Kelebihan, Sifat, Gambar dan 9 Fakta Anak Pertama, Perlu Orang Tua Ketahui!

Posted on

Adakah dari kalian disini yang merupakan anak sulung atau anak pertama dalam keluarga kalian? Bagaimanakah rasanya menjadi anak pertama? Apakah menyenangkan? Apakah melelahkan? Ataukah justru malah menyebalkan? Ya mungkin berbeda-beda ya bagi setiap orang dalam menyikapinya apalagi menjadi anak sulung atau anak pertama di dalam sebuah keluarga.

Sifat Anak Pertama

@hidupsimpel

Banyak orang yang mengkaitkan atau menghubungkan status sebagai anak sulung atau anak pertama itu sebagai anak yang bertanggung jawab, anak yang sopan dan anak yang memiliki perhatian. Namun apakah semuanya itu benar adanya? Ya meskipun sifat dan karakter manusia itu tidak ditentukan oleh statusnya sebagai anak sulung atau bukan, namun sebagian orang berpendapat seperti itu dalam kehidupan masyarakat luas sehari-hari.

Lalu tahukah kalian apa saja fakta-fakta mengenai anak sulung atau anak pertama ini? Penasaran kan? Silahkan simak penjelasan saya dibawah ini mengenai fakta-fakta dan hal-hal yang berhubungan dan berkaitan dengan anak sulung atau anak pertama.

Fakta dan Sifat Anak Pertama

1. Saat Kecil, Anak Sulung Jadi Anak Emas Bagi Orang Tuanya

@liputan6

Saat kalian lahir, seluruh perhatian akan tertuju kepadamu saat itu. Semua orang menantikan kehadiranmu di dunia ini. Sehingga seluruh kasih sayang dan perhatian dari keluargamu khususnya orang tuamu dicurahkan sepenuhnya untuk kalian karena kalian merupakan buah kasih sayang mereka yang pertama.

Segala hal dan apapun yang kalian mau pasti akan diusahakan dan dipenuhi oleh orang tuamu. Pendidikan yang terbaik juga diberikan kepada kalian agar bisa menjadi contoh untuk adik-adik kalian kelak.

 

2. Anak Pertama Menjadi Sarana Belajar Bagi Para Orang Tua

@shutterstock

Kelahiran kalian ke dunia menjadi moment yang tak terlupakan bagi kedua orang tua kalian. Kalian merupakan anak pertama bagi orang tua kalian dan sekaligus kedua orang tua kalian telah menjadi dan berperan sebagai orang tua untuk yang pertama kalinya dalam hidup mereka. Segala tingkah laku dan perbuatanmu merupakan sebuah pelajaran bagi mereka, karena mereka belum memiliki pengalaman sebagai orang tua sebelumnya.

Artikel Terkait : 7 Tips Menabung Efektif Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum

Baca Juga :  Arti Simpati dan Empati Serta Contohnya

Meskipun mereka sering membaca buku mengenai parenting, tapi dalam kenyataannya mereka harus menghadapi realita yang ada bahwa apa yang sering dijelaskan dalam buku tersebut tidaklah semuanya sama dengan tingkah laku anak pertama mereka. Jadi mereka para orang tua akan belajar mulai dari nol dan ini merupakan fakta bahwa anak pertama sebagai percobaan bagi para orang tua.

 

3. Anak Pertama Sayang Sama Adiknya

Nampaknya sudah menjadi fakta kalau anak pertama itu menyayangi adiknya dan mempunyai sifat yang lebih bertanggung jawab untuk para adiknya. Mungkin kita sering menjumpai anak pertama sebagai sang kakak yang lebih tua sering memerintah adiknya, meskipun terkadang hal ini sangat egois namun nyatanya sang kakak sangat sayang kepada adiknya tersebut.

Memang kebanyakan jarang sang kakak sebagai anak pertama mengungkapkan perasaan sayangnya tersebut kepada adiknya, namun bukankah rasa sayang tersebut tidak hanya sebatas perkataan saja bukan.

Rasa sayang sang kakak tersebut biasanya dapat terlihat jika sedang bepergian bersama adiknya atau ketika mereka ditinggal oleh kedua orang tua mereka. Dengan otomatis sang kakak sebagai anak pertama dan tertua akan menggunakan sikap kepemimpinannya untuk mengatur dan melindungi adiknya.

 

4. Dilahirkan Sebagai Pembelajar

@fluentin3months

Banyak yang mengatakan bahwa anak pertama adalah seorang pembelajar sejati. Hal ini karena mereka sebagai anak pertama akan lebih banyak belajar mengenai banyak hal daripada adik-adiknya.

Anak pertama tidak memiliki sosok yang dapat diajaknya bermain atau dijdikan sebagai contoh atau panutan mereka. Maka dari itu mereka akan lebih banyak mendapatkan hal itu diluar rumah. Berbeda dengan anak kedua, ketiga, dan seterusnya yang sudah memiliki panutan atau contoh mereka di lingkungan rumah yaitu kakak mereka.

Dari banyaknya pengalaman dan pembelajaran yang anak pertama peroleh dari mengarungi kehidupannya tersebut yang membuat anak pertama terlihat lebih pintar karena mereka terbiasa untuk belajar secara otodidak dari lingkungan sekitarnya dan tidak banyak bertanya.

 

Baca Juga :  Menu Buka Puasa Sederhana Dan Praktis

5. Pemimpin Alami

@kerjayuk

Sadar atau tidak anak pertama dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin secara alami. Di dalam kehidupannya sehari-hari anak pertama menjadi teladan dan contoh bagi para adiknya.

Jiwa kepemimpinan anak pertama tumbuh karena dia merasa hidupnya penuh dengan tanggung jawab, seperti jka mereka disuruh oleh ibunya untuk menjaga adiknya. Pasti mau tidak mau dia akan mengorbankan waktu bermainnya untuk menjaga adiknya tersebut.

Seorang anak pertama akan memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin. Oleh sebab itu pendidikan di dalam keluarga dan peran dari orang tua sangat berpengaruh sekali untuk menjadikan seorang anak pertama sebagai seorang pemimpin yang hebat nantinya.

 

6. Anak Pertama Memiliki Sikap Yang Baik

@scoutermom

Kalau kita cermati baik-baik mengenai perilaku anak pertama, dapat dipastikan bahwa anak pertama itu jarang berperilaku nakal. Faktanya anak pertama memiliki sikap yang lebih baik dibanding adiknya yaitu mereka lebih perhatian dan lebih sopan bila dibandingkan dengan adiknya.

Sifat ini bisa muncul karena mereka sering berkomunikasi dengan orang tuanya sebelum akan mengambil sebuah tindakan. Mereka sebagai anak pertama berfikir kalau setiap tindakan yang ia lakukan pasti akan dicontoh oleh adiknya jadi mereka harus berhati-hati dalam berperilaku dan bertindak.

 

7. Anak Pertama Bertanggung Jawab Namun Mudah Stress

Anak pertama memang terlahir untuk menjadi sosok yang memiliki tanggung jawab yang tinggi. Tanggung jawabnya tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk para adiknya. Tapi terkadang tanggung jawab inilah yang membuat mereka sebagai anak pertama rentan terhadap stress.

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Teknik Pointilis Dalam Dunia Melukis

Baca Juga :  10 Tips Agar Semangat Bekerja di Pagi Hari

Mereka ingin menyelesaikan semua tanggung jawab yang dimilikinya secara tepat dan benar sehingga mereka rentan terhadap rasa stress. Rasa stress ini juga muncul karena anak pertama memiliki perasaan yang menanggung beban tanggung jawab yang besar pada diri mereka. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memberikan dukungan moral kepada anaknya yang mulai terlihat stress.

 

8. Memilih Diam

Anak pertama biasanya cenderung memilih untuk diam saat mereka sedang marah atau kecewa. Hal ini dirasa akan lebih dapat menenangkan hatinya dan menenangkan pikirannya. Namun hal ini tidaklah berlangsung lama. Terkadang sifat inilah yang ditakuti dan disegani oleh para adiknya.

 

9. Egois

@ultramini

Anak pertama memang memiliki sifat egois yang cukup tinggi. Namun bisa saja sifat ini hilang ketika mereka mulai beranjak dewasa nanti. Tapi meskipun mereka egois, sebetulnya mereka memiliki kepedulian dan kepekaan yang tinggi terhadap sesamanya.

Meskipun hal ini tampak salah, anak pertama akan lebih peduli kepada orang yang disayanginya. Saat mereka mulai beranjak dewasa, rasa egois itu mulai mereka sadari dan mereka akan belajar untuk dapat memahami perasaan orang lain.

Nah itulah tadi beberapa fakta tentang anak pertama. Meskipun tidak semua anak sulung memiliki sikap dan sifat seperti yang sudah saya sebutkan diatas, namun setidaknya hal ini dapat menjadi gambaran bagi kita semua tentang anak pertama.

gambar anak pertama, sifat anak pertama
Related posts: