Gambar Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Posted on

Apakah kalian tahu dengan alat yang di namakan mikroskop? Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahui dan pernah melihat bahkan pernah menggunakan alat mikroskop ini. Mungkin di bangku sekolah dahulu kita pernah di ajarkan mengenai bagaimana cara kerja dari alat mikroskop ini.

Tentang Mikroskop

@tokopedia.com

Mikroskop berasal dari kata Microscope dalam bahasa Inggris. Micro memiliki arti kecil dan Scope memiliki arti melihat. Mikroskop merupakan alat yang sangat penting di dalam laboratorium, terutama di dalam laboratorium biologi dan laboratorium mikrobiologi. Adapun fungsi utama dari mikroskop ini yaitu adalah untuk melihat obyek yang memiliki ukuran sangat kecil seperti mikroorganisme yang tidak bisa di lihat dengan menggunakan mata telanjang.

Dengan memakai mikroskop ini kalian bisa melihat obyek dari benda yang ukuran nya sangat kecil menjadi ukuran yang ebih besar. Ukuran perbesaran yang ada pada mikroskop yaitu mulai dar 40 kali, 100 kali, 400 kali hingga 1000 kali. Jumlah mikroorganisme ini sangat banyak sekali di dunia. Para ilmuwan dan para peneliti memperkirakan bahwa jumlah nya mencapi triliunan mikroorganisme.

Sedangkan dari jumlah tersebut hanya sekitar 0,01 persen yang sudah di identifikasi dan di kenali. Sisanya yaitu 99,99 persen sisa nya masih belum di identifikasi. Para ilmuwan dan peneliti pun hingga saat ini masih terus berusaha dan bekerja keras untuk mengidentifikasi jenis mikroorganisme yang masih belum teridentifikasi tersebut. Dan salah satu alat yang sangat memiliki peranan penting untuk membantu penelitian para ilmuwan ini yaitu adalah mikroskop.

Nah pada alat mikroskop ini memiliki beberapa bagian nya masing-masing. Dan masing-masing bagian dari mikroskop ini mempunyai kegunaan dan fungsi nya sendiri-sendiri. Lalu tahukah kalian bagian-bagian dari mikroskop ini? Berikut akan saya jelaskan beberapa bagian yang ada dalam mikroskop.

Bagian Mikroskop dan Fungsinya

  • Lensa Okuler
@ponselgraphy.com

Lensa okuler merupakan sebuah lensa yang letak nya berada pada bagian ujung atas tabung yang berada dekat dengan mata si pengamat. Lensa okuler merupakan jenis lensa yang ada pada mikroskop yang berguna untuk memperbesar dan membalik bayangan yang berasal dari lensa obyektif.

Artikel Terkait : Pengertian, Jenis dan Penerapan Induksi Elektromagnetik

Baca Juga :  Contoh, Jenis dan Pengertian Bioteknologi

Perbesaran bayangan pada lensa okuler yaitu adalah 5 sampai 30 kali. Bayangan yang di hasilkan oleh lensa okuler ini bersifat maya, tegak, dan di perbesar dari lensa objektif.

  • Lensa Objektif
@bukubiruku.com

Lensa objektif ini merupakan lensa di mikroskop yang letak nya berada dekat dengan obyek yang akan diamati atau di teliti. Lensa obyektif merupakan bagian mikroskop yang bisa menghasilkan bayangan yang memiliki sifat nyata, terbalik, dan di perbesar. Di dalam sebuah mikroskop biasa nya terdapat 3 buah lensa objektif yang masing-masing berbeda perbesaran nya.

Lensa objektif ini juga di atur dengan revolver dalam menentukan pembesaran dan pengecilan yang ada dalam lensa objektif tersebut. Pada saat memakai lensa objektif ini biasa nya para pengamat akan mengoleskan minyak emersi pada obyek yang akan diamatinya tersebut. Tujuan dari pengolesan minyak emersi ini yaitu sebagai pelumas dan supaya bayangan benda yang akan diamati menjadi lebih jelas.

  • Tabung Mikroskop (Tubus)
@dimasfan.com

Tabung mikroskop ini terletak di antara bagian lensa okuler dan lensa objektif. Tabung mikroskop ini menjadi penghubung antara lensa okuler dan juga lensa objektif. Sementara fungsi dari tabung mikroskop ini yaitu adalah untuk mengatur fokus yang ada di dalam mikroskop tersebut.

  • Makrometer
@bukubiruku.com

Di dalam mikroskop juga terdapat sebuah pemutar yang di sebut dengan makrometer atau biasa di sebut juga dengan pemutar kasar. Makrometer atau pemutar kasar ini letak nya berada di bagian atas mikrometer. Pemutar kasar atau makrometer ini memiliki fungsi yaitu untuk menarik dan menurunkan tabung mikroskop dengan secara cepat dan tepat.

  • Mikrometer
@bukubiruku.com

Selain makrometer atau pemutar kasar, pada mikroskop juga terdapat sebuah pemutar halus atau biasa di sebut juga dengan mikrometer. Pemutar halus ini letak nya berada di bagian bawah dari pemutar kasar pada mikroskop.

Adapun fungsi dari mikrometer atau pemutar halus ini yaitu untuk menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop secara lambat dan tepat. Pemutar halus atu mikrometer ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari pada makrometer atau pemutar kasar.

  • Revolver
@mikroskopevergleichen.de

Revolver adalah tempat untuk lensa obyektif. Pada revolver ini biasa nya terdapat 3 buah lensa obyektif dengan perbesaran nya masing-masing 4 kali, 10 kali dan 100 kali. Cara penggunaan dan pemakaian dari revolver ini juga cukup mudah.

Cara nya yaitu dengan cara memutar revolver ke kanan atau pun ke kiri jika ingin mengganti perbesaran dari lensa obyektif ini. Di dalam mikroskop revolver mempunyai fungsi utama yaitu untuk mengatur perbesaran dan juga mengatur pengecilan dari lensa objektif.

  • Reflektor
@bukubiruku.com

Di dalam mikroskop reflektor terdiri dari 2 (dua) jenis cermin, yaitu cermin cekung dan cermin datar. Reflektor pada mikroskop memiliki fungsi yaitu untuk memantulkan cahaya yang berasal dari cermin ke meja obyek yang melewati lubang yang ada di dalam meja obyek lalu kemudian akan di teruskan ke dalam lensa okuler.

Cermin datar di pakai pada saat cahaya yang di perlukan bisa terpenuhi, sedangkan apabila cahaya tidak terpenuhi maka akan memakai cermin cekung sebab fungsi dari cermin cekung di sini ialah untuk mengumpulkan cahaya.

  • Diafragma
@dimasfan.com

Pada bagian mikroskop juga memiliki bagian yang di sebut dengan diafragma. Bagian diafragma ini memiliki fungsi utama untuk mikroskop yaitu guna mengatur banyak dan sedikit nya cahaya yang masuk atau cahaya yang di gunakan. Bagian diafragma pada mikroskop ini letak nya ada di bawah meja mikroskop dan di atas kondensor.

  • Kondensor
@christyarumsari.blogspot.com

Di bagian bawah diaframa, terdapat bagian mikroskop yang di sebut dengan kondensor. Kondensor pada mikroskop ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan cahaya yang di pantulkan dari cermin lalu kemudian akan memusatkan nya kepada obyek.

Adapun cara untuk menggunakan bagian kondensor ini yaitu adalah dengan cara memutar nya ke kanan maupun ke kiri dan selain itu bisa juga untuk di gerakkan dengan naik dan turun.

  • Cermin
@dimasfan.com

Cermin yang ada pada mikroskop ini mempunyai fungsi untuk menerima dan juga mengarahkan cahaya yang telah di terimanya dengan cara memantulkan cahaya yang sudah masuk tersebut.

  • Meja miskroskop
@ilmupengetahuanbiologi.blogspot.com

Meja mikroskop ini memilii fungsi sebagai tatakan atau tempat untuk meletakkan obyek benda yang akan diteliti atau diamati.

Artikel Terkait : Fungsi, Proses dan Sistem Peredaran Darah Manusia

  • Penjepit Kaca
@bukubiruku.com

Penjepit kaca ini berada di bagian meja mikroskop. Fungsi dari penjepit kaca ini yaitu adalah untuk menjepit kaca yang menjadi pelapis objek supaya objek tersebut tidak mudah bergeser.

  • Kaki Mikroskop
@bukubiruku.com

Kaki mikroskop ini merupakan bagian mikroskop yang paling bawah. Bagian kaki mikroskop ini berfungsi untuk menopang dan menyangga mikroskop supaya tidak mudah terjatuh.

Itulah tadi bagian-bagian yang ada pada mikroskop. Semoga dengan membaca artikel ini kalian menjadi lebih paham dan mengerti tentang bagian yang ada di mikroskop.

Gambar masing masing bagian mikroskop
Related posts: