14 Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Bekas Cepat dan Alami + Tutorial

Membahas cara menghilangkan jerawat jadi ingat soal pepatah yaitu hanya karena satu jerawat, mindernya seabad. Barangkali itu yang di alami Kendall Jenner, model papan tengah viral karena jerawat beberapa waktu lalu. Tak hanya Kendall Jenner, kita terkena jerawat pun akan merasa badmood. Ya, jerawat sering muncul pada wajah dan dapat mengganggu penampilan seseorang. Oleh karena itu banyak orang berusaha menghilangkannya dengan beribu cara. Baik dengan cara klinis maupun tradisional. Namun kamu harus tahu beberapa fakta seputar jerawat sebelum mengobatinya. Supaya kamu dapat mengambil langkah tepat untuk mengobati jerawat secara efektif.

Fakta seputar jerawat yang harus kamu tahu, jerawat terjadi ketika kelenjar minyak pada wajah distimulasi pada saat pubertas atau karena perubahan hormon lainnya. Minyak atau sebum adalah zat alami yang melumasi dan melindungi kulit.

Peningkatan produksi minyak sebum ini bisa menjadi faktor utama penyebab jerawat. Kelebihan minyak ini dapat menyumbat pori folikel yang kemudian muncul whitehead  atau komedo. Folikel rambut yang tersumbat bertahap membesar dan membentuk benjolan. Ketika folikel membesar, dinding kulit bisa pecah, memungkinkan zat-zat yang mengiritasi kulit dan masuknya bakteri ke lapisan kulit yang lebih dalam, yang pada akhirnya menghasilkan peradangan. Peradangan permukaan kulit inilah menghasilkan jerawat.

Faktor Jerawatan

faktor penyebab jerawat dan cara menghilangkan
@womenfitness

Umumnya orang sering mengira bahwa faktor di bawah ini adalah penyebab jerawat, namun ternyata salah besar. Faktor di bawah ini bukanlah faktor utama penyebab jerawat.

  1. Makanan. Kebanyakan orang sering mengira makanan berminyak, gorengan atau junk food harus di hindari demi mencegah jerawat. Meskipun makanan ini mungkin tidak baik untuk kesehatan, tapi makanan junk food dan lainnya bukanlah faktor penyebab utama. Meskipun beberapa penelitian baru-baru ini mengimplikasikan diet tinggi karbohidrat, susu, dan cokelat murni dalam memperburuk jerawat, temuan ini masih jauh dari pasti.
  2. Debu dan kotoran. Komedo adalah minyak teroksidasi, bukan kotoran. Keringat tidak menyebabkan jerawat. Keringat diproduksi oleh kelenjar yang sepenuhnya terpisah di kulit. Walaupun kamu mencuci muka sesering mungkin untuk menghilangkan debu dan kotoran di wajah, bukan berarti jerawat akan bisa di cegah. Mencucui muka terlalu sering justru dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.
  3. Stres. Stres juga bukan penyebab utama jerawat. Stres hanya memperburuk jerawat yang sudah muncul oleh sebab lainnya.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi faktor penyebab utama lainnya yang bisa menyebabkan dan memperburuk jerawat:

  1. Keturunan. Jika salah satu dari orang tua kamu memiliki jerawat parah, kemungkinan kamu juga akan mengalaminya juga. Hal ini merupakan bawaan gen keturunan yang dapat di turunkan.
  2. Obat-obatan. Beberapa obat dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat, seperti yang mengandung iodida, bromida, atau steroid oral atau injeksi baik prednisone yang diresepkan secara medis seperti Deltasone, Orasone, Prednicen-M, Liquid Pred atau steroid yang merupakan obat-obatan yang sering dikonsumsi oleh binaragawan atau atlet. Penggunaan obat seperti antikonvulsan atau lithium eskalith, lithobid dapat menyebabkan atau memperburuk jerawat. Namun, kebanyakan kasus jerawat tidak berhubungan dengan obat.
  3. Kulit tidak peka – Faktor ini merupakan faktor yang sering menjadi masalah utama penyebab jerawat. Alasannya bisa karena alergi, atau terpapar racun atau bahan yang tidak aman bagi kulit. Beberapa kosmetik dan produk perawatan kulit dapat menyumbat pori (“komedogenik”). Dari sekian banyak merek produk perawatan kulit, penting untuk membaca daftar bahan-bahan yang aman untuk kulit wajah.

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat? Banyak cara untuk mengobati jerawat lewat pengobatan dan perawatan klinis. Namun perawatan jerawat konvensional bisa mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan seperti kulit menjadi kering, kemerahan dan iritasi.

Hal ini telah mendorong banyak orang untuk mencari cara untuk menyembuhkan jerawat secara alami di rumah. Internet dipenuhi dengan saran, tetapi apakah perawatan alami benar-benar efektif? Kamu tidak ada salahnya mencoba, karena telah ada banyak orang yang benar-benar menikmati hasilnya. Jerawat hilang dan sembuh. Bukankah hal itu yang membahagiakan?

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai Masker Spirulina

masker spirulina

Belakangan ini spirulina menjadi trend untuk di pakai sebagai suplemen, obat, dan perawatan kecantikan. Tak hanya berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan, superfood ini juga banyak manfaatnya yang harus kamu tahu. Salah satunya mengobati jerawat.

Apa itu spirulina? Spirulina sering di sebut sebagai suplemen, superfood atau tanaman ganggang atau lebih tepatnya, Spirulina merupakan spesies cyanobacteria atau tanaman ganggang berwarna hijau kebiruan yang bisa di sebut tanaman alga biru. Ganggang hijau kebiruan yang sering di kira rumput laut ini hidup di perairan tropis maupun subtropis. Jenis ganggang ini juga bisa di konsumsi, di olah menjadi suplemen makanan, kosmetik, minuman dan bahan makanan lainnya. Sekarang penggunaannya sering di gunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa saja kandungan Spirulina? Kamu akan terkejut betapa banyak kandungan manfaat yang ada pada Spirulina. Si alga hijau ini memiliki kandungan protein, vitamin B1, B2, B3, tembaga, zat besi, magnesium, kalium serta banyak nutrisi lainnya.

Pertanyaannya apakah Spirulina bisa menyembuhkan penyakit? Spirulina telah teruji secara klinis merupakan antioksidan yang baik dan sekaligus bisa menurunkan kolestrol tinggi dan tekanan darah tinggi. Selain itu, Spirulina merupakan obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan otot. Pada kasus penyembuhan, ia juga merupakan obat prakanker pada mulut.

Selain manfaat kesehatan yang jelas, Spirulina juga memiliki manfaat kecantikan yang wanita harus tahu. Spirulina di gunakan sebagai masker atau pun dalam bentuk kapsul dan kosmetik. Kegunaannya bermacam macam.

Manfaat dan Kegunaan Masker Spirulina Buat Jerawat

Spirulina memberikan manfaat sebagai berikut :

  1. Mengobati jerawat
  2. Menghilangkan bekas jerawat
  3. Menjaga kelembapan kulit
  4. Mengangkat sel kulit mati
  5. Menghilangkan atau menyamarkan noda hitam di kulit wajah
  6. Mengencangkan kulit
  7. Sebagai detoksifikasi kulit
  8. Sebagai anti penuaan dini
  9. Melindungi kulit dari radikal bebas
  10. Mencegah alergi kemerahan di kulit karena sinar matahari
  11. Mengatasi komedo

Yang akan kita bahas di sini adalah manfaat Spirulina sebagai obat jerawat atau cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Seperti yang kita tahu, satu jerawat saja muncul di kulit wajah, rusaklah penampilan. Apalagi jika kulit wajah memang sering terkena jerawat berulang kali entah di sebabkan kotoran, bakteri jerawat, minyak berlebih, hormon maupun faktor lainnya. Namanya jerawat, pasti semua ingin menghilangkannya meski dengan berbagai cara. Salah satunya cara efektif yang harus kamu coba ini.

Spirulina bekerja sebagai antioksidan dan manfaat vitamin dan mineralnya seperti yang telah di paparkan di atas yaitu Vitamin B dan E serta mineral lainnya mampu mengobati dan menghilangkan jerawat secara efektif.

Cara terbaik memanfaatkan Spirulina sebagai obat jerawat adalah memakai masker Spirulina. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Campurkan bubuk kapsul Spirulina yang telah di buka, tambahkan air atau air essence mawar, lalu aduk hingga membentuk pasta masker
  2. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai masker Spirulina. Kemudian aplikasikan atau oleskan spirulina pada wajah. Biarkan selama 20 sampai 30 menit.
  3. Bilas dengan air hangat ataupun dingin.
  4. Ulangi beberapa kali. Dua hari sekali ataupun dua kali dalam seminggu.

Lewat masker Spirulina yang di oleskan di wajah secara rutin, tidak hanya menghilangkan jerawat, tapi khasiatnya dapat menyamarkan atau menghilangkan bekas noda hitam jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai Olesan Cuka Sari Apel

cuka sari apel

Cuka sari apel telah di gunakan untuk kesehatan, bahan makanan dan untuk kecantikan. Cuka apel dibuat dengan cara memfermentasi sari apel, atau jus apel.

Perlu di ketahui, ternyata cuka dikenal karena kemampuannya melawan banyak jenis bakteri dan virus. Kandungan cuka sari apel mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh bakteri jerawat.

Secara khusus, asam suksinat telah terbukti menekan peradangan yang disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat. Asam laktat yang terkandung di dalamnya telah terbukti menyamarkan noda bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel dapat membantu mengeringkan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Cara menggunakan sari apel untuk jerawat

  • Campurkan 1 bagian cuka sari apel dan 3 bagian air. Untuk kulit sensitif, sebaiknya menambahkan lebih banyak air.
  • Bersihkan wajah, lalu oleskan campuran sari cuka apel ke kulit dengan lembut menggunakan bola kapas.
  • Diamkan selama 5-20 detik atau sampai satu menit. Jangan biarkan terlalu lama supaya tidak mengiritasi kulit wajah.
  • Bilas dengan air dan keringkan.
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan.

Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka sari apel ke kulit Anda dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi, sehingga pemakaiannya harus sesuai takaran atau dalam dosis kecil dan harus di encerkan dengan air.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Suplemen

suplemen

Jika pada umumnya mengobati atau menghilangkan jerawat adalah dengan obat oles, maka sama halnya dengan meminum suplemen atau nutrisi obat jerawat ini.

zinc adalah nutris yang penting untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Zinc ternyata bisa di gunakan untuk salah satu perawatan alami untuk mengobati jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan jerawat cenderung memiliki kadar zinc atau zat seng yang lebih rendah dalam darah mereka daripada mereka yang tidak berjerawat. Untuk itu, meningkatkan kadar zinc dalam tubuh setidaknya dapat mencegah jerawat sekaligus mengobatinya dari dalam.

Cek juga : WhatsApp Web Pengertian Wa Web Cara Menggunakan, Download, Kelebihan dan Kekurangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi zinc secara rutin dapat membantu mengurangi jerawat.

Minum suplemen kandungan zinc 3 kali sehari secara rutin. Setelah beberapa minggu, pengurangan jerawat bisa terjadi hampir 80-100%.

Dosis optimal meminum suplemen zinc untuk jerawat belum ditetapkan, tetapi beberapa penelitian telah menunjukkan pengurangan jerawat secara signifikan dengan menggunakan 30-45 mg suplemen ini per hari.

Unsur seng mengacu pada jumlah seng yang ada dalam senyawa. Seng tersedia dalam banyak bentuk, dan masing-masing mengandung jumlah unsur seng yang berbeda.

Batas mengkonsumsi suplemen zinc yang aman direkomendasikan adalah 40 mg per hari, jadi mungkin yang terbaik adalah tidak melebihi jumlah itu kecuali di bawah pengawasan dokter.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tea Tree Oil

tea tree oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, yang berasal dari Australia. Minyak esensial ini banyak di jual di klinik kecantikan dan spa. Karena kegunaannya, tea tree oil dapat mengobati jerawat.

Tea tree oil terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit akibat jerawat. Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil 5% ke kulit secara efektif dapat mengurangi jerawat.

Bila dibandingkan dengan 5% benzoil peroksida yaitu kandungan pada obat jerawat kimia, minyak tea tree ini 5% memang tidak bertindak secepat, tetapi ia secara signifikan meningkatkan penyembuhan jerawat setelah tiga bulan penggunaan. Terlebih lagi, memakai tea tree oil ini tidak mempunyai efek samping.

Di bandingkan dengan benzoil peroksida yang bisa membuat iratsi dan alergi pada kulit. Tea tree oil bisa kamu buat sendiri atau membelinya di toko online.

Cara menggunakan tea tree oil untuk wajah jerawat

  • Campurkan 1 bagian tea tree oil dengan 9 bagian air.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tea tree oil dan oleskan ke daerah yang terkena
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan OatMeal

oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi kulit. Membuat masker wajah oatmeal sangat cocok bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat. Masker oat meal membantu menyerap minyak yang berlebih, dan sifat pengelupasannya bekerja untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan kering. Masker ini juga membantu melembabkan kulit, tanpa menyumbat pori-pori kulit wajah.

Cara menggunakan oat meal buat muka jerawat

Bahan-bahan :

2 sendok makan oatmeal

1 sendok teh madu

1 sendok makan sari lemon

  • Campurkan semua bahan, aduk merata hingga membentuk pasta atau mengental.
  • Oleskan campuran pasta ini ke wajah dan leher Kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah.
  • Diamkan selama sekitar 30 menit dan kemudian cuci dengan air.

Kamu bisa mengaplikasikan masker oatmeal ini 3 hingga 4 kali seminggu atau sesuai kebutuhan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Green Tea

green tea

Teh hijau atau green tea yang merupakan bahan untuk minuman populer dari Jepang ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan.

Tidak ada penelitian yang mengeksplorasi manfaat dari minum teh hijau untuk penyembuhan jerawat dari dalam, namun menerapkannya atau mengaplikasikannya langsung ke kulit telah terbukti membantu menyembuhkan jerawat.

Hal ini di sebabkan karena kandungan green tea yang mengandung  flavonoid dan tanin dalam teh hijau yang di ketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Kandunga utama dalam teh hijau yaitu antioksidan – epigallocatechin-3-gallate (EGCG) – telah terbukti mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan jerawat pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat.

Secara siginifikan, mengoleskan ekstrak green tea pada kulit wajah sebesar 2-3% pada kulit dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat.

Kamu bisa membeli krim dan lotion yang mengandung green tea, tetapi kamu bisa dengan mudah membuat sendiri di rumah.

Cara menggunakan green tea sebagai pembersih jerawat

  • Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  • Biarkan teh menjadi dingin.
  • Oleskan ekstrak green tea menggunakan kapas pada kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan.
  • Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan.

Kamu juga bisa menambahkan sisa daun teh dengan madu dan membuat masker.

Manfaat green tea dapat melawan jerawat, seperti meminumnya dapat terbukti menurunkan kadar gula darah dan insulin, yang merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Madu dan Kayu Manis

madu dan kayu manis

Madu telah terbukti merupakan bahan tradisional yang mempunyai segudang manfaat bagi kulit dan wajah. Baik madu dan kayu manis adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Penelitian telah menemukan penerapan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid.

Madu dan kayu manis adalah dua obat jerawat umum untuk kulit karena keduanya memiliki sifat antibakteri. Antioksidan yang terkandung dalam keduanya adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (SAP), yang merupakan turunan vitamin C.

Madu dan kayu manis juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor yang memicu jerawat.

Sementara kandungan lainnya, yaitu zat anti peradangan/anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri dari madu dan kayu manis dapat memberi manfaat bagi kulit yang cenderung berjerawat.

Cara membuat masker madu dan kayu manis buat penghilang jerawat

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis hingga membentuk pasta.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu lalu oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit.
  • Lalu bilas dengan air.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Lidah Buaya

lidah buaya

Jika lidah buaya umumnya untuk di jadikan shampoo atau minuman kesehatan, lidah buaya juga umum untuk di jadikan kosmetik kecantikan. Lidah buaya adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel lidah buaya ini sering ditambahkan ke lotion, krim, salep, dan sabun. Ini biasanya digunakan untuk kosmetik wajah, atau mengobati lecet, ruam, luka bakar dan kondisi kulit lainnya.

Selain di gunakan sebagai kosmetik atau shampo, ketika diterapkan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan.

Lidah buaya ini juga mengandung asam salisilat dan belerang, yang keduanya digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit secara signifikan mengurangi jerawat.

Menerapkan sulfur yang terkandung pada lidah buaya telah terbukti menjadi perawatan jerawat yang efektif.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai media atasi jerawat

  • Ambil gel dari tanaman lidah buaya dengan sendok atau pisau
  • Cuci lidah buaya dengan air untuk menghilangkan getahnya.
  • Oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit dan dapat di gunakan ebagai pelembab.
  • Ulangi 1–2 kali per hari, atau sesuai

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Minyak Ikan

minyak ikan

Minyak ikan di ambil dari ikan umumnya ikan cod dan ikan berkualits lainnya. Minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak utama seperti omega-3: asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

EPA bermanfaat bagi kulit seperti mengontrol atau mengelola produksi minyak, mempertahankan kelembapan yang memadai dan mencegah jerawat.

Tingginya kadar EPA dan DHA telah terbukti mengurangi faktor inflamasi atau peradangan kulit dan juga dapat mengurangi risiko jerawat.

Sebuah kasus menguji 45 orang dengan jerawat diberi suplemen asam lemak omega-3 yang mengandung EPA dan DHA setiap hari. Setelah 10 minggu, jerawat sembuh perlahan secara signifikan

Tidak ada asupan harian khusus asam lemak omega-3 yang direkomendasikan, tetapi sebagian besar organisasi kesehatan merekomendasikan orang dewasa yang sehat mengonsumsi minimal 250-500 mg EPA dan DHA kombinasi setiap hari.

Kamu juga bisa mengkonsumsi minyak ikan secara langsung atau mendapatkan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi salmon, sarden, ikan teri, kenari, biji chia, dan biji gandum.

Dengan mengkonsumsi minyak ikan, ia dapat mengobati jerawat dari dalam tubuh. Asam lemak omega-3nya adalah lemak yang sangat sehat yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Parutan Kulit Jeruk

parutan kulit jeruk

Jeruk memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain vitamin C yang selalu di elu -elukan pada kandungannya, ternyata kulit jeruk juga mengandung banyak manfaat yang sama, yaitu sebagai obat jerawat.

Parutan kulit jeruk memiliki sifat mencerahkan yang luar biasa yang dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat dan pigmentasi pada kulit.

Cara menggunakan parutan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat membandel

1 sendok teh parutan kulit jeruk

1 sendok teh madu

  • Campurkan satu sendok teh bubuk kulit jeruk dan madu.
  • Oleskan pasta ini ke area yang terkena jerawat di wajah
  • Biarkan mengering lalu cuci bersih.
  • Gunakan setiap hari atau seminggu dua kali sesuai kebutuhan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda

baking soda

Soda kue atau baking soda memiliki sifat pengelupas yang membantu mengelupas sel kulit mati. Sifat soda kue yang sedikit basa mengembalikan pH kulit wajah, sehingga membantu memerangi jerawat dan juga menghilangkan bekas jerawat.

Baking soda ini bekerja dengan cara mengeringkan jerawat dan mengelupasnya.

Cara menggunakan baking soda buat hilangkan komdeo dan jerawat

2 sendok makan baking soda

1 sendok makan air

  • Campurkan dua sendok makan soda kue dengan satu sendok makan air.
  • Oleskan campuran ini ke daerah berjerawat.
  • Biarkan sampai kering dan cuci bersih.
  • Lakukan proses ini sekali sehari untuk hasil terbaik.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Essence Mawar

essence mawar

Essense mawar atau yang lebih di kenal dengan air mawar telah menjadi bahan kosmetik yang sering di pakai untuk membersihkan wajah. Mawar yang di ekstrak untuk menjadi sari atau air esense ini di gunakan sebagai kosmetik dan sekaligus perawatan wajah.

Khususnya sebagai obat jerawat, air mawar mengandung mineral, anti oksidan dan kandungan penting lainnya yang dapat menjaga kelembapan kulit sekaligus melembutkannya. Air mawar membantu melembutkan jaringan kulit bekas jerawat, sehingga meringankan munculnya bekas jerawat dan membantu regenerasi sel-sel kulit.

Cara menggunakan essence mawar untuk membersihkan jerawat

Air mawar

kapas

  • Rendam kapas dalam air mawar dan sapukan dengan lembut ke wajah kamu yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Biarkan menguap
  • Gunakan dua kali sehari atau sesering kamu butuhkan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih telah di ketahui memberi banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan anti oksidannya yang tinggi sekaligus dapat melawan virus secara efektif. Ketika dicincang atau dihancurkan, siung bawang putih melepaskan senyawa yang disebut allicin yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang kuat. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan mencegah berjerawat lebih lanjut. Namun penggunaanya juga harus di perhatikan. Siung bawang putih kadang-kadang dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit, jadi cobalah tes pada kulit tangan kamu terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kulit wajahmu.

Cara menggunakan bawang putih buat usir jerawat

Ambil dua siung bawang putih yang telah di kupas, lalu rajam atau hancurkan.

gosok bagian dalam pada bagian wajah berjerawat

Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya.

Gunakan dua hari sekali.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Minyak Almond

minyak almond

Untuk mengobati jerawat, kamu juga bisa menggunakan minyak almond yang telah di ekstrak dari biji almond. Minyak almond adalah sumber yang kaya akan vitamin E dan asam lemak, yang membuatnya sangat melembabkan dan menyembuhkan jerawat.

Cara menggunakan minyak almond buat wajah jerawatan

Ambil beberapa tetes minyak almond di telapak tangan dan oleskan secara merata ke wajah kamu dengan ujung jari.

Biarkan semalaman.

Untuk hasil yang efektif, kamu harus melakukan ini sekali setiap malam.

Bahan bahan tradisional di atas kamu bisa gunakan untuk perawanta sekaligus mengobati jerawat kamu. Karena setiap orang bisa terkena jerawat pada waktu tertentu, waktu yang tepat untuk mengobatinya adalah ketika jerawat menjadi pengganggu atau ketika berpotensi timbulnya peradangan.

Lakukan perawatan di atas ketika jerawat parah tiba-tiba muncul, untuk jerawat ringan yang tidak akan hilang, atau bahkan ketika satu jerawat sekalipun yang dapat mengganggu penampilan di saat momen spesialmu.

Cara mencegah agar tidak Jerawatan kembali

Jika kamu ingin jerawat kamu sembuh, tentu cara pencegahannya lebih baik daripada mengobatinya. Perawatan kulit yang rentan terkena jerawat juga sama pentingnya dengan mengobatinya. Lalu apa yang harus di perhatikan untuk mencegah jerawat:

Gaya hidup

Ubahlah gaya hidup kamu. Moderasi dan keteraturan adalah hal yang baik, tetapi tidak semua orang bisa tidur delapan jam, makan tiga kali tepat waktu, makan sehat per hari, dan minum banyak air putih sehari. Hindari junk food dan makanan berminyak supaya tidak memperparah jerawat. Mungkin perubahan gaya hidup sederhana yang bisa dilakukan seseorang adalah tidak memencet jerawat. Tidak peduli seberapa hati-hati dan bersihnya jerawat, memencet jerawat dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih parah, lebih merah dan lebih tebal.

Orang sering menyebut kemerahan tersebut sebagai peradangan. Yang jika kamu tetap memaksa menghilangkannya dengan tangan, bekasnya akan meninggalkan bopeng di wajah. Biasanya permanen. Atau lebih ringan dari itu, yaitu bekas noda hitam yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memudar jika dibiarkan sendiri.

Kamu juga perlu menghindari stress, perubahan hormon dan obat-obatan yang dapat memicu parahnya jerawat. Meskipun faktor ini bukanlah faktor pemicu jerawat, namun besar kemungkinan jerawat akan tambah banyak jika kamu terkena stres dan faktor lainnya.

Perawatan kulit kecantikan

Kunjungan sesekali ke ahli kecantikan juga sangat di sarankan. Melakukan facial yang bermanfaat bagi kulit wajah dapat mencegah jerawat datang.

Pembersihan dan perawatan kulit

Perawatan kulit berjerawat yang paling mudah dan murah adalah di rumah. Contohnya pembersih ringan: Mencuci sekali atau dua kali sehari dengan batang atau cairan pembersih ringan akan menjaga kulit bersih dan meminimalkan sensitivitas dan iritasi.

Melakukan atau memilih masker kulit yang tepat: Berbagai scrub ringan, pengelupasan kulit, dan masker dapat digunakan. Produk-produk ini mengandung asam salisilat dalam konsentrasi yang membuatnya menjadi bahan penghilang sel kulit mati yang sangat ringan. Produk-produk ini menghilangkan lapisan luar kulit dan membuka pori-pori. Produk yang mengandung asam glikolat atau alfa hidroksi juga merupakan pengelupas kulit yang lembut.

Pilih make up yang tepat

Jika kamu terkena jerawat, maka perlu memperhatikan make up yang sedang kamu pakai. Apalagi jika kamu tengah merawat kulit berjerawat, maka sebenarnya make up harus di hindari. Dengan paparan make up dari kosmetik yang berbahan kimia, jerawat akan bertambah parah dan radang.

Saat kamu menggunakan obat jerawat, kamu mungkin merasa sulit untuk menerapkan foundation secara merata. Untuk itu makeup seperti foundation, blush on, eye shadow, dan pelembab, harus bebas minyak. Jika kamu harus menggunakan bedak tabur dan eye shadow. Pilih produk yang berlabel “noncomedogenic” yaitu produk yang aman bagi pori – pori wajah atau produk “non-acnegenesis” yang tidak menyebabkan jerawat.

Baiklah hanya itu yang bisa sultan berikan pada artikel kali ini, maafkan bila sultan tidak punya banyak kata kata namun semoga bisa memberikan manfaat dan pengalaman buat kamu sebagai pembaca ya! Salam.