Cara Menjadi Istri Yang Baik Menurut Kristen

Posted on

Di dalam kehidupan berumah tangga pasti selalu ada yang namanya goncangan-goncangan dan masalah-masalah serta badai pencobaan yang akan selalu datang menerpa. Namun hal ini bukanlah menjadi suatu penghalang dan suatu kesulitan yang harus diartikan sebagai akhir dari kehidupan berumah tangga.

Justru saat datang badai pencobaan serta berbagai macam goncangan di dalam rumah tangga inilah kita sebenarnya sedang dibentuk dan ditempa oleh Tuhan untuk supaya semakin percaya kepada Dia dan agar selalu mengandalkan diri-Nya.

Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, begitupun dengan sepasang kekasih atau sepasang suami istri yang telah membentuk kehidupan rumah tangga. Rumah tangga dibentuk dari dua orang manusia yang sama-sama memiliki kekurangan namun kemudian bersatu untuk hidup bersama dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

Tidak ada suami yang sempurna, begitupun juga dengan istri yang sempurna. Namun Tuhan telah memfirmankan di dalam Alkitab tentang bagaimana caranya untuk memiliki kehidupan rumah tangga yang baik dan yang benar sesuai dengan Alkitab. Dan apa saja yang harus dilakukan oleh seorang suami yang baik serta istri yang baik yang sesuai dengan firman Tuhan di dalam Alkitab.

Nah kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang istri yang baik menurut pandangan Alkitab. Sebab seperti yang telah saya katakan bahwa Tuhan pun juga mengatur tentang hubungan suami istri yang baik dan benar di dalam Alkirtab. Jadi silahkan simak penjelasan saya berikut ini tentang bagaimana caranya menjadi seorang istri yang baik dan benar sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Tuhan di dalam Alkitab.

Baca Juga :  Perangkap Nyamuk

Cara Menjadi Istri Yang Baik Berdasarkan Alkitab

1. Taat

@crosswalk

Seorang istri yang baik harus bisa selalu taat di hadapan Allah maupun kepada suaminya. Sebab di dalam Alkitab telah tertulis bahwa kewajiban utama seorang istri yaitu adalah tunduk di bawah otoritas suaminya bagaimanapun keadaannya. Oleh karena itu seorang istri harus mau tunduk dan taat dengan suaminya dan menaati apa yang dikatakan suami kepadanya.

Selain itu yang terlebih utama yaitu adalah seorang istri harus tetap tunduk kepada Tuhan, sebab itu adalah hukum yang mendasar di dalam kehidupan berumah tangga. Namun walaupun disini seorang istri dikatakan harus tunduk dan taat kepada suaminya bukan berarti bahwa seorang istri harus mengikuti semua yang dikatakan oleh suami atau mengikuti semua perintah suaminya.

Sebab suami pun juga tak luput dari kesalahan, jadi apabila seorang suami berbuat salah atau melakukan dosa maka sebagai seorang istri berhak dan berkewajiban untuk memperingatkan suami dan menuntunnya kembali menuju ke jalan yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh Tuhan.

2. Hormat

@thebridalbox

Hal selanjutnya yang dikatakan Alkitab tentang menjadi seorang istri yang baik yaitu adalah menaruh hormat kepada suami. Menaruh hormat kepada suami berarti kalian juga harus memiliki rasa hormat kepada Tuhan. Sebab jika kalian menghormati Tuhan maka sudah pasti kalian akan menghormati suami.

Menghormati suami disini bukan berarti merasa takut atau segan kepada suami, namun menghormati suami disini berarti yaitu sebagai seorang istri wajib untuk menghargai serta memberi rasa hormat kepada suami. Sebab seorang suami adalah kepala rumah tangga yang telah dipilih oleh Tuhan untuk menjadi wakil-Nya di bumi bagi seorang istri dan untuk anak-anak kalian.

Baca Juga :  10 Tradisi Idul Fitri Di Arab Saudi [+Gambar]

Jika seorang istri mampu untuk menghormati sang suami maka kehidupan rumah tangga akan bisa terhindar dari berbagai macam dosa yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Sebab salah satu penyebab dari hancurnya hubungan rumah tangga yaitu adalah karena sang istri tidak menaruh rasa hormat kepada sang suami.

3. Penuh Kasih

@quora

Alkitab juga mengajarkan kepada seorang istri untuk senantiasa mengasihi sang suami seperti dirinya mengasihi Tuhan. Karena kasih adalah dasar dari hubungan rumah tangga yang baik. Dan kasih jugalah yang menjadi dasar bagi seorang istri untuk bisa taat dan menaruh rasa hormat kepada suaminya.

Seorang istri haruslah mengasihi suaminya dengan segenap hatinya sama seperti yang dilakukannya kepada Tuhan. Sebab jika tanpa kasih maka kehidupan rumah tangga mungkin hanya akan menjadi sebuah kehidupan yang hambar dan mungkin tanpa ada rasa bahagia.

Bayangkan saja jika seorang istri tidak memiliki kasih untuk suaminya, maka bisa jadi kehidupan rumah tangganya tidak akan pernah harmonis. Yang mana kehidupan rumah tangganya sebagian besar mungkin akan selalu diisi dengan konflik-konflik serta pertengkaran yang terjadi. Yang mana hal ini bukanlah kehendak Tuhan dan Tuhan tidak suka akan keributan dan pertengkaran.

Sebab lewat konflik-konflik kecil inilah nantinya bisa saja hal ini membawa dosa yang lebih besar lagi di dalam kehidupan pasangan suami istri. Oleh karena itu Alkitab mengajarkan kepada kita semua untuk selalu menaruh kasih kita segenap hati kepada semua orang supaya kita bisa hidup dengan damai dan tentram tanpa adanya keributan dan perpecahan. Termasuk juga di dalam kehidupan berumah tangga.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Drama Korea Tentang Cinta Segitiga Terbaik

4. Sabar

@verywellhealth

Sebagai seorang istri juga harus memiliki sifat yang sabar. Sebab seperti yang Alkitab katakan bahwa di dalam kesabaran akan ada buah-buah Roh Kudus yang diberikan oleh Tuhan. Oleh sebab itu jika menjadi seorang istri berlakulah sabar terhadap setiap masalah yang datang.

Dan selalu andalkan Tuhan di dalam segala pekerjaan yang kalian kerjakan. Supaya Tuhan yang senantiasa memberikan kekuatan dan Tuhan yang akan selalu memberikan pertolongan untuk menghadapi semuanya.

5. Setia

@cumberlandhealthcare

Alkitab tentu saja mengajarkan seorang istri untuk selalu setia kepada sang suami. Kemanapun suami pergi maka sang istri akan selalu berada di belakangnya untuk selalu mendukung dan mendoakan suami. Sebab kesetiaan merupakan salah satu kunci utama dalam kesuksesan hubungan rumah tangga.

Tanpa adanya rasa kesetiaan maka hubungan rumah tangga mungkin tidak akan dapat bertahan dengan lama. Sama halnya dengan perintah Tuhan bagi kita semua untuk selalu setia dalam mengikut Tuhan Yesus sampai akhir hayat kita.

Tuhan ingin kita menjadi murid-murid-Nya yang setia yang selalu taat akan apa saja yang Ia perintahkan dan selalu hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Seperti itulah yang Tuhan kehendaki kepada seorang istri. Dimana sebagai seorang istri harus memiliki rasa setia yang besar kepada sang suami dan begitu juga sebaliknya.