Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Menurut Alkitab

Posted on

Sebagai seorang manusia tentu wajar apabila kita pernah merasakan khawatir, cemas, stress, galau, atau perasaan lain semacamnya. Sebab hidup kita memang tidak akan pernah berjalan lurus dan baik-baik saja tanpa adanya halangan maupun masalah yang datang ke dalam hidup kita. Sebagai manusia tentu kita akan membuat rencana-rencana yang telah kita rencanakan bagi hidup kita, namun terkadang Tuhan berkata lain dan seolah takdir tidak sejalan dengan rencana yang telah kita buat.

Sebagai seorang manusia kita juga tentu memiliki harapan terhadap sesuatu hal di masa depan, namun terkadang lagi-lagi hidup selalu tampak kejam bagi kita dan tak pernah berpihak kepada kita. Jika sudah mengalami hal semacam ini maka sebagai manusia tentu hidup kita akan dipenuhi oleh rasa khawatir dan cemas serta ketakutan yang berlebihan.

Kita beranggapan bahwa seolah-olah hidup kita ini sudah tak ada artinya lagi dan rasanya sudah tidak ada lagi harapan untuk hidup. Dan biasanya disaat seperti ini iblis mulai masuk ke dalam hidup manusia dan mulai melakukan pekerjaan jahatnya kepada manusia. Tentu kita tak ingin iblis berkuasa atas hidup kita bukan.

Untuk itulah jika kalian mulai merasa seolah mulai stress dan khawatir yang berlebihan sudah saatnya kalian untuk menenangkan hati dan pikiran kalian. Sebagai orang Kristen yang percaya kepada Tuhan seharusnya kita tak perlu merasakan stress atau kekhawatiran yang berlebih sebab bukankah Tuhan sendiri yang berkata kepada kita agar kita menaruh seluruh hidup kita di tangan-Nya dan Ia sendiri yang akan memelihara kehidupan kita.

Namun jika kalian mulai merasa tidak tenang dan merasa ketakutan menghantui hidupmu sebaiknya segeralah tenangkan hati dan pikiran kalian dengan benar. Jika kalian mulai merasa gelisah dan takut kalian bisa untuk mulai berdoa, membaca firman, maupun memuji dan menyembah Tuhan. Sebab dengan begitu maka kalian akan merasa lebih tenang dan merasa lebih nyaman.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Animasi Disney Terbaik dan Terpopuler

Di dalam Alkitab pun juga telah dituliskan beberapa ayat yang difirmankan oleh Tuhan untuk menguatkan kita yang sedang di dalam masa pencobaan atau yang memikul beban yang berat. Berikut akan saya berikan beberapa ayat yang ada di dalam Alkitab yang mungkin setelah membaca ayat-ayat ini kalian bisa menjadi lebih percaya kepada Tuhan dan tidak mengalami ketakutan dan kekhawatiran di dalam hidup.

Ayat Alkitab Yang Menguatkan

1. Amsal 3:5-6

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

@brunstribe

Ayat ini mengajarkan kita untuk senatiasa berharap dan juga percaya hanya kepada Tuhan saja. Disaat kita merasa gelisah dan merasa khawatir akan apa saja ingatlah selalu bahwa Tuhan akan selalu menyediakan jalan bagi kita semua yang mau berserah dan meletakkan hidupnya kepada Tuhan.

Sering kali kita sebagai manusia akan menilai segala sesuatu berdasarkan dengan penilaian kita sendiri padahal Allah kita merupakan Allah yang Mulia yang kita tak akan sanggup untuk menyelami seluruh rencana-Nya.

Oleh sebab itu jika kalian sedang mengalami suatu kesulitan janganlah kalian menilainya hanya dari satu sudut pandang saja, tapi juga lihatlah dari susut pandang yang lain. Yang mana bisa saja ini merupakan cara Tuhan yang tak pernah bisa kita mengerti di dalam hidup kita.

2. Mazmur 34:18

“Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.”

@bible-daily

Ayat ini mengingatkan kita semua bahwa Tuhan pasti akan mendengarkan segala seruan kita kepada-Nya. Dia bahkan tak hanya mendengar seruan kita saja, melainkan Dialah yang akan menolong kita keluar dari segala kesengsaraan dan kesulitan yang sedang kita hadapi saat ini. Sebagai seorang Kristen yang mengaku memiliki iman kepada Tuhan Yesus maka sebaiknya kita harus memegang iman kita dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Film Tentang Ular [Full Movie]

Jika kalian mulai merasakan khawatir dan takut maka salah satu cara yang dapat kalian lakukan yaitu adalah berserulah kepada Tuhan melalui doa yang benar dan juga melalui pujian dan penyembahan yang benar kepada-Nya.

3. Yesaya 40:29-31

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

@yourvoiceofencouragement

Seringkali saat badai pencobaan hidup datang menerpa kita, justru kita malah menjadi lemah dan iman kita menjadi luruh kepada Tuhan. Namun di dalam ayat ini Tuhan berjanji bahwa Ia akan memberikan kekuatan yang baru bagi orang-orang yang selalu menantikan kehadiran-Nya dan yang selalu setia kepada-Nya.

Oleh sebab itu di dalam segala situasi dan kondisi apa pun kita tidak boleh sekali pun melupakan Tuhan dan pergi jauh dari kasih Tuhan. Kita harus senantiasa dekat dan melekat dengan Tuhan dan teruslah menantikan Tuhan di dalam hidupmu. Sebab Tuhan berfirman Ia akan memberikan kekuatan yang baru bagi setiap orang yang setia menantikan-Nya di dalam hidupnya setiap harinya.

Tuhan akan memberikan kekuatan kepada kita agar kita dapat menghadapi segala persoalan yang ada di dunia ini dan Ia tak akan membiarkan kita menjadi lemah dan menjadi seorang pecundang. Tapi Tuhan ingin agar kita menjadi orang yang kuat dan menjadi seorang pemenang di dalam kehidupan kita masing-masing.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Tentang Bencana Alam [Kuasa Tuhan]

4. Matius 11:28

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

@utmost

Di dalam ayat ini sudah jelas dikatakan bahwa Tuhan menyuruh seluruh umat-Nya yang memiliki beban berat dan permasalahan di dalam hidupnya untuk datang kepada-Nya, sebab Tuhan yang akan memberikan kelegaan dan kedamaian bagi kita semua.

Di ayat ini Tuhan Yesus seolah ingin menyampaikan bahwa hanya Ia lah yang akan menjadi tempat bagi para anak-anak-Nya yang sedang mengalami percobaan dan sedang mengalami fase atau masa-masa sulit di dalam hidupnya. Tuhan ingin agar kita semua yang percaya kepada-Nya senantiasa untuk datang kepada Tuhan dengan membawa segala beban dan keluh kesah yang ada di dalam hidup kita.

Tuhan tak ingin membiarkan kita untuk memikul beban berat itu sendirian. Tuhan tidak ingin melihat anak-Nya menderita dan menghadapi semua pencobaan ini sendirian. Tuhan mau agar kita semua senantiasa mengandalkan-Nya di setiap langkah kehidupan kita. Sebab hanya Tuhan Yesus yang mampu memberikan jawaban atas segala penderitaan yang kita alami.

Cara menenangkan hati dan pikiran m, cara menenangkan hati dan pikiran menurut alkitab
Related posts: