7 Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa Untuk Para Pekerja

Posted on

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Bulan dimana semua umat Muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadahnya di bulan Ramadhan. Puasa merupakan ibadah wajib yang harus dijalani dan dilakukan oleh setiap orang Muslim baik itu pria maupun wanita. Sehingga tidak ada alasan apa pun untuk meninggalkan dan tidak menjalankan ibadah puasa ini selama kalian masih memiliki kondisi fisik yang mampu untuk menjalankan ibadah puasa tersebut.

Namun ada beberapa orang yang mengabaikan perintah puasa ini dan tidak menjalankan ibadah puasa ini. Hal ini mungkin karena beberapa alasan yang ada, salah satunya yaitu mungkin karena pekerjaan mereka yang dirasa cukup berat sehingga akhirnya mereka meninggalkan puasa. Tapi seharusnya jika mereka memiliki niat yang benar-benar dalam menjalankan ibadah puasa pasti hal ini tidak akan sulit bagi mereka.

Tips Agar Pekerja Tetap Kuat Berpuasa

@tandapagar

Padahal puasa selain sebagai sebuah kewajiban ibadah juga memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh apabila dilakukan dengan benar. Puasa tidak memandang apa pun pekerjaan yang sedang kalian lakukan, entah itu pekerjaan yang ringan hingga pekerjaan yang berat semuanya sama diwajibkan untuk tetap menjalankan puasa.

Memang bukanlah suatu perkara yang mudah bagi sebagian orang yang memiliki pekerjaan yang lumayan berat untuk dapat tetap menjalankan ibadah puasanya. Apalagi jika pekerjaan yang banyak berada di lapangan atau di luar ruangan yang banyak berada di teriknya matahari dan membutuhkan energi yang sangat besar. Dan hal ini akan membuat tubuh kehilangan cairan dengan cepat sehingga tubuh terasa lemas dan tidak sanggup lagi untuk melanjutkan puasa. Namun tetap kembali lagi kepada niat kalian yang ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa sehingga apapun pekerjaan yang kalian lakukan tidak lah menjadi masalah dan mengganggu ibadah kalian dalam berpuasa.

Artikel Terkait : 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Baca Juga :  10 Rekomendasi Vitamin Tulang Dan Sendi Yang Bagus Tahun 2018

Salah satu yang harus diperhatikan dalam menjalankan ibadah puasa yaitu adalah asupan gizi dari makanan yang di konsumsi saat sahur dan berbuka puasa yang dapat membuat puasa kita lancar seharian penuh. Bagi kalian yang memiliki pekerjaan yang lumayan cukup berat namun masih ingin menjalankan kewajiban ibadah puasa, disini akan saya berikan beberapa tips buat kalian semua agar dapat tetap menjalankan kegiatan aktivitas kalian sehari-hari tanpa mengganggu ibadah puasa kalian.

7 Tips Berpuasa Bagi Pekerja

1. Minum Air Yang Cukup

Pada saat berpuasa kita pasti mengeluarkan banyak sekali cairan sehingga hal ini akan membuat kita merasa dehidrasi akibat banyaknya cairan yang kita keluarkan. Untuk itu pastikan bahwa kalian mengkonsumsi cairan yang cukup pada waktu berbuka puasa dan saat sahur. Karena air putih dapat membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan bisa mencegah rasa pusing yang mungkin kalian rasakan pada saat puasa.

Sebaiknya kalian juga jangan terlalu banyak meminum teh terutama pada saat sahur. Mengapa demikian? Karena hal ini justru akan bisa meningkatkan frekuensi kalian untuk buang air kecil sehingga akan semakin banyak cairan yang keluar dari tubuh.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Air

@romasociale

Selain dengan meminum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa, kalian juga bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan mineral.

Kalian dapat memakan buah-buahan yang banyak memiliki kandungan air di dalamnya sebagai pengganti cairan tubuh kalian yang hilang selama berpuasa. Beberapa makanan yang banyak mengandung air di dalamnya yaitu seperti selada, bayam, buah nanas, buah apel, dan lain-lain. Konsumsilah makanan-makanan ini saat sedang berbuka maupun pada saat sahur.

3. Konsumsi Protein

Konsumsi protein juga sangat penting pada saat berpuasa. Protein sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam mempertahankan struktur dan fungsi tubuh, membangun otot, memelihara dan memperbaiki sel-sel tubuh serta juga untuk menyalurkan zat besi dan oksigen ke seluruh sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Artikel Terkait : Fungsi, Proses dan Sistem Peredaran Darah Manusia

Baca Juga :  7 Ciri-Ciri Wanita Menopause [Lengkap]

Beberapa makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu seperti susu, yoghurt, dan jenis kacang-kacangan yang dapat membuat kalian kenyang lebih lama sehingga kalian tidak akan merasa cepat lapar pada saat puasa.

4. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Serat

@jogja.tribunnews

Selama berpuasa tubuh kalian juga membutuhkan makanan yang kaya akan serat yang sangat berguna dalam memperlancar sistem pencernaan kalian. Apabila sistem pencernaan kita lancar, maka makanan yang kalian konsumsi dapat dicerna dengan sempurna sehingga akan menghasilkan energi bagi tubuh. Sehingga pada saat kalian melakukan aktivitas sehari-hari kalian akan memiliki energi yang cukup dan akan merasa tetap berstamina.

Sehingga kalian akan dapat tetap menjalankan ibadah puasa kalian dengan lancar tanpa ada halangan apa pun yang dapat mengganggunya. Beberapa makanan yang mengandung banyak serat diantaranya yaitu seperti buah apel, papaya, dan brokoli. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat ini pada saat kalian berbuka puasa dan pada saat sahur.

5. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

@plukme

Pilihlah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dibandingkan dengan makanan yang mengandung banyak gula pada saat kalian puasa. Karena kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih besar dan lebih banyak bila dibandingkan dengan makanan yang mengandung banyak gula.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi diantaranya yaitu seperti beras merah, gandum, buah berry, buah apel, dan lain-lain. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini bisa memberikan energi yang bisa membuat kalian lebih kenyang selama berjam-jam dibandingkan dengan makanan yang mengandung banyak gula yang hanya dapat memberikan energi dalam waktu yang singkat hingga kemudian akan menyebabkan turunnya kadar gula darah dan mengakibatkan tubuh jadi kekurangan energi.

6. Konsumsi Vitamin

Selain dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang banyak memiliki kandungan-kandungan nutrisi seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kalian juga dapat mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan selama berpuasa agar puasa kalian dapat lancar setiap harinya. Kalian dapat membeli suplemen vitain tambahan yang banyak dijual di minimarket maupun apotik dekat tempat tinggal kalian.

Dengan mengonsumsi vitamin tambahan maka kebutuhan energi di dalam tubuh kalian akan dapat bertambah sehingga kalian akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas pekerjaan sehari-hari selama puasa.

7. Istirahat Yang Cukup

@hipwee

Nah hal terakhir yang dapat membuat kalian tetap dapat berpuasa meskipun melakukan pekerjaan yang berat yaitu adalah dengan istirahat yang cukup. Aturlah waktu istirahat kalian setiap harinya selama puasa dengan baik agar tubuh memperoleh energi dan terasa fresh saat habis istirahat. Jangan begadang atau tidur larut malam agar tubuh tidak terasa lelah dan mengantuk keesokan harinya.

Apabila kita sudah memiliki niat untuk menjalankan ibadah puasa, maka seberat apapun cobaan yang kita hadapi pasti kita akan tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Related posts: