9+ Asuransi kendaraan MSIG, Berkendara TANPA Cemas

Asuransi kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas Kebutuhan asuransi saat ini bagi kebanyakan orang sudah dirasa penting diperlukan untuk proteksi hampir di setiap aspek kehidupan. Contohnya asuransi kendaraan bermotor yang dapat memberikan proteksi keamanan kendaraan dari resiko kerusakan akibat kecelakaan ataupun kehilangan akibat pencurian.

Kebutuhan asuransi kendaraan bermotor ini seakan menjadi hal wajib bagi setiap pemilik kendaraan, mengingat harga beli kendaraan seperti kendaraan motor dan mobil yang terbilang mahal saat ini, selain itu harga perbaikan dan reparasi kendaraan yang juga terbilang tidak sedikit.

Oleh karena itu, pentingnya mengcover setiap resiko di atas dengan kepemilikan asuransi. Bagi anda yang ingin mendaftar dan mengasuransikan kendaraannya, maka harus tahu seluk beluk asuransi kendaraan bermotor, manfaat serta fungsinya. Hal ini berguna bagi Anda untuk memilih produk asuransi mana yang tepat buat kebutuhan anda.

Pengertian Asuransi Kendaraan

pengertian dari asuransi kendaraan bermotor

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang diperuntukkan khusus bagi kendaraan seperti mobil maupun motor, dalam hal ini segala resiko yang terjadi pada kendaraan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Baca juga gaes : Bimbingan Teknis Untuk Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Jenis Asuransi Kendaraan

jenis asuransi kendaraan bermotor di indonesia

Dalam hal ini asuransi kendaraan juga sering disebut asuransi kendaraan bermotor yang artinya khusus bagi dua jenis kendaraan bermotor seperti :

  • Asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan jenis asuransi yang khusus menanggung atau memproteksi kendaraan mobil dari resiko kerusakan akibat kecelakaan, reparasi, ataupun kehilangan akibat pencurian.

  • Asuransi motor

Asuransi motor adalah jenis asuransi yang menanggung penjaminan ganti rugi resiko dari kerusakan akibat kecelakaan, atau kehilangan akibat pencurian dan resiko lainnya.

Perlunya Asuransi Kendaraan

9+ Asuransi kendaraan MSIG, Berkendara TANPA Cemas 1

Tingginya angka penjualan mobil di negara Indonesia berbanding lurus dengan banyaknya terjadi kecelakaan. Kepolisian Republik Indonesia saja mencatat bahwa ada sekitar 27.910 jiwa yang tewas dari 103.672  kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di tahun 2018 dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Kerugian sosial ekonomi yang terjadi akibat kecelakaan tersebut diperkirakan mencapai 200 sampai 300 triliun per tahunnya. Meski pada tahun 2017  angka kecelakaan dan korban lebih besar, dan di tahun lalu sempat menurun, nyatanya angka kecelakaan tersebut masih terbilang tinggi.

Salah satu upaya meminimalisir resiko kerugian ekonomi yang begitu besar tersebut adalah dengan kesadaran masyarakat untuk memproteksi kendaraannya.

Tingginya penjualan mobil di Indonesia juga harus berbanding lurus dengan proteksi asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan sangat dianjurkan untuk melindungi kerugian atas segala resiko akibat kejadian tak terduga seperti kecelakaan.

Memang kebanyakan orang berdalih bahwa berasuransi hanya akan menambah anggaran bulanan keluarga, namun jika disadari manfaatnya tentunya akan berbanding terbalik. Anda akan terhindar dari biaya kerugian yang luar biasa jika terjadi resiko buruk tak terduga yang bisa terjadi kapan saja. Tentunya hal ini akan lebih menambah anggaran semakin membengkak dan perencanaan anggaran keluarga menjadi berantakan.

Oleh karena itu, pentingnya mengasuransikan kendaraan anda adalah cara aman yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerugian materi tak terduga akibat resiko kerusakan atau kehilangan yang mungkin terjadi di masa mendatang atau kapan saja. Pihak penyedia asuransi akan menjamin dan menanggung biaya ganti rugi tersebut untuk anda.

Manfaat Asuransi Kendaraan Secara Umum

pentingnya menggunakan asuransi kendaraan

Salah satu cara meminimalisir resiko kerugian akibat kecelakaan di jalan adalah dengan berasuransi. Asuransi kendaraan dapat memberikan manfaat secara umum pada pemiliknya yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk memberikan perlindungan

Asuransi dapat memberikan proteksi atau perlindungan bagi kendaraan terhadap kerugian materi atas resiko akibat kejadian tak terduga yang mungkin terjadi kapan saja. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya ganti rugi resiko akibat kerusakan maupun akibat kehilangan.

  1. Membantu perencanaan keuangan

Jika kendaraan mengalami  kejadian tak terduga seperti kerusakan akibat kecelakaan, tentunya akan ada biaya perbaikan yang bisa terbilang mahal. Dengan berasuransi, maka biaya kerusakan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Dengan begitu, anda tidak akan terbebani dengan biaya kerugian akibat kerusakan tersebut. Sehingga hal ini tidak akan mengganggu perencanaan keuangan anda.

  1. Memberikan rasa aman

Dengan berasuransi, anda akan merasa aman dan tidak perlu merasa khawatir atas kemungkinan resiko kerugian yang terjadi kapan saja. Berasuransi juga dapat memberikan kepercayaan diri pada pengemudi saat berkendara, terhindar dari was – was atau rasa takut jika kendaraan akan rusak di jalan.

  1. Perlindungan lebih

Selain pertanggungan atas resiko kejadian tak terduga, beberapa jenis asuransi kendaraan juga menawarkan perlindungan lebih seperti penawaran bantuan hukum pada pihak ketiga jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga dan perlindungan asuransi jiwa sebagai perlindungan tambahan dalam asuransi kendaraan.

  1. Mendapatkan layanan tambahan

Jika suatu saat anda mengalamai kendala saat dalam perjalanan, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan bantuan dan layanan seperti call center atau fasilitas hotline 24 jam, mobil pengganti dan derek mobil.

Jenis Perlindungan Asuransi

Sedangkan untuk jenis perlindungan asuransi kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, terdapat jenis proteksi yang biasanya terdapat dalam polis produk asuransi manapun. Setiap produk asuransi memiliki jenis proteksi yang berbeda – beda yang ditawarkan pada nasabahnya.

Contoh jenis perlindungan asuransi yang umum ditawarkan adalah :

  • Komprehensif (Comprehensive)

Jenis perlindungan komprehensif sering juga disebut dengan jenis asuransi perlindungan all risk (semua resiko) yang bisa diartikan sebagai jenis asuransi yang menanggung berbagai jenis kerugian atau resiko kerusakan dan kehilangan.

Jaminan atau ganti rugi atas resiko kerusakan atau kehilangan akan ditanggung sebagian maupun keseluruhan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam polis produk asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut.

Namun, jenis perlindungan asuransi tipe comprehensive ini belum memberikan proteksi terhadap pemilik polis asuransi dari resiko perluasan seperti resiko banjir, keributan, tindak criminal ataupun kerusakan yang disebabkan oleh pihak ketiga.

Jenis perluasan ini bukanlah sebuah keharusan dan merupakan hal opsional yang bisa ditambahkan ke dalam polis asuransi sesuai kebutuhan anda.

Sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, perlindungan jenis comprehensive in memberikan proteksi atas resiko seperti

  1. Kerusakan kendaraan akibat kecelakaan seperti tabrakan, benturan, tergelincir, kendaraan terbalik, terperosok, dan perbuatan jahat seperti pencurian baik tanpa atau disertai dengan kekerasan dan ancaman.
  2. Kerusakan kendaraan akibat kebakaran yang disebabkan kebakaran benda lain yang berada di dekat kendaraan pemilik asuransi, atau kebakaran di tempat penyimpanan kendaraan, juga akibat sambaran petir, karena air, atau akibat alat – alat yang digunakan untuk mencegah dan memadamkan kebakaran, serta akibat dimusnahkannya seluruh atau sebagian kendaraan bermotor oleh perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran tersebut.
  3. Kerusakan kendaraan atau kerugian selama kendaraan dalam perjalanan penyeberangan dalam kapal laut selama masih berada dalam pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, dan termasuk kerugian akibat kecelakaan akibat kapal yang ditumpanginya.

Manfaat perlindungan asuransi tipe Comprehensive

Asuransi mobil tipe comprehensive ini memberikan keleluasaan dan kenyamanan bagi anda untuk melakukan jenis klaim asuransi apapun.

Pasalnya, asuransi jenis ini memberikan proteksi yang mencakup kerusakan sebagian (partial loss) maupun kerusakan total (total loss).

Jika kendaraan anda tergores atau mengalami kerusakan kecil apapun anda dapat langsung mengajukan klaim asuransi.

Dengan demikian hal tersebut dapat memberikan efek ketidakkhawatiran atas segala resiko kerusakan apapun dan memberikan ketenangan bagi anda selama berkendara.

Kelebihan dan kekurangan asuransi comprehensive

Kelebihan jenis perlindungan comprehensive ini tentunya seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hampir segala jenis kerugian dan resiko akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, jadi anda tidak perlu khawatir akan kerugian materi yang mungkin terjadi.

Anda juga bisa mengajukan klaim berkali – kali akibat kerusakan kendaraan yang mungkin sering terjadi baik kerusakan kecil maupun besar.

Sayangnya, premi asuransi jenis all risk atau comprehensive ini biasanya lebih mahal dibandingkan dengan jenis perlindungan asuransi lainnya. Namun tentunya sepadan dengan rasa aman dan ketenangan atas proteksi yang menyeluruh yang ditawarkan jenis perlindungan ini.

  • Total Loss Only (TLO)

Asuransi jenis perlindungan TLO atau Total Loss Only ini adalah jenis asuransi yang menanggung dan menjamin kerugian kendaraan akibat kerusakan kecelakaan dengan tingkat kerusakan sebesar 75% ke atas, juga akibat kendaraan terbakar, atau akibat hilang dicuri maupun akibat perampasan paksa.

Berbeda dengan perlindungan jenis comprehensive, jika kendaraan anda tergores sedikit atau baret, anda tidak bisa mengajukan klaim asuransi atas kerusakan kecil tersebut.

Artinya, anda bisa mengajukan klaim asuransi jika kendaraan anda memiliki kerusakan sekitar 75% dalam arti kendaraan anda sudah tidak dapat digunakan lagi, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian anda tersebut. Begitu juga dengan jaminan ganti rugi akibat resiko kehilangan.

Manfaat perlindungan asuransi tipe TLO

Meski jenis perlindungan TLO ini tidak bisa mengcover semua jenis resiko seperti pada asuransi tipe komprehensif, namun asuransi TLO juga dapat memberikan manfaat seperti :

Asuransi TLO membuat anda lebih berhati – hati berkendara

Tidak setiap resiko kerusakan kecil akan ditanggung jenis asuransi TLO, oleh karena itu pengemudi akan lebih berhati – hati dalam berkendara dan meminimalisir kecerobohan dalam berkendara.

Asuransi TLO lebih hemat

Dibandingkan asuransi komprehensif yang mengharuskan nasabahnya membayar premi asuransi yang mahal karena kelebihannya yang bisa mengajukan kalim berkali – kali, berbeda dengan asuransi TLO yang premi asuransinya lebih murah dan lebih hemat.

Anda bisa menghemat pengeluaran premi asuransi dengan memilih jenis asuransi ini yang dapat digunakan sekali ketika kendaraan mengalami kerusakan parah atau kehilangan.

Pada hakikatnya, anda bisa membayangkan resiko apa yang mungkin terjadi pada kendaraan anda, dan memutuskan kebutuhan asuransi mana yang lebih baik. Apakah asuransi dengan tipe mengcover segala jenis kerugian, ataupun hanya pada kerugian akibat kerusakan parah saja. Semua tergantung kebutuhan dan antisipasi anda terhadap resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan anda.

Kelebihan dan kekurangan jenis  perlindungan asuransi TLO

Dapat diambil kesimpulan bahwa jenis perlindungan asuransi TLO dapat memberikan manfaat anggaran premi yang lebih murah ketimbang dengan biaya premi jenis all risk/comprehensive.

Namun dibalik kelebihannya, tentunya jenis asuransi dengan perlindungan ini tidak bisa mengcover atau menjamin ganti rugi atas kerugian di semua resiko kerusakan kecil sekalipun.

  • Perluasan Jaminan Asuransi

Jenis perlindungan asuransi ini adalah proteksi perluasan yang ditawarkan oleh pihak asuransi untuk ditambahkan pada polis asuransi. Tujuannya memberikan jaminan ekstra pada segala resiko yang ditambahkan pada polis.

Adapun tambahan atau perluasan pertanggungan yang ditawarkan biasanya mencakup resiko yang disebabkan oleh sebagai berikut :

  1. Resiko akibat kerusakan air seperti banjir, topan, dan badai.
  2. Resiko kerusuhan
  3. Resiko gempa bumi atau tsunami
  4. Resiko sabotase atau terorisme.
  5. Resiko pihak ketiga atau disebut Third Party Liability(TPL).
  6. Resiko kecelakaan pengemudi.
  7. Resiko akibat kecelakaan penumpang.
  8. Bantuang Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).
  9. Biaya bengkel resmi.

Resiko perluasan di atas sangat mungkin terjadi di Indonesia, contohnya resiko banjir yang tiap tahun sering terjadi khususnya di daerah ibu kota Jakarta.

Besaran rate premi resiko perluasan ini beragam di setiap jenis perluasan yang anda ingin tambahkan. Biasanya besaran rate premi adalah sebesar 0,075% sampai dengan 0,1% dari harga kendaraan. Tambahan biaya premi perluasan tersebut akan ditambahkan pada biaya premi asuransi pokok anda.

Bagaimana Perhitungan Premi Total Loss Only (TLO) dengan premi Comprehensive/all risk?

Umumnya setiap premi asuransi yang ditawarkan dari pihak penyedia asuransi akan bervariatif tergantung kebijakan pihak asuransi tersebut.

Namun secara umum, cara menghitung premi asuransi jenis comprehensive/all risk dengan TLo adalah berdasarkan rate asuransi mobil TLO dan comprehensive dikalikan dengan harga mobil. Rate premi bisa berbeda – beda yang didasarkan pada setiap kategori dan wilayah tertentu.

Bagaimana cara menghitungnya?

Contohnya anda memiliki sebuah mobil bermerk Toyota Avanza seri 1.3 G M/T dengan harga Rp. 206 juta. Anda berada di domisili DKI Jakarta, dan jika mengambil asuransi TLO dengan kategori wilayah 2 dan kategori 3 yaitu besaran rate di 0,38% – 0,42%. Maka biaya premi yang dibayarkan adalah :

0.38% x Rp 206.000.000 = Rp 782.800

Sedangkan jika anda memilih asuransi all risk, maka rate asuransi kategori 3 adalah sebesar 2,08%-2,29%. Maka premi yang harus anda bayar adalah :

2,08% x Rp206.000.000 = Rp4.284.800

Kita bisa melihat perbedaan harga premi yang cukup jauh, namun perbedaan tersebut tentunya juga berpengaruh pada klaim resiko yang didapat nantinya. Semakin besar harga premi, semakin banyak resiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Anda bisa mempertimbangkan besaran harga premi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda dan melihat dengan bijak bahwa premi asuransi memang cukup dibayar sekali saja dan proteksi asuransinya berlaku selama satu tahun. Namun hal tersebut dapat diperpanjang dengan membuat kontrak asuransi yang baru.

Pilih Total Loss Only (TLO) Atau Comprehensive?

Ketika hendak memilih asuransi kendaraan dan sudah mengetahui manfaat dan keuntungan dari jenis proteksi asuransi di atas, pertanyaannya manakah yang harus dipilih? Pilih TLO atau comprehensive?

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing – masing, dan seperti yang sudah dijelaskan di bagian atas, dari fungsi dan cara menghitungnya, dapat disimpulkan bahwa biaya premi all risk jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya premi TLO. Biaya tersebut juga belum ditambah dengan biaya proteksi perluasan.

Sebelum anda memutuskan mana jenis asuransi yang terbaik untuk kendaraan bermotor anda, anda bisa melihat dari kendaraan anda sendiri. Jika harga kendaraan anda terbilang tinggi sehingga membutuhkan biaya yang tinggi juga buat biaya perbaikan sekecil apapun, maka sebaiknya memilih asuransi jenis perlindungan all risk. Jenis asuransi tersebut juga cocok bagi mereka yang memiliki usaha rental mobil atau memiliki usaha kursus mengemudi.

Pertimbangkan juga frekuensi pemakaian kendaraan anda. Semakin sering dipakai kendaraan tersebut semakin besar pula kemungkinan resiko kecelakaan yang dapat terjadi. Lagi – lagi disini pilihannya adalah asuransi all risk.

Sementara itu, jika kendaraan lebih sering parkir di rumah atau sering tidak digunakan, maka sebaiknya memanfaatkan asuransi jenis TLO. Tentunya asuransi ini mengambil manfaat jaga – jaga jika kemungkinan terjadi tindak kriminalitas seperti pencurian mobil atau motor. Terlebih lagi, jika daerah yang anda tinggali adalah daerah rawan dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Dengan berasuransi tentunya dapat mencegah kerugian dibanding harus menanggungnya.

Bisakah Polis Asuransi Comprehensive dan TLO Dikombinasikan ?

Jika anda ingin mengambil manfaat dari keuntungan asuransi comprehensive/all risk dan TLO, tak perlu khawatir, karena kedua jenis proteksi tersebut bisa dikombinasikan.

Misalnya, jika anda membeli mobil baru dan hendak beli asuransi mobil ataupun ingin mengasuransikannya, tidak ada salahnya untuk memilih polis asuransi all risk pada tahun pertama dan kedua. Setelah itu, barulah pada tahun ketiga dan selanjutnya, mobil diasuransikan dengan memakai polis asuransi TLO.

Pertimbangan beban finansial dan resiko kerusakan akan berimbang jika menggunakan cara kombinasi polis di atas.

Mengapa tahun pertama dan kedua menggunakan polis all risk? Jawabannya karena jika terjadi kerusakan pada mobil baru, seperti diketahui biaya yang akan dikeluarkan relatif tinggi untuk perbaikan mobil baru. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan asuransi all risk yang mengcover resiko kerusakan sekecil apapun pada mobil baru anda.

Sedangkan tahun ketiga dan selanjutnya dimana usia mobil sudah terbilang tua, maka tidak ada salahnya mengambil polis asuransi TLO untuk resiko kerusakan total atau kehilangan saja dengan pertimbangan biaya premi asuransi yang lebih murah.

Pilih Asuransi Terpercaya dan Aman

9+ Asuransi kendaraan MSIG, Berkendara TANPA Cemas 2

MSIG adalah perusahaan asuransi yang menyediakan solusi berasuransi lebih dari 100 tahun. Sebagai perusahaan asuransi kendaraan terkemuka yang sudah berdiri lama, MSIG berkomitmen untuk memberikan solusi asuransi yang efektif, efisien, mudah dipahami dengan layanan yang terbaik. Selain itu, pemegang polis atau nasabah akan diberikan layanan klaim yang cepat dan responsive.  MSIG sebagai penanggung resiko, akan melakukan biaya ganti rugi terhadap kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor anda yang disebabkan oleh segala jenis kecelakaan, kehilangan akibat pencurian, resiko penyeberangan kapal feri, kerusakan ban dan lainnya. MSIG juga menyediakan jenis asuransi yang terdiri dari jenis proteksi comprehensive dan TLO.  Kebijakan asuransi komprehensif/all risk Mencakup kerusakan atau kehilangan kendaraan baik kerugian akibat kerusakan total maupun sebagian dan tanggung jawab konsekuensi keuangan pada pihak ketiga.  Total Loss Only (T.L.O)Mencakup pertanggungan akibat kerusakan yang biaya perbaikannya memerlukan sekitar 75% dari nilai kendaraan bermotor tersebut dan juga mencakup kehilangan karena pencurian yang belum ditemukan dalam waktu 60 hari.  Resiko Perluasan · Mencakup kecelakaan pribadi sebagai penumpang· Mencakup perlindungan asuransi untuk penumpang mobil baik yang meninggal maupun cacat· Mencakup kecelakaan pribadi untuk pengemudi · Mencakup perlindungan asuransi untuk pengemudi mobil baik jika meninggal maupun cacat. ·         Mencakup kerusuhan, kekacauan, terorisme, dan sabotase. (SRCCTS).

Tips memilih jenis asuransi yang baik adalah anda bisa melihat kebijakan polis asuransi yang ditawarkan oleh pihak penyedia asuransi, membandingkan produk asuransi dengan pihak asuransi lainnya dan melihat kredibilitas si penyedia asuransi tersebut. Selain itu, sesuaikan juga dengan anggaran dan kebutuhan anda untuk memilih jenis asuransi yang tepat bagi kendaraan bermotor anda. Maka jadikan msig sebagai pilihanmu bro.