7 Tips Membersihkan Karpet dengan Cepat dan Praktis

Posted on

Karpet merupakan salah satu furniture pelengkap yang ada di dalam setiap rumah. Yang mana biasanya karpet ini digunakan sebagai salah satu pilihan sebagai alas lantai di dalam ruangan. Karpet ini pun juga mempunyai warna, pola, maupun tekstur yang sangat beragam sekali. Sehingga dengan demikian fungsi karpet ini bukan hanya dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai alas saja, namun juga bisa menjadi pelengkap dekorasi di sebuah ruangan.

Karena memang dijadikan sebagai alas dan diletakkan di lantai, maka otomatis karpet ini akan rentan atau sangat mudah sekali untuk kotor. Oleh sebab itulah sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan karpet ini. Sebab karpet yang kotor ini akan menjadi tempat bagi kuman dan virus-virus untuk berkembang biak, dan jika demikian maka akan dapat mempengaruhi kesehatan penghuni rumah tersebut.

Terlebih bagi kalian yang mempunyai anak kecil, maka tentu kebersihan karpet ini menjadi salah satu hal penting yang harus diutamakan, sebab karpet memang menjadi tempat bagi anak-anak untuk bermain. Sebaiknya karpet ini memang harus dibersihkan dengan rutin dan secara teratur, minimal yaitu setiap 12-18 minggu sekali karpet harus dibersihkan agar debu dan kotoran-kotoran yang menempel dapat hilang.

Lalu bagaimana caranya untuk dapat membersihkan karpet sendiri dengan bersih? Berikut ini akan saya berikan beberapa tips bagi kalian dalam membersihkan karpet sendiri hingga bersih.

Tips Membersihkan Karpet Sendiri

1. Vacuum Cleaner

@idea.grid

Cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membersihkan karpet yaitu adalah dengan menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu. Dengan menggunakan vacuum cleaner ini maka debu-debu serta kotoran yang menempel pada karpet akan dapat tersedot dengan alat ini dan karpet pun menjadi bebas dari debu dan kotoran.

Baca Juga :  Pengertian Pekerjaan Frontliner [Tugas dan Gaji]

Jenis kotoran yang dapat disedot dengan menggunakan alat vacuum cleaner ini yaitu adalaah seperti potongan kertas, plastik, dan sejenisnya. Cara penggunaan vacuum cleaner pun juga terbilang cukup mudah dan sangat praktis sekali, sehingga siapa saja dapat menggunakan alat ini. Namun untuk jenis kotoran yang besar atau berat tampaknya sedikit susah jika dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner ini.

2. Garam

@klikdokter

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang sangat penting dan harus selalu ada di dapur. Tapi ternyata tahukah kalian bahwa garam ini dapat digunakan untuk membersihkan karpet? Ya, garam memang bisa digunakan sebagai campuran untuk membersihkan karpet. Yaitu kalian hanya perlu mencampurkan garam ini dengan air hangat kemudian tinggal letakkan atau siramkan pada karpet yang kotor.

Setelah itu gosok dan sikatlah karpet tersebut hingga lama kelamaan kotoran yang menempel pada karpet tersebut hilang karena terkena campuran air garam ini. Setelah kotoran hilang dan dirasa karpet telah cukup bersih jangan lupa untuk membilas karpet dengan menggunakan sabun agar karpet menjadi lebih wangi baunya setelah dicuci.

3. Baking Soda

@fimela

Baking soda memang merupakan salah satu bahan yang dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu adalah untuk membersihkan karpet. Hal ini karena di dalam baking soda terdapat kandungan sebuah zat yang dapat berguna untuk menghilangkan kotoran hanya dalam waktu sekejab, khususnya kotoran membandel yang berwarna hitam biasanya.

Untuk membersihkan karpet dengan baking soda ini kalian hanya perlu mencampurkan baking soda ini dengan sedikit air, setelah itu sikatlah karpet hingga semua kotoran terangkat kemudian tinggal bilas karpet dengan menggunakan sabun cuci. Selain berguna untuk membersihkan kotoran pada karpet, baking soda juga dapat berguna untuk menjaga bahan-bahan karpet lebih awet dan lebih tahan lama, sehingga karpet akan lebih terawat.

Baca Juga :  10 Daftar Anime Movie Film Terbaik

4. Es Batu

@idntimes

Jika karpet kalian terkena kotoran yang lengket-lengket seperti permen karet misalnya, maka kalian dapat membersihkannya dengan menggunakan es batu. Es batu dipercaya dapat membersihkan kotoran lengket seperti permen karet atau bekas permen karet yang menempel pada karpet yang susah untuk hilang. Caranya cukup mudah sekali, yaitu kalian hanya perlu meletakkan es batu di bagian karpet yang terkena permen karet ini. Setelah itu diamkan selama beberapa saat, kira-kira sekitar 2-3 menit.

Lalu cobalah untuk mencongkel atau membersihkan kotoran bekas permen karet tersebut dengan menggunakan perlatan seperti kayu maupun sebagainya. Dan dengan demikian maka kotoran bekas permen karet tersebut akan hilang. Namun saat membersihkannya jangan pernah untuk membersihkan dengan cara menyikatnya, sebab jika disikat maka bekas permen karet tersebut tidak akan hilang namun justru akan semakin melebar atau melebar kemana-mana.

5. Cairan Cuka

@coachoutletsstorebm

Bahan selanjutnya yang juga terkenal cukup ampuh untuk membersihkan karpet dari kotoran yaitu adalah cuka. Kalian hanya perlu meneteskan air cuka ini pada karpet atau untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya campurkan cuka dengan sedikit air hangat dan kemudian baru teteskan pada karpet yang kotor. Setelah itu biarkan dan tunggu selama beberapa menit, dan sikatlah karpet dengan menggunakan sikat khusus.

Setelah kotoran terangkat jangan lupa untuk membasuh dan mencuci karpet dengan menggunakan sabun cuci hingga bersih. Lakukan cara seperti ini setidaknya selama 1-2 bulan sekali untuk menjaga kebersihan karpet dan juga agar karpet dapat tetap awet.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Pasta Gigi Yang Bagus

6. Deterjen

@kliknclean

Untuk membersihkan karpet dengan menggunakan deterjen caranya yaitu adalah ambillah sebuah botol semprotan kosong dan isi dengan 1/4 sendok deterjen dan 1 gelas air hangat. Lalu setelah itu tinggal semprotkan larutan deterjen tersebut ke sebuah kain penyerap. Mengapa tidak langsung ke karpet? Karena jika langsung dituangkan pada karpet maka karpet akan menjadi basah.

Nah kemudian tinggal oleskan kain penyerap yang sudah menyerap air campuran deterjen tadi ke bagian karpet yang kotor. Saat kotoran larut maka segera bersihkan dengan menggunakan kain lap yang bersih. Lakukan dan ulangi cara ini hingga karpet benar-benar bersih dan terbebas dari kotoran.

7. Bedak

@kliknclean

Bedak ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan karpet. Caranya yaitu adalah taburkan bedak secara acak ke atas karpet. Biarkan bedak kurang lebih selama 30 menit, tapi jika ingin mendapatkan hasil yang lebih memuaskan maka kalian bisa membiarkannya selama semalam.

Sebab hal ini akan memberi waktu bubuk tersebut untuk bekerja lebih bersih, tentunya dapat menghilangkan noda dan menghilangkan bau tidak sedap yang selama ini menempel pada karpet kalian. Lalu yang terakhir, kalian dapat memvakum bedak saat karpet kalian telah bersih.

Related posts: