Apa Itu Kepribadian Ambivert? 5 Ciri Ambivert

Posted on

Kepribadian, sifat, dan karakter setiap manusia pasti berbeda-beda antara satu dengan yang lain nya. Dan setiap manusia pasti mempunyai kepribadian dan karakter yang sangat unik. Dan tidak ada manusia di dunia ini yang mempunyai kemiripan 100% identik dengan orang lain. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing pada diri nya. Baik itu pria, wanita, muda maupun tua pasti memiliki sifat dan karakter nya yang khas.

Apa Itu Kepribadian Ambivert?

@freedomrc.org

Mengenai kepribadian manusia terkadang kita sering kali mendengar dua kata yang sudah tidak asing lagi yang mempunyai hubungan dengan kepribadian seseorang. Dua kata itu yaitu adalah ekstrovert dan introvert. Perlu di ketahui bahwa ekstrovert merupakan suatu keadaan kepribadian seseorang dimana orang itu sangat menyukai kegiatan lingkungan luar dan menyukai hal yang berbau atau berhubungan dengan kegiatan sosial di luar.

Sedangkan introvert merupakan sebuah kepribadian manusia yang lebih menyukai kesendirian dari pada kegiatan sosial di luar. Atau bisa di katakana bahwa sifat introvert merupakan kebalikan dari sifat ekstrovert. Dan tahukah kalian ternyata terdapat satu lagi sifat kepribadian manusia selain ambivert dan ekstrovert.

Sifat kepribadian manusia yang satu ini di namakan dengan ambivert. Mungkin masih cukup asing bagi sebagain banyak orang dengan kata ambivert ini. Namun ambivert ini juga merupakan salah satu sifat kepribadian manusia yang juga ada di dalam diri sebagian orang.

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh Si Nona Mandiri

Ambivert merupakan suatu jenis tipe kepribadian seseorang yang mempunyai keseimbangan antara kedua jenis tipe kepribadian yang lain nya. Hal ini bisa di artikan bahwa seseorang yang mempunyai kepribadian bersifat ambivert ini memiliki keseimbangan antara sifat dan karakter dari kepribadian ekstrovert dan introvert.

Orang dengan kepribadian ambivert secara umum mempunyai ciri kepribadian yang sama atau terdapat pada kepribadian jenis ekstrovert maupun introvert itu sendiri. Bisa di bilang bahwa orang dengan kepribadian ambivert lebih cenderung bersifat labil. Hal ini di karenakan terdapat dua gejolak tipe kepribadian yang saling membaur di dalam diri seorang dengan kepribadian ambivert.

Oleh sebab itu tak jarang bahwa orang dengan kepribadian ambivert sering di katakan sebagai orang dengan kepribadian ganda. Padahal kenyataan nya bukanlah seperti itu dan sangat beda sekali antara orang yang memiliki kepribadian ganda dengan orang yang mempunyai sifat kepribadian ambivert. Lebih tepat nya orang dengan kepribadian ambivert bisa di sebut sebagai seorang yang pemalu namun juga pandai bergaul. Disini saya akan membahas beberapa ciri serta kelebihan dan kekurangan dari kepribadian ambivert ini sendiri.

5 Ciri Ambivert

Sama seperti orang yang memiliki kepribadian yang bersifat ekstrovert dan introvert, orang dengan kepribadian yang bersifat ambivert juga memiliki ciri tersendiri dalam diri nya maupun kepribadian nya. Dan ciri dari orang yang memiliki kepribadian ambivert itu di antaranya adalah seperti berikut ini.

  • Mudah Beradaptasi Dan Membaur Dengan Lingkungan

Karena mempunyai kombinasi sifat antara introvert dan ekstrovert, hal ini bisa membuat seorang ambivert dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan nya dalam segala kondisi apa pun.

  • Memiliki Ruang Waktu Sendiri Dalam Bersosialisasi

Orang ekstrovert akan lebih suka bila bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain, sedangkan bagi orang introvert akan lebih suka bila menyendiri dan berada di dunianya sendiri. Namun bagi orang ambivert ia akan berada di tengah-tengah antara kedua situasi tersebut.

Orang ambivert akan merasa tidak nyaman bila ia terlalu lama menyendiri karena mereka juga ingin bersosialisasi dengan orang lain, tapi di sisi lainnya orang ambivert juga akan merasa tidak nyaman jika ia terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain.

  • Tidak Mudah Dalam Mengambil Suatu Keputusan
@bukubiruku.com

Apabila seorang dengan kepribadian ambivert di hadapkan dengan dua pilihan, maka mereka pasti akan sangat kesulitan sekali dalam menentukan pilihannya tersebut. Dan orang ambivert paling tidak suka bila ia berada di dalam kondisi dan situasi seperti ini. Apabila terpaksa memilih maka mereka biasanya akan menentukan pilihannya ini berdasarkan dengan kondisi mood mereka pada saat itu.

  • Mudah Beradaptasi

Hal ini tentu menjadi hal yang positif dari seorang ambivert. Seorang dengan kepribadian ambivert akan lebih mudah berbaur dan beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan seorang yang memiliki kepribadian ekstrovert maupun introvert.

Artikel Terkait : Rumus Kecepatan Rata Rata Dan Penjelasannya

Baca Juga :  Tanda Kiamat Menurut Kristen

Oleh sebab itu orang ambivert di katakana memiliki tingkat kepekaan yang tinggi dan juga orang ambivert bisa memahami keadaan dan kondisi orang lain dengan baik bila di bandingkan dengan orang dengan kepribadian ekstrovert dan introvert.

  • Seorang Yang Multi Tasking
@zilbest.com

Orang dengan kepribadian ambivert akan bisa bekerja sama dalam sebuah proyek ataupun pekerjaan baik dengan cara berkelompok maupun secara individual. Hal ini di karenakan orang ambivert merupakan seorang yang fleksibel dan nyaman dalam kondisi dan situasi apa pun.

Hal ini tentu berbeda dengan seorang dengan kepribadian introvert yang lebih suka untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan sendiri, dan orang dengan kepribadian ekstrovert yang tidak bisa mengerjakan suatu pekerjaan dengan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Ambivert

Setelah kita tadi membahas tentang ciri dari orang ambivert, kini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari kepribadian ambivert ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kepribadian ambivert.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang dengan kepribadian ambivert merupakan seorang pribadi yang unik, dan mereka akan lebih merasa hidupnya bahagia. Hal ini disebabkan karena mereka sangat pandai dalam menyeimbangkan kehidupan mereka dan orang ambivert juga jarang mengalami rasa stress dan depresi.

Kelebihan

  • Seorang ambivert akan bisa menjadi seorang pemimpin yang baik
  • Seorang ambivert sudah pasti memiliki sifat mandiri
  • Mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru
  • Seorang ambivert bisa menjalani hidupnya dengan bahagia tanpa ada siapa pun
  • Seorang ambivert tidak suka jika membuang-buang waktu apalagi untuk hal yang tidak penting
  • Seorang ambivert bisa menakar atau menentukan waktu yang tepat untuk berbicara
  • Mampu berorganisasi dengan cukup baik
  • Seorang ambivert akan cenderung lebih santai dan juga tidak banyak menuntut dalam suatu hal

Kekurangan

  • Kepribadian seorang ambivert selalu berubah-ubah dan tidak konsisten
  • Seorang ambivert terkadang merasa tidak yakin dengan kepribadian yang di milikinya tersebut
  • Seorang ambivert akan merasa mudah lelah jika ia melakukan banyak kegiatan bersosialisasi
  • Terkadang seorang ambivert akan terlihat ambigu dan agak sedikit aneh dalam suatu pembicaraan yang sedang berlangsung
  • Seorang ambivert akan sangat sulit untuk membuat suatu perencanaan dan sebuah keputusan
  • Seorang ambivert biasanya akan menjadi seorang yang lebih pasrah pada keadaan
  • Kepribadian dari seorang ambivert sangat susah untuk ditebak, hal ini karena mood dan suasana hati seorang ambivert dapat berubah sewaktu-waktu dengan tidak jelas

Kepribadian yang ada di dalam diri seseorang bisa terbentuk karena faktor dari luar maupun dari dalam diri orang tersebut. Dan apa pun kepribadian yang kamu miliki, sebaiknya tetap milikilah sifat yang rendah hati dan menghargai satu sama lain agar kita tetap bisa hidup damai dan rukun di dunia ini.

Related posts: