Cara Mengatasi Depresi Menurut Kristen

Posted on

Sebagai seorang manusia biasa tentu kita pasti pernah mengalami yang namanya berada pada titik terendah di dalam hidup. Terkadang kita merasa bahwa semua yang kita lakukan tak ada artinya, terkadang kita merasa bahwa apa yang kita perbuat selalu gagal dan tak pernah berhasil, terkadang kita merasa bahwa seolah-olah tidak ada lagi orang yang perduli dan mengasihi kita.

Dan pikiran-pikiran negatif lain yang ada di dalam otak kita ini yang jika dibiarkan lama-lama akan berakibat buruk bagi kehidupan kita. Karena lewat pikiran-pikiran negatif inilah bisa menjadi awal kita mengalami yang namanya depresi. Tentu ada sebagian orang disini yang mungkin pernah mengalami yang namanya depresi di dalam hidupnya.

Atasi Depresi Secara Bertahap

Jika seseorang mengalami depresi di dalam hidupnya tentu yang ada hanya rasa putus asa dan juga rasa kesusahan dan kebingungan. Tidak ada yang namanya sukacita, semangat, maupun rasa cinta kasih di dalam diri orang yang sedang depresi. Bahkan ada juga beberapa kasus yang terjadi pada orang yang tingkat depresinya sudah cukup parah ia akan berusaha untuk menyakiti dirinya sendiri dan ingin mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Tentu hal ini bukanlah sebuah cara yang dikehendaki oleh Tuhan Yesus. Sebenarnya mengatasi depresi di dalam diri kita itu sangat mudah sekali. Kuncinya yaitu adalah ingatlah selalu akan kebaikan Tuhan dan cinta Tuhan Yesus di dalam hidup kita. Namun bagaimana jika saat ini mungkin ada diantara kalian yang mungkin sedang mengalami depresi di dalam hidup dan berpikir seolah Tuhan itu tidak ada atau Tuhan meninggalkan kalian? Nah berikut ini akan saya berikan beberapa cara atau tips untuk mengatasi depresi yang sesuai dengan iman Kristen.

Cara Mengatasi Depresi Menurut Kristen

1. Berdoa

@umc

Doa adalah nafas hidup orang Kristen dan kebutuhan utama bagi orang percaya. Dengan berdoa kita akan dapat berkomunikasi dengan Tuhan dan mengalami perjumpaan yang nyata dengan Tuhan. Selain itu dengan berdoa kita juga akan dapat membangun hubungan yang lebih intim atau lebih dekat dengan Tuhan.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Membasmi Semut di Rumah Kita

Dengan demikian maka jiwa dan roh kita akan senantiasa melekat kepada Tuhan dan akan senantiasa terhibur oleh Roh Kudus. Selain itu Roh Kudus juga akan senantiasa menyertai dan memberikan kekuatan kepada kita untuk menjalani kehidupan yang seakan terasa berat ini. Oleh sebab itu jika kalian mulai merasa seolah hidup kalian tidak berarti atau seolah banyak masalah datang silih berganti, segeralah lari kepada Tuhan dan berdoa kepada Nya.

2. Beribadah

@slcccc

Salah satu cara yang juga dapat mengatasi rasa depresi yaitu adalah dengan beribadah. Beribadah di gereja secara rutin merupakan salah satu obat bagi jiwa kita semua. Sebab dengan beribadah ke gereja ini kita akan dapat berjumpa dengan Tuhan, kita akan bisa merasa terobati jiwa kita yang mungkin sedang menanggung beban yang terasa berat.

Kita akan dihibur dengan roh kudus yang tinggal di dalam hati kita. Dan mungkin kita juga dapat bercerita atau berkonsultasi kepada rekan di gereja ataupun pendeta serta hamba Tuhan tentang masalah atau persoalan yang sedang kita hadapi saat ini. Siapa tahu dengan demikian kita mendapatkan solusi atau jika tidak menemui solusi setidaknya kita menjadi merasa lebih ringan beban kita setelah mengeluarkan semua uneg-uneg kita.

3. Membaca Firman

@warungsatekamu

Jika kalian merasa pikiran mulai sumpek dan merasa seolah ingin menyerah, maka hal yang dapat kalian lakukan yaitu adalah membaca Firman Tuhan. Bacalah Alkitab dengan rajin setiap harinya setidaknya sebanyak 1 pasal. Sebab dengan membaca Alkitab ini kita akan mengerti apa sebenarnya yang sedang Tuhan rencanakan di dalam hidup setiap umat Nya. Dan melalui firman Tuhan ini seolah Tuhan ingin berbicara kepada kita semua bahwa sesungguhnya Ia adalah Allah yang hidup dan yang Maha Kuasa.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Celana Pria Terbaik Dan Nyaman Dipakai

Dengan membaca firman Tuhan ini nanti kita akan dapat mengerti dan memahami setiap rancangan Tuhan dan setiap perintah Allah bagi kita semua. Dengan begitu maka hati dan pikiran kita akan dapat menjadi lebih tenang dan lebih damai setelah kita mengetahui apa yang Tuhan mau bagi kehidupan kita.

4. Menyembah Tuhan

@steemit

Jika hati mulai merasa bimbang dan fikiran mulai terasa tak karuan, maka salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk meredakan gejolak di dalam hati yaitu adalah dengan datang kepada Tuhan dengan melalui penyembahan. Memuji Tuhan dan menyembah Tuhan merupakan salah satu cara agar kita dapat terhubung dengan Tuhan dan kita dapat menemui Tuhan dengan pribadi.

Melalui pujian dan penyembahan yang kita naikkan inilah kita akan benar-benar merasakan kehadiran Tuhan di dalam hidup kita. Hampiri tahta Tuhan dengan hati yang tulus dan kudus. Bawalah segala keluh kesah dan masalah Mu ke dalam hadirat Tuhan. Sebab Tuhan yang akan berperang sebelum kamu dan Tuhan yang akan berjalan di depanmu. Tuhan yang akan memberikan pelita bagimu untuk melalui semua jalan hidupmu yang terasa gelap dan penuh cobaan.

Saat kalian mulai menyembah Tuhan saat itu juga Tuhan hadir di dalam hidupmu. Berserulah kepada Tuhan dan memintalah ke dalam nama Nya, maka ia akan memberikan apa yang Engkau butuhkan. Melalui puji-pujian dan penyembahan yang kita naikkan kepada Tuhan akan membuat hati dan pikiran serta jiwa dan roh kita menjadi lebih tenang dan semua beban yang ada di dalam hidup akan hilang berganti dengan sukacita dari Roh Kudus.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Film Detektif Terbaik, Bikin Kalian Mikir Keras!

5. Berpuasa

@oca

Berpuasa juga menjadi salah satu cara terbaik bagi kalian untuk mengatasi rasa depresi maupun stress di dalam hidup. Sebab dengan berpuasa kita akan menjadi lebih dekat dan menjadi lebih intim kepada Tuhan. Berpuasa di dalam iman Kristen tak hanya tentang menahan rasa haus dan rasa lapar saja, namun lebih dari pada itu. Berpuasa berarti bahwa kita harus dapat menahan segala hal hawa nafsu serta hal yang dilarang oleh Allah untuk kita lakukan.

Kita harus dapat menjauhi hal-hal yang tidak dikehendaki oleh Allah dan melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah. Dengan demikian maka perhatian kita hanya akan tertuju kepada Allah saja, dan hidup kita hanya akan tertuju dan berorientasi kepada Tuhan Yesus saja. Melalui puasa ini juga menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk semakin mendekat kepada Tuhan Allah.

Dan kita dapat merenungkan dan memahami tujuan hidup kita yang sebenarnya yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh Tuhan. Jika kita dapat berfokus kepada Tuhan maka semua hal-hal buruk dan masalah yang datang silih berganti akan dapat kita lewati dengan mudah dan dengan sukacita. Karena kita yakin dan percaya bahwa Tuhan selalu menyertai kita di sepanjang hidup kita.

cara mengatasi masalah menurut kristen
Related posts: