Cara Melunasi Hutang Secara Kristen

Posted on

Tidak semua manusia memiliki kondisi keuangan yang sama. Ada yang memiliki kondisi perekonomian yang baik dan stabil serta mendapatkan berkat Tuhan yang sangat berkecukupan dan bisa dikatakan sangat melimpah. Namun ada juga orang yang hidup dengan kondisi ekonomi yang sedikit kekurangan, dan serba berkekurangan, bahkan untuk makan sehari-hari saja mereka sangat kekurangan.

Kondisi perekonomian seseorang inilah yang kemudian membuat manusia untuk terpaksa berhutang. Berhutang atau meminjam ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tak memandang gender, usia, maupun latar belakang dan kondisi ekonomi seseorang. Yang pada umumnya hutang atau meminjam uang ini bisa kita lakukan melalui bank, atau mungkin melalui teman, saudara, atau melalui lembaga penyedia pinjaman lainnya.

Namun tak sedikit juga yang kemudian merasa kesulitan untuk membayar hutang dan kemudian mengakibatkan seseorang terjatuh ke dalam dosa, misalnya banyak kita jumpai kasus seseorang yang bunuh diri karena tidak sanggup untuk membayar atau melunasi hutangnya. Yang mana hal seperti ini yang tidak Tuhan kehendaki di dalam hidup orang percaya.

Namun bagaimana apabila kita sudah terlanjur terjerat di dalam lingkaran hutang ini? Dan rasanya akan sangat susah sekali untuk bisa terlepas dari lingkaran hutan ini bukan. Dan bagaimanakah caranya untuk melunasi hutang yang baik dan benar sesuai dengan firman Tuhan? Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips atau cara-cara agar kita bisa melunasi hutang dan dapat keluar dari jeratan hutan yang benar sesuai dengan firman Tuhan yang ada.

Baca Juga :  Ayat Alkitab Tentang Kesetiaan Pasangan

Cara Keluar Dari Jeratan Hutang Menurut Kristen

1. Meminta Bantuan Kepada Allah

@onfire-ministries

Hal yang pertama tentu saja yaitu adalah memohon bantuan kepada Tuhan Allah. Apabila kalian sudah terjebak di dalam lingkaran hutang pasti rasanya akan sangat susah sekali untuk bisa terlepas dan terbebas dari lingkaran hutang tersebut. Nah yang perlu kalian ketahui bahwa Tuhan kita merupakan Tuhan yang ajaib dan luar biasa, Ia mampu menolong kita untuk bisa keluar dari jeratan hutang dan supaya kita dapat membayar hutang dengan baik dan benar.

Yang perlu kalian semua lakukan yaitu adalah berdoa dan percaya kepada Tuhan. Percayalah kepada Tuhan bahwa Ia mampu untuk membawamu terleps dari jeratan hutang yang selama ini menghantui hidupmu. Jika kita mau untuk berserah dan percaya kepada Tuhan maka tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

Dan mintalah kepada Tuhan agar Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati setiap langkah di dalam hidup kalian supaya dengan begitu kalian tidak perlu lagi berhutang. Sebab Tuhanlah yang akan mencukupkan semua kebutuhan dan keperluan anak-anak-Nya yang berseru dan memohon di dalam nama-Nya.

2. Melunasi Hutang Secara Bertahap

@hargo

Jika kita sudah terpaksa untuk meminjam uang atau berhutang maka kita sudah harus dan wajib untuk membayar atau melunasi hutang tersebut. Dan jangan pernah berusaha untuk lari atau kabur dari hutang-hutang tersebut, sebab justru apabila kalian menghindar atau lari maka hutang-hutang tersebut akan seperti senantiasa mengejar dan menghantui kehidupan kalian setiap saat, dan hal inilah yang kemudian akan membuat hidup kalian sendiri tidak nyaman dan tidak aman.

Baca Juga :  Cara Pembaptisan Kristen [Lengkap]

Jika kalian memiliki hutang yang mungkin masih dalam jumlah kecil dan kebetulan kalian sedang memiliki berkat yang berlebih maka kalian bisa untuk segera melunasi hutang tersebut. Namun jika kalian memiliki hutang dalam jumlah yang besar dan kondisi kalian saat ini mungkin sedang kekurangan, maka sebaiknya agar memudahkan kalian dalam membayarnya kalian bernegosiasi dengan sang pemberi pinjaman.

Atau hal ini yang disebut dengan cicilan, yang mana pembayaran atau pelunasan hutang dilakukan secara bertahap sehingga tidak akan memberatkan kalian. Namun meskipun akan memakan waktu yang sedikit lebih panjang, ternyata membayar hutang dengan cicilan ini akan jauh terasa lebih ringan sebab kita masih memiliki sisa uang untuk menabung atau untuk kebutuhan lainnya yang cukup penting.

3. Mengakui Keadaan Keuangan Sendiri

@debt

Salah satu cara melunasi hutang secara Kristen yang cukup sering dilupakan oleh para orang percaya yaitu adalah untuk mengakui kondisi keuangan diri kita sendiri. Terkadang kita selalu merasa cukup, tidak berani mengakui bahwa kita sedang di dalam kesulitan.

Tidak adanya pengakuan dari diri kita sendiri inilah yang seringkali malah membuat kita jatuh ke dalam kesulitan yang semakin mendalam. Oleh karena itu, kenali bagaimana kondisi kita dan akui hal tersebut.

Ketika kita memang sedang merasa kesulitan untuk melakukan pelunasan hutang–hutang kita, katakanlah dengan sejujurnya kepada orang atau lembaga yang telah meminjamkan uang kepada kita. Lakukan negosiasi ulang dan cari cara atau jalan lainnya yang lebih baik untuk menyelesaikannya. Ketika kita mampu pun, kita harus mengakuinya dan segera membayar hutang tersebut, bukannya malah semakin lari dan menghindarinya.

Baca Juga :  Tanda Kiamat Menurut Kristen

4. Bekerja Keras

@temukanpengertian

Seseorang yang mau bekerja keras tentu akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan apa yang diberikannya atau dikerjakannya. Terlebih lagi jika kerja keras ini dibarengi dengan berserah dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Maka yakinlah bahwa Tuhan akan melihat apa yang telah engkau kerjakan dan apa yang menjadi kebutuhanmu saat ini.

Tuhan tidak akan membiarkan anak-anak-Nya untuk berjuang dan berusaha sendirian. Dia akan selalu menyertai kita dimanapun kita berada dan apa pun yang sedang kita kerjakan. Tuhan akan menjadi tempat kita untuk mengadu tentang semua keluh kesah kita akan dunia ini.

Dan jika kalian telah bekerja keras untuk bisa membayar hutang dan hutang kalian telah lunas maka yang harus kalian semua lakukan yaitu adalah tidak berhutang lagi. Sebab jika kalian jatuh ke dalam belenggu jeratan hutang lagi maka hal ini hanya akan membuat diri kalian sendiri menjadi kesulitan dan menjadi menderita.

Related posts: