7 Tips Menabung Efektif Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum

Posted on

Menabung memang menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh sebagian besar orang untuk mengelola penghasilan mereka. Sejak dari kita kecil dari kita duduk di bangku sekolah dasar kita sudah sangat hafal dengan pepatah yang mengatakan “hemat pangkal kaya” dan kita juga sudah di ajarkan untuk menabung sejak dini dari sejak kita masih kecil.

Kita diajarkan untuk menyisihkan sebagian dari uang saku kita dulu saat masih sekolah untuk ditabung agar dapat berguna kelak bagi kita di masa yang akan datang. Ya, menabung bisa kita lakukan dengan berbagai cara, seperti menyimpannya di dalam celengan dan atau pun memasukkan nya ke dalam rekening bank, yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi kita.

Cara Menabung Yang Baik

@vebma

Namun seiring berjalannya waktu terkadang kita merasa sangat kesulitan untuk menabung. Bahkan sebagian besar orang merasa sangat kesulitan sekali untuk menabung dan ada juga yang lebih memilih untuk menghabiskan uangnya digunakan untuk hal-hal yang sebetulnya tidak terlalu penting atau dengan kata lain berfoya-foya dan menghamburkan uangnya. Hal ini tentu sangatlah tidak lah baik jika di lakukan secara terus menerus. Oleh sebab itu menabung harus di mulai dan di latih sejak dini agar ketika sudah besar nanti saat sudah mempunyai penghasilan sendiri kalian sudah terbiasa untuk menyisihkan sebagian uang kalian untuk menabung.

Hal paling utama yang harus di persiapkan jika ingin menabung yaitu adalah niat. Kalian harus tetapkan dan bulatkan niat kalian untuk menabung secara konsisten. Karena tabungan kalian lah yang nantinya bisa menjadi penolong kalian jika ada terjadi sesuatu yang terjadi di masa depan. Lantas, bagaimanakah cara yang baik dan benar dalam menabung tersebut? Di sini akan saya jelaskan kepada kalian semua tentang cara menabung yang benar dan efektif.

Cara Menabung Yang Efektif

@halomoney

1. Sisihkan Penghasilan Kalian

Setelah kalian semua mendapat gaji pada awal bulan, mungkin kalian akan menghabiskannya untuk membelanjakan kebutuhan kalian untuk keperluan pribadi yang tanpa kalian sadari kalian sudah menghabiskan sekitar 25% gaji kalian hanya dalam 1 hari. Nah, untuk menyiasati dan mengatasi kebiasaan buruk tersebut, kalian harus mulai belajar untuk menyisihkan penghasilan yang kalian peroleh untuk ditabung.

Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Teknik Pointilis Dalam Dunia Melukis

Baca Juga :  Ayat Alkitab Tentang Kesetiaan Pasangan

Cara yang paling baik untuk menabung yaitu setelah mendapatkan gaji sisihkanlah seperempat dari gaji kalian tersebut untuk langsung di tabung. Jangan berfikir untuk menabung sisa gaji kalian di akhir bulan, karena hal ini tidak lah baik. Yang ada malah uang gaji kalian akan habis terlebih dahulu sebelum sempat disisihkan untuk di tabung.

 

2. Buat Skala Prioritas

Godaan yang datang pada saat kalian akan mulai belajar menabung pasti ada saja dan bisa datang dari mana saja. Misalnya saja tiba-tiba kalian melihat sepatu yang bagus di situs belanja online dan kalian tertarik untuk membelinya, padahal kalian sudah memiliki banyak sepatu dan kondisinya masih bagus semua.

Hal ini tentunya akan sangat membuang-buang uang yang kalian miliki untuk membeli barang yang kurang penting. Nah, disinilah pentingnya membuat skala prioritas. Pastikan kalian memilah barang yang ingin kalian beli berdasarkan dengan apa yang benar-benar menjadi kebutuhan pokok kalian, bukan hanya yang sekedar kalian inginkan.

Kalian harus mulai membuat skala prioritas kalian mulai dari yang benar-benar kalian butuhkan hingga mulai dari yang tidak terlalu penting untuk kebutuhan kalian sendiri agar kalian bisa menyisihkan sebagian uang kalian untuk ditabung.

 

3. Belajar Hemat

Salah satu cara untuk belajar menabung yaitu dengan belajar berhemat. Tentunya hal ini akan menjadi sangat sulit bagi kalian yang memiliki gaya hidup boros dan yang sangat gemar sekali berbelanja. Namun percayalah jika kalian sudah memiliki niat untuk menabung pasti hal tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan.

Contohnya yaitu jika biasanya kalian membawa kendaraan kalian ke tempat pencucian kendaraan, maka sekarang kalian bisa mulai mencuci kendaraan kalian sendiri di rumah yang mana hal ini dapat menghemat pengeluaran budget bulanan kalian untuk mencuci kendaraan.

Dari kebiasaan berhemat inilah kalian bisa lebih bijaksana dalam memilah-milah suatu hal yang memang benar-benar penting atau hanya sekedar untuk memenuhi hasrat keinginan sementara.

 

Baca Juga :  Hukum Hamil Di Luar Nikah Menurut Kristen

4. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Kartu yang ajaib ini memang menjadi incaran banyak orang. Terlebih lagi banyak terdapat promo menarik yang ditawarkan oleh bank-bank dari penerbit kartu kredit ini. Jangan sekali-kali menggunakan kartu kredit ini jika sedang berbelanja di mall. Karena jika kalian memakai kartu kredit kalian untuk berbelanja, maka kalian tidak akan merasa bahwa jumlah uang kalian sedikit dan kalian akan merasa bebas untuk berbelanja apapun tanpa harus takut kehabisan uang.

Hal inilah yang menyebabkan perilaku para pengguna kartu kredit menjadi sangat konsumtif. Memang akan terasa sangat nyaman dan mudah berbelanja memakai kartu kredit, tapi hal yang perlu kalian ingat yaitu dengan tagihan hutang kartu kredit kalian pada akhir bulan nantinya. Maka dari itu kalian harus menggunakan kartu kredit ini dengan bijak dan alangkah baiknya jika sebagian uang kalian ditabung saja.

 

5. Catat Semua Pengeluaran

Pasti dari kalian pernah mengalami ataupun yang namanya kehabisan uang sebelum waktunya. Kalian merasa bahwa gaji yang kalian peroleh di awal bulan cepat sekali habisnya, padahal kalian tidak menggunakannya untuk berbelanja dan pergi jalan-jalan ataupun untuk hal lainnya. Tentunya hal ini akan menyulitkan kalian yang ingin mulai belajar menabung.

Bagi kalian yang memang benar-benar berniat untuk menabung, kalian bisa mencatat semua pengeluaran sehari-hari kalian selama satu bulan. Dari catatan pengeluaran inilah kalian akan bisa mencermati setiap dana yang sudah kalian keluarkan setiap harinya selama satu bulan.

Dengan melakukan hal ini kalian akan bisa lebih bijak untuk mengelola keuangan kalian dan kalian juga bisa menyisihkan sebagian uang kalian yang sebelumnya digunakan untuk pengeluaran yang tidak penting sekarang bisa kalian pakai untuk mulai ditabung.

 

Baca Juga :  Cara Membuat Doodle Art Bunga, Wajah dan Hewan

6. Hindari Memegang Uang Tunai

Selain dengan menghindari penggunaan kartu kredit, cara untuk menabung yang baik yaitu dengan menghindari memegang uang atau dana tunai dalam jumlah yang sangat banyak. Sebaiknya simpanlah uang kalian di dalam bank ataupun celengan.

Artikel Terkait : Tips Terbaik Keluar Dari Zona Nyaman

Hal ini sangat efektif untuk mengendalikan pengeluaran anda. Pegang uang tunai untuk keperluan 3-5 hari ke depan saja dan pastikan jika uang tunai pegangan kalian tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama waktu yang sudah kalian tentukan.

 

7. Buat Goals atau Tujuan Dalam Menabung

Jika selama ini kalian memiliki keinginan yang belum dapat tercapai, maka menabung merupakan salah satu cara untuk dapat mewujudkan keinginan kalian tersebut. Apapun keinginan kalian jadikanlah itu sebagai acuan kalian dalam menabung agar kalian bisa menabung dengan konsisten agar semakin giat kalian menabung setiap harinya.

Itulah 7 cara agar yang dapat kalian lakukan jika ingin menabung dengan benar dan efektif. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang menabung ataupun yang akan mulai belajar menabung.

Related posts: