage atau penyimpanan. Yang mana di dalam sebuah PC sudah pasti dilengkapi dengan kapastitas storage atau penyimpanan yang berbeda-beda ukuran atau kapasitasnya yang bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam file.

Selain memori internal yang ada di dalam sebuah PC tentu kita juga memerlukan sebuah penyimpanan eksternal atau memori eksternal yang bisa sangat berguna sekali bagi banyak orang. Dimana memori eksternal ini telah mengalami berbagai macam perubahan mulai dari jaman dahulu dari pertama kali manusia mengenal komputer hingga sekarang ini.

Yang mana jaman dahulu awal kemunculannya memeori eksternal ini bentuknya sangat besar sekali yang cakupan atau kapasitas daya tampung memorinya pun juga sangat terbatas dan sangat kecil. Kini seiring dengan perkembangan teknologi bentuk serta kapasitas memori eksternal itu berubah menjadi lebih ramping, lebih kecil, dan lebih fleksibel untuk dibawa kemana-mana dan tentu dengan jumlah kapsitas memori yang lebih besar. Yang mana sekarang penyimpanan memori eksternal ini disebut dengan USB Flash Drive.

Pengertian USB Flash Drive

@mediaindonesia

USB Flash Drive atau biasa disebut juga dengan USB Drive ini merupakan sebuah alat penyimpanan data yang mempunyai alat penghubung berupa USB yang terintegrasi. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa USB Drive ini biasanya memiliki bentuk yang kecil, ringan, dan juga dapat ditulisi maupun dibaca dengan benar.

Baca Juga :  Cara Jailbreak iPhone 4

Selain itu USB Drive ini memiliki kapasitas yang mulai dari 64 Megabite (MB) hingga 512 gigabita (GB). Adapun USB Drive ini juga mempunyai banyak sekali kelebihan bila dibandingkan dengan alat penyimpanan data jenis lainnya. Diantaranya yaitu adalah USB Drive ini lebih cepat, kecil, dan dengan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga bisa lebih dapat diandalkan dari pada disket.

Tapi ternyata USB Drive ini mempunyai usia penyimpanan data yang singkat, tergantung dengan ketahanan dari masing-masing USB Drive ini. Yang mana pada umumnya USB Drive ini memiliki usia rata-rata sekitar 5 tahun. Hal ini disebabkan karena memori kilat yang dipakai ini tidak akan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini tentu berbeda dengan pilihan penyimpanan eksternal lain seperti CD/DVD yang bisa bertahan hingga selama 15 tahun, apabila disimpan dan dipakai dengan baik dan benar tentunya. Keunggulan lain yang dimiliki oleh USB Drive ini yaitu adalah pada cara penggunaan atau pemakaiannya, yang mana cara penggunaan USB Drive ini sangat mudah sekali. Yaitu cukup menancapkannya ke port USB yang ada di PC maka komputer akan langsung mengenalinya sebagai removable drive tanpa harus melakukan proses rebooting.

Cara Memberi Password Pada USB Drive

@menitinfo

Tak bisa dipungkiri bahwa USB Drive ini menjadi sebuah tempat penyimpanan data yang sangat penting sekali bagi banyak orang. Yang mana penyimpanan data seperti USB Drive ini, sebut saja flashdisk ini bisa dipakai dan digunakan untuk menyimpan data-data berupa foto, video, musik, dan file-file lainnya.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga iPhone 5S Terbaru

Saat ini pun banyak merk flashdisk yang dijual di pasaran dengan beragam kapasitas serta kualitas yang ditawarkan. Sehingga kalian bisa dengan mudah untuk memilih jenis flashdisk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian masing-masing.

Kini memberikan perlindungan kemanan pada flashdisk ini juga menjadi hal yang sangat penting bagi banyak orang. Jika kalian tidak ingin orang lain bisa mengetahui isi dari flashdisk milik kalian, maka kalian bisa memasang atau memberinya password pada flashdisk milik kalian ini. Sehingga dengan demikian maka flashdisk kalian akan bisa aman dan data-data yang ada di dalamnya bisa terlindungi dengan aman.

Selain itu ternyata pemberian password pada flashdisk ini juga sangat berguna sekali untuk menghindarkan USB Drive dari virus. Yang mana biasanya virus ini akan bisa terdeteksi setelah disalin ke flashdisk. Oleh sebab itu maka untuk mengantisipasi hal ini dan menghindarkan flashdisk dari virus maka salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu adalah memberikan password pada flashdisk. Caranya untuk memberikan password pada USB Drive atau flashdisk yaitu adalah seperti berikut :

1. Colokkan USB Drive pada PC

2. Kemudian klik Start, kemudian pilih Control Panel

3. Setelah itu pilih System and Security

4. Lalu klik “Bitlocker Drive Encryption” yang ada di bagian bawah

5. Setelah itu pilih flashdisk mana yang ingin diberi password. Apabila sudah maka klik “Turn On BitLocker”

6. Tunggulah proses starting bitlocker dimulai selama beberapa saat

Baca Juga :  Daftar Harga Smartphone Oppo Lengkap Dengan Spesifikasi 2018

7. Lalu isikan password pada kolom “enter your password” dan masukkan password yang sama di kolom yang ada di bawahnya. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa password yang kalian buat ini memiliki unsur huruf besar atau huruf kapital, huruf kecil, angka, maupun simbol-simbol.

8. Lalu klik “Next” untuk melanjutkan

9. Kemudian klik “save to a file” untuk menyimpan passwordnya apabila suatu saat kalian lupa passwordnya

10.Kalian bisa menyimpannya pada folder manapun, lalu klik “Next”

11.Kemudian klik “Next” lagi pada tampilan bitlocker

12.Setelah itu pilih “Encrypt entire drive” dan klik “Next” untuk melanjutkan

13.Lalu klik “Start” dan tunggu sampai proses selesai

Related posts: