Belajar Kalimat Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya

Posted on

Bahasa Sunda merupakan salah satu dari sekian banyaknya bahasa tradisional atau bahasa daerah yang ada di negara kita, Indonesia. Bahasa Sunda ini merupakan sebuah bahasa yang berasal dari percabangan Melayu-Polinesia yang termasuk ke dalam rumpun bahasa Austroesia. Bahasa Sunda ini menjadi bahasa dengan penutur terbanyak ke 2 (dua) di Indonesia setelah bahasa Jawa. Yaitu sekitar kurang lebih 42 juta orang yang menggunakan dan menuturkan bahasa Sunda ini sebagai bahasa ibunya dan sebagai bahasa untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-harinya.

Belajar Bahasa Sunda

@airyrooms

Bahasa Sunda ini digunakan dan dituturkan di hampir seluruh wilayah provinsi Jawa Barat dan di wilayah provinsi Banten, serta juga sebagian wilayah Jawa Tengah bagian barat seperti di wilayah Kabupaten Brebes dan sebagian wilayah kabupaten Cilacap. Serta di wilayah Jakarta dan diseluruh wilayah provinsi di Indonesia dan bahkan wilayah luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi dari Suku Sunda atau orang Sunda berada.

Nah di dalam bahasa Sunda pun juga terdapat berbagai macam dialek yang berbeda-beda dalam pengucapan dan penggunaan bahasa Sunda ini. Menurut para ahli ada 6 (enam) dialek berbeda yang ada di dalam penuturan dan penggunaan bahasa Sunda yaitu sebagai berikut ini:

  1. Dialek barat yang di tuturkan oleh warga masyarakat Sunda yang ada di daerah Banten dan sebagian daerah Lampung.
  2. Dialek utara yang di tuturkan oleh masyarakat Sunda yang ada di wilayah Sunda Utara yaitu seperti Kota Bogor dan sebagian daerah pantai utara Jawa Barat lainnya.
  3. Dialek selatan atau di sebut juga dengan dialek priangan yang dituturkan oleh masyarakat Sunda yang berada di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.
  4. Dialek tengah timur yang dituturkan oleh warga masyarakat Sunda yang ada di daerah sekitar kabupaten Majalengka dan sebagian kabupaten Indramayu.
  5. Dialek timur laut yang di tuturkan oleh warga masyarakat Sunda yang ada di daerah Cirebon, Kuningan dan sebagian warga Kabupaten Brebes dan Tegal yang ada di provinsi Jawa Tengah.
  6. Dialek tenggara yang di tuturkan oleh warga masyarakat Sunda yang ada di sekitar kabupaten Ciamis dan juga sebagian warga yang ada di kabupaten Cilacap dan kabupaten Banyumas yang masuk ke dalam provinsi Jawa Tengah.

Belajar bahasa Sunda bisa dilakukan melalui media apa saja. Mulai dari mengikuti kursus bahasa Sunda, belajar dengan penutur aslinya alias orang Sunda asli dan bisa secara otodidiak seperti melalui tulisan-tulisan atau quotes bijak yang ditulis dalam bahasa Sunda.

Artikel Terkait : Daftar Pendapatan / Gaji TNI POLRI di Indonesia

Baca Juga :  Tokoh Tokoh Alkitab

Buat kalian nih yang mau belajar bahasa Sunda tapi bingung mau belajar dimana dan dengan siapa, di sini akan saya berikan sedikit kata-kata bijak dalam bahasa Sunda beserta dengan artinya. Kalian dapat mulai belajar bahasa Sunda dengan membaca kalimat-kalimat dan kata-kata bijak dalam bahasa Sunda ini dan pahamilah artinya secara perlahan.

Kata Bijak Dalam Bahasa Sunda

@pinterest
  • Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur

Artinya : hidup ini haruslah selalu diawali dengan berdoa dan ditutup dengan rasa syukur

  • Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi

Artinya : orang disebut miskin bukanlah ketika ia tidak memiliki harta, namun ketika ia telah kehilangan cinta dari keluarga

  • Dinamika cinta, lamun aya hiji perkawis anu leupat, mending dipilarian jalan kanggo ngabenerkeunana, tibatan sibuk milarian saha bae anu kedah di salahkeun

Artinya : dalam sebuah hubungan percintaan, apabila ada sesuatu yang salah lebih baik untuk mencari solusi dan jalan keluar untuk memperbaikinya dari pada sibuk mencari-cari siapa yang harus disalahkan

  • Ulah sieun mikacinta, ku sabab kantos ngarasa gagal, aya hiji jalmi diluaran ditu anu naros, sepertos kumaha rasana dimikacinta ku salira?

Artinya : jangan takut untuk mencintai karena akan merasa gagal, ada seseorang diluar sana yang bertanya, bagaimana rasanya di cintai olehmu?

  • Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna oge sorangan nanging anggeur katembong masihan cahyana.

Artinya : janganlah kamu merasa sedih karena kamu merasa sendirian. Lihatlah sang rembulan itu, dia juga sendirian namun ia tetap memberikan cahayanya.

  • Pilih hiji perkawis anu saluyu kana hate salira, sanajan kaayaan henteu mihak ka salira, yakin! Kaayaan tangtos tiasa robah lamun salira tiasa ikhlas dina jero hate.

Artinya : pilihlah satu hal yang sesuai dengan hatimu, meskipun keadaan tak berpihak padamu, yakinlah! Keadaan pasti akan berubah jika kamu dapat ikhlas dari dalam hati

  • Rerencangan eta sapertos bulan, onggal weungi anu poek cahyana teteup nyaangan urang. Cacak manehana jarang dongkap, nanging manehana teuras aya.

Artinya : sahabat itu bagaikan rembulan, di setiap malam yang gelap sinarnya tetap menyinari kita. Walaupun ia jarang datang, namun ia selalu ada.

  • Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira

Artinya : sebelum kamu memberi mereka nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu

  • Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung diresepan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng.

Artinya : nafsu merupakan suatu hal yang bersifat sementara namun lebih dulu disukai dan digemari, dari pada hal-hal yang bersifat abadi dan kekal

  • Salira rumaos ngarasa leuwih hade, sanes sabot sadaya masalahna tos rengse, nanging sabot salira eureun ngahawatirkeun masalah salira

Artinya : kamu akan merasa lebih baik bukan saat semua masalahmu sudah selesai, tapi saat kamu berhenti mengkhawatirkan semua masalah-masalahmu yang ada

  • Jalmi tiasa sukses, margi gaduh seueur cara. Sedengkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seueur teuing alesan

Artinya : orang dapat sukses karena ia mempunyai banyak cara. Sedangkan orang bisa gagal karena ia mempunyai banyak sekali alasan

  • Sakali salira nyarios henteu tiasa. Mangka, didinya oge salira kaleungitan kasempetan kanggo tiasa

Artinya : sekali kamu berkata tidak bisa. Maka, disana juga kamu akan kehilangan kesempatanmu untuk dapat melakukannya

Artikel Terkait : Kerajaan Hindu Budha di Indonesia dan Peninggalannya

  • Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana.

Artinya : setiap masalah yang datang saat ini, bukanlah untuk menjatuhkan mu tapi untuk menguji seberapa kuat kamu bisa menahannya dan melaluinya

  • Eureun naroskeun, kumaha carana meunangkeun anu salira pikahayang? Margi jawaban anu salira panggihan nyaeta ngan saukur iwal ti usaha

Artinya : berhentilah bertanya bagaimana caranya untuk bisa menggapai dan mendapatkan yang kamu inginkan. Karena jawaban yang akan kamu temukan hanyalah usaha

  • Lamun salira mikahayang hiji perkawis anu teuacan kantos salira mipiboga, mangka salira ngalakukeun hiji perkawis, anu teuacan kantos salira pigawean

Artinya : jika kamu menginginkan sesuatu yang belum pernah kamu miliki, maka kamu harus melakukan sesuatu yang belum pernah kamu kerjakan.

Itulah tadi beberapa kata bijak dalam bahasa Sunda. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian dalam belajar bahasa Sunda.

kata kata bijak sunda, Kata bijak bahasa sunda, macam macam kalimat bahasa sunda, kata kata bijak bahasa sunda, kata sunda, https://fouronstate com/belajar-kalimat-bahasa-sunda-dan-artinya/192/, Gambar kata miskin bahasa sunda, kata mutiara jawa cirebon, kata nasehat bahasa sunda, bahasa sunda sedih
Related posts: