Bimbingan Teknis Untuk Para Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Secara simbolis bimtek atau bimbingan teknis merupakan suatu pelatihan yang direncanakan lalu disampaikan oleh lembaga resmi guna sebagai meningkatkan mutu para peserta terpilih sesuai dengan materi pada bidang masing-masing. Terkait bimbingan teknis yang ditujukan untuk para Guru Sekolah Menengah Kejuruan, tentu akan ada materi-materi penting yang akan diberikan yang mana tujuannya untuk meningkatkan kualitas mengajar terhadap para peserta didik.

Ada banyak bimbingan teknis yang bisa disampaikan untuk para Guru dengan target membiasakan diri demi memberkan suatu pembelajaran yang lebih bonafit sesuai dengan perkembangan zaman. Terkait hal ini, terdapat sejumlah sekolah yang masih belum dilakukan pemetaan apakah sekolah tersebut harus mengikuti perkembangan zaman atau tetap pada porsi pendidikannya. Misalnya saja sekolah yang tidak memiliki jangkauan listrik atau internet. Hal ini akan sangat menyulitkan para Guru untuk mempraktikkan langsung materi yang sudah didapat setelah melakukan bimbingan tersebut.

Berbeda jauh dengan sekolah yang hingga kini mengalami banyak perubahan, terutama di perkotaan. Sudah ada ribuan Sekolah Menengah Kejuruan yang mengikuti perkembangan zaman, paling tidak masing-masing sekolah memiliki Laboratorium Komputer dengan kuantitas dan kualitas yang memadai. Sehingga hal ini akan mempermudah para Guru mengaplikasikan materi yang sudah didapat.

bimbingan teknis

Tujuan Diadakannya Bimbingan Teknis Beserta Pengaplikasiannya

Bimbingan teknis biasanya diadakan oleh beberapa sekolah per-Kabupaten yang terjaring MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Misalnya pihak Sekolah Menengah Kejuruan 1 Jakarta yang mengadakan bimbingan tersebut. Jadi lembaga tersebut akan mengundang perwakilan dari beberapa sekolah yang terjaring untuk memberikan materi yang akan disampaikan. Dan tujuan dari bimbingan tersebut bisa diketahui sebagai berikut;

  1. Memahami Kurikulum 2013 (K13)

Sejak tahun 2014 silam, ada suatu perubahan yang sangat signifikan yaitu perubahan kurikulum. Yang mana kurikulum 2006 atau KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dirubah menjadi Kurikulum 2013 atau K13. Jadi adanya bimbingan teknis tersebut akan membahas tentang perbedaan yang terjadi antara kedua kurikulum tersebut. Hal ini menjadi target pokok bagi para Guru untuk memberikan materi pelajaran terhadap para peserta didik sesuai dengan ketentuan Menristekdikti (Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi).

Baca juga : Contoh Makalah Mahasiswa Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

  1. Meningkatkan Integritas Sebagai Pendidik

Dalam aplikasinya, tujuan bimbingan teknis yang berikutnya yaitu mengharap para Guru untuk meningkatkan integritas sebagai tenaga kependidikan. Misalnya pada tahun-tahun sebelumnya masih ada Guru yang belum memiliki kemampuan terkait memberi materi pelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhannya. Adanya bimbingan ini sangat tepat untuk diberikan guna pada saat memberi materi pelajaran nanti, para peserta didik akan lebih memahami tentang pelajaran tersebut. Sehingga mereka akan lebih giat belajar bahkan memiliki kecerdasan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

  1. Memiliki Konsep Pembelajaran Terpadu

Tujuan bimbingan teknis yang ketiga yaitu para Guru sangat diharap untuk memiliki konsep pembelajaran terpadu. Dalam hal ini biasanya para Guru akan saling bertukar pikiran tentang cara belajar apa dan bagaimana yang nantinya bisa merubah pola pikir para peserta didik untuk terus maju dan berkembang pesat. Dengan bekal pengetahuan yang banyak, sudah pasti para Guru akan memiliki konsep yang terbaik demi terciptanya metode pembelajaran yang bervariasi baik dari yang paling mudah hingga tersulit.

  1. Mencetak Lulusan Terbaik

Dan tujuan bimbingan teknis yang terakhir yaitu para Guru dituntut untuk mencetak lulusan terbaik. Faktanya, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan harus bisa mandiri setelah keluar dari jenjang pendidikan yang diampu tersebut. Untuk itu peran serta guru sangat penting dengan diadakannya bimbingan ini. terlebih lagi para Guru harus memberikan pelajaran yang relevan sesuai dengan keahlian masing-masing peserta didik. Sehingga setelah para peserta didik lulus nanti, mereka akan tahu harus melangkah kemana antara lain bekerja sesuai bidangnya atau meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Jadi materi bimbingan teknis untuk para Guru Sekolah Menengah Kejuruan bisa saja terlaksana dengan baik atau tidak, karena hal tersebut bergantung pada keadaan yang sebenarnya. Lagipula bimbingan ini bisa diberikan lagi baik sebulan sekali atau dalam kurun waktu yang ditentukan oleh lembaga resmi.

Bimbingan Teknis Untuk Para Guru Sekolah Menengah Kejuruan 1

Artikel ini ditulis oleh saungwriter.com Jasa penulis Seo terbaik di indonesia.