Cara Membuat PPT Menarik dan Keren Bisa Lewat Aplikasi Online HP

Cara Membuat PPT– PowerPoint merupakan sebuah program presentasi dengan jutaan pengguna di seluruh dunia. Program yang satu ini memudahkan user untuk mengelola materi presentasi dan menyampaikannya dengan cara yang lebih singkat, padat, dan menyenangkan. Hingga saat ini, program PowerPoint telah mengalami banyak inovasi demi meningkatkan pengalaman pengguna.

Pada awalnya, Microsoft PowerPoint menjadi satu-satunya aplikasi online yang digunakan untuk kepentingan presentasi. Seiring berjalannya waktu, berbagai aplikasi presentasi lain mulai bermunculan dan menawarkan fitur yang tak kalah inovatif dari Microsoft PowerPoint. Yang paling penting, kini PowerPoint juga bisa diakses melalui smartphone kamu!

Ketika kamu lupa membawa laptop, smartphone bisa menjadi gadget penyelamat agar kamu tetap bisa membuat presentasi yang apik dan menginspirasi. Untuk itu, rasanya perlu untuk mempelajari cara membuat ppt yang menarik melalui ponsel. Penasaran? Simak penjelasan fouronstate di bawah ini.

Daftar Cara Membuat PPT Lewat HP

Cara Membuat PPT Lewat HP

Terlepas dari berbagai program aplikasi yang tersedia saat ini, kamu perlu mengetahui secara umum bagaimana membuat presentasi ppt melalui media HP. Tentu saja hal ini akan sedikit berbeda dengan yang biasa kamu lakukan melalui laptop ataupun PC. Tidak perlu khawatir, presentasi yang dibuat bisa tampil keren dan menarik untuk disimak.

Kali ini, kamu akan mempelajari cara membuat file presentasi ppt melalui aplikasi Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini dipilih karena cukup ringan untuk ponsel kebanyakan. Selain itu, Microsoft Power Point juga mempunyai fitur yang komplit sehingga mampu memfasilitasi kamu yang ingin membuat presentasi unik dan menarik melalui ponsel.

Sebelum memulai proses pembuatan ppt, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Microsoft PowerPoint di Play Store. Setelah terinstall, jalankan aplikasi seperti biasa. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat ppt melalui smartphone.

  1. Buka aplikasi Ms PowerPoint, temukan ikon New Presentation (+) pada bagian kanan atas.
  2. Tekan ikon, kemudian layar ponsel akan memunculkan berbagai pilihan dokumen kosong. Di sinilah kamu bisa memilih slide yang sesuai keinginan, baik polos Maupun menggunakan template. Membuat. Untuk kamu yang terbiasa membuat presentasi melalui PC pasti akan sangat familiar dengan tampilan yang dihadirkan oleh PowerPoint, meskipun tampilannya sedikit lebih ringkas.
  3. Jika kamu ingin mencari menu-menu lain, tekan ikon panah pada bagian pojok kanan bawah. Dengan menekan ikon ini, kamu bisa menemukan berbagai pilihan menu lainnya seperti Home, Insert, Draw, Transitions, Animations, dan lain sebagainya.
  4. Setelah menuliskan presentasi, mungkin kamu ingin menyelipkan beberapa gambar atau grafik agar presentasi terlihat lebih menarik bagi audience. Untuk keperluan ini, gunakan menu Insert yang mana kamu bisa memilih untuk menyelipkan gambar.
  5. Yang menarik dari Microsoft PowerPoint untuk Android adalah kamu tidak perlu menyimpan secara manual. Di bagian awal ketika memilih slide, kamu juga harus memilih lokasi penyimpanan. Setelah memilih lokasi penyimpanan, aplikasi akan otomatis menyimpan pekerjaan kamu secara berkala. Setiap perubahan akan langsung tersimpan sehingga file dokumen akan selalu terupdate otomatis.
  6. Untuk membuka kembali, kamu hanya perlu mencari di folder tempat penyimpanan dokumen.

Sangat mudah, bukan? Membuat ppt menarik dan keren melalui smartphone bukanlah hal yang mustahil. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan sederhana, layaknya membuat dokumen ppt melalui laptop atau PC. Meskipun ukurannya jauh lebih kecil, kamu tetap bisa membuat presentasi dengan konten berkualitas serta tampilan menarik.

Cara Menambahkan Animasi PPT Melalui Ponsel

Cara Menambahkan Animasi PPT Melalui Ponsel

Salah satu faktor yang menarik perhatian dari presentasi ppt adalah penambahan animasi. Dengan animasi tersebut, konten yang kamu buat bisa ditampilkan dengan cara yang jauh lebih menarik agar audience tidak merasa bosan ketika melihat presentasi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari cara menambahkan animasi pada konten ppt yang telah dibuat melalui smartphone.

Postingan Terbaru Panduan Penyelesaian Sengketa Internasional, Bisnis, Tanah, Pajak dan Alternatif Diluar Pengadilan

Selain menarik perhatian, animasi ternyata juga berfungsi untuk mengontrol aliran informasi serta memberikan penekanan titik pada konten yang ingin disampaikan. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk menambahkan animasi keren pada konten ppt kamu.

  1. Buka dokumen presentasi yang telah kamu buat.
  2. Pilih slide yang ingin ditambahkan animasi, kemudian pilih gambar, tulisan, maupun konten lainnya lalu ketuk Animasi. Pada beberapa jenis ponsel, mungkin kamu harus mencari ikon Edit terlebih dahulu, kemudian temukan pilihan Animasi.
  3. Pilih tipe animasi yang kamu inginkan. Misalnya untuk menambahkan efek animasi ketika konten memasuki slide, maka kamu harus memilih Efek Masuk. Tersedia berbagai pilihan animasi keren, ketuk salah satu yang menurut kamu paling sesuai dengan konten tersebut.

Kamu bisa menambahkan beberapa efek animasi pada satu ikon seperti efek masuk dan efek keluar. Namun, pastikan animasi yang kamu tambahkan tidak berlebihan agar audience tidak salah fokus dengan animasi tersebut.

  1. Setelah menyelesaikan animasi pada satu slide, kamu bisa melanjutkan ke slide berikutnya.

Bagaimana jika kamu terlanjur menambahkan animasi pada slide tapi tidak puas dengan hasilnya? Gampang, kamu hanya perlu menghapus animasi tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menghapus animasi pada slide atau konten ppt.

  1. Buka presentasi
  2. Masuk ke slide yang kamu inginkan, pilih teks, gambar, maupun grafik yang ingin kamu hilangkan atau ganti animasinya.
  3. Kamu akan melihat rangkaian nomor pada sisi teks maupun gambar tersebut. Tekan dan tahan nomor tersebut, lalu pilih hapus.
  4. Untuk mengganti dengan animasi yang baru, ikuti langkah cara menambahkan animasi seperti yang telah disebutkan di atas.

Selain animasi pada teks dan gambar, kamu juga bisa membuat animasi untuk slide. Hanya saja, fitur yang satu ini disebut sebagai transisi alih-alih animasi. Transisi memberikan efek perpindahan dari satu slide ke slide lainnya. Untuk menambahkan transisi, caranya hampir sama dengan menambahkan animasi. Kamu hanya perlu memilih menu Transisi kemudian mencari pilihan transisi yang sesuai dengan keinginan.

Video Membuat dan Fitur Menarik Microsoft PowerPoint

Sumber @Powerpoint School

Demi memudahkan proses pembuatan dokumen ppt, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui berbagai fitur yang disajikan oleh aplikasi Microsoft PowerPoint. Dengan mengenal jenis fitur beserta fungsinya, kamu bisa membuat dokumen presentasi dengan lebih mudah dan cepat.

Pada dasarnya, aplikasi Ms PowerPoint untuk smartphone hampir sama dengan Ms PowerPoint pada laptop atau PC. Hanya saja, interface yang diusung telah disesuaikan dengan keadaan smartphone yang mempunyai ukuran layar terbatas. Oleh karena itu, tampilan dibuat menjadi lebih sederhana agar memudahkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Fitur apa saja yang tersedia di Ms PowerPoint untuk Android? Kenali berbagai fitur yang ditawarkan oleh Ms PowerPoint sebagai berikut:

  1. Create, View, dan Edit dengan mudah dari ponsel

Kini kamu tidak perlu repot-repot membawa laptop kemanapun. Berbekal smartphone dan aplikasi Ms PowerPoint, kamu bisa membuat, melihat, dan mengedit dokumen presentasi melalui ponsel pintar. Dengan tampilan yang ramah pengguna dan desain sederhana, aplikasi yang satu ini memudahkan kamu pekerjaan kamu yang berhubungan dengan presentasi.

Membuat dokumen presentasi tidak lagi rumit karena Ms PowerPoint membuat semuanya lebih mudah. Kamu juga bisa membuat dokumen yang dilengkapi dengan animasi keren, tidak kalah dengan dokumen yang dibuat di laptop. Berbagai Tools juga tersedia untuk memfasilitasi kamu dalam membuat presentasi berbobot dan menarik.

  1. Berbagai tema untuk presentasi

Diperlukan pemilihan tema yang sesuai agar presentasi yang kamu buat tidak membosankan. Meskipun aplikasi Ms PowerPoint untuk smartphone tidak menyediakan tema sebanyak versi PC, tersedia beberapa pilihan tema dan template yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan antusiasme audience pada presentasi kamu. Daripada menggunakan slide putih, tema dan template bisa menjadi alternatif.

  1. Fitur highlight saat presentasi

Mungkin kamu ingin melakukan presentasi menggunakan smartphone alih-alih melalui laptop. Tidak perlu khawatir, presentasi kamu tetap bisa berjalan lancar meskipun menggunakan gawai terbatas. Microsot PowerPoint untuk Android dilengkapi fitur ink atau highlight yang memungkinkan kamu untuk menambahkan coretan pada slide saat presentasi berlangsung.

  1. Kompatibel untuk berbagai perangkat

Kabar baik untuk kamu yang super sibuk, aplikasi presentasi yang satu ini kompatibel untuk berbagai perangkat sehingga memungkinkan untuk mengerjakan dokumen ppt pada satu perangkat dan meneruskannya pada perangkat lain. Tentu saja fitur ini sangat memudahkan pekerjaan kamu, terutama bagi kalangan bisnis dengan kesibukan tinggi.

Meskipun beberapa perubahan kecil mungkin terjadi karena perbedaan yang dimiliki oleh PC dan smartphone, namun file ini tidak mengalami perubahan. Jadi kamu tidak perlu khawatir slide akan menjadi kacau ketika diteruskan melalui perangkat yang berbeda.

  1. Sharing melalui cloud

Untuk menunjang fitur nomor 4, kamu bisa memanfaatkan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan lain sebagainya. Dengan menyimpan di cloud, kamu bisa mengunduh dokumen melalui perangkat apa saja sehingga bisa meneruskan pekerjaan tanpa perlu takut kehilangan file yang telah dibuat.

  1. Speaker Note dan berbagai efek keren

Satu lagi fitur menarik yang ditawarkan oleh Microsoft PowerPoint adalah speaker note. Dengan fitur ini, kamu bisa menambahkan catatan suara yang mungkin berguna ketika presentasi berlangsung. Selain fungsinya, fitur speaker note membuat presentasi kamu terlihat lebih profesional dan menarik perhatian audience.

Alternatif Aplikasi Presentasi Selain Microsoft PowerPoint

Secara umum, ada begitu banyak aplikasi presentasi yang bisa kamu pilih untuk membuat, mengedit, dan menampilkan dokumen presentasi melalui smartphone. Untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman baru menggunakan aplikasi selain Microsoft PowerPoint, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang tidak kalah menarik sehingga bisa dijadikan pilihan untuk membuat ppt menarik melalui smartphone.

  1. Polaris Office

Bisa dibilang Polaris merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai keunggulan, di antaranya memungkinkan kamu untuk membuat dan membuka berbagai jenis dokumen seperti Words, PDF, Excel, dan tentunya PowerPoint. Kabarnya, kamu juga bisa mengakses dokumen melalui Smartwatch dari Android Wear.

Selain menawarkan berbagai jenis tipe dokumen dalam satu aplikasi, yang menjadi penyebab popularitas Polaris adalah kemudahan serta tampilan yang sederhana. Dengan tampilan tersebut, Polaris menjadi salah satu aplikasi yang ramah pengguna. Bahkan pemula tidak akan merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. WPS Office

WPS Office bisa dikatakan sebagai saudara kembar dari Polaris. Meskipun keduanya berasal dari developer yang berbeda, namun pada dasarnya WPS Office memiliki konsep yang hampir sama dengan Polaris. Selain menawarkan berbagai kemudahan untuk pengguna, aplikasi ini juga mendukung Words, Excel, PowerPoint, serta PDF.

Tidak hanya itu, WPS Office juga mempunyai tampilan yang cukup sederhana sehingga memudahkan pengguna ketika mengakses berbagai tipe dokumen. Khusus untuk PowerPoint, aplikasi ini memungkinkan user untuk menyisipkan berbagai jenis file seperti musik, tabel, dan video pada slide presentasi. Tentu saja fitur ini membuat WPS Office semakin banyak dipilih untuk membuat presentasi yang keren.

Aplikasi besutan Tiongkok ini memang menjadi pesaing utama Microsoft PowerPoint. Tidak heran jika pengguna WPS Office menembus angka jutaan dan aplikasinya telah diunduh lebih dari 1.3 juta kali di Google Play Store. Belum lagi ukuran file yang relatif ringan sehingga mendukung berbagai jenis smartphone.

  1. Google Slides

Aplikasi alternatif Microsoft PowerPoint yang selanjutnya adalah Google Slides. Aplikasi besutan Google ini cenderung sederhana namun mampu memberikan fitur maksimal untuk mendukung presentasi yang kamu inginkan. Yang tak kalah penting, Google Slides mempunyai kapasitas file yang ringan sehingga tidak membebani kinerja smartphone kamu.

Dengan aplikasi Google Slides, kamu bisa membuat dan mengedit dokumen untuk presentasi. Jika ingin meneruskannya pada perangkat yang berbeda, kamu hanya perlu menyimpannya di cloud dan mengunduhnya kembali pada perangkat lain. Sangat mudah bukan? Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dengan rekan kerja.

  1. Prezi Viewer

Prezi juga bisa kamu pilih sebagai pengganti Microsoft PowerPoint. Aplikasi yang satu ini mampu memberikan hasil yang memuaskan pada dokumen presentasi yang kamu buat. Hal ini dikarenakan Prezi memungkinkan kamu untuk melakukan kostumisasi berbagai fitur agar presentasi yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Sementara itu, Prezi Viewer merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuka dokumen presentasi yang telah dibuat sebelumnya melalui laptop atau PC. Dengan demikian, kamu bisa mereview atau menyaksikan presentasi melalui smartphone.

  1. Remote for PowerPoint Keynote

Aplikasi yang satu ini memang tidak bisa digunakan untuk membuat dokumen presentasi pada perangkat smartphone. Sebagai gantinya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan presentasi melalui ponsel Android yang dihubungkan ke laptop melalui Wi-Fi atau Bluetooth. Aplikasi ini bisa menghubungkan smartphone dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows atau Mac OS X.

Remote for PowerPoint Keynote memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan, antara lain mode portrait, merekam audio, mode landscape dan portrait, serta laset pointer agar memudahkan kamu ketika melakukan presentasi dan membuat audience fokus pada presentasi.

Aplikasi ini hampir serupa dengan Bluetooth Remote PC yang tidak mendukung pembuatan dokumen PowerPoint. Bluetooth Remote PC berfungsi sebagai remote terhadap dokumen PowerPoint yang tersimpan di laptop. Untuk menggunakannya, pastikan jarak smartphone dan laptop tidak terlalu jauh agar terjangkau koneksi Bluetooth.

Seiring berkembangnya teknologi, tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak aplikasi yang memudahkan kehidupan. Salah satunya adalah aplikasi untuk melakukan presentasi. Microsoft PowerPoint menjadi aplikasi perintis yang menawarkan berbagai keunggulan. Namun saat ini telah tersedia banyak pilihan lain dengan berbagai keunggulan untuk menghasilkan presentasi yang lebih menarik dan komunikatif. Yuk langsung praktekan saja dicoba satu-satu aplikaisnya cari yang menurut anda mudah dan sesuai kebutuhan, Semoga mendapatkan hasil yang maksimal ya salam dari saya admin ganteng.